Memahami Struktur Organisasi Perusahaan, Fungsi dan Contohnya

Di dalam menjalankan sebuah bisnis, saat kamu mempunyai sebuah perusahaan atau bekerja didalamnya, struktur organisasi perusahaan menjadi salah satu pondasi atau hal dasar yang harus kamu ketahui.

Struktur organisasi memiliki berbagai macam fungsi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang hal tersebut? Simak yuk beberapa informasi penting ini.

Memahami Struktur Organisasi Perusahaan

Apa itu Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan adalah susunan berbagai macam posisi serta jabatan dalam sebuah perusahaan yang telah dibuat secara terstruktur. Agar mudah dipahami umumnya struktur organisasi digambarkan dalam bentuk bagan.

Gambaran Struktur Organisasi Perusahaan

Dengan adanya struktur, kamu dapat melihat peran, tugas, serta kepada siapa seorang individu bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dalam sebuah perusahaan.

Salah satu tujuan utama dibentuknya struktur organisasi perusahaan yaitu agar seorang individu dalam perusahaan mendapatkan tempat yang sesuai dengan kemampuannya. Kemudian dapat membantu perusahaan mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

contoh struktur organisasi perusahaan

Sumber : sniconsulting.co.id

Contoh struktur organisasi perusahaan yang baik yakni seperti bagan dimana pada bagian atas biasanya akan menempatkan direktur utama atau pemilik perusahaan yang termasuk top level management.

Lalu, posisi dibawahnya akan diisi oleh beberapa posisi, seperti kepala divisi, manager, atau sejenisnya yang memiliki tugas mengarahkan, membimbing dan memimpin para karyawan di bawahnya. Posisi ini bisa disebut juga dengan middle level management.

Terakhir, di posisi bawah setelah middle level management yaitu lower level management. Pada posisi ini biasa diisi oleh para karyawan yang memiliki tugas, peran, dan tanggung jawabnya masing-masing sesuai dengan kemampuan mereka.

Baca Juga: 3 Tingkatan Manajemen Perusahaan

Fungsi Struktur Organisasi Perusahaan

Setelah mengetahui bahwa struktur organisasi perusahaan sangat penting bagi perusahaan, ada beberapa fungsi dari struktur tersebut yang perlu kamu ketahui. Berikut ini ulasan singkatnya:

1. Mendeskripsikan Peran Setiap Individu dalam Perusahaan

Setiap individu dalam sebuah perusahaan tentunya memiliki kemampuan yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, sesuai dengan bidangnya masing-masing. Karena hal tersebutlah, struktur organisasi perusahaan memiliki fungsi untuk mendeskripsikan peran setiap individu dalam perusahaan.

Struktur tersebut akan menjelaskan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawab dari masing-masing individu dalam sebuah perusahaan. Selain itu, setiap individu juga akan lebih mudah mengetahui dengan siapa sajakah mereka harus berkomunikasi dalam bekerja dan mencegah terjadinya kesalahan informasi.

2. Memperjelas Alur Hubungan Kinerja

Fungsi yang kedua dari struktur organisasi perusahaan yaitu untuk memperjelas alur hubungan kerja. Adanya alur hubungan kinerja yang jelas, tentunya akan memudahkan kamu dalam melakukan sebuah pekerjaan.

Bekerja akan menjadi semakin efisien dan dapat dengan lebih cepat terselesaikan ketika mengetahui dengan siapa sajakah kamu akan berhubungan atau berkomunikasi dalam melakukan sebuah pekerjaan.

3. Mendeskripsikan Uraian Tugas

Fungsi selanjutnya yaitu membantu mendeskripsikan uraian tugas dari setiap individu dalam sebuah perusahaan. Kehadiran sebuah struktur organisasi membuat rekan kerja kamu yang memiliki potensi lebih tinggi akan lebih mudah melakukan pengawasan. Apakah pekerjaan rekan kerja dibawahnya sudah sesuai atau belum?

Selain berfungsi untuk melakukan pengawasan, struktur juga akan membantu teman-teman dari divisi yang berbeda ketika berkomunikasi atau bertanya. Khususnya mengenai suatu hal yang berhubungan dengan kepentingan pekerjaan mereka.

Manfaat Struktur Organisasi Perusahaan

Bagi sebuah perusahaan yang memiliki struktur organisasi yang baik, tentunya akan ada beberapa manfaat positif yang akan bisa dirasakan oleh seluruh anggota perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat tersebut:

1. Terjalinnya Komunikasi dan Kolaborasi yang Baik

Manfaat yang pertama tentu bisa terjalinnya komunikasi dan kolaborasi yang baik antar karyawan dalam perusahaan. Sehingga, dapat berdampak pada kemudahan dalam pembagian tugas, dimana pembagian tugas juga menjadi lebih tepat sasaran sesuai dengan kemampuan masing-masing orang dalam perusahaan.

2. Efisiensi Operasional

Manfaat kedua yaitu sistem operasional kerja menjadi lebih efisien. Karena struktur yang jelas akan lebih memudahkan seorang individu dalam perusahaan memahami apa yang menjadi tanggung jawab mereka.

Baca Juga: SOP adalah: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Contohnya

3. Meminimalisir Terjadinya Konflik Antar Karyawan

Manfaat berikutnya yakni meminimalisir terjadinya konflik antar karyawan. Karena tidak adanya tumpang tindih suatu pekerjaan bagi masing-masing individu dalam sebuah perusahaan. Sehingga, masing-masing pekerja dapat mengerjakan apa yang seharusnya mereka kerjakan dan tidak mencampuri pekerjaan karyawan lain.

4. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Sistem operasional yang lebih efisien, tentunya akan meningkatkan produktivitas karyawan. Karena setiap individu dalam perusahaan lebih percaya diri dalam melakukan pekerjaannya masing-masing, sebab telah mengetahui dengan jelas apa yang menjadi pekerjaan mereka.

Selain itu, mereka juga bisa fokus terhadap tanggung jawab pekerjaan tersebut dan bisa melatih kemampuan secara lebih mendalam untuk satu bidang pekerjaan yang ia lakoni.

Contoh Jabatan Pada Struktur Organisasi Perusahaan

Setelah mengetahui beberapa hal penting mengenai struktur organisasi perusahaan, kamu juga perlu mengetahui beberapa jabatan atau posisi dalam sebuah perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh jabatan dalam sebuah perusahaan:

1. Direksi

Pada posisi teratas dalam sebuah struktur organisasi perusahaan yang baik tentunya akan ditempati direksi atau pemimpin perusahan. Posisi ini adalah posisi tertinggi dalam sebuah perusahaan dan termasuk dalam top level management.

Orang yang berada pada posisi ini memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membawa dan memimpin perusahaan untuk terus berkembang. Selain itu, dia juga menentukan apa sajakah yang menjadi tujuan dari sebuah perusahaan?

2. Manajer

Manajer secara umum yaitu orang yang memiliki tugas untuk mengatur atau mengelola karyawan yang menjadi bawahannya untuk mencapai tujuan dari direksi. Posisi manajer dalam sebuah perusahaan umumnya berada di bawah direksi dan berada di atas para karyawan atau berada pada middle level management.

Karena berada dalam posisi tersebut, selain bertugas untuk mengarahkan para karyawan yang berada di bawahnya. Manajer yang baik juga tentunya dapat menjadi jembatan antara para karyawan dengan pemimpin perusahaan.

Baca Juga: Tugas Manajer dan Perannya di Perusahaan

3. Departemen atau Divisi

Berbeda dengan beberapa posisi atau jabatan sebelumnya, dalam sebuah perusahaan yang baik tentunya ada berbagai macam departemen atau divisi. Masing-masing divisi memiliki perannya sendiri dalam sebuah perusahaan.

Masing-masing departemen atau divisi ini berisi beberapa orang yang dipilih sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Misalnya, divisi pemasaran akan diisi oleh orang-orang yang memiliki skill marketing atau desain.

Baca Juga: Memahami Pengertian Departemen dan Fungsinya

4. Administrasi dan Gudang

Contoh jabatan yang terakhir yakni administrasi dan gudang. Orang yang bekerja atau berada di bagian administrasi adalah orang-orang yang memiliki tugas untuk mencatat dan mengatur berbagai hal yang berhubungan dengan operasional perusahaan.

Sementara gudang menjadi bagian yang ternyata juga tidak kalah penting dalam sebuah perusahaan, terlebih jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri barang. Staff gudang biasanya akan mengelola dan mencatat barang masuk dan keluar di sebuah perusahaan.

Sudah Mengetahui Struktur Organisasi Perusahaan yang Baik?

Itulah beberapa informasi penting mengenai struktur organisasi perusahaan yang baik. Mulai dari pengertian, fungsi, manfaat sampai dengan contoh beberapa posisi atau jabatan dalam sebuah perusahaan.

Sebuah perusahaan yang baik tentunya sudah memiliki struktur yang baik, karena hal tersebut merupakan pondasi atau dasar dalam berdirinya sebuah perusahaan. Bisa disimpulkan struktur organisasi yang baik akan menjadi investasi menguntungkan untuk bisnis dan perusahaan kamu.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]

News

Salah satu teori yang penting untuk kamu ketahui bahkan kuasai dalam kehidupan yaitu manajemen risiko. […]