Orang Terkaya di Indonesia Versi Forbes, Ini 20 Daftar Teratasnya

Tahun ini Forbes mengumumkan daftar orang terkaya di Indonesia. Karena melihat jumlah kekayaan orang-orang tersebut yang seperti tidak ada habisnya, tentu saja pembicaraan mengenai hal tersebut sangat menarik. Beberapa dari mereka yang masuk dalam daftar bahkan bukan lagi seorang miliuner, melainkan seorang triliuner.

Sosok-sosok luar biasa ini memiliki skala bisnis yang sangat besar. Kebanyakan dari mereka mungkin terlihat asing. Karena beberapa justru lebih suka hidup tertutup dan sederhana.

Orang terkaya Indonesia

20 Orang Terkaya di Indonesia yang Luar Biasa

Berikut ini 20 daftar teratas orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes:

1. Robert Budi dan Michael Hartono

Pada posisi pertama ada Budi Hartono dan Michael Hartono yang tidak pernah mangkir dari daftar orang terkaya di Indonesia. Kekayaan mereka berasal dari berbagai bisnis yaitu Djarum Group, Polytron, saham mayoritas PT Bank Central Asia Tbk (BCA), dan beberapa aset properti di Jakarta. Jumlah kekayaannya mencapai USD42,6 miliar atau setara dengan Rp612,8 triliun.

Baca Juga: Kartu Debit BCA: Jenis, Biaya, Limit dan Cara Membuatnya

2. Keluarga Widjaja

Pada posisi nomor dua terdapat pemilik Sinar Mas Group yaitu Keluarga Widjaja. Perintis kekayaan keluarga Widjaja yaitu mendiang Eka Tjipta Widjaja. Bisnis mereka berasal dari banyak sektor yaitu properti, jasa keuangan, jasa kesehatan, agribisnis, dan telekomunikasi. Karena itu, total kekayaan mereka mencapai USD9,7 miliar atau setara Rp134,4 triliun.

Baca Juga: Apa itu Agribisnis, Prospek Bisnis, & Contohnya

3. Anthoni Salim

Peringkat nomor tiga yakni Anthoni Salim. Anthoni Salim merupakan pemilik Salim Group yang menaungi PT Bogasari Flour Mills dan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Karena itu, kekayaan bersihnya mencapai USD 8,5 miliar atau sama dengan Rp 122 triliun.

4. Sri Prakash Lohia

Nomor empat, Sri Prakash Lohia. Kekayaannya berasal dari Indorama Corporation yang bergerak di bidang kimia dan tekstil. Perusahaan tersebut telah menjadi perusahaan pembangkit tenaga listrik petrokimia. Karenanya kekayaan pria yang lahir di India ini mencapai USD6,2 miliar atau sama dengan Rp89 triliun.

5. Prajogo Pangestu

Di posisi nomor lima terdapat Prajogo Pangestu. Kekayaannya berasal perusahaan petrokimia yaitu dari PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan memiliki sekitar 70% saham kepemilikan atas perusahaan tersebut. Kekayaan bersihnya mencapai USD6,2 miliar atau setara Rp87,5 triliun.

Baca Juga:
Aplikasi Saham untuk Investor Pemula dan Profesional, Pilih yang Terbaik
Cara Menabung Saham yang Menguntungkan untuk Pemula

6. Chairul Tanjung

Nomor enam cukup terkenal, Chairul Tanjung yang merupakan pemilik dari CT Group. CT Group menaungi banyak sekali sektor bisnis seperti media dan perbankan. Kekayaan bersihnya mencapai USD5,5 miliar atau setara dengan Rp 78 triliun.

7. Susilo Wonowidjojo

Pada posisi nomor tujuh ada Susilo Wonowidjojo yang merupakan pendiri perusahaan rokok, Gudang Garam dan telah mengembangkan diri di bidang infrastruktur.  Kekayaan bersihnya mencapai USD6,1 miliar atau setara dengan Rp68,9 triliun.

8. Boenjamin Setiawan

Boenjamin Setiawan atau Dr. Wen menempati posisi delapan pada daftar orang terkaya di Indonesia. Beliau merupakan pendiri PT Kalbe Farma dan menjadi Kalbe Group yang bergerak di bidang farmasi. Kekayaannya mencapai USD 4,2 miliar atau sama dengan Rp 60,3 triliun.

9. Jogi Hendra Atmadja

Pada urutan yang ke sembilan terdapat Jogi Hendra Atmadja yang merupakan pemilik Mayora. Mayora merupakan perusahaan yang bergerak di sektor makanan dan minuman. Kekayaan bersihnya mencapai USD 4,1 miliar atau sama dengan Rp 58,8 triliun.

10. Bachtiar Karim

Orang terkaya yang berada di urutan ke sepuluh yaitu Bachtiar Karim. Merupakan pemimpin dari Musim Mas Group bersama saudaranya yang bergerak di sektor minyak kelapa sawit. Bachtiar Karim memiliki kekayaan mencapai USD 3,5 miliar atau setara dengan Rp 50,2 triliun.

11. Wijono dan Hermanto Tanoko

Urutan nomor sebelas ditempati oleh Wijono dan Hermanto Tanoko yang merupakan pemilik perusahaan Avi Avian. Perusahaan cat tersebut didirikan oleh Soetikno Tanoko yang merupakan ayah dari Tanoko bersaudara dan telah merambah bidang properti. Kekayaan mereka mencapai USD 3,3 miliar atau Rp 47,3 triliun.

Baca Juga: Tips Investasi Properti Untuk Pemula

12. Jerry NG

Orang terkaya yang menempati urutan ke dua belas yaitu Jerry NG. Kekayaannya berasal dari saham Bank Jago. Karena bisnis itulah kekayaan miliknya mencapai USD 3,2 miliar atau setara dengan Rp 45,9 triliun.

13. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Di urutan nomor tiga belas terdapat Eddy Kusnadi Sariaatmadja yang telah mendirikan Emtek. Emtek merupakan distributor Compaq dan saat ini telah berkembang ke industri televisi serta membawahi saluran Indosiar, O Channel, dan SCTV. Karena itu, kekayaannya mencapai USD 2,9 miliar atau Rp 41,6 triliun.

14. Martua Sitorus

Martua Sitorus menempati posisi ke empat belas dan merupakan pendiri perusahaan Wilmar. Awalnya perusahaan tersebut bergerak di sektor kelapa sawit, namun saat ini tengah fokus untuk membangun Gama Land. Kekayaannya mencapai USD 2,85 miliar atau sama dengan Rp 40,8 triliun.

15. Theodore Rachmat

Theodore Rachmat menjadi orang terkaya di Indonesia yang menempati urutan ke lima belas. Kekayaannya berasal dari Triputra Group yang bergerak di bidang agribisnis, pertambangan, dan manufaktur. Karena itu, total kekayaan Theodore Rachmat mencapai USD 2,84 miliar atau Rp 40,7 triliun.

16. Tahir

Selanjutnya, Tahir yang merupakan pendiri Mayapada Group. Selain itu, kekayaannya juga berasal dari anak perusahaannya yang berupa rumah sakit, bank, dan real estate. Karena itu, kekayaannya mencapai USD 2,8 miliar atau Rp 40,1 triliun.

17. Garibaldi Thohir

Garibaldi Thohir memiliki perusahaan eksportir batu bara terbesar di dunia yang membuatnya menjadi salah satu orang terkaya. Perusahaan tersebut yaitu Adaro Energy. Karenanya kekayaan miliknya mencapai USD 2,6 miliar atau sama dengan Rp 37,3 triliun.

18. Low Tuck Kwong

Berikutnya ada Low Tuck Kwong. Pria yang lahir di Singapura ini merupakan pendiri dari Bayar Resources yang merupakan perusahaan batu bara. Karena itu, kekayaannya mencapai USD 2,55 miliar atau Rp 36,5 triliun.

19. Otto Toto Sugiri

Pada urutan ke sembilan belas terdapat Otto Toto Sugiri dan kekayaannya berasal dari PT DCI Indonesia Tbk (DCII). Otto Toto Sugiri merupakan Presiden Direktur dan memiliki kepemilikan saham sebesar 29,9%. Karena itu, kekayaannya mencapai angka USD 2,5 miliar atau setara dengan Rp 35,8 triliun.

20. Peter Sondakh

Terakhir pada urutan orang terkaya di Indonesia nomor dua puluh terdapat Peter Sondakh. Merupakan pimpinan dari Rajawali Group, karena itu kekayaannya juga berasal dari aset perusahaan yaitu Hotel Four Season, Rajawali TV (RTV), dan Velo Networks. Karenanya angka kekayaannya mencapai USD 2,15 miliar atau sama dengan Rp 30,8 triliun.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Apakah Daftar Orang Terkaya di Indonesia ini Menginspirasi Kamu ?

Sosok dalam daftar orang terkaya di indonesia versi Forbes ini merupakan pekerja keras dan telah mengalami jatuh bangun, hingga mencapai kesuksesannya seperti sekarang. Karena itu, pelajaran yang dapat diambil, jangan lelah untuk bermimpi dan berjuang. Semoga ini dapat memotivasi dan memberi semangat untuk kamu!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]