Syarat dan Ketentuan

Ketentuan Penggunaan yang tercantum dalam halaman ini dilindungi oleh hak cipta.

  1. Persetujuan Elektronik

    Calon Anggota dan Anggota (“Anda”) Koperasi Simpan Pinjam Rangkul Teman Jakarta (“Rangkul Teman”) yang telah memberikan tanda centang pada kotak persetujuan dan menekan tombol “Lanjut” dalam layar Syarat dan Ketentuan Penggunaan Website Rangkul Teman menyatakan persetujuannya secara hukum dan memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan fisik sesuai dalam Pasal 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Sehingga pada tanggal dikirimnya persetujuan dari Syarat dan Ketentuan Permohonan pada Website Rangkul Teman secara elektronik, maka Calon Anggota dan Anggota menyatakan telah membaca dan memahami seluruh isi dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan Website Rangkul Teman.

  2. Keterikatan dan Kepatuhan

    Anda menyetujui serta terikat dan tunduk pada Syarat dan Ketentuan Penggunaan Website Rangkul Teman tanpa diperlukan bantuan administrasi. Dengan demikian, Anda tidak akan memulai suatu upaya atau kegiatan yang bertujuan untuk membatalkan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Website Rangkul Teman atau membuat tidak berlaku atau tidak sah Syarat dan Ketentuan Permohonan pada Website Rangkul Teman. Anda menyadari dan menyetujui bahwa Rangkul Teman tidak akan memberikan tanggapan apapun terhadap setiap konflik, tuntutan, atau gugatan terkait keabsahan, dan legalitas dari Syarat dan Ketentuan Penggunaan Website Rangkul Teman.

  3. Pemberian dan Keakuratan Data Penggunaan Website Rangkul Teman

    Anda mengizinkan dan menyetujui untuk memberikan data kepada Rangkul Teman, informasi atau dokumen, terkait keperluan Syarat dan Ketentuan Penggunaan Website Rangkul Teman. Anda menyatakan dan menjamin bahwa data atau informasi atau dokumen yang diberikan adalah akurat untuk kepentingan Syarat dan Penggunaan Website Rangkul Teman.

  4. Perubahan Syarat dan Ketentuan

    Rangkul Teman dapat melakukan perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan Penggunaan Website Rangkul Teman dari waktu ke waktu, dan perubahan yang terjadi akan ditempatkan dalam Website Rangkul Teman. Rangkul Teman akan menginformasikan Anda melalui surel maupun aplikasi Whatsapp mengenai adanya perubahan Syarat dan Ketentuan Website Rangkul Teman. Anda dengan ini setuju bahwa penggunaan kelanjutan dari Permohonan pada Website Rangkul Teman setelah perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan Website Rangkul Teman merupakan tanda bahwa Anda menyetujui perubahan yang baru tersebut.

  5. Pengguna Website Rangkul Teman dan Status Keanggotaan Koperasi Rangkul Teman

    Pendaftaran baru untuk penggunaan Permohonan pada Website Rangkul Teman otomatis membuat status Anda sebagai pengguna Website Rangkul Teman. Anda sebagai pengguna yang baru bergabung dan belum menjadi Anggota Rangkul Teman dapat secara otomatis menjadi Anggota apabila telah melakukan pembiayaan terhadap Anggota lain melalui fasilitas Simpan Pinjam pada Rangkul Teman. Masa berlaku keanggotaan dari setelah dilakukannya Simpanan pertama melalui Website Rangkul Teman. Bagi Anda yang mendaftar sebagai pengguna Website Rangkul Teman dan telah menjadi Anggota Koperasi Rangkul Teman sebelumnya, maka status keanggotaan Anda tidak berubah dengan melakukannya pendaftaran penggunaan Website Rangkul Teman.

  6. Asas Dari Anggota Untuk Anggota

    Permohonan pada Website Rangkul Teman adalah website yang ditujukan hanya kepada Calon Anggota dan Anggota Rangkul Teman. Bahwa setiap Anggota pengguna Website Rangkul Teman adalah Anggota aktif Rangkul Teman dan dengan demikian tunduk atas peraturan yang telah ditetapkan dalam Koperasi Rangkul Teman. Website Rangkul Teman merupakan sarana penjembatan antara Anggota yang memiliki dana surplus dengan Anggota yang membutuhkan dana pinjaman untuk usaha maupun keperluan non-konsumtif lainnya. Dengan asas dasar dari Anggota untuk Anggota, maka WebsiteRangkul Teman digolongkan sebagai Pertemuan secara elektronik kepada Member-to-Member atau disingkat dengan M2M.

  7. Akses Website Rangkul Teman

    Fitur dalam Website Rangkul Teman hanya dapat diakses oleh Calon Anggota dan Anggota aktif Rangkul Teman. Bagi Anda yang sudah tidak aktif atau keanggotaanya telah distop baik oleh Anggota sendiri ataupun oleh pihak Rangkul Teman, maka akses ke Website Rangkul Teman sudah tidak dapat dilakukan.

  8. Layanan Website Rangkul Teman

    Website Rangkul Teman memiliki fitur layanan sebagai berikut:

    1. Informasi dana Anggota yang ditempatkan di Koperasi Rangkul Teman dalam bentuk produk simpanan.
    2. Informasi Anggota calon peminjam yang telah lolos kriteria seleksi.
    3. Instruksi penempatan dana kepada Anggota calon peminjam
    4. Informasi portofolio Simpanan yang telah dilakukan oleh Anggota pengguna
    5. Instruksi penarikan dana.
      Perubahan maupun penambahan fitur layanan Website Rangkul Teman akan disesuaikan dengan perkembangan dan kebutuhan usaha Unit Simpan Pinjam Koperasi Rangkul Teman. Perubahan dan penambahan fitur layanan akan didistribusikan secara berkala sesuai dengan kebijakan Koperasi Rangkul Teman, tanpa perlu persetujuan dari Anggota pengguna maupun dari Anggota peminjam.

  9. Pajak dan Biaya Lainnya

    Pajak dan biaya lainnya yang timbul sehubungan dengan penggunaan layanan Website Rangkul Teman akan menjadi beban dan tanggung jawab masing masing Pihak sesuai ketentuan perpajakan yang berlaku.

  10. Pengakhiran Penggunaan Website Rangkul Teman

    Koperasi Rangkul Teman dapat setiap saat mengakhiri atau menonaktifkan akun Website Rangkul Teman oleh Anggota secara sepihak tanpa pemberitahuan terlebih dahulu jika dalam pertimbangan manajemen perlu dilakukan. Dalam hal dilakukannya penonaktifan atau pengakhiran penggunaan Website Rangkul Teman, Koperasi Rangkul Teman dapat menghapus seluruh informasi yang ada dalam akun tersebut, baik untuk sementara ataupun permanen sampai ada permohonan dari Pengguna. Pengakhiran atau penonaktifan penggunaan Website Rangkul Teman tidak menghilangkan kewajiban Anggota atas segala pembayaran ganti rugi yang dapat terjadi. Anggota pengguna juga dapat mengakhiri penggunaan Website Rangkul Teman dengan cara mengirim surel kepada Koperasi Rangkul Teman.

  11. Keadaan Memaksa

    Yang dimaksud dengan Keadaan Memaksa adalah kejadian-kejadian di luar kekuasaan dan di luar kemampuan yang wajar dari Kami yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan pemenuhan kewajiban di dalam Ketentuan Penggunaan ini, yang antara lain meliputi bencana alam seperti gempa bumi, angin topan, banjir, letusan gunung berapi, epidemi, kebakaran, pemogokan massal, perang, huru-hara, revolusi, kekacauan yang disebabkan keadaan ekonomi, politik, sosial, pemberontakan, perubahan pemerintah secara inkonstitusional, perubahan peraturan perundang-undangan dan perubahan kebijakan Pemerintah di bidang ekonomi dan moneter yang secara langsung mempengaruhi Kami. Kami tidak akan dipersalahkan bila terjadi keterlambatan pemenuhan kewajiban di dalam Perjanjian ini yang disebabkan oleh Keadaan Memaksa. Anda setuju untuk tidak menuntut hak apapun sehubungan dengan tidak dapat terlaksananya kewajiban Kami di dalam Perjanjian ini yang disebabkan oleh terjadinya Keadaan Memaksa.