Analisis SWOT: Pengertian, Contoh, dan Cara Menggunakannya

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses bisnis secara mendalam. Analisis SWOT merupakan salah satu metode yang bisa kamu gunakan. Artikel ini akan menjelaskan apa itu analisis SWOT dan contohnya untuk kamu yang ingin memulai bisnis.

Cara melakukan Analisis SWOT

Apa Itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah sebuah teknik yang bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam proses bisnis.

Banyak perusahaan atau organisasi di dunia yang menerapkan teknik ini dalam bisnis atau proyek tertentu untuk menganalisa pertumbuhan perusahaan serta tolak ukur keberhasilannya. Selain itu, teknik ini juga bisa kamu gunakan untuk memastikan kualitas kinerja dalam bisnis berdasarkan rencana awal.

Strengths (kekuatan) dan weaknesses (kelemahan) menjadi aspek yang berasal dari internal perusahaan yang bisa kamu kendalikan dan bersifat tidak tidak tetap (bisa berubah). Contohnya yaitu lokasi perusahaan yang strategis, siapa saja tim perusahaan, apa saja properti perusahaan, dan sebagainya.

Opportunities (peluang) dan threats (ancaman) merupakan hal eksternal yang mempengaruhi bisnis dalam perusahaan. Kamu bisa memanfaatkan peluang dan melindungi perusahaan dari ancaman, tetapi tidak bisa mengubahnya. Contohnya yaitu harga kebutuhan produksi, kompetitor, dan kebiasaan belanja konsumen.

Baca Juga: Analisis Kompetitor: Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Saat menerapkan teknik ini, kamu akan mempelajari strategi apa saja yang menjadi prioritas dalam mengembangkan bisnis perusahaan. Kamu akan melihat kekuatan dan kelemahan bisnis dan mengatur bagaimana cara memanfaatkan peluang dan menghindari segala jenis ancaman.

Contoh Analisis SWOT

Setelah mengetahui apa itu analisis SWOT, sekarang saatnya kamu mempelajari apa saja contohnya agar lebih mudah dalam memahaminya.

Misalnya, kamu adalah pemilik perusahaan konstruksi PT Abadi dan menggunakan teknik analisis ini untuk mengambil keputusan perusahaan dan memperluas praktik layanan mediasi sengketa. Maka matriks SWOT-nya antara lain:

Baca Juga: Pengertian dan Ruang Lingkup Mediasi

1. Kekuatan (Strengths)

Beberapa kekuatan yang bisa kamu temukan dalam perusahaan yaitu:

  • Pengalaman para staff yang bisa memberi keuntungan bagi perusahaan maupun pelanggan.
  • Firma hukum konstruksi terdiri dari staff yang terlatih dalam bidang hukum serta kontraktor umum atau teknik profesional.
  • Karyawan yang masih sedikit lebih mampu dan cepat dalam beradaptasi.

2. Kelemahan (Weaknesses)

Beberapa kelemahan yang mungkin dimiliki oleh perusahaan antara lain:

  • Belum tersedia mediator melalui program pelatihan mediasi secara formal.
  • Jika terdapat satu anggota staff bertindak sebagai mediator, maka tidak bisa menjadi pihak yang netral.

3. Peluang (Opportunities)

Berikut ini peluang saat kamu memulai bisnis dalam perusahaan konstruksi:

  • Pada umumnya, kontrak konstruksi komersial pasti memerlukan mediasi. Meskipun terdapat banyak mediator di pasar, tentu hanya beberapa orang yang memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi.
  • Untuk lingkup perselisihan yang lebih kecil, mediator bukan sebagai tim, melainkan individu. Sehingga staff PT Abadi bisa menawarkan siapapun dari kelompok netral untuk melakukan evaluasi terhadap perselisihan.

4. Ancaman (Threats)

Beberapa ancaman perusahaan berdasarkan analisis SWOT adalah :

  • Setiap orang bisa melakukan teknik mediasi yang dapat membuka peluang bagi firma hukum lain untuk menawarkan jasa tersebut sewaktu-waktu. Otomatis, ini akan berdampak pada munculnya kompetisi.
  • Sebagian besar klien potensial memiliki pandangan negatif terhadap mediasi, karena merasa mediator tidak memahami dan tidak peduli dengan masalah serta tidak segera bergegas untuk menyelesaikannya.

Kemudian, berdasarkan evaluasi di atas, strategi yang bisa kamu hasilkan yaitu mengambil kursus mediasi yang bertujuan untuk menghilangkan kelemahan dan meluncurkan jasa mediasi PT Abadi.

Caranya adalah dengan menggunakan pengenalan nama kepada firma hukum, kemudian menyoroti perbedaan pengalaman hukum konstruksi dan konstruksi firma. Analisis ini akan membuat PT Abadi melihat apa yang harus dikerjakan dan ditawarkan secara sistematis dan objektif, lalu menyusun rencana bisnis perusahaan.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dan contohnya, saatnya mempelajari apa saja langkah yang harus kamu lakukan untuk menerapkan teknik analisis SWOT.

1. Buatlah Visualisasi Diagram atau Matrik Analisis

Langkah pertama yaitu kamu perlu kerjakan yaitu membuat diagram SWOT dengan bentuk kotak yang terbagi menjadi empat bagian. Setiap kotak kamu beri label elemen kekuatan dan kelemahan pada baris atas, sedangkan peluang dan ancaman pada baris bawah.

2. Siapkan Tujuan

Sebelum melakukan analisis, kamu harus membuat tujuan yang jelas. Identifikasi strategi apa saja yang ingin kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Lakukan Brainstorming

Langkah ketiga, kamu perlu mengumpulkan tim untuk melakukan brainstorming dalam proses analisis SWOT. Hal ini bertujuan agar bisa membantu kamu menemukan daftar setiap elemen yang harus kamu analisis.

Baca Juga: Apa Itu Brainstorming?

4. Isilah Elemen SWOT

Setelah menentukan tujuannya dan mengumpulkan tim, saatnya kamu mengisi empat komponen dari elemen SWOT dalam diagram. Beberapa pertanyaan yang bisa kamu gunakan sebagai panduan untuk mengidentifikasi setiap komponennya antara lain:

  • Kekuatan, meliputi: fitur mana dari produk yang sesuai dengan target audiens? Apa saja yang membedakan perusahaan kamu dengan kompetitor? Apakah ada cadangan kas untuk menjaga agar bisnis tetap berjalan? Apa USP kamu?
  • Kelemahan, meliputi: apakah pelanggan puas dengan produk bisnismu? Apakah pelanggan memahami brand produk kamu? Apa tujuan bisnis sudah jelas? Apakah ada yang perlu kamu tingkatkan? Apa saja hambatan yang menghalangi langkah untuk mencapai tujuan?
  • Peluang, meliputi: permintaan baru yang sudah terpenuhi, sumber daya lain dan tren baru apakah sudah kamu manfaatkan dengan baik? Adakah peluang bagi perusahaan kamu untuk selalu berkembang?
  • Ancaman, meliputi: keunggulan apa yang kamu dan pesaing miliki? Apakah supplier tidak bisa kamu andalkan? Adakah perubahan ekonomi dalam waktu dekat yang akan mempengaruhi bisnis kamu?

Baca Juga: USP adalah : Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh

5. Susun Strategi

Setelah kamu memetakan dan mengidentifikasi empat komponen dalam analisis SWOT, sekarang saatnya kamu bersama tim menganalisis semua komponen untuk menyusun strategi bisnis.

Manfaatkan kekuatan untuk menghilangkan kelemahan. Misalnya jika kekuatan bisnis kamu yaitu berupa reputasi baik pada kalangan konsumen dewasa, sedangkan kelemahannya adalah kurang menarik bagi kalangan anak muda. Maka kamu harus meningkatkan daya tarik kepada anak muda melalui para orang tua.

Manfaatkan peluang untuk menetralisir terjadinya ancaman. Misalnya jika peluang bisnis kamu berkaitan dengan penggunaan teknologi yang lebih unggul dari pesaing, maka pertimbangkan untuk menyewa tenaga ahli untuk mewujudkannya.

Hal ini bisa membantu kamu dalam mengatasi berbagai ancaman dari pesaing yang ingin meningkatkan pangsa pasar.

Baca Juga: Memahami Segmentasi Pasar dan Trik Jitu Tingkatkan Omset Bisnis

Kesimpulan

Menganalisa bisnis menggunakan analisis SWOT merupakan hal yang perlu kamu lakukan jika ingin bisnismu selalu berkembang. Kamu bisa melakukan improvisasi secara menyeluruh dan mudah memantau dalam proses bisnis jika menggunakan teknik ini.

Jika bisnis kamu memiliki banyak cabang atau departemen, lakukan analisa untuk setiap departemen secara detail agar mencapai tujuan yang lebih baik. Contohnya bagian pencatatan keuangan, akuntan harus melakukan pembukuan dengan memanfaatkan teknologi.

Dalam proses analisa, kamu juga harus melibatkan tim atau perwakilan staff dari masing-masing departemen untuk melakukan brainstorming. Sehingga penyusunan strategi juga bisa kamu lakukan bersama tim untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]