Visa adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Bedanya dengan Paspor

Untuk kamu yang akan bepergian ke luar negeri salah satu dokumen yang perlu kamu siapkan yaitu visa. Nantinya, penggunaan visa sebagai dokumen yang wajib dan kamu perlukan ketika akan tinggal di luar negeri, baik untuk kebutuhan liburan, pekerjaan, ataupun pendidikan. Dokumen ini merupakan kelengkapan lain yang kamu butuhkan selain paspor. Lalu, apa saja perbedaan visa dan paspor?

Memahami apa itu Visa

Apa itu Visa?

Visa adalah dokumen yang menjadi surat izin untuk masuk ke suatu negara tertentu. Tanpa adanya dokumen ini maka setiap orang yang masuk ke suatu negara asing bisa dianggap ilegal, dan bisa saja terancam dideportasi.

Dokumen ini diterbitkan oleh negara yang menjadi tujuan kamu. Penerbitannya melalui perwakilan negara tujuan yang berada di negara si pemohon, melalui Konsulat Jenderal atau kedutaan asing.

Dokumen ini umumnya berisi izin untuk masuk dan keluar dari negara tujuan tersebut. Visa akan berlaku selama periode waktu tertentu sesuai dengan tujuannya.

Baca Juga: Apa yang dimaksud dengan Deportasi

1. Bentuk Visa

Salah satu yang membedakan paspor dan visa yaitu pada bentuk dokumennya. Jika paspor berbentuk seperti buku, maka bentuk bisa hanyalah berupa cap stempel yang nantinya akan ditempatkan pada paspor milik kamu. Selain berbentuk cap stempel, saat ini juga ada beberapa negara yang menggunakan stiker sebagai bentuk visanya. Nantinya, stiker ini akan ditempel pada lembar paspor.

Baik pada cap stempel ataupun stiker, ada tulisan dari petugas yang berwenang yang akan menerangkan jika visa tersebut telah sah dan bisa digunakan. Untuk menghindari penipuan dan penyalahgunaan, saat ini bentuk visa sudah dilengkapi dengan hologram.

Kamu juga bisa menggunakan fasilitas e-visa. Cara mendapatkannya, kamu tinggal daftar untuk pengajuannya via website yang berlaku. Nantinya kamu akan mendapatkan soft copy dari file dokumen tersebut.

2. Isi Visa

Dokumen ini akan menunjukan apakah orang tersebut boleh masuk ke suatu negara atau tidak. Isi dokumen tergantung kebijakan dari masing-masing negara. Beberapa negara hanya menggunakan cap stempel untuk visanya. Namun ada beberapa negara yang visanya berisi informasi detail lainnya.

Namun yang pasti, pada visa terdapat nama negara tujuan, maksud kedatangan, dan juga masa berlaku dari visa tersebut.

Fungsi Visa

Pada dasarnya, fungsi utama visa yaitu sebagai dokumen yang menunjukan izin keluar masuk ke suatu negara. Fungsi ini akan berlaku bagi orang asing yang akan masuk ke suatu negara.

Sementara bagi negara yang dituju, maka dokumen ini membantu untuk menjaga keamanan di wilayahnya. Orang yang tidak memiliki dokumen ini tentu saja tidak bisa masuk ke negara lain dan bisa dianggap sebagai imigran gelap, karena bisa saja yang bersangkutan mempunyai catatan kejahatan yang menyebabkan dia tidak memiliki izin.

Perbedaan Visa dan Paspor

Selain visa, salah satu dokumen yang juga kamu butuhkan ketika pergi ke luar negeri yaitu paspor. Namun kedua dokumen ini tentu saja berbeda, terutama terkait tujuan penggunaanya. Berikut ini perbedaan visa dan paspor yang perlu kamu ketahui:

1. Visa

Jika dilihat dari fungsinya, visa merupakan surat izin untuk masuk ke suatu negara. Penjelasan tentang dokumen ini diantaranya:

  • Visa diterbitkan oleh negara tujuan yang akan kamu kunjungi. Penggunaan dokumen ini hanya untuk keluar masuk negara tersebut
  • Bentuk Visa bisa berupa stempel atau stiker. Saat ini beberapa negara juga memberlakukan e-visa dalam bentuk soft file
  • Visa mempunyai beberapa jenis berdasarkan fungsinya
  • Masa berlaku visa lebih pendek dari paspor

2. Paspor

Fungsi utama paspor yaitu sebagai identitas atau tanda pengenal ketika kamu mengunjungi negara asing. Penjelasan tentang paspor diantaranya sebagai berikut:

  • Fungsi paspor untuk verifikasi identitas seseorang ketika akan memasuki negara tertentu.
  • Di dalam paspor akan berisi informasi lengkap berupa foto, nama, jenis kelamin, tanggal lahir, dan juga keterangan fisik dari orang tersebut.
  • Paspor diterbitkan oleh pejabat resmi dari negara asal pemilik, dan digunakan untuk bepergian antar negara.
  • Ada beberapa jenis paspor di Indonesia. Perbedaan jenisnya tergantung pada siapa pemiliknya. Paspor hijau untuk umum, biru untuk pejabat, dan hitam untuk diplomat.
  • Masa berlaku paspor lebih panjang. Pada aturan terbaru, masa berlaku paspor mencapai 10 tahun.

Jenis Visa dan Kegunaannya

Visa memiliki banyak jenis, perbedaan jenisnya tergantung pada fungsi dan kegunaanya. Berikut jenis-jenis visa yang berlaku saat ini:

1. Visa Transit

Ini merupakan dokumen yang akan kamu gunakan ketika sedang dalam perjalanan ke suatu negara, namun peru transit di negara lainnya dalam waktu lebih dari 24 jam.

2. Visa Kerja

Sesuai namanya, maka dokumen ini akan kamu gunakan ketika kamu pergi dan tinggal di luar negeri untuk kebutuhan kerja.

3. Visa Turis

Mungkin ini merupakan visa yang paling banyak orang gunakan. Surat izin ini akan orang gunakan ketika pergi ke luar negeri hanya untuk liburan.

4. Visa Pelajar

Hampir sama dengan visa pekerja, jika kamu pergi dan tinggal di luar negeri untuk kebutuhan pendidikan, maka kamu juga akan membutuhkan dokumen ini agar bisa melanjutkan pendidikan di negara tersebut.

5. Visa Diplomatik

Ini merupakan dokumen yang akan digunakan oleh orang yang mendapatkan tugas diplomatik ke negara lain, misalnya sebagai perwakilan dari negara Republik Indonesia.

Dasar Hukum dan Kebijakan Visa

Ada banyak dasar hukum yang mengatur tentang penggunaan dan penerbitan visa. Salah satu dasar hukum yang berlaku saat ini yaitu UU No 6 Tahun 2011 Mengenai Keimigrasian yang isinya yaitu “Visa adalah keterangan secara tertulis yang diterbitkan oleh pejabat berwenang yang merupakan perwakilan Republik Indonesia atau pada tempat lain yang telah ditentukan oleh Pemerintah RI dan memuat persetujuan bagi orang asing untuk melakukan kunjungan ke Indonesia sekaligus sebagai dasar izin tinggal.”

Cara Membuat Visa

Untuk kamu yang ingin membuat visa, maka ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan dan perhatikan, seperti:

1. Melakukan Pendaftaran dan Reservasi Jadwal Interview

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan membuat visa yaitu melakukan pendaftaran. Pada proses pendaftaran ini kamu akan mengisi dokumen pengajuan dan melakukan reservasi jadwal untuk interview.

2. Mempersiapkan Dokumen yang Diperlukan

Setelah melakukan pendaftaran, hal selanjutnya yang kamu lakukan yakni mempersiapkan beberapa dokumen. Dokumen ini nantinya kamu serahkan sebagai syarat untuk memenuhi kelengkapan ketika membuat visa. Dokumen yang kamu perlukan antara lain:

  • Paspor
  • KTP
  • Formulir permohonan pengajuan Visa
  • Pas foto
  • Bukti pembayaran
  • Dokumen keuangan, bisa berupa slip gaji, rekening koran, tabungan
  • Surat keterangan sponsor, bisa berupa undangan ataupun rekomendasi di negara tujuan
  • Surat keterangan kerja atau belajar
  • Jadwal perjalanan dan tiket pesawat
  • Surat keterangan sehat

3. Menyerahkan Dokumen

Setelah semua dokumen tersebut kamu siapkan, selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu menyerahkan dokumen tersebut. Setelahnya, kamu perlu membayar biaya untuk pembuatan visa.

4. Pemberian Visa

Setelah semua proses kamu lakukan, kemudian kamu hanya tinggal menunggu proses pembuatan dokumen ini selesai. Jika visa yang dibuat dalam bentuk stempel, maka kamu perlu meninggalkan paspor. Namun jika kamu membuat e-visa, maka dokumen akan dikirim via email.

Biaya Pembuatan Paspor dan Visa

Selain terkait syarat dan kelengkapan dokumen, yang perlu kamu perhatikan ketika membuat paspor dan visa yaitu biaya. Kedua dokumen ini memiliki aturan tersendiri berkenaan biaya. Untuk paspor, inilah besaran biaya yang kamu perlukan:

  • Paspor biasa 48 halaman : 350 ribu per permohonan
  • Paspor elektronik 48 halaman : 650 ribu per permohonan
  • Surat perjalanan laksana paspor untuk WNI : 100 ribu per permohonan
  • Surat perjalanan laksana paspor untuk WNA : 150 ribu per permohonan
  • Layanan percepatan paspor selesai pada hari yang sama : 1 juta per permohonan

Sementara untuk visa, biaya akan tergantung dengan jenis dan juga negara tujuan. Berikut contoh biaya pembuatan visa:

  • Visa Schengen: 60 Euro untuk usia di atas 12 tahun. 35 Euro untuk usia 6-12 tahun. Sementara untuk usia di bawah 6 tahun biayanya gratis. Semua biaya tersebut untuk masa tinggal maksimal selama 90 hari.
  • Visa Inggris: 128 USD untuk masa berlaku 6 bulan, 485 USD untuk masa 2 tahun, 881 USD untuk masa berlaku 5 tahun, dan 1104 USD untuk masa berlaku 10 tahun
  • Visa Amerika Serikat: 160 USD untuk pembuatan visa turis

Baca Juga: Apa itu Visa Schengen

Masa Berlaku Visa

Visa merupakan dokumen yang juga memiliki masa berlaku. Sehubungan masa berlaku ini, maka akan tergantung pada tujuan kamu. ada visa yang hanya berlaku dalam hitungan hari, namun ada juga yang berlaku dalam hitungan bulan atau tahun.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pahami tentang visa. Karena dokumen ini merupakan salah satu dokumen penting ketika kamu ke luar negeri, maka pastikan kamu mengurus dokumen ini dengan benar, dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Beberapa negara memiliki aturan ketat yang dalam penerbitan surat izin ini. Meskipun ada juga beberapa negara yang bisa kamu kunjungi tanpa perlu menggunakan visa.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]