Pengertian Workshop, Manfaat, Jenis dan Bedanya dengan Training

Dalam sebuah institusi pendidikan maupun perusahaan, workshop merupakan sebuah kegiatan yang lumrah dilakukan secara rutin. Secara keseluruhan, kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk berdiskusi, bertukar pikiran, serta mengasah skill dalam bidang tertentu.

Tak hanya ilmu, kamu bisa bersilaturahmi, menambah teman, menambah koneksi kerja kamu, dan mempelajari hal baru yang belum kamu kuasai sebelumnya.

Setelah membaca keterangan singkat mengenai apa itu workshop, yuk simak penjelasan lengkap tentang pengertian workshop, manfaat, jenis dan perbedaannya dengan training.

Workshop dan Manfaatnya

Pengertian Workshop

Workshop adalah sebuah forum diskusi kelompok atau komunitas yang membahas topik tertentu dari berbagai sudut pandang pemikiran dimana para peserta bebas mengutarakan pendapat, ilmu, atau berbagi pengalaman yang mereka punya sebagai bahan diskusi.

Forum ini mengusung sebuah tema tertentu dan mengutamakan diskusi dalam setiap pembahasan.

Berbagai macam topik pembahasan dapat menjadi tema dalam pelaksanaan kegiatan yang satu ini. Misalnya, dalam lingkungan kampus, para mahasiswa mengusung tema unik agar dapat menarik massa.

Dari segi teknis pelaksanaannya, kegiatan yang satu ini memang hampir serupa dengan seminar dan training, namun sebenarnya terdapat perbedaan yang mencolok di antara kegiatan tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu bisa menarik kesimpulan jika forum diskusi ini hampir serupa dengan training. Bedanya, kegiatan ini lebih cenderung ke arah sarana bertukar pikiran sehingga terdapat banyak sudut pandang dari para narasumber yang berbeda.

Sedangkan training adalah sebuah forum konferensi massal dan hanya terdapat satu orang narasumber yang menjadi pembicara utama. Dengan kata lain, peserta training tidak dapat melakukan diskusi tukar pikiran dan hanya bertindak sebagai pendengar.

Baca Juga: Apa itu Seminar?

Manfaat Workshop

Kamu perlu mengetahui apa saja manfaat serta keuntungan dari mengikuti kegiatan ini. Langsung saja, berikut ini keuntungan serta manfaatnya:

1. Menambah Skill & Pengetahuan

Menambah skill dan pengetahuan merupakan manfaat yang sudah pasti akan kamu dapatkan. Karena berbentuk diskusi, hal ini membuat kamu bisa bertukar pikiran sehingga akan menambah pengetahuan dan sudut pandang baru.

2. Networking yang Semakin luas

Berada dalam sebuah forum sambil melakukan diskusi dengan orang yang memiliki minat sama tentu merupakan sebuah kesenangan tersendiri. Workshop bisa menjadi salah satu wadah untuk kamu bisa mendapatkan teman baru yang memiliki minat dan keahlian di bidang yang sama.

Selain menambah teman dengan hobi yang sama, networking kamu untuk mengembangkan karir tentu akan semakin terbuka luas. Bukan hanya sebagai sarana bertukar pikiran dan menambah skill kamu, networking sangat penting untuk mempermudah kamu menemukan pekerjaan baru yang cocok sesuai kemampuan.

Baca Juga: Networking Adalah Hal Penting Dalam Membangun Karir

3. Kesempatan untuk Membuka Bisnis baru

Bukan hanya untuk karyawan dan mahasiswa saja, kegiatan ini menjadi sarana edukasi bagi kamu yang ingin memulai usaha baru. Dengan pembahasan materi dalam bidang bisnis tentu bisa menjadi referensi kamu untuk memulai sebuah usaha.

Beberapa topik pembahasan yang menyangkut bisnis pasti bakal membantu kamu yang  sedang bingung bagaimana cara membuka bisnis dari nol.

Contohnya seperti materi cara memulai bisnis pakaian, edukasi bisnis restoran, dan berbagai topik lainnya tentang bisnis. Kamu bisa memilih topik bisnis yang sesuai dengan usaha yang akan kamu bangun.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Startup: Peluang dan Tips untuk Memulainya

4. Wadah Silaturahmi untuk Mengisi Waktu Luang

Beda halnya dengan kelas kuliah dan aktivitas nongkrong dengan teman yang terkesan membosankan, workshop terasa lebih menarik karena terkonsep rapi sehingga kamu akan merasa nyaman saat mengikutinya. Selain itu, jumlah peserta yang relatif sedikit akan membuat kegiatan ini lebih berkualitas dan menyenangkan. Para peserta bisa belajar juga berdiskusi dengan santai dan rileks. Jadi kamu bisa isi waktu luang sambil mengembangkan skill kamu dengan melakukan hal yang positif.

5. Mencoba Hal Baru yang Bermanfaat

Kegiatan ini juga sebagai sarana untuk kamu mencoba hal-hal baru yang bermanfaat. Dengan mengikuti tema pembahasan yang belum kamu kuasai, tentu akan mendorong keinginan kamu untuk mencoba pengetahuan dan skill baru.

Baca Juga: Apa itu Softskill dan Hardskill serta Perbedaan Keduanya

Jenis-Jenis Workshop

Berdasarkan sudut pandangnya, workshop memiliki empat jenis perbedaan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut:

1. Workshop Mengikat

Workshop mengikat adalah sebuah forum yang diselenggarakan oleh lembaga atau instansi tertentu, dan memiliki sebuah keterkaitan antara peserta dengan penyelenggara. Contohnya adalah penyelenggaraan workshop sertifikasi tenaga ahli K3 HSE, sertifikasi guru, dan lain sebagainya.

2. Workshop Tidak Mengikat

Kebalikannya, workshop tidak mengikat adalah sebuah forum  dimana para peserta tidak terikat dengan hasil apapun yang diperoleh dari acara tersebut. Dengan kata lain, kegiatan ini lebih bersifat edukatif dan hanya terbatas pada penyampaian informasi tertentu sesuai topik.

3. Workshop Beruntun

Merupakan sebuah forum yang diselenggarakan pada rentang waktu tertentu secara berurutan dan terus menerus. Biasanya, kegiatan ini bersifat singkat dan dilakukan setiap hari dengan cara maraton. Contohnya seperti workshop yang dilaksanakan selama seminggu penuh secara berturut-turut.

4. Workshop Berkala

Kata berkala memiliki artian bahwa kegiatan ini dilakukan secara teratur dengan jadwal yang panjang, dan biasanya menjadi sebuah agenda rutin bagi komunitas tertentu.

Sebagai contoh workshop berkala ini misalnya sebuah forum diskusi yang dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali yang menjadi agenda rutin suatu kelompok.

Perbedaan Antara Workshop & Training

Antara workshop dan training memiliki perbedaan yang cukup signifikan berdasarkan tujuan, peserta acara, dan durasi dari forum tersebut. Berikut penjelasan singkatnya.

1. Perbedaan Berdasarkan Tujuan

Tujuan workshop adalah berdiskusi untuk menemukan jalan keluar dari masalah yang menjadi tema pembahasan. Para peserta bisa ikut mencari solusi terbaik sesuai dengan konsep acara tersebut.

Sedangkan, tujuan training adalah sebagai media pelatihan bagi para peserta training agar menjadi profesional di bidang tertentu dengan serangkaian latihan yang intensif.

2. Perbedaan Berdasarkan Peserta Acara

Mayoritas peserta workshop adalah orang-orang yang secara teknis mampu menguasai materi tertentu. Namun, kegiatan ini terbuka juga untuk orang awam yang ingin menguasai topik pembahasan dan ingin mengikuti acara tersebut.

Sedangkan untuk peserta training, mereka yang haus akan skill baru agar bisa menjadi orang  yang lebih profesional.

3. Perbedaan Berdasarkan Durasi Acara

Workshop umumnya berlangsung selama 1 sampai 3 hari tergantung materi yang menjadi bahan pembahasan dengan durasi sekitar 5-9 jam per hari. Sedangkan training, biasanya memakan durasi waktu yang lama sesuai kompetensi pelatihan. Durasi bisa lebih dari 1 hari, 1 minggu, bahkan berbulan-bulan. Selain itu, para peserta acara training akan mengikuti sebuah forum training untuk mendapatkan tujuan yang utama. Dan biasanya, tujuan para peserta training adalah sertifikat dalam bidang tertentu untuk menjadi seorang yang profesional.

Baca Juga: Memahami apa itu pelatihan

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan pada penjelasan di atas, dapat kamu ketahui bahwa pengertian workshop merupakan sebuah forum dengan peserta yang memiliki keahlian, maupun profesi dalam bidang tertentu.

Tentu saja kegiatan mempunyai tujuan yang meningkatkan pandangan kita terhadap sesuatu karena diskusi mendalam yang dilakukan. Pada intinya kamu akan melakukan kegiatan positif dan menambah wawasan kamu yang berdampak juga terhadap skill kamu nantinya.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan […]

News

Istilah pemasaran atau marketing tentu saja tidak asing lagi untuk kamu. Pemasaran merupakan aktivitas untuk […]