Virtual Account adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Canggihnya teknologi saat ini membuat beberapa hal dapat kita akses secara digital. Contohnya kamu dapat berbelanja dengan mudah melalui e-commerce maupun marketplace lainnya. Begitu pun dengan metode pembayaran, kini dapat kamu lakukan secara digital misalnya seperti virtual account. Lantas, apa itu virtual account?

Memahami apa itu Virtual Account

Apa itu Virtual Account

Virtual account adalah sebuah rekening atau akun pembayaran secara virtual (tidak real) yang khusus dibuat oleh bank untuk tiap pengguna. Biasanya dalam proses pembuatannya, akan digenerate secara otomatis dan di dalamnya terdapat nomor unik ID pelanggan. Nomor dari virtual account tersebut khusus untuk melakukan pembayaran online yang hanya dapat digunakan sendiri.

Umumnya, pembuatan virtual account dilakukan sesuai permintaan perusahaan yang bertujuan untuk melakukan kegiatan transaksi. Setiap transaksi biasanya memiliki satu nomor virtual account atau yang lebih kita kenal dengan nama VA number. Setiap VA number tersebut biasanya unik dan berbeda menyesuaikan kebutuhan transaksi.

Bentuk dari VA number bervariasi sesuai bank pengguna masing-masing. Ada yang berbentuk campuran angka unik atau kombinasi huruf dan angka. Hampir semua bank saat ini sudah memiliki rekening virtual agar para nasabah dapat bertransaksi secara online dengan mudah.

Baca Juga: Bank Umum: Pengertian, Fungsi, dan Kegiatan Usahanya

Perbedaan Virtual Account dengan Rekening Biasa

Kini kamu memahami bahwa kamu dapat melakukan pembayaran dengan menggunakan VA number. Namun, terdapat beberapa hal yang membedakan antara VA number atau rekening biasa. Berikut adalah perbedaannya:

1. Penggunaan

Ketika kamu menggunakan rekening biasa, terdapat dua cara bertransaksi yaitu melalui teller bank atau melalui ATM. Kedua cara bertransaksi tersebut mewajibkan kamu untuk pergi terlebih dahulu ke bank maupun ke tempat yang terdapat mesin ATM. Itulah kelemahannya menggunakan rekening biasa untuk melakukan transaksi.

Berbeda dengan transaksi via VA, kamu tidak perlu ke tempat manapun. Namun, kamu harus terlebih dahulu memiliki m-banking di ponselmu. Pilih metode pembayaran menggunakan virtual account. Lalu, masukkan kode pembayaran VA tersebut melalui fitur yang terdapat dalam m-banking.

2. Pelayanan

Saat kamu melakukan setor tunai melalui teller untuk bertransaksi, tentu teller bank akan melayani kebutuhanmu. Di lain sisi, pengguna virtual account melakukan pelayanan terhadap diri sendiri atau self-service. Ketika kamu bertransaksi secara online dan memilih VA sebagai metode pembayaran, maka nomor VA kamu akan secara otomatis terbuat. Kamu hanya perlu mengikuti sesuai dengan petunjuk pembayaran melalui VA.

3. Alur Transaksi

Menggunakan VA memang terlihat lebih rumit daripada rekening biasa. Hal tersebut karena kamu harus mengurus pembayaran sendiri. Berbeda dengan rekening biasa yang akan dilayani oleh teller misalnya. Namun, dalam perspektif alur transaksi biasanya tercantum secara jelas dan lengkap. Sehingga, kamu tidak akan kesulitan melakukan kegiatan pembayaran.

4. Pencatatan Transaksi

Menggunakan rekening biasa umumnya diberikan bukti misalnya bukti transfer melalui ATM maupun melalui teller. Namun, ketika bukti tersebut hilang, kamu terkadang perlu kembali lagi ke bank atau cetak mutasi melalui ATM yang tidak selengkap bukti awal.

Bahkan terkadang cetak mutasi maupun transaksi ke beberapa bank yang berbeda terdapat biaya admin. Kekhawatiran tersebut tidak akan terjadi bila kamu bertransaksi melalui VA.

Mengapa? Sebab setiap VA number atau kode VA adalah kode unik yang hanya bisa dipakai oleh seorang saja. Dengan begitu, ketika kamu melakukan pembayaran melalui VA, bank akan langsung mengetahui bahwa yang mengirimkannya yaitu kamu seorang. Jumlah yang kamu bayarkan pun sesuai dengan nominal invoice tagihan.

Nah, itu dia perbedaan-perbedaan mendasar antara rekening biasa dengan VA. Singkatnya, penggunaan VA jauh lebih efektif dan meminimalisir risiko hilangnya bukti.

Manfaat Virtual Account

Bagi beberapa orang yang awam tampaknya virtual account menjadi sesuatu yang cukup merepotkan daripada transfer bank manual. Faktanya, VA lebih mempermudah kegiatan transaksi. Berikut adalah manfaat dari penggunaan VA:

1. Transaksi Lebih Aman

Dengan menggunakan metode pembayaran VA, transaksi belanja online akan terasa lebih aman daripada menggunakan rekening biasa. VA number yang unik dan hanya dapat kamu pakai untuk sekali transaksi tersebut akan kadaluarsa setelah transaksi selesai. Dengan begitu, nomor unik tersebut tidak akan dapat disalahgunakan dan transaksi aman.

2. Pembayaran yang Lebih Praktis

Transaksi melalui virtual account akan otomatis tercatat pada pembukuan atau rekeningmu. Tanpa harus tracing siapa yang melakukan pembayaran, nomor unik yang kamu gunakan sudah dipastikan mencatat bahwa kamu yang melakukan pembayaran. Pesanan atau belanjaan online-mu tersebut dapat segera diproses.

3. Mempermudah Kegiatan Transaksi

Tanpa harus mengantri dan pergi ke bank maupun ke ATM terdekat, kamu dapat transaksi di mana pun dan kapan pun. Hadirnya virtual account tersebut membuat sistem transaksi atau pembayaran menjadi fleksibel dan praktis. Apalagi saat ini VA sudah terdapat di beragam marketplace dan aplikasi.

Baca Juga: Marketplace adalah: Perbedaannya dengan Toko Online dan e-Commerce

4. Tanpa Konfirmasi Pembayaran

Ketika kamu melakukan pembayaran melalui rekening biasa seperti transfer melalui ATM, bukti transfer tersebut harus difoto dan dikirimkan kepada penjual agar pembelianmu dapat diproses. Selain itu, kamu harus menunggu pihak penjual mengonfirmasi pembayaranmu.

Proses tersebut cukup lama berbeda daripada VA yang khusus untuk satu pengguna, identitas langsung terdeteksi, dan kamu tidak perlu membuktikan atau konfirmasi pembayaran. Waktu yang kamu butuhkan relatif singkat, tidak memakan waktu untuk konfirmasi pembayaran.

Cara Kerja Virtual Account

Setelah kamu memahami pengertian hingga manfaat dari VA, sekarang saatnya kamu memahami bagaimana cara kerja VA. Seperti namanya, virtual account merupakan akun virtual yang sengaja dibuat untuk memudahkan identifikasi dan pencatatan pembayaran. Berikut adalah cara kerja VA secara detail:

  1. Pertama, ketika kamu membuat pemesanan maka kamu akan mendapatkan invoice dari pihak penjual.
  2. Akun VA yang terdapat pada suatu aplikasi akan memberikan kode unik (VA number) yang terhubung dengan invoice kepada pembeli.
  3. Kemudian, pembeli yang menerima nomor unik tersebut akan diminta melakukan transfer.
  4. Sesudah transfer selesai, penjual akan mendapatkan pemberitahuan bahwa kamu sudah melakukan pembayaran. Penjual dapat mengetahui siapa pembeli yang melakukan pembayaran, karena kode unik tersebut hanya dimiliki satu orang.

Ketika pembayaranmu sudah kamu lakukan, penjual tinggal memproses pesananmu. Tak perlu foto bukti transfer pada pihak penjual karena mereka sudah tahu bahwa kamu sudah melakukan pembayaran. Jadi, cara kerjanya cukup sederhana untuk kamu pahami bukan?

Cara Membayar dengan Virtual Account

Metode pembayaran melalui VA merupakan cara pembayaran praktis yang bisa kamu lakukan di banyak bank di Indonesia. Berikut merupakan contoh pembayaran melalui beberapa bank:

Bank Mandiri

Melalui ATM

  • Klik menu Bayar/Beli
  • Lalu, pilih Lainnya
  • Klik menu yang sesuai dengan kebutuhan seperti Multipayment atau E-commerce
  • Kemudian, masukkan Nomor Kode bayar Perusahaan atau Instansi
  • Masukkan Kode Merchant
  • Lalu, masukkan 8 digit Nomor Kode Pembayaran
  • Periksa rincian transaksi
  • Transaksi selesai

Melalui e-Banking

  • Klik Menu Bayar
  • Lalu pilih menu yang sesuai dengan kebutuhan seperti Multipayment atau E-commerce
  • Selanjutnya klik Doku pada menu Penyedia Jasa
  • Kemudian, masukkan Kode Merchant
  • Lalu, di bagian ID atau Pay Code masukkan 8 digit Nomor Kode Pembayaran
  • Periksa rincian transaksi
  • Transaksi selesai

Bank BCA

Melalui ATM

  • Pertama-tama pilih menu Transaksi Lainnya
  • Kemudian, klik Transfer dan pilih Rekening BCA Virtual Account
  • Selanjutnya masukkan kode pembayaran atau nomor BCA Virtual Account yang kamu dapatkan
  • Periksa detail transaksi pada halaman konfirmasi, ikuti instruksi penyelesaian transaksi bila mulai dari No VA, Nama, Produk atau Perusahaan, dan Total Tagihan sudah sesuai
  • Transaksi selesai

Melalui Internet Banking

  • Kunjungi alamat situs Internet Banking BCA
  • Lalu, login akun pada situs IBanking tersebut
  • Klik menu Pembayaran Tagihan
  • Selanjutnya, pilih pembayaran dan klik BCA Virtual Account
  • Setelah halaman terbuka, masukkan kode pembayaran atau nomor BCA Virtual Account yang kamu dapatkan
  • Periksa detail transaksi pada halaman konfirmasi, ikuti instruksi penyelesaian transaksi bila mulai dari No VA, Nama, Produk atau Perusahaan, dan Total Tagihan sudah sesuai
  • Terakhir, masukkan password dan mToken
  • Transaksi selesai

Itu dia dua contoh cara pembayaran VA melalui Bank Mandiri dan BCA. Bank lainnya seperti CIMB, BRI, BNI, hingga Permata Bank juga dapat melakukan pembayaran baik melalui ATM-nya masing-masing maupun m-Banking dengan alur yang kurang lebih sama dengan contoh di atas.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Akhirnya kamu sudah sampai di penghujung akhir artikel. Sederhananya, virtual account merupakan nomor akun atau rekening virtual untuk pembayaran transaksi secara digital. Jadi, ketika kamu membeli sesuatu kamu tidak perlu cek dan konfirmasi dengan pihak penjual mengenai pembayaranmu lagi.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]