Paypal adalah, Fungsi dan Cara Membuatnya

Untuk kamu yang sering melakukan transaksi luar negeri, mungkin kamu pernah mendengar tentang PayPal.

Namun buat kamu yang tidak tahu apa itu PayPal, bisa dijelaskan bahwa PayPal merupakan rekening virtual yang menyediakan layanan jasa transfer dan juga pembayaran secara online. Lalu apa bedanya dengan kartu kredit? Dan bagaimana cara membuat akun PayPal?

Cara membuat akun Paypal

Apa itu PayPal?

PayPal adalah perusahaan yang menyediakan layanan transfer uang dan pembayaran secara online.

Meski demikian, banyak orang yang memahami PayPal dengan merujuk pada layanan yang mereka punya. Dalam hal ini, PayPal adalah layanan keuangan yang memungkinkan untuk melakukan transaksi dan juga pembayaran secara online melalui akun virtual.

Dalam akun tersebut, kamu bisa menambahkan rekening bank, nomor kartu kredit, ataupun nomor kartu debit yang akan terkoneksi dengan akun PayPal. Kamu juga bisa melakukan pembayaran dan transaksi menggunakan layanan ini kapanpun.

Transaksi menggunakan PayPal biasanya identik dengan transaksi luar negeri. Menggunakan layanan ini jauh lebih mudah daripada menggunakan kartu debit atau kartu kredit Bank dalam negeri karena sudah terintegrasi dengan berbagai platform online lainnya sebagai pilihan pembayaran.

Kemudahan pemakaian PayPal menjadi alasan banyak pelaku usaha yang memilih menggunakan layanannya sebagai salah satu metode pembayaran. Menggunakan Paypal dinilai lebih cepat dan juga aman.

Fungsi PayPal

Untuk kamu yang suka berbelanja online di marketplace luar negeri, mungkin sudah sering menyadari jika salah satu metode pembayaran yang bisa kamu gunakan yaitu Paypal. PayPal menjadi salah satu cara pembayaran secara global yang paling banyak digunakan saat ini. Berikut fungsi lain dari PayPal diantaranya:

1. Sebagai Alat Melakukan Transaksi Pembayaran dengan Fleksibilitas Tinggi

Dengan Paypal, kamu bisa melakukan pembayaran dengan fleksibilitas tinggi. Artinya, pembayaran ini bisa kamu gunakan dalam banyak hal. Selama transaksi yang kamu butuhkan dilakukan secara online, maka kamu bisa menggunakan akun PayPal sebagai metode pembayarannya. Kamu bisa menggunakan akun PayPal ini untuk melakukan pembayaran melalui situs desktop, aplikasi, ataupun situs mobile.

2. Alat Pembayaran yang Cepat

PayPal menjadi alat pembayaran yang cukup cepat. Dalam setiap transaksi keuangan, kecepatan merupakan salah satu faktor yang banyak orang pertimbangkan. Terutama ketika transaksi tersebut melibatkan dua bank atau bahkan dua negara yang berbeda, maka biasanya butuh waktu beberapa hari.

Jika kamu menggunakan Paypal, maka kamu tidak perlu menunggu berhari-hari. Dengan menggunakan layanan ini maka hanya membutuhkan waktu 24 jam dari akun PayPal ke rekening bank sampai transaksi tersebut benar-benar selesai. Dan untuk waktu hitungan menit berlaku saat transfer sesama akun Paypal.

3. Alat Pembayaran Global

Dengan menggunakan paypal, kamu bisa melakukan transaksi secara global. Jika kamu sering berbelanja di situs luar negeri, maka salah satu alat pembayaran yang bisa kamu pilih yaitu PayPal.

Penggunaan Paypal telah terhubung di banyak negara, karena penggunanya yaitu masyarakat di seluruh dunia. Karena sudah meng-global, maka penggunaan layanan ini memang menjadi identik dengan transaksi antar negara.

4. Sebagai Cara Pembayaran yang Aman

PayPal merupakan alat pembayaran yang aman. Bukan saja untuk memastikan uang yang kita kirim sampai ke tujuan, namun menggunakan layanan ini akan menjaga kerahasiaan data pribadi kamu.

Ketika kamu menggunakan Paypal maka kamu tidak perlu mengirimkan atau memberikan data informasi perbankan yang kamu miliki. Hal ini tentunya akan meminimalisir kemungkinan tersebarnya data pribadi milik kamu.

Bagaimana Cara Membuat Akun PayPal?

PayPal menjadi salah satu metode pembayaran yang memiliki banyak manfaat. Karena hal inilah banyak orang yang mencari tahu cara daftar PayPal. Untuk membuat akun Paypal sangatlah mudah. Berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

1. Masuk ke Situs Resminya

Website Paypal

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk daftar PayPal yaitu masuk ke situs resminya paypal.com. Setelahnya, kamu bisa klik daftar sekarang.

Selain melalui situs resmi, sekarang kamu juga bisa melakukan pendaftaran menggunakan aplikasi Paypal.

2. Pilih Jenis Rekening

Pilih jenis rekening Paypal

Kemudian tentukan jenis rekening yang akan kamu buat. Ada dua pilihan di sini, yang pertama yaitu rekening pribadi dan yang kedua rekening bisnis. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu membuat akun PayPal hanya untuk melakukan transaksi belanja maka kamu bisa menggunakan rekening pribadi sebagai pilihan.

3. Jika Memilih Rekening Bisnis

Pilih rekening bisnis Paypal

Selain untuk kebutuhan pribadi, kamu juga bisa membuat akun PayPal untuk keperluan bisnis, maka kamu bisa memilih rekening bisnis pada saat memilih jenis rekening. ketika kamu memilih rekening bisnis, ada beberapa hal lain yang perlu kamu isi seperti informasi penerimaan pembayaran dan estimasi besaran pendapatan bisnis kamu tiap bulannya.

Selain itu, nantinya kamu juga diminta untuk mengisi data tentang bisnis yang kamu punya seperti kontak bisnis dan rincian lainnya, seperti bentuk kepemilikan usaha dan jenis bisnis yang kamu punya.

Baca Juga: 5 Rekening Bisnis Terbaik

4. Masukan Nomor Ponsel

Masukkan nomor ponsel Paypal

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu memasukan nomor ponsel. Nomor ponsel ini akan berguna untuk menerima kode OTP. Setelah memasukan nomor ponsel kamu akan langsung mendapatkan kode OTP yang berguna untuk memverifikasi nomor ponsel kamu.

5. Isi Data Diri

Isi data diri Paypal

Sama seperti ketika kamu daftar untuk akun lainnya, maka ketika kamu akan membuat akun PayPal kamu juga perlu untuk mengisi data diri. Pada bagian pertama, maka kamu akan diminta untuk memasukan alamat email, nama dan juga password yang akan kamu gunakan.

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memasukan kewarganegaraan, tanggal lahir, nomor ID, dan alamat. Setelah semua data ini kamu isi, jangan lupa untuk menceklis sebagai pernyataan persetujuan.

6. Lakukan Verifikasi

Setelah mengisi data diri, maka semua proses untuk membuat akun sudah kamu lakukan. Kamu hanya tinggal melakukan verifikasi dan juga mengintegrasikan akun dengan kartu kredit atau kartu debit yang kamu punya.

Bisakah Membuat PayPal Tanpa Kartu Kredit?

Mungkin selama ini kamu bertanya apakah bisa memiliki akun PayPal namun kita tidak memiliki kartu kredit? Maka jawabannya bisa. Saat ini, jika kamu ingin membuat rekening Paypal, maka kamu juga bisa menggunakan kartu debit. Berikut beberapa hal yang kamu perlu perhatikan ketika membuat akun tanpa kartu kredit

  • Ketika mengisi data diri, maka kamu akan diminta untuk memasukan nomor kartu kredit. Kamu bisa skip proses ini dengan klik “Saya akan melakukannya nanti”
  • Jangan lupa untuk melakukan verifikasi email dan juga nomor ponsel
  • Ketika akun kamu sudah selesai kamu buat, maka kamu bisa menghubungkannya dengan virtual credit card. Saat ini, kamu bisa menggunakan virtual credit card sebagai pengganti kartu kredit fisik.

Baca Juga: 4 Cara Membuat Virtual Credit Card

Membuat PayPal Menggunakan Rekening Bank

Selain menggunakan kartu kredit ataupun virtual credit card, kamu juga bisa membuat akun PayPal hanya dengan menggunakan rekening bank. berikut ini cara yang perlu kamu lakukan:

  • Masuk ke menu Wallet
  • Klik tanda plus (+) lalu hubungkan kartu atau bank. Setelah itu pilih hubungkan rekening bank
  • Pilih rekening bank yang kamu miliki dan ingin kamu hubungkan dengan akun tersebut. Jika bank yang kamu gunakan tidak tercantum dalam daftar, maka kamu bisa memilih “saya memiliki rekening bank lain”
  • Ada dua kemungkinan ketika kamu menghubungkan nomor rekening dengan akun tersebut. Kemungkinan pertama kamu bisa menghubungkan dengan langsung. JIka hal ini terjadi maka kamu hanya tinggal memasukan ID pengguna dan juga kata sandi.
  • Kemungkinan kedua, menghubungkannya secara tidak langsung. Ketika kamu ada disituasi ini, maka yang perlu kamu lakukan yaitu memilih antara giro atau tabungan untuk sumber dana kamu. Lalu selanjutnya masukan nomor routing bank dan juga no rekening. Pastikan kedua nomor ini kamu isi dengan benar
  • Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan yaitu melakukan proses verifikasi. Proses verifikasi ini untuk memastikan nomor rekening bank yang kamu pilih memang bisa digunakan.

Baca Juga: Apa itu Routing Number

Itulah informasi tentang PayPal yang perlu kamu pahami. PayPal menjadi metode pembayaran yang penggunaanya sudah sangat global. Hampir semua transaksi pembayaran antar negara salah satu pilihannya yaitu Paypal. Selain aman, penggunaan layanan ini juga cepat.

Transfer menggunakan Paypal juga menawarkan kemudahan untuk kamu yang memiliki bisnis. Kamu bisa dengan mudah melakukan atau menerima transaksi dari luar negeri tanpa perlu sulit memilih metode pembayarannya.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]