Pengertian Manajemen Waktu, Manfaat dan Cara Melakukannya

Manajemen waktu merupakan bentuk pengaturan waktu yang bisa kamu terapkan untuk mengatur kegiatan dan pekerjaanmu agar lebih terstruktur. Jika kamu pernah merasa bahwa 24 jam sehari masih belum cukup untuk menyelesaikan pekerjaan yang kamu lakukan, maka kamu perlu mengatur ulang efektifitas waktu kerjamu.

Mengenal Apa itu Manajemen Waktu

Pengertian Manajemen Waktu

Manajemen waktu adalah suatu istilah untuk menggambarkan proses perencanaan, pengaturan, dan pengawasan terhadap produktivitas penggunaan waktu. Proses perencanaan dan pengaturan waktu tersebut juga dapat kamu pahami sebagai sebuah skill dalam mengatur dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

Tujuan dari manajemen waktu ini untuk memanfaatkan waktu seoptimal mungkin. Dengan pengaturan waktu yang baik, kamu bisa mengerjakan sebuah tugas dengan sistematis dan menyelesaikannya tepat waktu.

Pengaturan waktu juga sangat penting dalam aspek pekerjaan. Cara manajemen waktu yang kamu aplikasikan akan menentukan cara kerja dan produktivitas kamu. Pengaturan waktu yang baik juga membantumu untuk mencapai target pekerjaan yang sudah kamu tetapkan.

Baca Juga: Mengenal apa itu Produktivitas

Manfaat Manajemen Waktu

Manajemen waktu akan memberikan manfaat yang bisa kamu rasakan secara langsung. Pertama, kamu dapat menjadi orang yang disiplin dan lebih tepat waktu. Penerapan yang konsisten juga akan membangun kebiasaan baik seperti rasa kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi.

Kedua, manajemen waktu juga akan meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa stress kamu. Stress dan kecemasan dapat berasal dari pekerjaan yang menumpuk dan waktu pengerjaan yang terbatas.

Jika kamu menerapkan pengaturan waktu, kamu bisa memprioritaskan pekerjaan apa yang akan kamu kerjakan terlebih dahulu. Hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya penumpukan tugas.

Selain itu, kamu juga akan mampu menyelesaikan pekerjaanmu tepat waktu. Sehingga, dapat mendorong rasa percaya diri kamu dan kepercayaan atasan kepadamu.

Kemudian manajemen waktu juga bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dan mencapai target pekerjaan dengan efektif. Dengan pengaturan waktu yang baik maka pekerjaanmu akan selesai tepat waktu dan targetmu juga akan mudah tercapai.

Baca Juga: Inilah penyebab stress

Dampak Manajemen Waktu yang Buruk

Pengaturan waktu juga tidak selamanya berjalan dengan baik. Ada pula orang-orang yang masih belum tepat dalam mengatur waktu kerja dan aktivitasnya. Hal ini tentu saja akan memicu dampak yang buruk dari pengaturan waktu yang kamu lakukan.

Berikut ini ada beberapa dampak dari manajemen waktu yang buruk:

1. Keterlambatan

Salah satu tujuan manajemen waktu yaitu mengatur seluruh aktivitas dan kegiatan kamu agar tepat waktu. Jika kamu masih sering terlambat atau tidak tepat waktu, maka mungkin ada yang salah dengan pengaturan waktumu.

Manajemen waktu yang buruk dapat mempengaruhi produktivitas kerjamu. Kamu bisa sering bekerja secara lembur jika pengaturan waktumu buruk. Manajemen waktu yang buruk juga bisa menyebabkan kebiasaan buruk seperti terlambat atau tidak tepat waktu. Hal ini tentunya bisa merusak citra kamu di mata orang lain.

2. Peningkatan Stress

Manajemen waktu yang buruk akan membuat pekerjaan kamu menumpuk. Kamu akan merasa tertekan karena harus tetap menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang ditentukan. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi kesehatan mentalmu, seperti munculnya stress dan kecemasan.

Stress dan kecemasan yang terlalu sering tentu akan memengaruhi kualitas hidup kamu yang lain. Kamu bisa menjadi orang yang lebih mudah marah dan sensitif terhadap hal-hal tertentu.

3. Kurang Tidur

Manajemen waktu yang buruk tentu akan berdampak pada aktivitas kamu yang lain, termasuk waktu istirahat. Seseorang dengan pengaturan waktu yang buruk akan memiliki waktu istirahat yang berantakan.

Hal ini karena waktu yang seharusnya kamu gunakan untuk beristirahat malah kamu pakai untuk menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk. Kurangnya istirahat akan menyebabkan penurunan fokus dan produktivitas yang menyebabkan kamu mudah lelah.

4. Tidak Fit

Manajemen waktu yang buruk akan membuat pekerjaanmu menumpuk sehingga dapat mengurangi waktu istirahat kamu. Kurangnya waktu istirahat tentu akan membuatmu mudah lelah dan sakit karena kurang olahraga.

Olahraga menjadi salah satu aktivitas yang dapat membantumu meningkatkan kebugaran tubuhmu. Jika kamu kurang berolahraga dan terlalu sibuk bekerja, maka kebugaran tubuhmu juga akan menurun.

5. Mudah Terkena Penyakit

Manajemen waktu yang buruk juga akan membuat waktu makan kamu berantakan. Salah satu kunci tubuh yang sehat dan bugar selain olahraga dengan makan makanan bergizi.

Jika pengaturan waktumu buruk, maka waktu makan kamu juga akan terganggu. Kurangnya asupan makanan bergizi di waktu yang tepat akan menurunkan daya tahan dan kesehatan tubuh kamu.

Cara Manajemen Waktu yang Baik

Jika kamu masih merasakan beberapa dampak buruk seperti ulasan sebelumnya, maka kamu perlu beberapa tips jitu. Cara manajemen waktu berikut ini bisa kamu terapkan untuk meminimalisir dampak buruk yang mungkin timbul dari pengaturan waktu yang buruk:

1. Membuat Perencanaan dan Skala Prioritas

Manajemen waktu yang baik selalu dimulai dengan perencanaan. Kamu perlu mengetahui apa saja aktivitas dan pekerjaan yang kamu lakukan setiap hari. Cara ini penting sebelum kamu mulai menentukan prioritas pekerjaan mana yang akan kamu lakukan terlebih dahulu.

Susun semua aktivitas maupun pekerjaan yang akan kamu lakukan setiap harinya. Tentukan aktivitas atau pekerjaan mana yang menurutmu lebih penting dan harus kamu eksekusi terlebih dahulu.

Pilih pekerjaan yang menurutmu mudah untuk kamu lakukan dan tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk mengerjakannya. Selesaikan pekerjaan tersebut secepat mungkin sehingga kamu akan memiliki waktu yang lebih lama untuk mengerjakan pekerjaan sulit lainnya.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

2. Meningkatkan motivasi

Jika kamu masih menemui gangguan atau rintangan dalam menjalankan strategi yang sudah kamu buat, maka mungkin kamu sedang membutuhkan sebuah motivasi.

Motivasi bisa kamu dapatkan dari diri kamu sendiri, keluarga, teman, bahkan media lainnya. Motivasi yang tepat akan mampu mengembalikan semangat kerjamu kembali sehingga kamu akan lebih siap untuk melanjutkan pekerjaanmu.

3. Meningkatkan Standar Kerja

Cara manajemen waktu yang baik selanjutnya dengan meningkatkan standar kerja. Pada saat kamu menerima sebuah pekerjaan dan kamu menemui kesulitan, jangan sungkan untuk bertanya.

Cobalah untuk meningkatkan komunikasi dan standar kerja kamu, jika kamu mengalami kesulitan. Selain akan mempermudah pekerjaanmu, meningkatkan komunikasi dan standar kerja juga bisa meningkatkan efektivitas dan produktivitas kinerjamu.

Jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal di sekitar kamu yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Jika kamu mampu mengabaikan gangguan tersebut, maka kinerjamu akan lebih lancar dan mudah.

4. Buat Komitmen dan Tetap Konsisten

Kunci terpenting dari manajemen waktu adalah komitmen dan konsistensi. Semua tips cara manajemen waktu di atas akan sia-sia jika kamu tidak memiliki komitmen dan konsistensi untuk menjalankannya.

Manajemen waktu merupakan salah satu komitmen yang kamu buat bersama diri kamu sendiri. Oleh karena itu kamu juga harus menjalankannya secara konsisten untuk menjaga komitmen kamu tersebut.

Baca Juga: Inilah arti Komitmen

Sudah Tahukah Kamu Betapa Pentingnya Manajemen Waktu?

Jadi bagaimana pendapatmu setelah membaca ulasan tentang manajemen waktu tersebut? Manajemen waktu merupakan salah satu bentuk komitmen yang kamu buat untuk mendisiplinkan diri kamu sendiri.

Semoga informasi tentang cara manajemen waktu di atas dapat membantu kamu dalam menyusun pengaturan waktu yang lebih baik lagi. Selamat mencoba!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]