Memahami Pengertian Entitas dari Berbagai Konsep

Sahabat Rangkul Teman, buat kamu yang belum pernah mendengar istilah entitas atau belum terlalu paham apa itu entitas, maka artikel ini bisa menjadi informasi yang kamu butuhkan.

Kali ini mari kita bahas secara bersama apa itu entitas menurut berbagai konsep mulai dari konsep legal, akuntansi, ekonomi maupun konsep fiskal. Langsung aja yuk kita simak bersama.

Mengenal apa itu Entitas

Pengertian Entitas

Pengertian entitas bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Pada intinya, konsep entitas dalam usaha mempunyai pengertian seolah-olah sebagai pihak yang berdiri sendiri, dan terpisah dengan pemiliknya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), entitas adalah satuan yang berwujud. Jadi dapat dikatakan entitas adalah satuan yang mempunyai keberadaan yang unik dan berbeda dengan yang lainnya, walaupun satuan tersebut tidak harus dalam bentuk secara fisik.

Pengertian dari entitas sendiri memiliki berbagai macam pengertian yang bisa dilihat dari berbagai konsep misalnya saja pengertian entitas menurut konsep legal, konsep akuntansi, pengertian entitas dalam konsep ekonomi, maupun juga dilihat dari konsep fiskal. Mari kita bahas pengertian entitas selanjutnya menurut konsep legal

Pengertian Entitas Dalam Konsep Legal

Pengertian entitas dalam konsep legal adalah setiap kesatuan atau badan hukum yang dapat dianggap atau diperlakukan sebagai orang perseorangan menurut ketentuan hukum yang berlaku. atau sebagai suatu kesatuan atau badan yang keberadaannya dijamin oleh hukum yang berlaku.

Jadi, jika terjadi sesuatu di kemudian hari, maka kamu dapat mengajukan penuntutan ataupun klaim kepada pihak lain ataupun dituntut (oleh pihak lain) didepan pengadilan dengan mengatas namakan namanya sendiri.

Nah setelah mengetahui pengertian entitas dalam konsep legal atau hukum, saatnya kita mengetahui apa itu entitas jika dilihat dari konsep akuntansi. Penasaran? Langsung simak pengertiannya dibawah ini ya

Pengertian Entitas Dalam Konsep Akuntansi

Jika kita lihat pengertian entitas dalam konsep akuntansi adalah sebuah unit usaha atau kesatuan akuntansi (keuangan), yang memiliki arti, adanya laporan keuangan dalam akuntansi yang disertakan oleh setiap unit usaha atau entitas berlaku sebagai sebuah kesatuan akuntansi.

Entitas juga bisa disebut dengan adanya aktivitas atau kegiatan ekonomi dari unit tersebut sebagai fokusnya.

Sebuah kesatuan akuntansi dapat berupa suatu kegiatan atau fungsi saja, contohnya seperti fungsi pengelasan dari suatu perusahaan karoseri, atau fungsi perkreditan yang dilakukan oleh sebuah bank.

Namun sebaliknya, suatu kesatuan akuntansi atau entitas dapat meliputi adanya semua kegiatan yang dilakukan oleh sebuah badan tertentu atau perusahaan besar contohnya seperti perusahaan multinasional.

Baca Juga:
Akuntansi adalah: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis
Pengertian Laporan Keuangan, Contoh, Dan Fungsinya Untuk Bisnis

Pengertian Entitas Dalam Konsep Ekonomi

Jika dilihat dalam konsep ekonomi, pengertian entitas adalah setiap unit yang menjalankan kegiatan usaha atau finansial untuk kepentingan diri sendiri yang dipandang sebagai suatu entitas.

Dalam mempraktekan konsep tersebut, seringkali entitas juga diikuti oleh undang-undang perpajakan, dimana undang-undang tersebut akan memberlakukan 2 atau lebih dari unit (perusahaan) yang mempunyai hubungan khusus dalam hal kepemilikan.

Hal ini nantinya akan dianggap sebagai wajib pajak. Adapun unit ekonomi tersebut antara lain:

  • Satu badan hukum.
  • Dua atau lebih badan hukum yang bekerja sama dan masing-masing menjalankan usahanya.

Baca Juga: Pajak adalah: Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Entitas Dalam Konsep Fiskal

Selanjutnya kita akan membahas pengertian entitas dalam konsep fiskal. Menurut konsep fiskal, entitas dapat juga dikatakan sebagai subjek pajak atau wajib pajak.

Pengertian entitas ini berlaku untuk suatu entitas yang memiliki badan hukum ataupun yang tidak, pengertian ini juga telah diatur dalam undang-undang perpajakan.

Adapun beberapa subjek pajak menurut ketentuan pajak terdiri dari:

  1. Orang pribadi atau individu
  2. Warisan yang belum terbagi sebagai satu kesatuan menggantikan yang berhak;
  3. Badan; dan
  4. Bentuk usaha tetap

Yang dimaksud badan dalam hal diatas mengacu pada adanya sekumpulan orang atau modal, yang merupakan kesatuan untuk melakukan sebuah usaha maupun yang tidak melakukan usaha.

Baca Juga: Badan Usaha adalah: Pengertian dan Bentuknya

Adapun yang dimaksud bentuk usaha tetap dalam hal diatas ialah subjek pajak yang perlakuan perpajakannya dipersamakan dengan subjek pajak badan.

Dalam undang-undang perpajakan suatu entitas dapat memiliki status badan hukum maupun tidak mempunyai status sebagai badan hukum. Adapun beberapa contoh entitas yang berstatus badan hukum antara lain :

  • PT (Perseroan Terbatas)
  • CV (Perseroan Komanditer)
  • Firma
  • Yayasan
  • Koperasi

Selain itu, ada juga loh contoh entitas yang tidak berstatus badan hukum antara lain : 

  • Orang Pribadi atau Individu atau Perseorangan.
  • Harta warisan yang belum terbagi.

Nah itulah beberapa pengertian mengenai entitas dilihat dari berbagai konsep mulai dari konsep ekonomi, pengertian entitas menurut konsep akuntansi, Adapun pengertian entitas dilihat dari konsep legal dan yang terakhir pengertian entitas menurut konsep fiskal.

Dari penjelasan yang sudah kita bahas bersama, dapat disimpulkan bahwa konsep entitas dalam usaha mempunyai pengertian seolah-olah sebagai pihak yang berdiri sendiri, dan terpisah dengan pemiliknya.

Oh iya tidak lupa juga, kamu juga bisa loh untuk membaca artikel lainnya yang Rangkul Teman telah siapkan untuk menambah wawasan dan literasi kamu. Rangkul Teman juga memiliki layanan simpanan dan juga pinjaman yang bisa kamu nikmati dengan menjadi anggota koperasi kami.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]