RUPS adalah, Jenis, Tujuan dan Manfaatnya

Sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah RUPS. RUPS merupakan salah satu rapat penting dalam sebuah perusahaan yang nantinya juga akan menghasilkan keputusan penting. Sesuai namanya, maka rapat ini sendiri akan dihadiri oleh para pemegang saham.

Mengenal RUPS dan Tujuannya

Pengertian RUPS

Secara singkat RUPS adalah kependekan dari Rapat Umum Pemegang Saham, tempat untuk menyampaikan pendapat dari para pemegang saham terkait kebijakan ataupun langkah yang nantinya akan perusahaan ambil. Ini merupakan salah satu bagian dari sebuah perseroan terbatas yang memiliki kuasa atas segala sesuatu yang tidak dimiliki oleh dewan komisaris ataupun direksi.

Menurut UU no 40 Tahun 2007 menjelaskan jika rapat umum pemegang saham memiliki fungsi yang penting bagi pemegang saham terutama ketika para pemegang saham menentukan kebijakan perusahaan.

Baca Juga: Mengenal tentang Saham

Jenis RUPS

Pada prakteknya. Agenda ini sendiri terbagi menjadi dua macam. Yang pertama adalah rapat umum pemegang saham tahunan dan yang kedua adalah rapat umum pemegang saham luar biasa.

RUPS Tahunan

Sesuai namanya, maka rapat umum pemegang saham tahunan ini merupakan agenda yang pelaksanaannya setidaknya setahun sekali. Ini merupakan agenda rutin tahunan yang perusahaan lakukan. Rapat umum pemegang saham tahunan ini biasanya akan membahas hal-hal yang terjadi selama setahun terakhir.

Dalam rapat tahunan ini maka setiap anggota direksi dan komisaris akan memberikan laporan kepada para pemegang saham. Laporan ini biasanya akan berkaitan dengan kinerja tahunan dari perusahaan tersebut. Hal-hal yang dilaporkan biasanya berkaitan dengan keuangan, laba, progress perusahaan, modal, dan catatan lainnya.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Biasanya hasil dari rapat tahunan ini adalah para pemegang saham akan memberi saran tentang apa yang perlu perusahaan lakukan selama setahun ke depan. RUPS akan menjadi tempat untuk memberikan dan melakukan evaluasi. Sehingga, nantinya saran pada rapat tahun ini akan menjadi bahan evaluasi pada rapat umum pemegang saham tahunan selanjutnya.

RUPS Luar Biasa

Selain rapat umum pemegang saham tahunan, maka jenis agenda lainnya adalah RUPS luar biasa. sesuai namanya, maka ini merupakan rapat umum pemegang saham yang penyelenggaraanya di luar dari agenda tahunan. Agenda ini bisa terjadi sewaktu-waktu. Biasanya, RUPS luar biasa terjadi ketika pada agenda tahunan yang biasa terlalu banyak membahas masalah. Sehingga perlu mengadakan agenda lain.

Namun, yang sering terjadi RUPS luar biasa ini diadakan karena adanya sebuah masalah besar yang perlu mengambil keputusan dengan segera. Tentunya, yang berwenang mengambil keputusan di sini adalah para pemegana saham. Beberapa alasan tersebut antara lain:

  • Muncul rencana untuk melakukan penggabungan, peleburan, pengambilalihan, atau pemisahan perusahaan
  • Mengangkat atau memberhentikan dewan direksi dan dewan komisaris
  • Memberikan tanggapan atas permohonan perusahaan untuk mengajukan permohonan pailit ke pengadilan niaga.
  • Muncul rencana untuk membubarkan perusahaan.

Beberapa hal di atas merupakan contoh hal yang bisa membuat RUPS luar biasa terlaksana. Dalam hal ini, maka keputusan perusahaan akan benar-benar ditentukan oleh penyelenggaraan agenda luar biasa ini. Dengan alasan yang mendesak, maka RUPS luar biasa ini bisa diselenggarakan kapan saja.

Baca Juga: Pailit itu apa

Tujuan RUPS

RUPS menjadi agenda rutin yang pelaksanaanya tentu memiliki tujuan. Secara umum, tujuan agenda tahunan ini adalah menyampaikan laporan kinerja perusahaan dari dewan direksi dan komisaris ke para pemegang saham. Selain itu, beberapa tujuan lain dari penyelenggaraan RUPS adalah:

1. Laporan Kegiatan Perseroan

Semua kegiatan yang telah dilakukan perusahaan dalam jangka waktu setahun ke belakang akan dicantumkan pada laporan ini. Nantinya para pemegang saham akan bisa melihat bagaimana kondisi perusahaan mereka dalam jangka waktu tersebut. Berdasarkan laporan ini, mereka juga bisa melihat apakan kondisi perusahaan masih sehat atau tidak.

2. Laporan Keuangan

Hal lain yang juga menjadi tujuan dari RUPS yaitu penyerahan laporan keuangan. Bisa dibilang ini merupakan tujuan utama dari pelaksanaan agenda tahunan ini. Berdasarkan pada laporan ini maka para pemegang saham akan bisa menilai apakah perusahaan dalam kondisi untung atau rugi.

Selain itu, para pemegang saham juga akan membandingkan laporan keuangan tahun ini dengan tahun sebelumnya, hal ini untuk melihat apakah ada perkembangan atau tidak dari perusahaan. Dalam laporan keuangan ini juga akan tertera laporan perubahan modal, laporan arus kas, neraca akhir tahun, dan semua catatan penting berkaitan dengan keuangan lainnya.

3. Penentuan Dewan Direksi dan Komisaris serta Gaji dan Tunjangannya.

RUPS juga bertujuan untuk mengangkat atau memberhentikan dewan direksi atau komisaris. Maka dalam hal ini, penunjukannya pun perlu dilakukan dan diketahui oleh semua investor. Hal ini untuk memastikan para pemegang saham ini tahu siapa yang bertanggung jawab di perusahaan tersebut.

Disamping itu, selain penunjukan dewan direksi dan komisaris maka agenda ini juga bertujuan untuk menentukan berapa besaran gaji yang akan diterima jajaran komisaris dan direksi tersebut. Hal ini bertujuan untuk memberikan transparansi dan juga kejelasan terkait gaji yang akan mereka terima.

4. Merinci Masalah yang Terjadi

RUPS juga bertujuan untuk memberikan informasi jika perusahaan sedang dalam masalah. Nantinya, para pemegang saham ini akan memberikan saran untuk bisa keluar dari masalah. Perincian masalah ini juga berkaitan dengan keterbukaan dan transparansi dari perusahaan.

Manfaat RUPS

Selain masalah tujuan, kegiatan tahunan ini juga dinilai memiliki banyak manfaat. Tidak hanya sekedar memberikan laporan, namun kegiatan ini juga merupakan bagian penting untuk menentukan arah dari perusahaan. Adapun beberapa manfaat dari RUPS:

1. Memahami Kondisi Perusahaan

Apapun yang dilakukan perusahaan dalam setahun terakhir tentu harus ada laporannya. Nantinya, laporan inilah yang akan disampaikan dalam RUPS. Dan melalui laporan inilah para pemegang saham akan bisa menilai dan memahami seperti apa kondisi perusahaan saat itu.

2. Transparansi Masalah Keuangan

Hal lain yang juga menjadi manfaat dari RUPS yaitu membuat masalah keuangan menjadi transparan. Nantinya semua hal mengenai pengeluaran dan pemasukan akan diberikan laporannya pada kegiatan tahunan ini.

3. Menentukan Arah Perusahaan

Hal yang menjadi manfaat lainnya dari RUPS, juga menentukan arah perusahaan. Salah satunya dengan menentukan siapa saja yang ada pada jajaran direksi dan komisaris. Nantinya, para pemegang saham ini akan menilai siapa saja yang pantas untuk mengisi posisi tersebut.

4. Menyelesaikan Masalah perusahaan

Jika terdapat masalah dalam perusahaan, maka para pemegang saham ini juga bisa turut memberikan solusi. Dan salah satu cara untuk memberikan solusi tersebut dengan melalui RUPS ini.

Mekanisme RUPS

Untuk melakukan agenda tahunan ini sendiri, ada beberapa cara yang perlu dilakukan dan dipersiapkan. Cara- cara ini akan berkaitan dengan mekanisme RUPS itu sendiri. Adapun mekanisme yang perlu dilakukan adalah:

1. Melakukan Pelaporan ke Pengadilan Negeri

Hal pertama yang perlu dilakukan penyelenggara adalah melakukan laporan ke PN setempat. Nantinya PN akan memberikan ketetapan pengadilan. Ketetapan inilah yang akan menjadi dasar untuk melakukan RUPS.

2. Memanggil Pemegang Saham

Setelah ketetapan pengadilan didapatkan, maka penyelenggara perlu untuk memanggil semua pemegang saham. RUPS hanya bisa terlaksana jika pemegang saham yang memenuhi kuorum. Jika jumlah pemegang saham yang hadir tidak memenuhi jumlah kuorum maka ketetapan pengadilan pun akan hangus.

Baca Juga: Apa yang dimaksud dengan Kuorum

3. Melakukan Pelaporan Ulang

Jika pada pemanggilan pertama jumlah pemegang saham yang datang tidak kuorum, maka ketetapan pengadilan hangus. Dan jika ini terjadi maka penyelenggara perlu melakukan pelaporan ulang ke PN setempat. Prosesnya akan mengulang dari awal. Hal ini akan terus dilakukan sampai RUPS benar-benar terjadi.

Jika sampai proses pengajuan kedua belum bisa terlaksana, maka pada proses yang ketiga, penyelenggara perlu mengajukan laporan ke Pengadilan Tinggi, dan bukan lagi ke Pengadilan Negeri.

Itulah beberapa hal tentang RUPS yang perlu kamu pahami. Dalam hal pelaksanaan agenda tahunan ini, maka pihak yang bisa menyelenggarakan atau mengadakan RUPS yaitu dewan komisaris atau pemegang saham.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Pastinya kamu sering mendengar istilah benefit. Ya, benefit menjadi kata yang sering kamu pakai dalam […]

News

Seiring perkembangan zaman, tidak hanya pajak tahunan saja yang bisa kamu bayar secara online. Bayar […]

News

Di era yang serba digital seperti saat ini, kartu kredit merupakan salah satu hal yang […]

News

Zaman yang sudah canggih sekarang ini memang memfasilitasi kamu untuk mencari untung dengan mudah. Mau […]

News

Di bidang bisnis ada istilah Break Even Point atau BEP yang dijadikan patokan atau parameter […]

News

Telkomsel merupakan provider kartu SIM yang saat ini memiliki pengguna sangat banyak di Indonesia. Namun, […]