Syarat Nikah di KUA, Cara Mendaftar, dan Biaya yang Berlaku Tahun 2022

Menikah merupakan penyempurna ibadah dalam ajaran agama, sayangnya banyak yang berpikiran bahwa menikah haruslah megah. Nyatanya menikah dengan sederhana pun tidak menjadi masalah, seperti menikah dengan mudah di Kantor Urusan Agama (KUA). Tahukah kamu apa saja syarat nikah di KUA yang berlaku?

Syarat Menikah di KUA

Syarat Nikah di KUA

Adapun syarat nikah di KUA 2022 yang harus calon mempelai pria dan wanita lengkapi diantaranya sebagai berikut:

  1. Melampirkan surat pengantar untuk menikah dari desa atau kelurahan dimana calon pengantin tinggal.
  2. Melampirkan akta kelahiran atau surat keterangan kelahiran yang berasal dari desa atau kelurahan tempat calon pengantin tinggal.
  3. Lampirkan fotokopi KTP atau surat keterangan yang menunjukkan bahwa calon pengantin berumur 17 tahun telah melakukan perekaman tanda penduduk.
  4. Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga.
  5. Melampirkan surat rekomendasi dari KUA kecamatan calon pengantin tinggal apabila kedua pihak akan melangsungkan pernikahan di luar kecamatan tersebut.
  6. Menyertakan surat yang berisi persetujuan dari kedua calon pengantin.
  7. Melampirkan surat izin dari orang tua bagi calon pengantin yang belum berumur 21 tahun.
  8. Apabila orang tua tidak mampu untuk memberikan izin (meninggal dunia), maka calon pengantin harus mendapatkan izin dari wali yang mengasuh atau keluarga yang mempunyai hubungan darah.
  9. Melampirkan surat izin dari pengadilan (apabila izin dari orang tua, wali, dan pengampu tidak tersedia).
  10. Adanya dispensasi dari pengadilan khusus untuk calon pengantin pria yang belum mencapai usia sesuai ketentuan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.
  11. Melampirkan surat izin yang berasal dari atasan atau kesatuan khusus bagi calon pengantin yang bekerja sebagai anggota tentara nasional atau kepolisian di Republik Indonesia.
  12. Adanya penetapan izin untuk melakukan poligami dari pengadilan agama, khusus bagi suami yang ingin beristri lebih dari seorang.
  13. Adanya akta cerai atau bukti pendaftaran atau bukti pendaftaran cerai (bagi yang pernah menikah) sesuai UU Nomor 7 Tahun 1989 tentang Perceraian.
  14. Menyertakan akta kematian atau surat keterangan kematian yang diterbitkan oleh lurah atau kepala desa atau pejabat setingkat. Khususnya bagi kamu yang duda atau janda karena pasangan meninggal dunia.

Baca Juga:
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif
11 Tempat Wisata di Jakarta untuk Anak dan Keluarga Paling Rekomen

Prosedur untuk Calon Pengantin Pria

Adapun prosedur yang harus calon pengantin pria lengkapi sebagai syarat nikah di KUA tahun 2022 antara lain:

  • Memiliki pengantar dari RT/RW yang kemudian dibawa menuju kelurahan untuk mendapatkan blangko syarat nikah no 1 s/d 4.
  • Mendatangi KUA setempat untuk mendapatkan surat pengantar atau surat rekomendasi untuk menikah. Prosedur ini berlaku bagi mereka yang memiliki calon istri dari kecamatan lain.
  • Namun, jika calon istri berasal dari satu daerah yang sama, maka dokumen diberikan kepada calon istri.

Ketika melakukan prosedur di atas, calon pengantin pria wajib melampirkan beberapa dokumen berupa fotokopi KTP, akta kelahiran, dan Kartu Keluarga.

Selain itu, pas foto berukuran 3×4 juga harus calon pengantin pria lampirkan sebanyak 2 lembar bila istri berasal dari daerah yang sama. Apabila berasal dari daerah yang berbeda, maka lampirkan sebanyak 5 lembar.

Prosedur untuk Calon Pengantin Wanita

Adapun prosedur untuk melengkapi syarat nikah di KUA yang harus calon pengantin wanita siapkan antara lain:

  • Mempunyai surat pengantar dari RT atau RW yang kemudian bisa kamu bawa menuju kelurahan demi mendapatkan blangko persyaratan nikah nomor 1-4.
  • Mendatangi KUA setempat dengan tujuan melakukan pendaftaran pernikahan serta melakukan pemeriksaan administrasi yang wajib ditemani oleh wali serta calon pengantin pria.
  • Calon pengantin pria dan wanita harus mengikuti bimbingan pranikah dari KUA setempat.

Adapun lampiran yang wajib calon pengantin wanita siapkan diantaranya sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP, akta kelahiran, dan Kartu Keluarga.
  • Fotokopi Kartu Imunisasi TT.
  • Pas foto dengan latar biru ukuran 3×4 sebanyak 5 lembar per orang.
  • Dispensasi dari Pengadilan Agama bagi mereka yang usianya kurang dari ketentuan (16 tahun).
  • Surat izin dari atasan atau kesatuan bagi TNI atau Polri.
  • Surat kematian ayah apabila telah meninggal.
  • Akta cerai dari Pengadilan Agama bagi janda.
  • Surat keterangan wali apabila beliau tidak tinggal di alamat yang sama.
  • Dispensasi dari Camat setempat jika waktu pernikahan kurang dari 10 hari.
  • Surat izin dari orang tua apabila calon pengantin berusia kurang dari 21 tahun.
  • Surat kematian suami atau istri bagi janda.

Biaya Nikah di KUA Tahun 2022

Sebelum menyelesaikan setiap syarat administrasi untuk daftar nikah di KUA tahun 2022, kamu harus tahu berapa biaya yang harus kamu siapkan. Ketentuan yang berlaku di tahun ini yaitu biaya untuk menikah di KUA pada jam kerja tidak dipungut biaya alias 0 rupiah.

Apabila kamu ingin menikah di luar KUA dan di luar jam kerja, maka kamu akan membutuhkan biaya sebesar Rp 600 ribu. Karena, menurut Peraturan Menteri Agama RI Nomor 20 Tahun 2019 tentang Pencatatan Pernikahan telah menjelaskan bahwa syarat nikah harus ada pencatatan yang dilakukan oleh Kepala KUA.

Cara Daftar Nikah di KUA

Apabila kamu berminat untuk melakukan prosesi pernikahan di KUA, maka berikut ini langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

1. Melampirkan Dokumen Syarat Nikah di KUA

Syarat nikah di KUA yang pertama yaitu melengkapi dokumen yang sudah tertulis di atas. Ada sekitar 14 syarat, namun semua tergantung keadaan dari calon pengantin. Kamu hanya perlu melengkapi apa yang diperlukan dan mendatangi KUA untuk memberikan syarat-syarat tersebut.

2. Pemeriksaan Dokumen

Setelah melengkapi dokumen, langkah yang kedua yakni pemeriksaan dokumen. Pegawai di KUA akan melakukan verifikasi administrasi yang kamu setorkan. Oleh karena itu, pastikan semua data dan dokumen yang kamu kumpulkan telah benar dan valid. Jangan lupa bahwa persyaratan dan rukun nikah juga harus lengkap.

3. Mengikuti Bimbingan Pranikah

Langkah ketiga dengan persyaratan wajib yang harus kamu ikuti. KUA telah menyiapkan bimbingan pranikah yang memiliki tujuan untuk mengedukasi para calon pengantin bagaimana kehidupan setelah menikah.

4. Melengkapi Pembayaran

Apabila kamu menikah di KUA pada jam kerja, kamu tidak perlu melakukan pembayaran. Namun, apabila kamu menikah di luar jam kerja dan di luar KUA, maka kamu harus membayar Rp 600 ribu. Pembayaran melalui transfer bank dengan kode pembayaran yang telah diberikan.

5. Prosesi Pernikahan di KUA

Langkah yang terakhir dalam syarat nikah di KUA adalah melakukan prosesi pernikahan di KUA. Akan ada pencatatan pernikahan yang dilakukan oleh Kepala KUA. Setelah pencatatan selesai, buku nikah akan kamu dan pasangan terima, yang berarti pernikahan telah sah.

Nikah Mudah dan Murah di KUA

Menikah memang membutuhkan biaya yang cukup banyak. Namun, kamu bisa menekan biaya tersebut dengan cara menikah di Kantor Urusan Agama. Kamu hanya perlu melengkapi syarat nikah di KUA, lakukan prosesi pendaftaran, dan melakukan pencatatan pernikahan di sana.

Prosesnya mudah, tanpa biaya sama sekali, dan cepat selesai. Jadi, apakah kamu akan memilih untuk menikah di KUA?

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]