Surat Izin Tidak Masuk Kerja: Panduan, Contoh, Tips dan Alasannya

Setiap perusahaan pasti memiliki SOP (Standard Operating Procedure) masing-masing dan semua karyawan wajib mentaatinya. Salah satunya yaitu harus memberikan surat izin tidak masuk kerja jika berhalangan kerja seperti biasa. Tujuan surat ini yaitu untuk menginformasikan alasan mengapa tidak bisa masuk kerja.

Meskipun tujuan utama dari surat izin adalah untuk pemberitahuan, namun surat ini juga menjadi tanda profesionalitas seorang karyawan dalam urusan pekerjaan. Ada banyak hal yang membuat karyawan tidak bisa datang ke tempat kerja seperti hari normal. Selama alasan tersebut masuk akal, HRD pun akan memberikan izin.

Baca Juga: Tugas Utama dan Tanggung Jawab HRD di Perusahaan

Contoh surat izin tidak masuk kerja

Panduan Membuat Surat Izin untuk Perusahaan

Supaya kamu tidak bingung ketika sewaktu-waktu nanti harus membuat surat izin ke perusahaan karena berhalangan kerja, maka silahkan ikuti panduan berikut sampai tuntas:

1. Menuliskan Tanggal

Perusahaan profesional pasti memiliki catatan presensi dan absensi semua karyawan karena berguna untuk memantau produktivitas mereka. Supaya HRD perusahaan tempat kamu bekerja bisa mencatat datamu, maka kamu harus menuliskan tanggal izin tidak masuk dan tanggal izin masuk kerja lagi.

Tanggal merupakan bagian penting karena berhubungan dengan tugas-tugas yang akan kamu kerjakan. Jika deadline pekerjaan tersebut tidak bisa mengikuti tanggal izin yang kamu ajukan, maka perusahaan akan memberikan tugas-tugas tersebut kepada rekan kerja yang lain.

Nah, inilah pentingnya menuliskan tanggal izin yang kamu ajukan agar perusahaan tidak merugi. Selain itu, kamu pun juga akan merasa lebih tenang selama tidak masuk kerja. Kamu bisa melihat penulisan tanggal izin melalui contoh surat izin tidak masuk kerja berikut.

CONTOH PENULISAN TANGGAL

Kudupiner.com

2. Mencantumkan Data Diri

Bagian yang tidak kalah penting saat membuat surat izin tidak masuk kerja yaitu menuliskan data diri secara lengkap. Penting untuk mencantumkan informasi lengkap mengingat perusahaan memiliki banyak karyawan.

Informasi diri yang perlu kamu cantumkan antara lain nama lengkap, divisi kerja, jabatan, dan nomor induk kepegawaian. Jika kamu menuliskan informasi dengan lengkap, maka HRD pun akan lebih mudah untuk mencatat datamu dan menerima pemberitahuan izin yang kamu ajukan.

Di bawah ini merupakan contoh penulisan data diri yang bisa kamu pertimbangkan ketika menulis surat izin tidak masuk kerja nanti.

CONTOH PENULISAN DATA DIRI LENGKAP

Ekrut.com

3. Alasan Tidak Masuk

Pembahasan di atas sudah menyebutkan ada beberapa alasan yang mendasari seorang karyawan tidak bisa datang ke tempat kerja. Nah saat menuliskan surat, kamu wajib memberikan alasan yang jelas dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Cara menuliskan alasan juga harus singkat dan jelas. Apabila kamu berhalangan kerja karena kondisi kesehatan, maka bisa mencantumkan surat keterangan sakit yang diberikan oleh rumah sakit atau dokter.

Namun, jika kamu izin karena alasan menikah, menghadiri acara keluarga, dll, maka bisa menuliskannya secara singkat tanpa menyertakan bukti. Berikut merupakan contoh surat izin tidak masuk kerja karyawan dengan alasan menikah.

SURAT IZIN TIDAK MASUK KARENA MENIKAH

Tokopedia

4. Ucapan Terima Kasih

Langkah terakhir dalam menulis surat izin yaitu menyampaikan rasa terima kasih. Ucapan terima kasih ini tentu kamu tujukan kepada HRD atau pihak yang bertanggung jawab. Kalimat sederhana ini tidak sekedar membuat orang yang bersangkutan merasa dihargai, namun juga menjaga hubungan baik dalam bekerja.

Penulisan ucapan terima kasih oleh karyawan pada penulisan contoh surat izin tidak masuk kerja yang sederhana yaitu seperti berikut:

CONTOH UCAPAN TERIMA KASIH

Pelangifortunggal

Kiat-Kiat Penulisan Surat Izin yang Baik

Nah, setelah membaca panduan penulisan surat di atas, kamu juga perlu mengetahui kiat-kiat dalam menulis surat izin yang baik dan benar. Tips ini akan membuat suratmu terlihat lebih rapi dan profesional.

1. Gunakan Bahasa Baku

Kiat pertama yang penting kamu perhatikan dalam menulis surat yaitu bahasa yang kamu gunakan. Mengingat surat izin tidak masuk kerja bersifat profesional, maka sudah seharusnya kamu menggunakan bahasa yang baku dan formal.

Penggunaan bahasa baku dan formal ini tidak hanya untuk bahasa Indonesia saja, namun juga berlaku untuk bahasa asing. Selain menunjukkan profesionalitas, bahasa formal bisa merepresentasi rasa hormatmu kepada pihak HRD yang bertanggung jawab.

2. Periksa Tipografi

Membuat surat izin berhalangan kerja bisa dengan tulisan tangan atau diketik. Pastikan kamu sudah memeriksa penulisan surat terlebih dahulu sebelum menyerahkannya ke HRD.

Teliti kesalahan penulisan atau tipografi agar surat lebih memberikan kesan profesional. Jika kamu membuat surat dengan tulisan tangan, jangan mencoret tulisan yang salah atau menutupnya dengan correction pen karena akan membuatnya tidak rapi.

Kamu sebaiknya menulis lagi di kertas yang baru dan tulis dengan hati-hati sehingga tidak membuat kesalahan. Meskipun hal ini dirasa sepele, namun tetap dapat mengurangi profesionalitas jika tidak diteliti dengan baik.

3. Memberikan Informasi Tambahan

Apabila kamu adalah karyawan dengan posisi jabatan yang cukup penting maka akan lebih baik lagi jika memberikan informasi tambahan pada surat izin tidak masuk kerja.

Tambahan informasi tersebut seperti: perusahaan tetap bisa menghubungimu apabila ada urusan kerja yang mengharuskan kamu untuk menyelesaikannya.

Kamu juga bisa menginformasikan jenis pekerjaan yang bisa kamu handle selama izin kerja. Keterangan tersebut juga akan membuatmu terlihat sebagai karyawan yang tetap bertanggung jawab dengan jabatan yang kamu emban.

Alasan Umum Izin Kerja

Karyawan memiliki hak untuk mengajukan izin berhalangan kerja dengan alasan yang logis. Di bawah ini merupakan beberapa alasan karyawan izin tidak bisa masuk kerja.

1. Sakit

Alasan paling umum yang sering membuat karyawan tidak bisa masuk kerja yaitu kondisi kesehatan yang kurang baik. HRD pun akan memaklumi kondisi ini mengingat sakit bisa terjadi kapan saja. Supaya lebih menyakinkan, kamu perlu menyertakan surat keterangan sakit yang resmi dari dokter atau rumah sakit.

2. Acara Keluarga

Halangan lain yang juga cukup sering membuat karyawan harus izin tidak bekerja yaitu acara keluarga. Jenis acara keluarga itu sendiri meliputi anggota keluarga besar menikah, sakit, meninggal, dll.

Acara keluarga karena ada yang sakit, kecelakaan, atau meninggal tentu bukanlah hal yang direncanakan. Kondisi ini memungkinkan kamu untuk meminta izin mendadak karena memang dalam keadaan darurat atau mendesak.

3. Menghadiri Seminar

Jika kamu adalah orang yang gemar mengikuti seminar, maka tidak bisa serta merta bolos kerja. Kamu tetap harus membuat surat izin ke perusahaan dan menyampaikan alasan yang sebenarnya. Permohonan izin mengikuti seminar ini penting karena tidak semua perusahaan mau memberikan izin.

Baca Juga: Apa itu Seminar?

Kesimpulan

Nah, itu tadi pembahasan lengkap mengenai surat izin beserta cara membuat, tips, dan juga contohnya. Inti utama dari membuat surat izin yaitu memberikan alasan dan informasi yang jelas, sesuai dengan keadaan yang kamu alami.

Penyampaian informasi yang jelas akan mengurangi risiko salah paham yang dapat mempengaruhi urusan pekerjaan. Selain itu, memberikan alasan yang sebenarnya dan logis juga akan membuat perusahaan lebih mudah menerima surat izin tidak masuk kerja yang kamu ajukan.

Baca Juga:
Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Sesuai Hukum
Contoh Surat Dinas Dengan Struktur yang Baik dan Benar
Contoh Surat Paklaring dan Fungsinya

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]