6 Sepeda Lipat Terbaik Beserta Harga dan Cara Memilih yang Tepat

Salah satu tren yang kembali ramai saat ini yaitu bersepeda. Mulai banyak orang yang memilih sepeda sebagai kegiatan olahraga hingga ada yang menjadikannya sebagai alat transportasi harian. Tren ini juga membawa orang untuk menggunakan berbagai jenis sepeda, salah satunya sepeda lipat. Sejumlah brand sepeda lipat terbaik dan murah juga sangat mudah Kamu temukan saat ini.

Selain murah, sepeda ini sangat praktis, ukurannya tidak terlalu besar, dan bobotnya juga ringan. Sehingga, membuat sepeda jenis ini mudah untuk kamu bawa kemanapun.

Termasuk dalam urusan penyimpanan. Folding bike atau sepeda lipat tentunya tidak akan memakan banyak tempat. Hal ini juga yang menjadi alasan banyak orang memilih sepeda jenis ini.

Pilihan sepeda lipat terbaik

Tips Memilih Sepeda Lipat Terbaik

Demi mendapatkan fungsi yang maksimal, tentunya ada beberapa hal lain yang juga perlu kamu perhatikan. Dalam hal ini, tidak semua jenis sepeda akan cocok untuk setiap orang. Berikut ini tips memilih sepeda lipat terbaik yang bisa kamu coba lakukan:

1. Sesuaikan Tipe dengan Keinginan dan Kebutuhan Kamu

Jika dilihat dari segi fungsi, memang semua sepeda lipat akan sama saja, namun perbedaannya akan tampak pada segi tipenya. Ada beberapa tipe sepeda lipat terbaik saat ini, mulai dari city tour, sepeda gunung, termasuk perbedaan dari tiap brand yang ada.

Jika melihat perbedaan dari sisi brand, maka biasanya sepeda dari brand terkenal memiliki desain lebih menarik dan komponen yang lebih kuat. Maka dari itu, kamu perlu mengetahui kebutuhan kamu terlebih dahulu dan menyesuaikannya dengan tipe-tipe sepeda lipat yang ada.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan preferensi sepeda yang kamu inginkan. Misalnya, perhatikan tentang tipe transmission gear, electric assisted, compact model, main komponen, aksesori tambahan, dan fitur lainnya.

Baca Juga:
Mengenal Sistem Kerja Transmisi Sepeda
Mengenal Sistem Pedal Assist

2. Memperhatikan Bobot Sepeda

Masalah bobot sepeda juga merupakan hal yang perlu kamu perhatikan ketika memilih sepeda lipat terbaik. Sepeda yang terlalu berat biasanya akan merepotkan ketika kamu mengangkatnya, terutama bagi kamu yang bertubuh kecil. Oleh sebab itu, kamu harus menyesuaikan bobot sepeda dengan tenaga yang kamu punya.

Sebenarnya, semakin ringan bobot sepeda akan semakin baik. Karena membuat kamu nyaman membawanya kemanapun. Selain bobot sepeda, kamu juga perlu Memperhatikan jenis material yang digunakan oleh sepeda tersebut.

3. Memperhatikan Ukuran Ban

Selain memperhatikan desain dan bobot dari sepeda lipat murah, maka hal lain yang juga perlu kamu perhatikan yaitu masalah ukuran ban. Ukuran ban juga akan berpengaruh dengan kenyamanan kamu saat bersepeda.

Karena semakin pas ukurannya, maka akan membuat sepeda menjadi semakin nyaman untuk kamu gunakan. Biasanya, kebanyakan orang akan memilih rentang ukuran ban antara 14 sampai 20 inci. Jika kamu baru pertama kali membeli sepeda lipat terbaik, maka mungkin ukuran tersebut bisa kamu jadikan patokan.

Rekomendasi Sepeda Lipat Terbaik

Seperti sudah dijelaskan di awal, jika saat ini sudah banyak jenis sepeda yang bisa kamu pilih. Dari mulai sepeda lipat murah sampai yang mahal, semuanya juga memiliki kualitas, keunggulan, dan kelemahan tersendiri. Beberapa daftar sepeda lipat terbaik yang bisa menjadi rekomendasi untuk kamu antara lain:

1. Polygon Urbano 13

Polygon Urbano 13

Polygon Bikes

Rekomendasi sepeda lipat terbaik yang pertama yaitu Polygon Urbano 13. Salah satu keunggulan dari sepeda yang satu ini adalah bobotnya yang ringan, hal tersebut karena bahan frame-nya terbuat dari alloy.

Dengan bobotnya yang hanya 11,6 kg, tidak heran jika sepeda ini merupakan pilihan yang pas untuk kamu yang suka bike to work. Karena dengan bobot tersebut tentunya tidak akan menyusahkan untuk mobilitas kamu. Harga sepeda ini sendiri berada di kisaran Rp 6,2 Juta.

Baca Juga: Mengenal Jenis Material Alloy

2. United Bike Black Horse

United Bike Black Horse

United Bike

Pilihan lain untuk kamu yang mencari sepeda lipat seperti United Bike Black Horse. Keunggulan dari sepeda ini, yakni rangkanya yang kuat karena terbuat dari chromoly.

Sepeda ini juga sudah dilengkapi dengan shifter dalam sepuluh variasi gear ratio. Pilihan gear ratio yang beragam pastinya akan memudahkan kamu untuk bersepeda di segala medan.

Dari segi desain, sepeda ini juga memiliki sentuhan klasik yang khas. Sepeda United ini sebagian besar berwarna coklat. Karena merupakan produk hasil kolaborasi dengan salah satu brand kopi. Kamu dapat memiliki sepeda ini dengan harga sekitar Rp 6,6 juta.

Baca Juga:
Perbedaan rangka sepeda alloy, hi-ten steel, chromoly
Mengenal Apa itu Shifter Sepeda

3. Element MTB Folding Bike Ecosmo 10sp

Element MTB Folding Bike Ecosmo 10sp

Sepeda

Bagi kamu yang sedang mencari sepeda dengan karakteristik fleksibel dan aman, maka Elemen MTB Folding Bike Ecosmo 10sp ini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Sepeda ini sendiri sudah menggunakan shifter 10 speed yang akan memberikan kamu fleksibilitas saat bersepeda.

Selain itu, sepeda ini juga menggunakan rem hydraulic disk brake yang akan sangat berguna dan cukup aman. Khususnya ketika kamu melakukan pengereman secara mendadak atau ketika digunakan pada medan menurun yang tajam.

Dengan semua spesifikasinya, sepeda ini termasuk sepeda lipat murah yang bisa kamu dapatkan dengan kisaran harga Rp 5,3 juta. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan jaminan frame sampai 5 tahun jika membeli produk ini.

Baca Juga: Apa Bedanya Mechanical Disk Brake dengan Hydraulic Disk Brake

4. London Taxi FDB 20 ST

London Taxi FDB 20 ST

Jefferys

Salah satu rekomendasi sepeda lipat murah yang bisa kamu gunakan adalah London Taxi FDB 20 ST. Ini merupakan pilihan yang cocok terutama untuk kamu yang gemar dengan konsep klasik dan vintage. Selain dari segi tampilan, sepeda ini juga cukup nyaman ketika digunakan.

Di sisi lain, sepeda ini juga memiliki fitur yang lumayan prima. Salah satunya adalah penggunaan V brake untuk rem dan juga penggunaan shifter untuk mengatur kecepatan. Shifter-nya sendiri memiliki enam transmisi. Untuk masalah harga, sepeda ini sendiri berada di kisaran Rp 4,5 juta.

Baca Juga: Perbedaan Rem Sepeda V-Brake Dan U-Brake

5. Odessy XYLO 20” Folding Bike 8S

Odessy XYLO 20” Folding Bike 8S

Celcius Odessy

Pilihan lain dari sepeda lipat terbaik yang bisa kamu pilih adalah Odessy XYLO 20” Folding BIke 8S. Secara tampilan, sepeda ini juga cukup simple. Sedangkan dari segi teknis, sepeda ini menggunakan rem cakram. Harga sepeda Odessy juga termasuk murah. Karena harganya berada pada kisaran Rp 3,1 juta.

6. Pacific Bike FLUX 3,5 16”

Pacific Bike FLUX 3,5 16

Pacific Bike

Tidak hanya untuk orang dewasa, kebutuhan sepeda juga bisa untuk semua kalangan, termasuk anak-anak. Dan pilihan sepeda lipat terbaik yang cocok untuk anak kamu yaitu Pacific Bike FLUX 3,5 16”.

Salah satu keunggulan dari sepeda ini adalah frame yang cukup kuat. Selain itu, sepeda ini juga sudah menggunakan shifter 8 speed. Nantinya, shifter ini akan mempermudah untuk mengatur variasi gear ratio.

Baca Juga: Apa Sih Gear Ratio

Mana Sepeda Lipat Pilihan Kamu?

Dari sekian banyak pilihan sepeda terbaik di atas, masing-masing brand tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Jadi kamu bisa memilih sepeda lipat terbaik yang paling pas untukmu. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan maupun selera. Tapi yang terpenting, sesuaikanlah dengan budget yang kamu miliki. Sepeda juga bisa membantu kamu dalam program investasi kesehatan dalam berolahraga, jangan lupakan juga ya investasi terkait kesehatan keuangan kamu.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]

News

Salah satu teori yang penting untuk kamu ketahui bahkan kuasai dalam kehidupan yaitu manajemen risiko. […]