Penting Bagi Kita Untuk Mencegah Penularan Virus Covid-19

--rangkulteman

Penyebaran virus covid-19 di Indonesia semakin bertambah luas, dan penyebaran yang terjadi juga sangat cepat, sehingga banyak himbauan yang diberikan, seperti menghindari kerumunan, atau berkumpul dan juga penggunaan alat-alat pencegahan seperti masker, hand sanitizer, bukan hanya itu banyak juga masyarakat yang mengambil kesempatan dengan menyetok barang-barang seperti hand sanitizer dan masker sehingga banyak tempat perbelanjaan yang kehabisan stok. Oleh karena itu banyak dari tempat perbelanjaan yang memberikan jatah bagi setiap mayarakat misalnya satu orang hanya boleh membeli maksimal 2 atau 3 hand sanitizer sehingga masyarakat yang lain juga dapat membelinya.

Melihat dari semakin luasnya persebaran yang terjadi maka terdapat beberapa cara yang dilakukan sebagai bentuk preventif/pencegahan yang dapat dilakukan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran virus covid-19:


Sumber: https://cdn-brilio-net.akamaized.net/news/2020/03/17/180576/750xauto-10-tips-mencegah-kecemasan-berlebihan-akibat-virus-corona-200317z.jpg

  1. Mencuci tangan dengan benar

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus covid-19. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun, setidaknya selama 20 detik. Pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku.

Setelah itu, keringkan tangan menggunakan tisu, handuk bersih, atau mesin pengering tangan.

Jika kamu adalah pekerja komuter yang berada di dalam transportasi umum, akan sulit untuk menemukan air dan sabun. Kamu bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer. Gunakan produk hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman.

Cucilah tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah menyentuh hewan, membuang sampah, serta setelah batuk atau bersin. Cuci tangan juga penting dilakukan sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

  1. Menggunakan masker

Ada beberapa jenis masker yang dapat digunakan dalam upaya pencegahan virus corona. Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker bedah yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi, termasuk infeksi virus corona. Penggunaan masker lebih disarankan bagi orang yang sedang sakit untuk mencegah penyebaran virus dan kuman, ketimbang pada orang yang sehat.

Sedangkan masker N95 adalah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus corona. Meski demikian, masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-hari dan harganya pun relatif mahal.

Ketika melepaskan masker dari wajah, baik masker bedah maupun masker N95, hindari menyentuh bagian depan masker, sebab bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah melepas masker, cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

Sumber: https://www.alodokter.com/ketahui-cara-untuk-mencegah-penularan-virus-corona

  1. Terapkan social distancing

Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang yang batuk atau bersin. Alasannya, ketika seseorang batuk atau bersin atau bersih, mereka menyemprotkan tetesan cairan kecil dari hidung atau mulut mereka yang mungkin mengandung virus. Jika terlalu dekat, kamu bisa menghirup tetesan air yang mungkin saja mengandung virus COVID-19. Dan dengan menjaga jarak satu sama lain maka kamu akan dapat membantu mengurangi penularan virus covid-19. Selain itu dengan melakukan social distancing maka kamu bukan hanya menjaga diri sendiri melainkan menjaga orang lain agar tidak tertular saat kondisi badan kamu sedang tidak sehat. Saling menjaga adalah hal yang sangat penting dalam mencegah penyebaran virus covid-19.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200316190412-37-145321/cara-mencegah-virus-corona-versi-situs-who

Sumber: https://cdn2.tstatic.net/surabaya/foto/bank/images/perhatikan-gejala-terjangkit-virus-corona-dari-hari-ke-hari-ini-daftar-rujukan-rumah-sakit-di-jatim.jpg

  1. Melakukan salam namaste

Tanpa berjabat tangan, gerakan salam namaste (seperti yang dilakukan di kelas yoga) adalah cara seru dan aman untuk bertegur sapa dengan orang lain. Cukup satukan kedua telapak tangan kamu di depan dada saat bertegur sapa. Mudah, sopan, dan aman dari penyebaran virus kan. Karena dikondisi sekarang diharapkan agar dapat mengurangi kontak fisik seperti berjabat tangan, sehingga dapat meredam penularan dari virus ini, karena virus covid-19 dapat menular dengan kontak fisik tanpa pelindung yang dilakukan.

Sumber: https://www.msn.com/id-id/news/other/7-cara-salaman-baru-untuk-mencegah-corona/ar-BB10YCe4

  1. Menjaga kesahatan tubuh

Menjaga tubuh agar tetap fit dan sehat adalah hal yang sangat penting, dimana dengan kondisi tubuh yang sehat maka kita akan terhindar dari penularan virus corona, walaupun tidak kita bisa pastikan 100% dikarenakan imun tubuh setiap orang berbeda-beda, oleh karena itu perbanyak konsumsi sayur, minum ari putih dan vitamin. Kamu juga dapat melakukan olahraga kecil saat berada di rumah, sehingga tetap dapat menjaga kondisi tubuh tetap fit walaupun di rumah.

Dengan kita mengikuti langkah-langkah dalam mencegah penyebaran virus covid-19 maka kita tidak hanya menjaga diri sendiri melainkan kita juga dapat menjaga orang-orang disekitar kita, karena walaupun imun kita kuat dan membuat kita tidak mudah terjangkit tetapi saat kita membawa virus itu pulang akan membahayakan orang-orang yang ada di rumah, terutama yang sudah lanjut usia. Oleh karena itu stay safe dan stay at home ya Teman!

Kesehatan
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

Kesehatan

Selama berada di dalama rumah bukan berarti kamu tidak melakukan kegiatan apa pun, karena jika […]