Sekilas Tentang Koperasi Simpan Pinjam Berbasis Digital

--rangkulteman

Pada era saat ini, banyak sekali semuanya dilakukan secara daring atau online, baik lagi meeting, seminar, training, sekolah bahkan perkuliahan semuanya dilakukan secara dari atau online. Saat ini muncul juga Koperasi Simpan Pinjam Berbasis digital loh salah satunya Koperasi Rangkul Teman. Bersama kami, kamu bisa mendapatkan layanan simpanan dan juga pinjaman dengan proses yang mudah dan aman

Koperasi Indonesia di Era Digital

Sepertinya digitalisasi memang perlu dilakukan untuk hampir semua bidang usaha. Saat ini dengan era digital 4,0 hampir semua sektor bidang usaha pastinya membutuhkan sistem daring yang mampu menunjang usahanya. Adanya digitalisasi juga sekaligus bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas, disamping itu hal ini juga membawa kenyamanan tersendiri bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan dari suatu bidang usaha tanpa harus pergi ke kantor cabang atau menunggu proses yang lama. Faktanya, menurut data dari Digital Indonesia pada tahun 2021, dari total penduduk Indonesia sekitar 270 juga, sebanyak 202,6 juta jiwa diantaranya merupakan pengguna internet

Mengacu berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM per November 2020 melihat bahwa ekosistem digital koperasi masih sangat rendah. Dari sekitar 123.000 koperasi yang aktif, baru 906 di antaranya atau 0,73% yang menggunakan sistem digital.

Berdasarkan keadaan tersebut, perlu adanya digitalisasi yang dilakukan pada koperasi Indonesia. Hal ini ditujukan sebagai upaya dalam menjangkau masyarakat Indonesia secara lebih luas, dan mampu beradaptasi dengan dunia yang modern sehingga koperasi Indonesia tidak akan tergerus oleh kemajuan jaman.

strategi koperasi di era digital

Upaya Pemerintah Dalam Digitalisasi Koperasi

Dengan adanya digitalisasi pada koperasi diharapkan masyarakat juga mampu mengembangkan usahanya melalui koperasi. Menurtut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki partisipasi masyarakat untuk mengembangkan ekonominya lewat badan usaha koperasi masih relatif kecil, baru sebesar 8,41% dibanding rata-rata dunia yang sudah mencapai 16,31%. Selain itu faktor lainnya didukung dengan adanya stigma bahwa koperasi adalah badan usaha yang usang dan nyaris tak tersentuh oleh modernisasi, apalagi digitalisasi.

Maka dari itu Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia mengajak badan usaha koperasi untuk melek teknologi supaya dapat menjangkau masyarakat luas dan mempertahankan eksistensi koperasi yang sudah ada sejak dahulu kala sebagai salah satu badan usaha untuk ekonomi kerakyatan Indonesia. Pemerintah memiliki perhatian yang besar untuk dapat membawa perkoperasian di Indonesia bisa berkontribusi lebih banyak pada perekonomian nasional termasuk koperasi simpan pinjam.

Hal ini juga sejalan dengan Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) yang mana saat ini menargetkan sektor koperasi agar dapat berkontribusi 5,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional di tahun 2024, dibandingkan saat ini yang kontribusinya baru 5% dari PDB. Kemenkop UKM juga mendorong terbentuknya 100 koperasi baru yang modern dan berbasis digital per tahunnya dan diharapkan dapat mencapai 400 unit pada akhir 2024.

koperasi digital indonesia

Digitalisasi Terhadap Koperasi Simpan Pinjam

Seiring berkembanganya jaman dari waktu ke waktu rupanya koperasi juga mengalami perubahan. Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat koperasi juga turut berinovasi dalam menjalankan kegiatan usahanya. Jika pada jaman dahulu kita mengenal koperasi sebagai salah satu Lembaga keuangan yang tradisional ataupun konvensional, maka hal ini tidak lagi berlaku pada jaman sekarang. Koperasi di jaman sekarang cenderung membuat inovasi dengan mengadopsi kemajuan teknologi mentransformasikan dirinya menjadi koperasi digital. Hal ini juga dilakukan supaya koperasi tidak tergerus oleh kemajuan jaman. Salah satu contoh koperasi yang telah mengalami digitalisasi ialah koperasi simpan pinjam

Dalam koperasi simpan pinjam digital menyediakan layanan simpanan dan juga pinjaman yang dapat diajukan secara daring. Adanya digitalisasi membuat koperasi simpan pinjam dapat menjangkau masyrakat Indoensia secara lebih luas. Tidak hanya itu saja, calon anggota koperasi juga akan mendapatkan berbagai kemudahan dengan mendaftar menjadi anggota koperasi simpan pinjam digital. Contohnya pendaftaraan anggota yang memiliki proses cepat dan tidak ribet, sehinga tidak akan menghabiskan banyak waktu. Informasi megenai layanan simpanan dan juga pinjaman dapat diakses secara daring sehingga hal ini tentunya akan memudahkan anggota koperasi untuk mengetahui informasi yang dibutuhkan kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke kantor koperasi itu sendiri.

Perlu diingat juga bahwa kemudahan dan transformasi digital koperasi harus selalu memiliki izin usaha yang diberikan dari pemerintahan Indonesia. Kamu harus secara teliti dan cermat dalam memilih koperasi simpan pinjam untuk menjadi anggota didalamnya. Koperasi simpan pinjam terpecaya adalah kopersi yang telah memiliki izin usaha dari pemerintah Indonesia. Contohnya saja Rangkul Teman. Pada tahun 2017, KSP Rangkul Teman merupakan salah satu koperasi simpan pinjam digital terpercaya yang memiliki izin usaha dan telah mendapatkan pengesahan Badan Hukum melalui Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Nomor 0003777/BH/M.KUKM.2/IV/2017

Ekonomi News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Ada banyak jenis tabungan mandiri. Mulai dari jenis tabungan mandiri haji, TKI, tabungan untuk anak-anak, […]

News

Tabungan pendidikan anak adalah simpanan bank yang didedikasikan untuk penyiapan dana pendidikan anak, mulai dari […]

News

Siapa sih disini yang masih susah banget buat menabung? Terkadang pengeluaran yang kita keluarkan masih […]

News

Pada saat sekarang ini investasi semakin diminati oleh berbagai kalangan masyarakat. Pasalnya hampir semua orang […]

News

Pastinya setiap orang menginginkan situasi keuangan yang tertib dan disiplin. Rencana keuangan yang teratur dapat […]

News

Siapa yang tidak mau menjadi kaya, yap, semua orang pasti ingin menjadi kaya dan salah […]