Partnership Adalah: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Partnership merupakan istilah umum yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Semua individu yang berkecimpung di bidang ini memerlukan pemahaman dalam tentang istilah ini. Ada beberapa jenis partnership yang penting juga untuk diketahui.

Mari simak hingga akhir artikel untuk mendapati pengertian, jenis-jenis partnership, dan cara kerjanya.

Mengenal apa itu Partnership

Apa Itu Partnership?

Pernahkah kamu mendengar seseorang bercerita bahwa dia dan pihak lain telah melakukan partnership? Atau, apakah kamu pernah mengetahui seseorang mendeskripsikan pihak lain sebagai partner kerja atau bisnis? Itu adalah contoh dari partnership.

Partnership artinya sebuah kesepakatan antara dua pihak atau lebih yang bersifat formal. Pihak yang bersangkutan bekerja sama dalam suatu bisnis untuk mencari dan membagi keuntungan bersama.

Partnership merupakan suatu kerjasama yang hanya bisa dilakukan oleh individual. Pemahaman ini berbeda dengan istilah lain, yaitu joint venture. Joint venture menyangkut satu perusahaan atau lebih.

Tipe-Tipe Partnership

Berikut macam tipe partnership yang perlu kamu tahu:

1. General Partnership

Tipe ini lebih dikenal dengan istilah general partnership. Tipe ini umum terjadi dan tidak mengharuskan pihak bersangkutan untuk mendaftar secara resmi ke pemerintahan.

Perjanjian tertulis pun tidak wajib, tapi kebanyakan mewujudkan kerjasama ke dalam kontrak tertulis.

Tujuan dari tipe ini yaitu untuk mencari dan membagi keuntungan secara merata bagi setiap yang bersangkutan. Namun, pihak yang terkait di dalam perjanjian tetap mempunyai rasa tanggung jawab untuk ikut serta dalam bisnis.

Contoh seperti dalam bisnis operasional setiap hari atau adanya hutang di dalam bisnis. Setiap individu di dalam partnership akan membantu untuk melunasi hutang yang ada demi bisnis bersama.

2. Limited Partnership

Tipe kerjasama ini mewajibkan seluruh pihak untuk mendapatkan keuntungan yang sama. Dan masalah hutang tidak menyangkut pihak tertentu. Hutang hanya berurusan dengan pihak yang menjalankan kegiatan operasional.

Keberadaan pihak ini mendefinisikan tipe kerjasama ini. Mereka hanya menunggu keuntungan dari investasi yang mereka taruh.

Jika mereka mulai terjun ke dalam proses bisnis, maka mereka bisa kehilangan status sebagai pihak yang mempunyai limited role.

Baca Juga: Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

3. Limited Liability Partnership (LLP)

Tipe ini sedikit serupa dengan tipe yang umum. Setiap pihak mendapatkan keuntungan merata dan dapat membantu dalam jalanya bisnis. Jika pihak lain melakukan kesalahan, mereka tidak bertanggung jawab atas itu.

Mereka hanya wajib atas hutang dan masalah internal. Karena bisa berurusan dengan hukum, hanya beberapa bidang yang menggunakan partnership tipe ini, seperti dokter, pengacara, dan akuntan.

Tujuan dari kebijakan ini untuk melindungi pihak tertentu dari kesalahan atau hutang pihak lain. Dengan begitu, semua menjadi adil.

4. Limited Liability Limited Partnership

Tipe ini masih terbilang baru. Beberapa negara masih belum mengakui keberadaannya. Tipe ini serupa dengan limited partnership. Perbedaannya yaitu pada perlindungan. Tipe kerjasama ini fokus untuk melindungi satu pihak yang tidak melakukan kesalahan.

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang sudah mengakui tipe ini. Mengapa tidak semua negara mengakui tipe ini? Banyak yang percaya tipe kerjasama ini tidak cocok untuk bisnis bercabang. Jadi, tipe ini masih jadi pertimbangan bagi beberapa negara.

Jenis Partner

Kamu sudah mengetahui tentang tipe-tipe kerjasama. Sekarang kamu perlu mengetahui jenis-jenis partner yang bersangkutan di dalam perjanjian kerjasama.

Ada dua tipe partner:

1. General dan Limited Partner

General partners adalah mereka yang bersangkutan langsung dengan manajemen bisnis setiap harinya. Setiap individu di dalam kerjasama ini juga bertanggung jawab atas semua hal yang terjadi pada bisnis, termasuk hutang dan kegiatan bisnis.

Sebaliknya, limited partner tidak diwajibkan untuk mengikuti dan mengatur kegiatan operasional dalam bisnis. Mereka hanya melakukan investasi dan mengharapkan keuntungan sepadan sesuai dengan jumlah investasi. .

2. Partner Beda Tingkat

Tingkatan di dalam jenis partner ini adalah pada stratanya, yaitu ada partner junior dan partner senior. Partner senior tentu mempunyai kewajiban yang berbeda dengan partner junior. Tugas dan hak pun akan berbeda bagi setiap partner yang bersangkutan.

Contohnya jika ada investasi. Partner senior yang menaruh investasi lebih daripada partner junior tentu bisa mendapatkan keuntungan dan hak-hak yang lebih daripada yang junior.

Bagaimana Cara Kerja Partnership?

Partnership bekerja berbeda-beda di setiap jenisnya. General partnership menyamaratakan semua pihak yang bersangkutan dengan tanggung jawab dan keuntungan yang sama.

Sedangkan tipe-tipe yang lain membebaskan pihak tertentu dari tanggung jawab tapi tetap mendapatkan hak yang seharusnya. Itulah cara kerjanya secara umum.

Namun, kamu perlu mengikuti beberapa langkah untuk memulai. Perjanjian kerjasama memerlukan persetujuan dari pihak yang berkaitan di dalamnya. Oleh sebab itu, semua pihak perlu menyepakati dan mendiskusikan banyak hal. Ada beberapa tipe kerjasama yang bisa membantu menentukan.

Kamu juga perlu membawa bisnis ke dalam kerjasama. Apakah perjanjian akan menyangkutkan bisnis yang sudah ada dan mempunyai partner, atau partnership lebih baik menyangkutkan bisnis baru?

Selanjutnya, kamu perlu menciptakan perjanjian tertulis. Kontrak atau memorandum of understanding (MOA). Istilah ini cukup umum dalam menjalin kerjasama. DI dalam memorandum of understanding, kedua belah pihak atau seluruh partners yang bersangkutan menulis kesepakatan yang telah ditentukan.

Ini bertujuan untuk melegalkan semua hak dan tanggung jawab secara tertulis. Bila ada salah satu pihak yang melanggar, semua bisa ditanggung jawabkan secara hukum dan adil.

Jika memorandum of understanding sudah ditandatangani oleh pihak yang bersangkutan dalam perjanjian, maka partnership sudah bisa dijalankan. Partner yang ada dalam perjanjian bisa memulai tanggung jawabnya masing-masing.

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Kerjasama untuk Berbagai Bisnis

Keuntungan Partnership

Menjalankan bisnis sendirian memiliki tantangan yang besar. Terkadang kamu bisa kewalahan mengatur segala sesuatu dalam bisnis sendiri. Oleh sebab itu, partnership mampu memberikan keringanan bagi kamu dengan membagi-bagikan tugas.

Selain itu, bekerjasama bisa mengenalkan banyak individu yang mempunyai latar belakang keahlian yang berbeda. Kamu bisa menyatukan keahlian-keahlian yang ada di dalam bisnis. Kamu juga bisa belajar untuk mengembangkan bisnis kamu.

Kerugian Partnership

Hampir semua di dunia ini memiliki akhir. Perjanjian juga mempunyai kecenderungan untuk berakhir. Jika salah satu pihak tidak melihat keuntungan dari kerjasama, maka mereka berhak untuk mengajukan pemberhentian kerjasama. Ini juga berlaku jika salah satu partner tidak lagi hidup.

Perjanjian kerjasama hanya akan berjalan jika ada tertulis solusi alternatif terhadap kejadian tidak menentu di masa depan.

Selain itu, kerjasama mewajibkan semua pihak yang bersangkutan untuk bertanggung jawab atas segala sesuatu yang terjadi dalam bisnis, termasuk pajak. Jadi pajak bisnis tidak bisa didelegasikan pada partner yang lain, tapi kamu juga harus mengurus. Ini juga berlaku dengan keuntungan yang dibagi secara rata.

Sudah Paham Informasi Lengkap Tentang Partnership?

Kerjasama dianjurkan dilakukan bagi kamu yang mempunyai bisnis, apalagi bisnis yang baru. Kamu membutuhkan orang lain yang memiliki latar belakang berbeda untuk menopang bisnis kamu.

Tidak bekerja sendiri tidak berarti kamu tidak mampu. Partnership artinya kamu ingin bekerja sama untuk meningkatkan kualitas demi bisnis kamu untuk lebih dikenal orang banyak. Semoga sukses!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]