11 Tempat Wisata di Jakarta untuk Anak dan Keluarga Paling Rekomen

Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau DKI Jakarta merupakan ibu kota Indonesia sebagai pusat ekonomi, politik dan pemerintahan, dan sentralisasi kedutaan maupun perkantoran banyak warga, dimana situasi dan kondisinya sangat padat.

Ibu kota negara, Jakarta, selalu ramai bahkan bisa terlihat padatnya aktivitas selama 24 jam. Hal ini membuat banyak warga Jakarta lebih memilih untuk pergi berlibur ke daerah lain di tanah air.

Namun, Jakarta sebenarnya juga memiliki tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi loh. Mau tahu apa aja tempat wisata anak dan keluarga di jakarta yang rekomen? Simak ulasannya berikut ini ya.

Tempat wisata di Jakarta bersama Anak dan Keluarga

1. Jakarta Akuarium

Tahukah kamu bahwa sekarang kamu bisa melihat ikan di mal? Jika kamu pernah ke Sea Life Bangkok Ocean World, Jakarta Aquarium akan menjadi alternatif yang menarik. Ya, Kamu dan keluarga dapat menikmati kehidupan bawah laut di Jakarta Akuarium.

Akuarium besar dengan beragam ikan menyambut pengunjung untuk pertama kalinya begitu Kamu tiba. Jakarta Akuarium dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kelompok ikan.

Selain itu Anak-anak juga pasti suka melihat ikan menari-nari  di dalam air. Kalau mereka sudah semakin penasaran dan ingin bermain dengan hewan-hewan laut kecil ini, kamu bisa segera pergi ke area touch pool. Di area ini, si kecil bebas menyentuh hewan laut yang menggemaskan.

Oh ya, jangan lupa juga untuk menyaksikan kegiatan feeding time saat para penyelam masuk ke dalam akuarium untuk memberi makan ikan, dijamin pasti seru. Jakarta Aquarium juga punya pertunjukan teatrikal menarik bertemakan Pearl of the Sea yang tak boleh dilewatkan.

Selain menyenangkan untuk anak-anak dan bisa menambah pengetahuan mereka, nilai plusnya tempat ini juga Instagramable, lho. kamu dapat mengambil foto siluet yang indah dengan ikan sebagai latar belakangnya.

Adapun biaya untuk tiket masuk:

  • Weekdays, Rp150.000 (dewasa); Rp125.000 (anak-anak), sedangkan
  • Weekend, Rp200.000 (dewasa), Rp150.000 (anak-anak)

Jam operasionalnya mulai dari 10.00-20.00 Jakarta Akuarium beralamat di Neo SOHO Floor LG 101 – LGM 101, Jl. Letjen S. Parman Kav. 28. Jakarta Barat, 11470. Kamu juga bisa menghubungi mereka di nomor telepon 1500212

2. Pandora Experience

Apakah kamu suka tantangan? Ada nih tempat buat kamu dan si buah hati untuk mengasah kemampuan detektif dan pecahkan teka teki.

Di Pandora Experience kamu bisa coba jika kamu belum memainkan game teka teki. Hal ini cocok buat Kamu yang menyukai cerita misteri dan serial detektif. Beberapa tantangan misterius penuh teka-teki dalam 120 menit siap mengasah otak kamu.

Memasuki ranah permainan membawa pikiran kamu ke dunia yang jauh dan misterius. Bahkan dekorasi ruangan dan efek suara sangat mendukung.

Ajak juga temanmu untuk menyelesaikan game ini. Kamu bisa bekerja sama dengan teman-temanmu untuk menemukan jawaban atau jalan keluar dari permainan.

Walaupun telah bermain berkali-kali hal ini tidak akan membuat kamu bosan, pasalnya Pandora Experience memiliki banyak tema dan bagian permainan yang bisa kamu selesaikan. Agar tidak penasaran lagi, rasakan sendiri sensasi memainkan game escape yang satu ini.
Tiket Masuk untuk Pandora Experience yaitu Mulai Rp150.000. Kamu juga bisa mengunjungi beberapa alamat Pandora Experience seperti di:

  • Jalan Boulevard Bar. Raya No.46, RT.2/RW.9, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara
  • Ruko Puri Britania, Jl. Puri Indah Raya Blok T7 No.37, RT.2/RW.2, Kembangan Sel, Kota Jakarta Barat dan
  • Mall Ciputra, Jl. Letjen S. Parman No.1, RT.11/RW.1, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11470

Kamu juga bisa menghubungi nomor telepon: (021) 5830 4801. Untuk jam operasional yang berlaku yakni pukul 12.00 – 22.00 (Mall Ciputra & Ruko Puri) dan untuk lokasi Kelapa Gading: 10.00 – 22.00 (Senin-Kamis), 10.00 – 00.00 (Jumat-Minggu)

3. Arcannum Hobbies Boardgame

Jika anak kamu belum pernah memainkan boardgame, inilah salah satu kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk mengenalkan si kecil kepada permainan boardgame.

Kamu bisa membawa si kecil ke Arcannum Hobbies Boardgame. Tidak perlu khawatir karena staf di sini sangat ramah dan sabar untuk menjelaskan setiap detail permainan.

Sebagian besar permainan dimainkan secara berkelompok, sehingga anak-anak juga dapat berbaur dengan pemain lain. Ada ratusan opsi tema game untuk dimainkan. Selain itu, tempatnya yang luas dan nyaman, memungkinkan kamu untuk bermain lebih leluasa. Setiap permainan menguji kemampuan setiap pemain untuk mendapatkan kemenangan.

Untuk Harga di Arcannum Hobbies Boardgame mulai Rp55.000 dan jam operasionalnya mulai 13.00-22.00.

Arcannum Hobbies Boardgame berada di alamat Kuningan City, Jalan Prof. Dr. Satrio, Kav.18, RT.7/RW.4, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12940 dengan nomor telepon yang bisa dihubungi 0819 3269 0919.

4. Taman Wisata Alam Mangrove

Siapa bilang liburan di Jakarta hanya bisa dilakukan di dalam ruangan? Kunjungi Taman Alam Mangrove Muara Angke!

Di sini kamu bisa berjalan melintasi jembatan kayu yang mengelilingi hutan mangrove. Tapi kalau mau lebih seru juga bisa sewa perahu lho. Kapasitas perahu yang tersedia bervariasi dari 2 hingga 8 orang.

Taman wisata ini memiliki area yang luas dan disinari matahari yang cukup terik. Jadi pastikan kamu dan si kecil mengenakan pakaian yang nyaman, topi, dan mengoleskan sunblock ya!

Jangan lupa tambahkan lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk. Sayangnya, para pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar. Jadi kamu bisa membelinya terlebih dulu di kantin yang tak jauh dari pintu masuk.

Untuk melakukan foto dan pengambilan gambar, kamera yang boleh digunakan pun hanya kamera smartphone saja. Untuk penggunaan kamera profesional di sini akan dikenakan biaya tambahan.

Ada satu lagi spot favorit untuk pengunjung berfoto yaitu di depan deretan pondok kemah yang bentuknya unik ini. Jika tertarik, pengunjung juga bisa menginap di pondok kemah tersebut mulai dari kamar yang ber AC maupun tidak.

Untuk Tiket Masuk wisata ini dibandrol dengan harga Rp 10.000 (anak) dan Dewasa, Rp25.000 (Weekdays) dan Rp30.000 (Weekend). Kamu juga bisa menyewa perahu dengan harga mulai Rp100.000.

Untuk Alamat berada di Jalan Garden House No.4, RT.4/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470. Kamu bisa menghubungi wisata ini di nomor telepon (021) 2903 3066, 0877 7888 6778 dan 0819 3225 4370. Untuk jam operasionalnya mulai dari pukul 7 pagi hingga pukul 6 petang

5. Kebun binatang di Faunaland Ancol

Di sini kamu dapat benar-benar mengenal dan bahkan bersosialisasi dengan berbagai hewan! Tidak seperti kebun binatang lain di mana pengunjung hanya dapat melihat berbagai hewan di dalam kandang dari jarak yang sangat jauh, di Faunaland kamu bahkan dapat duduk dan berinteraksi dengan hewan.

Tenang aja karena masih ada dinding kaca transparan yang tebal untuk menjaga keamanan pengunjung.

kamu juga bisa memberi makan singa. Ada corong makanan untuk pengunjung memberi makan hewan yang satu ini.

Selain singa kamu juga bisa memberi makan burung. Berbagai jenis burung terbang bebas kesana kemari. kamu juga bisa berfoto bersama hewan lainnya. Di Faunaland Ancol juga ada kura-kura raksasa yang berusia lebih dari 50 tahun.

Terakhir, kamu bisa mengajak si kecil menyusuri sungai dengan perahu. Rasanya seperti berjalan di alam liar, atau kamu bisa juga mengajak si kecil untuk mengendarai kuda poni yang lucu.

Untuk tiket masuknya sendiri Weekdays, Rp65.000 dan di hari Weekend, Rp75.000.

Selain itu untuk harga tiket masuk plus River Cruise di harga Rp90.000 (weekdays) dan Rp100.000 (weekend).

Alamatnya berada di Ecovention Building – Ecopark, Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, RW.10, Ancol, Kec. Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430 dengan nomor telepon (021) 2922 2222. Pastikan mengunjungi wisata yang satu ini pada saat jam operasionalnya pada pukul 09.00 – 17.00 untuk weekdays dan pukul 08.00 – 17.00 untuk weekend

6. Houbii Urban Adventure Park

Merupakan wahana permainan di Jakarta Selatan. Di sini kamu bisa melompat di atas trampolin sebebas mungkin.

Selain area trampolin yang relatif luas, wisata ini juga memiliki tantangan sebanyak 42 tantangan di area High Rope Course yang menguji keseimbangan dan kelincahan kamu.

Ada juga rintangan Ninja Course Obstacle yang mengajak pengunjung untuk berlomba menyelesaikan semua tantangan secepat mungkin.

Selain itu masih ada X Slide, Namanya saja sudah menunjukkan bahwa tantangan ini cukup ekstrim untuk kamu coba. Bayangkan meluncur dari ketinggian 7 meter dengan sudut kemiringan 90 derajat yang pasti akan memberikan pengalaman yang seru untuk kamu.

Lucunya, tempat ini didesain untuk digunakan oleh pengunjung dari segala usia. Bahkan anak-anak berusia 1,5 tahun pun bisa bermain di sini lho. Tentu saja, keselamatan pengunjung diutamakan di sini dan tetap perlu waspada agar kamu dan anak-anak tidak mengalami cedera

Untuk harga tiket masuk dibandrol dengan harga Rp225.000. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini pada jam operasional pukul 12.00-21.00 untuk hari biasa dan pukuk 08.00 hingga 21.00 untuk hari weekend.

Selain itu nomor telepin yang bisa kamu hubungi di (021) 2912 5194. Houbii Urban Adventure Park beralamat di Jl. Metro Pondok Indah Blok BB No.3, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310.

7. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Setiap orang Indonesia tahu bahwa ini adalah tempat yang wajib dikunjungi di Jakarta. Taman Mini Indonesia Indah mempunyai area yang sangat luas sekitar 150 hektar.

Kamu dapat menemukan paviliun dan juga rumah adatnya yang dipajang dari setiap provinsi di wilayah Indonesia. Terdapat juga danau memberimu gambaran tentang kepulauan Indonesia.

TMII juga memiliki lebih dari 15 museum, dan lebih dari 10 taman, teater, dan taman bermain. Atraksi paling populer adalah “Taman Legenda”, yang berisi berbagai jenis dinosaurus.

Atraksi terkenal lainnya termasuk Teater Keong Mas (bangunan berbentuk seperti siput), bioskop 4D, dan Istana Anak Indonesia.

Kamu juga dapat mengunjungi  Snowbay Water Park, yang dilengkapi dengan tema pegunungan salju. Di Snowbay kamu bisa bersenang-senang di kolam ombak dengan 7 jenis ombak dengan ketinggian berbeda hingga bersantai di Typhoon River dimana merupakan kolam arus terpanjang di Indonesia.

Untuk harga tiket masuk TMII seharga Rp20.000 (belum termasuk biaya masuk kendaraan) dan juga Tiket Snowbay: Rp140.000 (weekdays) serta Rp180.000 (weekend).

Jam operasional wisata ini pukul 07.00-22.00 dimana setiap wahana mempunyai jam operasional yang berbeda. Kamu bisa menghubungi wisata ini di nomor (021) 8779 2078 dan 0895 3329 11660 (WA) Tempat wisata TMII terletak di Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta.

8. Waterbom Jakarta

Waterbom termasuk destinasi wisata keluarga paling diminati di Indonesia. Tak hanya ada di Bali, tapi juga di Jakarta. Waterbom Jakarta memiliki area seluas 3,8 hektar dimana dibangun  bertemakan taman tropis dan indah, yang di dalamnya diisi dengan perosotan dan seluncuran yang luar biasa.

Contohnya saja seperti Speed Slide, yang kecepatannya bisa mencapai angka 70 km/jam, ataupun Twitzer, perosotan yang mempunyai jalur melingkar dan berujung di sebuah kolam. Waterbom Jakarta juga dikenal sebagai ‘The Urban Cool’.

Biasanya kota Jakarta yang dikenal sebagai kota yang sibuk dan panas bisa dengan mudahnya Waterbom mengubah konsep Jakarta menjadi menyenangkan. Selain itu ada juga loh beberapa restoran dan cafe yang menyenangkan yang berada di wilayah wisata ini. Waterbom Jakarta termasuk sebagai salah satu tempat yang cocok untuk keluarga bersantai dan bersenang-senang di wahana wisata air tersebut.

Untuk tiket masuknya seharga  Rp190.000 untuk dewasa dan Rp130.000 untuk anak-anak pada hari weekdays sedangkan weekend Rp290.000 (dewasa) dan Rp230.000 (anak-anak).
Alamat: Jln Pantai Indah Barat No. 1, Pantai Indah kapuk, Jakarta Utara 14470 dengan nomor telepon (021) 5596 6666. Waterbom Jakarta memiliki jam operasional Setiap hari, 09.00 – 19.00.

9. The Cat Cabin

Jangan lewatkan cafe kucing lucu yang satu ini, The Cat Cabin. Kamu dan anak-anak bisa berjumpa dan bercengkrama dengan kucing-kucing lucu disini.

Kamu tidak perlu khawatir karena tempat cafe yang satu ini bersih dan higienis loh, serta kucing-kucing juga sudah divaksinasi dan dimandikan secara rutin.

Selain itu kamu dapat berinteraksi langsung dengan macam-macam jenis kucing di The Cat Cabin. Lucunya beberapa kucing disini ada yang sangat manja, sementara yang lainnya juga ada yang malu-malu.

Kamu bisa berinteraksi dengan kucing di The Cat Cabin dan menjadi pengalaman yang menyenangkan untukmu. The Cat Cabin merupakan sebuah café sehingga kamu dapat memesan secangkir minuman atau makanan sambil bermain dengan para kucing. Menyenangkan bukan?

Untuk harga makanan mulai Rp25.000, dan harga tiket masuknya satu jam pertama Rp60.000 (weekdays); Rp70.000 (weekend) dan berlaku jam berikutnya sebesar Rp50.000.

Kamu bisa menghubungi cafe ini dinomor (021) 7179 5243. Pastikan mengunjungi lokasi yang satu ini di Jl. Kemang Raya No.31, RT.13/RW.1, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12720 dengan jam operasional Selasa-Kamis, 10.00 – 21.00 dan Jumat-Minggu, 10.00 – 22.00 (Senin tutup)

10. Bianglala J-Sky Ferris Wheel

Wisata yang satu ini terletak di area rooftop bangunan yang ada di AEON Mall Jakarta Garden City. J-SKY Ferris Wheel mempunyai diameter berukuran 50 meter dan merupakan yang tertinggi di Indonesia dengan  puncak ketinggiannya yang mencapai lebih dari 100 meter dari permukaan tanah.

Ada sekitar 32 gondola yang dapat dipilih dengan kapasitas maksimal 6 orang per gondola. Menariknya setiap gondola juga diisi dengan penyejuk udara dan terdapat dua buah gondola yang khusus menggunakan sofa kulit yang empuk.

Untuk bisa menikmati wisata yang satu ini, harga tiket masuknya yakni Rp50.000 (Weekday); Rp60.000 (Weekend),  Couple Rp150.000, VIP Rp300.000 dan Jsky Rhythm Rp200.000.

Jam operasionalnya mulai dari 10.00 hingga 22.00. Kamu bisa mengunjungi wisata ini di AEON MALL Jakarta Garden City, RT.8/RW.6, Cakung Tim., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470 dengan nomor telepon (021) 2246 3410

11. Museum of Toys

Wisata yang satu ini dipenuhi dengan ribuan koleksi mainan yang menarik. Mainan yang dipamerkan sebagian besar yaitu action figure.

Salah satunya action figure yang bisa kamu temukan seperti tokoh Star Wars. Selain itu di lantai dasar dari Museum of Toys juga terdapat café sehingga kamu bisa menikmati makanan yang lezat atau sekadar menikmati secangkir kopi.

Untuk harga tiket masuk di hari Weekdays, Rp60.000 dan Weekend, Rp80.000. jam operasional dari wisata yang satu ini pada hari Minggu-Kamis, 09.00 – 18.00 dan Jumat & Sabtu, 09.00 – 20.00.

Museum of Toys berlokasi di : Rukan CBD, Blk. L No.1, RT.006/RW.003, Gondrong, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten 15720 dengan nomor telepon 0821 3312 1981.

Wisata menjadi salah satu kegiatan investasi untuk kesehatan pikiran dan jiwa kita. Bahkan salah satu hal mahal yang sering terlupakan yaitu mengikat erat hubungan antar keluarga. Jangan lupa untuk liburan ya.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]