Sekilas Mengenai Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Dalam bisnis keuangan atau perusahaan keuangan pasti ada yang namanya pinjaman reguler atau pinjaman syariah, begitu juga dengan koperasi, ada koperasi dengan sistem reguler dengan koperasi syariah simpan pinjam. Sebelum menyelam lebih dalam pada artikel ini, apasih koperasi syariah? Nah koperasi syariah adalah suatu aktivitas usaha yang bergerak pada bidang simpanan, pembiayaan, dan investasi berdasarkan penerapan sistem bagi hasil atau yang biasa kita sebut bagi hasil.

Tujuan Koperasi Simpan Pinjam Syariah

Koperasi syariah simpan pinjam sebenarnya memiliki tujuan yang sama dengan koperasi konvensional atau koperasi pada umumnya, yaitu untuk memajukan kesejahteraan para anggota koperasi tersebut dan masyarakat luas serta membantu membentuk perekonomian Indonesia. Tapi Untuk koperasi syariah sendiri lebih berdasarkan penerapan dari nilai-nilai yang diajarkan Islam dalam sistem usahanya. Simpan pinjam koperasi syariah pada intinya suatu koperasi yang sistemnya melakukan penerapan dari nilai-nilai yang diajarkan Islam dalam usahanya. tujuan ksp syariah

Koperasi Simpan Pinjam Syariah menurut para ahli

  • Menurut Nur S. Buchori (2008), pengertian koperasi syariahh adalah jenis koperasi yang mensejahterakan ekonomi para anggotanya sesuai norma dan moral Islam dan berguna untuk menciptakan persaudaraan dan keadilan yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam.
  • Menurut Soemitra (2009), arti koperasi syariah adalah suatu lembaga keuangan mikro yang dioperasikan dengan sistem bagi hasil, guna menumbuh-kembangkan usaha mikro dan kecil anggotanya sehingga mampu mengangkat derajat dan martabat serta membela kepentingan kaum fakir miskin.
  • Menurut Kementrian Koperasi UKM RI tahun 2009 pasal 1, koperasi syariah adalah suatu bentuk koperasi yang segala kegiatan usahanya bergerak di bidang pembiayaan, simpanan, sesuai dengan pola bagi hasil (Syariah), dan investasi.

kegiatan ksp syariah

Fungsi Koperasi Syariah

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, koperasi Syariah memiliki beberapa fungsi yang dijalankan sebagai berikut:

  1. Membangun dan mengembangkan segala potensi yang ada pada setiap anggotanya secara khusus, serta meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat secara umum.
  2. Memperbaiki atau meningkatkan kualitas sumber daya manusia para anggota agar lebih amanah, profesional, konsisten, dan konsekuen, dalam menjalankan prinsip-prinsip ekonomi dan syarah Islam.
  3. Berupaya mewujudkan dan meningkatkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan azas demokrasi dan kekeluargaan.
  4. Menjadi sebuah wadah atau mediator yang menghubungkan penyandang dana dengan pengguna dana sehingga pemanfaatan harta lebih optimal.
  5. Berusaha untuk memperkuat setiap anggota koperasi sehingga saling bekerjasama dalam melakukan kontrol terhadap operasional koperasi.
  6. Membuka dan memperluas lapangan pekerjaan bagi para anggota dan masyarakat luas.
  7. Membantu menumbuhkan dan mengembangkan berbagai usaha produktif para anggota koperasi.

Kegiatan yang Ada Pada koperasi Simpan Pinjam Syariah

Kegiatan usaha koperasi syariah mencakup kegiatan yang mencerminkan aspek bisnis (tamwil) dan aspek sosial (maal). Kegiatan usaha koperasi syariah secara legal mengacu pada Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan, Pinjam, dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi. Sedang secara aspek syariah mengacu pada fatwa DSN-MUI yang relevan untuk produk koperasi syariah. Kegiatan bisnis (tamwil) koperasi syariah meliputi tiga produk yaitu Simpanan, Pinjaman, dan Pembiayaan. Sedangkan kegiatan sosial (maal) meliputi kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana zakat, infak/sedekah, dan wakaf.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]