10 Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Beserta Kelebihannya

Mendapatkan penghasilan tidak harus dengan bekerja secara formal. Kamu juga bisa sukses dan menghasilkan banyak uang dari pekerjaan yang dilakukan dari rumah. Terdapat banyak peluang usaha rumahan menjanjikan yang terbuka lebar untukmu dan patut kamu coba.

Selain dapat menghasilkan keuntungan yang tidak sedikit, usaha rumahan juga memiliki banyak kelebihan. Yuk, simak apa saja contoh usaha rumahan beserta dengan kelebihan-kelebihannya ini.

Daftar peluang usaha rumahan

10 Peluang Usaha Rumahan

Usaha rumahan dapat dilakukan oleh siapa saja, bahkan ibu rumah tangga sekalipun. Berikut ini referensi peluang usaha rumahan menjanjikan dan menguntungkan untuk kamu:

1. Usaha Laundry

Usaha rumahan ini akan sangat menguntungkan ketika kamu tinggal di lingkungan yang dekat dengan kampus atau lingkungan sibuk lainnya. Kebanyakan dari mereka termasuk generasi milenial atau generasi Z yang cenderung tidak memiliki waktu dan lebih suka sesuatu yang lebih praktis.

Hal inilah yang memberikan peluang untuk membuka usaha laundry. Ketika kamu bisa menjaga kualitas jasa seperti memberikan hasil yang cepat, wangi, bersih, dan rapi. Pelanggan juga tidak akan segan untuk kembali menggunakan jasamu.

Asalkan lokasi dan promosi yang kamu lakukan tepat, maka usaha ini akan memberikan keuntungan yang besar.

2. Usaha Catering

Peluang usaha rumahan selanjutnya yaitu dengan membuka catering. Jika keahlianmu dalam bidang memasak cukup baik, maka tidak ada salahnya untuk memulai bisnis catering. Kamu bisa memilih jenis catering apa yang ingin kamu sediakan, seperti catering acara, catering diet, dan lain sebagainya.

3. Usaha Warung Sembako

Warung sembako tidak akan pernah kehabisan pembeli, karena kebutuhan pokok yang terus meningkat. Cukup membuka warung di rumahmu yang terlihat dari luar dan mudah untuk dijangkau. Bisnis ini bisa menghasilkan keuntungan besar jika kamu mampu mengelolanya dengan baik.

4. Usaha Menjual Camilan

Apapun aktivitas yang dilakukan, camilan biasanya selalu dicari orang. Kebiasaan tersebut bisa menjadi peluang usaha rumahan untukmu dengan menjual camilan yang digemari oleh banyak orang. Kamu juga bisa melakukan kreativitas terhadap jenis-jenis camilan dan menjualnya secara mandiri atau menitipkannya ke warung-warung.

5. Usaha Cuci Kendaraan

Kebanyakan orang ingin memiliki kendaraan bersih, namun terlalu sibuk untuk bisa mencucinya sendiri. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba untuk membuka jasa cuci kendaraan. Jenis bisnis ini juga tidak membutuhkan modal terlalu besar. Kamu hanya perlu mengetahui cara mencuci kendaraan yang baik dan benar.

6. Usaha Pertamini

Kendaraan bermotor seperti tidak ada habisnya, penggunanya juga terus bertambah. Maka dari itu, kamu bisa membuka pertamini. Pertamini merupakan usaha pom bensin berukuran mini yang berada dalam naungan PT. Pertamina.

Nah, bagi kamu yang bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari pom bensin dan berada di pinggir jalan. Usaha ini sangat menarik dan bisa mendatangkan keuntungan yang besar.

7. Usaha Menjahit

Peluang usaha rumahan satu ini harus diiringi dengan keahlian, yaitu menjahit. Kamu pasti tahu, pakaian merupakan salah satu kebutuhan utama yang sangat penting. Jika kamu pintar menjahit, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu tersebut untuk membuka jasa menjahit di rumah. Karena kebutuhan akan pakaian tidak akan ada habisnya.

Bisnis ini bisa sangat menguntungkan, ketika kamu bisa mendapatkan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Kreativitas juga berperan besar dari berkembangnya usahamu. Bahkan kamu juga dapat membuka bisnis konveksi dan butik dari usaha menjahit tersebut.

8. Usaha Coffee Shop

Coffee shop yang bergaya modern, tengah banyak digemari saat ini, khususnya para anak-anak muda. Banyak dari mereka menjadikan coffee shop sebagai tempat untuk mengerjakan tugas, pekerjaan, atau untuk sekedar nongkrong dan ngobrol.

Hal inilah yang bisa kamu jadikan sebagai peluang untuk membuka usaha. Melakukan riset menjadi salah satu hal yang paling penting kamu lakukan sebelum memulai usaha ini.

Jika kamu ingin membuka coffee shop, kamu harus merencanakannya secara matang terlebih dahulu. Kamu juga harus tahu tujuan, target, dan perkiraan modal yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga perlu menciptakan suasana nyaman di dalam coffee shop supaya bisa menarik minat pelanggan untuk berkunjung.

Baca Juga: Franchise adalah: Pengertian dan Tips sukses menjalankan bisnisnya

9. Usaha Menjual Pulsa dan Paket Data

Telepon genggam dan internet sudah menjadi bagian hidup manusia. Bisa dikatakan, manusia akan kesulitan untuk bisa hidup tanpa kedua hal tersebut di era teknologi seperti saat saat ini. Karena itu, hal ini bisa kamu gunakan untuk membuka peluang usaha rumahan, yaitu menjual pulsa dan paket internet.

Modal yang kamu perlukan untuk bisnis ini juga tidak besar. Kamu bisa memulai bisnis yang satu ini dengan modal kecil terlebih dahulu. Setelah kamu merasa cocok dan yakin, kamu bisa menambah modal tersebut.

Semakin besar modal, maka akan semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu dapat. Kamu juga bisa mendaftar ke agen distributor atau aplikasi jual beli pulsa dan paket data online.

10. Usaha Budidaya Ikan Hias

Terdapat banyak sekali ikan hias yang memiliki harga sangat tinggi. Meskipun memiliki harga fantastis, tidak sedikit pula orang yang suka mengoleksinya dan bersedia membayar harga tinggi tersebut. Ini termasuk peluang usaha rumahan menjanjikan yang sangat menarik, apalagi untuk kamu yang juga menyukai ikan hias.

Merawat ikan hias tidaklah rumit. Namun, kamu tetap harus mencari tahu tentang sistem pasar ikan hias, ikan hias yang memiliki harga tinggi, dan cara mengembangbiakkan ikan hias. Kamu juga bisa mengikuti komunitas ikan hias untuk menambah informasi dan pengetahuan.

Baca Juga: Daftar dan tips usaha dengan modal kecil

Kelebihan Usaha Rumahan

Membuka usaha rumahan ternyata memiliki beberapa kelebihan seperti berikut ini:

1. Tidak Ada Biaya Tempat

Salah satu keuntungan dari usaha rumahan, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk menyewa ruko atau toko. Kamu bisa membuka usaha dengan bebas di rumahmu sendiri. Tenang, nyaman, dan hemat menjadi keuntungan terbesarnya.

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

2. Waktu Fleksibel dan Hemat Tenaga

Mencoba memulai peluang usaha rumahan berarti membuatmu menjadi bos. Kamu menjadi bisa mengatur waktumu sendiri. Waktu kerjamu menjadi sangat fleksibel jika dibandingkan ketika kamu bekerja bersama orang lain.

Kamu juga tidak lagi harus merasakan perjalanan pulang pergi setiap harinya yang melelahkan dan menguras tenaga.

3. Kesempatan untuk Mengembangkan Diri

Membuka usaha berarti membuatmu berlatih manajemen diri. Kamu bisa belajar cara mengelola dan mengembangkan dirimu sendiri melalui hal tersebut. Kamu juga akan belajar untuk lebih kreatif dan mandiri.

4. Memiliki Banyak Waktu untuk Keluarga dan Diri Sendiri

Waktu berkumpul dengan keluarga sangatlah berharga. Usaha rumahan juga akan membuatmu memiliki banyak waktu tersisa untuk kamu habiskan bersama orang tua, anak, suami atau istri, dan orang tersayang lainnya. Kemudian, kamu juga akan memiliki me time yang berguna untuk meredakan stres.

Baca Juga: Apa itu Agribisnis, Prospek Bisnis, & Contohnya

Apakah Peluang Usaha Rumahan di Atas Menarik Minatmu?

Nah, itulah beberapa contoh untuk referensi peluang usaha rumahan yang bisa kamu jadikan inspirasi. Meskipun biasanya banyak yang meremehkan, nyatanya bahwa usaha rumahan juga bisa mendatangkan kesuksesan.

Tentu saja, kesuksesan tersebut harus diikuti dengan tekad dan kerja keras. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan membantu. Selamat mencoba!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]