Tabungan dollar: Keuntungan, Resiko dan Cara Buka Tabungannya

Dollar merupakan salah satu patokan yang menjadi kunci perekonomian yang ada di Indonesia, sangat beruntung jika kamu memiliki gaji atau penghasilan bermata uang dollar lho! Karena hal ini banyak sebagian masyarakat ingin atau punya tabungan dollar, berikut dalam artikel ini akan membahas tentang tabungan dollar dengan lengkap.

Menabung Dollar Yang Menguntungkan

Keuntungan memiliki Tabungan Dollar

  1. Kamu dapat membeli barang-barang impor impian kamu tanpa khawatir dengan fluktuasi rupiah.

Bagi kamu yang sering membeli barang impor, naik turunnya harga akan sangat ditentukan oleh nilai tukar rupiah. Ketika nilai tukar rupiah terhadap dolar AS turun, harga barang yang diperdagangkan dalam mata uang itu juga naik.

Baca Juga: Apa arti Fluktuasi

  1. Manfaat Variasi Nilai Tukar Dolar

Secara umum diketahui bahwa dalam beberapa tahun terakhir nilai tukar dolar AS cenderung terus menguat terhadap Rupiah. Bagi mereka yang menggunakan tabungannya secara rutin tetapi sering membeli barang-barang impor seperti elektronik dan sejenisnya, penguatan dolar AS terhadap rupiah jelas bisa menjadi bencana. Tapi bayangkan jika kondisinya terbalik.

Jika kamu sudah menabung dalam mata uang asing, dolar AS yang lebih kuat sebenarnya bisa memberi kamu keunggulan. Misalnya, jika kamu mulai menabung dolar saat nilainya masih Rp 13.000, tabungan kamu jelas akan bernilai lebih dari itu. Mengingat nilai dolar AS saat ini berkisar Rp 14.000, maka keuntungan yang didapat tentu tidak sedikit.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

  1. Memudahkan para traveller yang suka ke luar negeri

Ketika berwisata ke luar negeri jauh lebih mudah jika menggunakan mata uang asing seperti dolar AS. Ke mana pun kamu pergi, dolar AS adalah mata uang yang paling banyak diterima untuk transaksi di negara tujuan. Setidaknya dengan dolar AS di tangan, kamu tidak akan kesulitan mengonversi ke mata uang tujuan wisata.

Nilai tukar dolar AS yang relatif stabil juga dapat memberi kamu lebih banyak manfaat saat bepergian ke luar negeri. Berapapun nilai tukar Rupiah saat itu, biaya perjalanan kamu tidak akan banyak terpengaruh. Bahkan jika nilai tukar dolar AS meningkat terhadap mata uang negara tujuan, kamu sebenarnya dapat menikmati manfaat tambahan.


Resiko Menabung Dollar

Dalam menabung jenis apapun pasti ada resikonya, begitu juga dengan tabungan dollar, pasti memiliki resikonya juga, berikut resiko dalam tabungan dollar:

  • Kurs yang tidak pasti

Banyak orang hanya pergi ke jalur tabungan dolar tanpa memperhatikan fluktuasi nilai tukar dan memperhatikan setiap kekurangannya. Ingatlah bahwa kondisi politik juga akan mempengaruhi harga nilai tukar. Dengan nilai tukar yang berfluktuasi ini, kamu bisa saja membeli dolar di waktu yang salah.

Ketika harga rendah, pasti kamu sedang rugi. Untuk itu, perhatikan nilai volatilitas Dolar AS selama sebulan terakhir, sehingga kamu dapat memprediksi nilai tukar di masa mendatang. Juga mendidik diri sendiri tentang isu-isu politik yang dapat mempengaruhi nilai dolar setiap saat.

Baca Juga: Kurs: Pengertian dan Jenisnya

  • Bahaya akan kerusakan fisik

Jika kamu menyimpannya di rumah, kamu harus ekstra hati-hati. Kerusakan dolar, seperti robekan, lubang, dan lainnya membuat uang kamu tidak berharga. Jadi pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman, seperti di bank, untuk menghindari kerusakan.

Jika kamu ingin menyimpannya di rumah, belilah brankas untuk menyimpan Dolar untuk menghindari risiko kerusakan fisik atau bahkan kerugian. Juga, jangan menahannya terlalu lama. Jual dolar kamu saat nilai tukar naik.


Tips membuka Tabungan Dollar

1. Pastikan Tujuan kamu Untuk Membuka Rekening Tabungan Dollar

Sebelum kamu membuka tabungan dollar, ketahui dulu apa tujuan kamu membuka rekening tabungan. Misalnya, jika kamu berencana untuk belajar di luar negeri, wajar jika kamu ingin membuka rekening tabungan dolar untuk menghindari fluktuasi nilai mata uang kamu.

Dengan mengetahui tujuan, kamu dapat menentukan mata uang yang kamu inginkan dan jumlahnya. Pilihan paling aman adalah membuka rekening tabungan dolar, karena berlaku secara internasional.

2. Lakukan Pengecekan Persyaratan

Membuka tabungan dollar tidaklah mudah dan gampang, persyaratannya sangatlah berbeda dengan tabungan konvensional, nah agar kamu tidak bolak balik atau keliru, pastikan dulu apakah kamu sudah termasuk orang yang sesuai dengan kriteria memiliki tabungan dollar.

3. Pilihlah bank terpercaya

Sebelum kamu membuka tabungan dollar, alangkah baiknya juga kamu mengecek perizinan dan status bank tujuan kamu, jangan sampai karena kamu terlalu berantusias jadi lupa mengecek perihal ini, bahkan ini adalah yang paling utama agar tabungan dollar kamu aman dan terhindar dari penipuan, seperti:

  • Opsi Mata Uang

Cari tahu opsi mata uang apa yang didukung dan ditawarkan oleh bank kamu.

  • Saldo Minimum

Ketahui saldo minimum setiap bulan dalam tabungan dollar kamu. Sesuaikan persyaratan saldo minimum bank kamu dengan keuangan dan kebutuhan kamu.

  • Fleksibilitas layanan

Penting juga untuk mengetahui fleksibilitas layanan yang tersedia bagi bank. Misalnya, dimungkinkan untuk melakukan transaksi secara online atau melalui telepon.

  • Biaya konversi mata uang

Saat kamu akan mengonversi mata uang, bank mungkin mengenakan biaya. Untuk cara membuat tabungan dollar bisa kamu kunjungi kantor pusat atau cabang bank terdekat ya, karena setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Di Indonesia, badan usaha ada bermacam-macam jenisnya. Salah satunya yang masih bertahan adalah koperasi. Mohammad […]

News

Pada jaman sekarang semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan deposito. Namun tahukah kalian apa […]

News

Dalam dunia bisnis, terjadinya persaingan adalah salah satu hal yang semakin ketat dan meningkat secara […]

News

Menjadi warga Negara yang baik berarti selalu menuruti peraturan-peraturan yang ada pada Negara tempat dimana […]

News

Warga Indonesia yang memenuhi syarat wajib pajak memiliki kewajiban untuk lapor pajak. Dalam Ketentuan Umum […]

News

Dalam bekerja terdapat surat perjanjian kerja yang harus ditandatangani oleh karyawan saat proses penerimaan. Untuk […]