Persiapan Pernikahan: Hal-hal yang Wajib Calon Pengantin Siapkan

Menikah merupakan hal yang tidak dapat kamu putuskan secara sendiri. Ketika kamu memutuskan untuk menikah, maka saat itu pula hidupmu tidak sendirian. Kamu akan memiliki pasangan untuk berbagi selama hidup dan bukan keputusan yang mudah. Selain itu, kamu harus mengetahui daftar persiapan pernikahan.

Dalam mempersiapkannya, kamu harus mengajak pasangan agar semua persiapan dapat dipertimbangkan secara matang. Kendati demikian, ada banyak pasangan yang menikah tanpa melakukan persiapan.

Jika kamu calon pengantin yang baik, persiapan pernikahan harus kamu lakukan untuk mengurangi angka perceraian. Selain itu, kamu melakukannya untuk menghormati pasanganmu.

Tips persiapan pernikahan

10 Persiapan Pernikahan yang Harus Kamu Tahu

Persiapan pernikahan apa saja yang harus kamu tahu? berikut daftarnya antara lain:

1. Persiapan Mental

List persiapan pernikahan yang pertama yaitu mental. Berpacaran dan menikah merupakan dua hal yang berbeda, jika pacaran dapat berpisah sejenak maka pernikahan akan mengikat kamu dan pasangan. Kamu akan menghabiskan hampir seluruh waktu milikmu bersama.

Mempersiapkan mental sebelum menikah menjadi hal vital, sebab saat itulah kamu belajar untuk mengesampingkan ego, kamu tidak bisa memutuskan semuanya sendiri.

Persiapkan mentalmu dan calon pasangan agar dapat bertahan dari semua masalah yang akan muncul dalam rumah tangga. Saling menghargai dan tidak menang sendiri menjadi kunci agar rumah tangga harmonis dan pernikahan dapat bertahan untuk waktu yang lama.

2. Persiapan Secara Finansial

Menikah akan membutuhkan banyak biaya, kehidupan setelah menikah akan membutuhkan biaya lebih besar. Apabila kamu terbiasa membiayai diri sendiri, kamu mungkin akan terkejut, sebab setelah menikah kamu harus membiayai keluargamu.

Setidaknya, pastikan kamu telah memiliki pekerjaan tetap sehingga finansial akan tetap stabil. Selain membiayai keluarga kecil, kamu juga akan membayar kebutuhan lain seperti tagihan, biaya sehari-hari, biaya untuk anak, dan biaya-biaya yang lain.

Sebelum menikah kamu mungkin bisa bergantung kepada orang tua. Namun setelah menikah, semua biaya hanya datang dari dirimu dan pasangan. Apabila istri tidak bekerja, maka semua biaya berasal dari suami. Oleh karena itu, persiapan finansial ini tidak boleh kamu sepelekan.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

3. Meminta Restu dari Keluarga

Selanjutnya yaitu mendapatkan restu dari keluarga. Seperti yang kita tahu, di Indonesia restu dari keluarga termasuk hal sakral yang harus calon pengantin dapatkan. Terutama restu dari orang tua.

Restu sungguh penting sebab dapat memberi kelancaran sebelum hingga setelah pernikahan digelar. Apabila kamu tidak mendapatkan restu, kamu akan sulit dalam mengumpulkan kedua belah pihak dari keluarga calon pengantin.

Pernikahan tidak hanya menyatukan pengantin saja, namun pernikahan akan menyatukan dua keluarga dari pihak perempuan dan pihak laki-laki.

3. Memutuskan Tanggal Pernikahan

Setelah mendapatkan restu, persiapan pernikahan selanjutnya berkumpul bersama kedua pihak keluarga untuk memutuskan tanggal pernikahan. Tanggal penting ini tidak dapat diputuskan oleh keluarga pihak laki-laki saja, namun keluarga dari pihak perempuan memiliki hak untuk memberi keputusan yang sama.

Apabila ada dua pendapat yang berbeda, ada baiknya untuk membicarakan dengan baik agar keputusan mencapai mufakat. Jangan lupa untuk memberi jeda yang cukup sembari mempersiapkan hal-hal lain sebelum menikah. Pilihlah hari terbaik untuk menikah sebab hari tersebut akan terkenang sepanjang masa.

4. Mengikuti Bimbingan Pranikah

Undang-undang nomor 16 Tahun 2019 menyatakan bahwa calon pengantin wajib mengikuti bimbingan pranikah yang dilaksanakan oleh Kantor Urusan Agama Kementerian Agama RI.

Sebelum mengikutinya, kamu harus mendaftarkan diri bersama calon pasangan ke KUA. Bimbingan pranikah akan dilaksanakan selama dua hari. Berfungsi sebagai penjelas tentang bagaimana menjalani kehidupan setelah melakukan pernikahan.

Setiap materi yang akan kamu pelajari juga diberikan oleh ahlinya. Bimbingan akan menjadi tolak ukur calon pengantin agar memahami resiko yang muncul setelah menikah.

5. Melakukan Tes Kesehatan

Persiapan pernikahan yang kelima yaitu melakukan tes kesehatan. Kamu dapat mengajak pasangan untuk pergi ke dokter dan melakukan tes tertentu untuk memeriksa apakah ada penyakit berbahaya.

Beberapa tes yang akan kamu lakukan meliputi tes golongan darah dan rhesus, tes gula darah, USG ginekologi, dan tes untuk memeriksa penyakit menular. Kamu dapat melakukan tes ini sekitar 6 bulan sebelum pernikahan dilaksanakan.

Fungsi dari tes kesehatan untuk melakukan penanganan medis apabila ada penyakit tertentu sehingga pernikahan dapat kamu gelar secara lancar.

6. Mempersiapkan Biaya Pernikahan

Melaksanakan pernikahan akan membutuhkan biaya yang banyak. Akan ada dua pendapat, kebanyakan pihak laki-laki hanya mengikuti keinginan pihak perempuan. Namun meskipun demikian, kamu dan calon pasangan harus tetap membicarakan biaya yang akan kalian keluarkan.

Mulai dari biaya seserahan, biaya untuk lamaran, kemudian persiapan akad hingga resepsi. Biaya merupakan hal sensitif, maka pikirkan dan pertimbangkan dengan matang hingga kedua belah pihak saling sepakat.

7. Persiapan Konsep Pernikahan

Konsep pernikahan ada banyak, ada beberapa tema yang mencolok seperti pernikahan adat atau pernikahan tema modern. Mempersiapkan konsep juga harus dibicarakan terlebih dahulu. Buatlah keputusan bersama akan konsep yang akan digunakan untuk pernikahan.

8. Memilih Wedding Organizer

Berikutnya menentukan organizer untuk menikah. Kamu dapat melakukan riset melalui media sosial maupun bertanya dengan teman yang sudah menikah. Akan ada banyak pilihan, namun kamu bisa mempertimbangkannya sesuai jumlah biaya yang telah kalian sepakati bersama.

9. Mempersiapkan Busana dan Tema Make Up

Busana pernikahan termasuk salah satu unsur paling penting, terutama bagi pihak perempuan. Sudah pasti ia menginginkan busana paling cantik dan tidak ada tamu yang dapat menandinginya.

Busana yang akan kalian butuhkan meliputi pakaian pengantin pria dan wanita, pakaian bagi orang tua kedua belah pihak, hingga pakaian untuk para among tamu atau kembang mayang.

Persiapan pernikahan ini mungkin akan lebih condong dengan keinginan calon pengantin wanita, namun pengantin pria juga boleh memberikan pendapatnya. Pilihlah busana yang sekiranya sesuai dengan tema make up yang bagus pula.

10. Mempersiapkan Undangan dan Cinderamata

Persiapan pernikahan selanjutnya yaitu undangan dan cinderamata. Saat melaksanakan pernikahan, kamu akan mengundang orang-orang terdekat. Umumnya Orang tua mengundang setiap keluarga dan kenalan.

Kamu dapat memilih undangan yang sederhana ataupun memiliki desain lebih rumit. Semua tergantung selera dan biaya yang disepakati. Buat juga daftar tamu yang ingin kalian undang agar tidak ada yang terlupakan. Kemudian perhatikan pula hadiah atau cinderamata apa yang ingin kalian berikan bagi mereka.

Beberapa pasangan lebih menyukai cinderamata sederhana seperti tumblr, namun ada juga yang memberi cinderamata lebih seperti emas antam bagi yang memiliki budget lebih. Kamu dan pasangan harus mendiskusikan hal ini agar semua tersepakati dengan baik.

Persiapan Pernikahan Manakah yang Sudah Terpenuhi?

Menikah memang membutuhkan banyak persiapan, tidak berarti kamu tidak mampu menyiapkan semuanya. Kamu dapat melakukan persiapan pernikahan bersama calon pasangan, bahkan jangan sampai tidak mengajak pasanganmu untuk diskusi, sebab ini menjadi latihan sebelum hidup bersama.

Walaupun kamu akan membutuhkan waktu lebih lama, namun mempersiapkan bersama akan memberi efek positif, sebab semua saling bekerjasama. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang agar semua hal berjalan dengan baik. Yuk, siapkan pernikahanmu secara matang!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]