Rekomendasi Sepeda Gunung Terbaik dan Tips Dalam Memilihnya

Dampak adanya pandemi Covid-19 yang paling terlihat yaitu kini orang-orang berusaha untuk membuat dirinya sehat. Olahraga menjadi hal yang mulai banyak orang lakukan, terutama bersepeda. Karena itu, orang-orang mulai berburu sepeda sebagai modal untuk menerapkan gaya hidup sehat, sepeda gunung menjadi pilihan banyak orang.

Kamu sebaiknya paham bahwa sepeda gunung tentu saja berbeda dengan sepeda biasa. Salah satunya perbedaannya terletak pada rangkanya yang kokoh dan terbuat dari bahan-bahan khusus seperti karbon, aluminium, bahkan baja.

Selain rangka, mountain bike memiliki suspensi khusus yang berguna untuk meredam guncangan saat berjalan di medan pegunungan yang terjal dan tidak mulus. Meskipun namanya sepeda gunung, kendaraan kayuh ini tetap enak untuk kamu gunakan di medan aspal sekalipun.

Sepeda Gunung Terbaik

Tips Memilih Sepeda Gunung Terbaik

Berikut ini beberapa tips untuk memilih sepeda gunung yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kamu:

1. Perhitungkan Budget Kamu

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat hendak membeli sepeda gunung yaitu soal budgetnya. Pasalnya, sepeda jenis ini termasuk yang memiliki mahar cukup mahal, tetapi ada juga jenis sepeda gunung yang murah.

Kamu perlu memiliki target budget yang jelas agar nantinya sepeda yang kamu incar lebih mengerucut pada merk, tipe, dan modelnya. Perlu kamu ingat juga, tidak hanya sepedanya saja yang perlu kamu beli.

Ada beberapa aksesoris yang kamu butuhkan, misalnya saja helm dan body protector yang berguna untuk safety selama bersepeda di medan terjal atau jalan raya. Oleh karena itu, kamu juga perlu membelinya secara bersamaan dengan sepeda.

2. Menentukan Merk yang Terbaik

Tidak semua sepeda yang harganya mahal itu memiliki kualitas yang baik dan berbagai keuntungan. Coba pilah dan pilih berdasarkan merk. Kadangkala ada merk yang memberikan pelanggannya banyak keuntungan.

Seperti gratis kirim ke lokasi kamu atau memberikan garansi serta servis secara gratis dalam jangka waktu tertentu.

Jika kamu menemukan merk sepeda terbaik, nantinya bersepeda juga jadi lebih nyaman. Selektiflah dengan membaca penilaian orang yang telah mencoba membelinya terdahulu.

3. Pilihlah Jenis Sepeda Gunung yang Paling Cocok

Mountain bike atau sepeda gunung itu memiliki banyak macamnya. Antara lain all mountain bike, tipe downhill, cross country, dan juga endure. Tentu saja setiap tipe ini memiliki karakteristiknya sendiri-sendiri.

Bagaimana cara memilih yang paling cocok atau sesuai? Cukup mudah! Kamu tinggal menentukan akan memakai sepeda tersebut untuk keperluan dan jenis medan yang seperti apa. Nanti ketika ke toko atau marketplace akan ada penjelasan yang akan menjadi pertimbangan kamu dalam menentukan mana yang akan kamu beli.

4. Perhatikan Suspensi Sepeda

Salah satu hal penting dalam komponen sepeda gunung yaitu suspensi atau shock-nya. Pasalnya suspensi akan mempengaruhi performa kamu dalam bersepeda. Pilihlah sepeda dengan suspensi paling cocok untuk medan yang ingin kamu coba jelajahi.

Misalnya saja untuk jalan bebatuan, maka akan lebih cocok jika kamu menggunakan sepeda bersuspensi agak keras. Jika kamu ingin memakainya di jalanan beraspal, maka bisa saja kamu mengubah suspensinya menjadi lebih full suspension untuk membuat bersepeda lebih nyaman.

Baca Juga: Jenis-jenis Suspensi Sepeda Gunung

5. Perhitungkan Postur Tubuh

Tips yang tidak kalah krusialnya ketika memilih sepeda gunung yakni memperhitungkan postur tubuh yang kamu miliki. Pasalnya, percuma saja memilih mountain bike keren dan bermerek kalau saat kamu gunakan justru tidak nyaman untuk badan kamu.

Saat kamu memilih sepeda yang salah, bukannya sehat, justru badan kamu akan jadi cepat lelah. Selain itu, postur tubuh kamu juga akan jadi jelek karena mengikuti bentuk sepeda yang kurang sesuai.

Daftar Sepeda Gunung Terbaik untuk Kamu

Kamu sudah membaca beberapa tips saat memilih sepeda gunung yang paling cocok. Berikut ini ada beberapa rekomendasi sepeda gunung terbaik yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Mountain Bike United

Mountain Bike United

Sumber: Instagram mahasarana.sukses

Salah satu sepeda terbaik datang dari karya lokal, yaitu merk United. Merk ini bisa dikatakan salah satu yang direkomendasi, karena memakai komponen terbaik. Komponennya juga gabungan dari merk lain yang telah mendunia. Oleh karena itu, kualitasnya tidak akan kalah saing.

Selain kualitas yang baik, harganya juga lumayan terjangkau yang membuatnya menjadi sepeda gunung yang terhitung murah namun tidak murahan. Kamu bisa mendapatkan Mountain Bike United dengan menyiapkan budget mulai dari Rp 4.000.000. Sepeda ini tersedia dalam beberapa tipe, yaitu all mountain, trail, dan juga cross country.

2. Sepeda Gunung Pacific

Sepeda Gunung Pacific

Sumber: Pacific Bike

Merk selanjutnya yang sudah terbukti kualitasnya yaitu Pacific. Sejak tahun 1995, merk yang satu ini secara konsisten menawarkan produk sepeda, salah satunya brand sepeda gunung dengan mutu yang bagus dan bersertifikasi Standar Nasional.

Merk sepeda yang telah memiliki pabrik di pulau Jawa dan Sumatera ini menawarkan sepeda murah yang bisa kamu pertimbangkan untuk membelinya. Harganya mulai dari Rp 2.000.000. Tentu saja kamu yang low budget bisa merasakan kenyamanan kantong dan bersepeda secara bersamaan.

3. Sepeda dari Polygon

Sepeda dari Polygon

Sumber: Polygon Bikes

Polygon menjadi salah satu rujukan yang bisa kamu pakai saat ingin memilih sepeda gunung. Pasalnya, merk yang satu ini di Indonesia termasuk yang sangat populer dan banyak peminatnya. Karena memiliki desain apik serta kualitas yang terjamin.

Khusus untuk harganya, sepeda ini memiliki rank harga yang beragam. Akan tetapi, normalnya bisa kamu dapatkan dengan menyiapkan budget mulai dari Rp 3.000.000. Untuk sepeda dengan kualitas terbaik dari Polygon juga ada, yakni harganya mencapai Rp 90.000.000.

4. Sepeda Merk Wimcycle

Sepeda Merk Wimcycle

Sumber: Wimcycle

Di Indonesia Wimcycle menjadi salah satu merk sepeda andalan dan tersedia banyak pilihan tipe sepeda yang bisa kamu pilih. Wimcycle juga mempunyai banyak desain sepeda yang sangat menarik untuk kamu.

Apa kelebihan sepeda Wimcycle dari merk yang lainnya? Sepeda terbaik Wimcycle memiliki fitur percepatan yang lembut. Tidak hanya fitur itu saja, harganya pun cukup terjangkau. Mulai dengan menyiapkan budget sekitar Rp 2.000.000 kamu sudah bisa mendapatkannya.

5. Sepeda Gunung Bianchi

Sepeda Gunung Bianchi

Sumber: Bianchi Store

Selanjutnya ada merk Bianchi asal Italia yang dipercaya oleh banyak negara soal urusan sepeda. Sepeda buatan mereka memiliki banyak prestasi mendunia dan kualitasnya sangat bagus. Di Indonesia sangat mudah menemukan pengendara sepeda yang memakai merk ini.

Bagaimana dengan harganya? Biasanya pada distributor, harga sebuah sepeda Bianchi memiliki kisaran Rp 7.000.000. Meskipun cukup mahal, kamu tidak akan merasa rugi dengan kenyamanan yang sepeda ini berikan.

Baca Juga:
6 Sepeda Lipat Terbaik Beserta Harga dan Cara Memilih yang Tepat
Distributor adalah: Perbedaannya dengan Supplier, Agen dan Reseller

Sudah Punya Incaran Sepeda Gunung Terbaik Versimu?

Jika kamu sudah menetapkan hati untuk memilih salah satu sepeda gunung terbaik, maka tinggal urusan belinya dimana. Kini kamu bisa membelinya dengan mudah tanpa harus ke tokonya langsung dengan memanfaatkan marketplace yang ada. Tinggal sekali klik, nanti sepeda akan kurir antarkan ke rumah kamu.

Tapi, ketika berbelanja online kamu harus jeli memperhatikan review dari pembeli sebelumnya. Agar terhindar dari kemungkinan mendapatkan sepeda berkualitas buruk.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Siapa yang tidak tertarik melamar pada pekerjaan dengan gaji besar? Salah satu motivasi kerja yaitu […]

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]