10 Usaha Modal Kecil yang Menarik dan Pasti Untung

Usaha dengan modal kecil memang sedang menjadi tren saat ini. Terlebih lagi saat situasi ekonomi nasional sedang berjuang melawan krisis pandemi yang tak kunjung berakhir. Jika kamu ingin memulai sebuah usaha namun tidak memiliki banyak modal, kamu wajib menyimak beberapa ulasan ini.

Tips bisnis modal kecil untung besar

10 Contoh Usaha Modal Kecil

Memulai bisnis dengan modal yang minim tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu hanya butuh tekad, ketekunan, dan sikap pantang menyerah. Berikut ini beberapa contoh usaha modal kecil yang berpotensi mendatangkan untung besar yang bisa kamu tekuni untuk menambah penghasilanmu:

1. Bisnis Online

Salah satu usaha dengan modal kecil yang bisa kamu mulai yaitu bisnis online. Jika kamu saat ini sudah memiliki bisnis dan ingin mengembangkan bisnismu, kamu bisa coba menjual produkmu secara online.

Bisnis ini tidak membutuhkan modal yang besar. Apabila kamu belum memiliki laptop, kamu bisa memulainya menggunakan HP dan paket data internet untuk mengunggah produkmu ke marketplace yang kamu inginkan.

Baca Juga:
Daftar 10 Bisnis Online Terbaik
Marketplace adalah: Perbedaannya dengan Toko Online dan e-Commerce

2. Jasa Privat

Jika kamu memiliki keahlian di bidang akademis maupun keterampilan lainnya, kamu bisa mencoba membuka jasa privat. Kamu hanya perlu mempromosikan dan menjual jasamu di berbagai media.

Kamu bisa membuka jasa privat seperti les privat untuk anak sekolah maupun les privat keterampilan seperti mengemudi, memasak, atau menjahit.

3. Reseller

Reseller merupakan jenis usaha yang juga bisa menjadi bagian dari bisnis online. Perbedaanya terletak pada barang yang kamu jual. Reseller biasanya membeli barang terlebih dahulu kemudian menjualnya kembali.

Agar bisa bersaing, reseller juga menawarkan produk yang mereka jual di marketplace dengan selisih harga tertentu. Selain tidak perlu memproduksi barang sendiri, menjadi reseller juga dapat dimulai tanpa modal yang banyak.

Baca Juga: Distributor adalah: Perbedaannya dengan Supplier, Agen dan Reseller

4. Dropshipper

Usaha dengan modal kecil selanjutnya yaitu dropshipper. Usaha ini hampir mirip dengan reseller. Perbedaanya terletak pada cara mereka menjual barang.

Jika reseller harus menyetok barang terlebih dahulu, maka dropshipper tidak perlu melakukannya. Dropshipper cukup memesan barang dari toko lain, kemudian meminta agar barang tersebut dikirimkan atas nama dropshipper.

Dropshipper tidak membutuhkan modal tertentu untuk menjual barangnya. Minimal, hanya butuh HP dan koneksi internet yang stabil untuk mempromosikan bisnisnya.

Baca Juga: Panduan Pemula: Cara Lengkap Merintis Bisnis Dropship

5. Jasa Titip (Jastip)

Jastip mulai berkembang beberapa waktu terakhir. Jika kamu menginginkan suatu barang tapi kamu tidak bisa membelinya secara langsung, maka kamu butuh jasa titip ini.

Kamu bisa memulai usaha ini menggunakan modal yang kecil, kemudian menawarkan jasamu melalui media sosial. Pelaku usaha jastip memperoleh keuntungan dari jasa tambahan atas setiap item barang yang dibeli oleh pelanggan.

6. Thrift Shop

Thrift shop merupakan usaha yang menawarkan barang-barang bekas dari berbagai merek terkenal atau branded. Usaha ini memiliki peminat yang cukup banyak, terutama mereka yang ingin memiliki barang branded ori dengan harga miring.

Kamu bisa mendapat untung besar dari bisnis thrift shop ini. Banyak barang branded bekas bisa kamu temui di beberapa pasar dengan harga yang sangat miring. Kamu hanya perlu mencuci dan melakukan treatment ulang pada produk tersebut sebelum menjualnya kembali.

7. Translator

Jasa translator juga merupakan usaha dengan modal tergolong kecil. Translator merupakan jasa keterampilan menerjemahkan bahasa yang juga banyak dibutuhkan.

Kamu bisa menemui banyak orang menjual jasa ini di berbagai marketplace dan platform freelancer online. Selain hanya membutuhkan keterampilan bahasa asing, kamu hanya perlu modal promosi dan branding yang meyakinkan.

Baca Juga: Pengertian Branding Adalah

8. Jasa Fotografi

Jika kamu memiliki hobi fotografi dan memiliki peralatannya, sebaiknya kamu juga pertimbangkan usaha ini. Jasa fotografi saat ini juga sedang tren terutama jasa foto untuk pernikahan dan foto produk.

Kamu bisa memasarkan jasa ini di berbagai platform media sosial agar bisa dikenal secara luas. Jika kamu menekuni jasa ini, maka kamu bisa menjadi fotografer profesional yang terkenal.

9. Jasa Desain dan Video Editing

Jasa desain dan editing juga tidak kalah menarik. Di era digital seperti ini banyak orang yang membutuhkan skill desain dan editing terutama desain grafis dan video editing.

Banyak perusahaan yang ingin meningkatkan tampilan produknya memilih untuk menggunakan jasa desain editing. Selain itu, bagi perusahaan yang ingin membuat konten marketing yang lebih menarik, tentunya juga membutuhkan jasa desain dan editing ini.

Kamu bisa menawarkan jasa ini sebagai seorang freelancer dengan memasarkan jasamu di berbagai media sosial maupun platform freelancer.

10. Jasa Content Marketing

Contoh usaha modal kecil namun menghasilkan untung besar yang terakhir yakni jasa content marketing. Jika kamu memiliki kreativitas dan skill marketing yang baik, kamu bisa coba usaha yang satu ini. Banyak orang membutuhkan skill marketing, seperti menulis dan mempromosikan sebuah produk di era digital saat ini.

Beberapa contoh jasa content marketing di media sosial yang bisa kamu temui misalnya seperti endorsement dan review. Kamu bisa memulai usaha ini dengan konsisten membuat content review agar orang tertarik untuk bekerja sama denganmu.

Tips Memilih Bisnis

Jika kamu masih bingung untuk memilih bisnis mana yang akan kamu mulai, ada baiknya kamu simak beberapa tips berikut ini:

1. Sesuai Passion

Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis, pastikan kamu memilih usaha yang sesuai dengan passionmu. Hal ini karena melakukan bisnis sesuai passion akan membuatmu menikmati bisnis tersebut.

Menikmati sebuah bisnis menjadi hal yang penting. Jika kamu menikmati bisnis yang kamu lakukan, maka masalah bisnis yang datang akan kamu sikapi sebagai tantangan.

2. Analisis Tren Pasar

Mengetahui trend pasar juga penting sebelum memulai sebuah bisnis. Kamu harus mengetahui dengan tepat produk atau jasa apa yang sedang masyarakat butuhkan. Jika kamu mampu menghadirkan produk tersebut melalui bisnismu, maka masyarakat akan tertarik dan membeli produk kamu.

Kamu juga perlu melakukan analisis terhadap kompetitor yang menawarkan produk serupa dengan bisnismu. Hal ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari bisnis kompetitor. Hasil analisis tersebut bisa kamu jadikan sebagai evaluasi untuk menyusun strategi bisnis yang lebih tepat.

Baca Juga: Apa itu Analisis Peluang Usaha

3. Pelajari Bidang yang Kamu Tekuni

Sebelum mulai membuka bisnis, pastikan kamu tahu tentang bidang usaha yang akan kamu tekuni. Kamu harus mengetahui harga pasaran, aturan, bahkan kebijakan pemerintah yang terkait dengan bidang bisnis tersebut.

4. Sesuaikan dengan Modal

Pastikan juga untuk mengetahui kapasitas diri dan modal yang kamu miliki sebelum memulai usaha. Jangan memulai usaha yang melebihi kapasitas modal yang kamu miliki. Hal ini karena selalu ada kemungkinan yang tidak terduga di masa depan.

Jika kamu masih ragu, kamu bisa mencoba beberapa contoh usaha yang mampu dimulai dengan modal kecil di atas sebagai referensi kamu. Selain karena tidak membutuhkan modal yang besar, contoh usaha di atas juga bisa kamu lakukan di sela-sela waktu luang.

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

Tertarik Memulai Usaha Modal Kecil Untung Besar?

Itulah beberapa contoh usaha modal kecil dengan untung besar dan tips memilihnya. Jika kamu berniat untuk menjalankan salah satu di antara contoh tersebut, maka pastikan kamu memiliki komitmen dan konsistensi yang kuat.

Hal ini karena semua bisnis tidak akan selalu berjalan dengan lancar. Jadi persiapkan dirimu untuk menghadapi segala kemungkinan masalah yang akan muncul. Selamat mencoba!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]