16 Manfaat Emas dalam Kehidupan Kita

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang minim resiko berupa logam mulia. Secara umum, emas memang lebih dikenal sebagai alat pembayaran, investasi, maupun perhiasan. Rupanya ada juga beberapa manfaat lainnya yang belum banyak disadari orang. Kira-kira apa saja ya manfaat emas itu? Simak selengkapnya di bawah ini.

Manfaat emas selain investasi

1. Cadangan Devisa Negara

Manfaat emas yang pertama ada di bidang ekonomi yaitu sebagai cadangan devisa negara. Alasannya karena emas memiliki nilai jual yang tinggi serta dapat menjadi alat pembayaran yang sah secara internasional. Bentuk emas yang digunakan untuk alat pembayaran internasional tersebut yakni emas batangan.

Baca Juga: Devisa adalah: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

2. Keindahan Interior Rumah

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak desain interior rumah berkonsep mewah dan elegan menggunakan emas sebagai bahan pelengkap atau mempercantik interior, termasuk pada furnitur maupun dekorasi di dalam rumah.

Biasanya rumah seperti istana bangsawan atau rumah-rumah para milyuner menjadikan emas sebagai bagian dari interior rumah. Tak heran bila istana atau rumah berdesain interior emas memiliki kesan elegan dalam waktu yang cukup lama karena warna emas selalu tetap sama.

3. Pelapis Bangunan

Selain sebagai bahan yang memperindah interior rumah, manfaat emas bagi bangunan lainnya adalah sebagai pelapis bangunan. Sejak dulu, banyak bangunan bersejarah yang memiliki lapisan emas. Tak heran bila keindahan emas tak lekang oleh waktu. Emas juga tak mudah cacat maupun berubah warna serta mudah dibentuk.

Contoh bangunan yang berlapis emas seperti Gedung Parlemen Hungaria, Istana Katarina, hingga Masjid Omar Ali Saifuddien. Di Indonesia sendiri terdapat Monumen Nasional yang memiliki tugu emas di bagian teratas bangunan.

4. Pemantul Radiasi Sinar Matahari dalam Kaca

Melansir dari Sahabat Pegadaian, emas dapat menjadi bahan untuk pemantul radiasi pada kaca seperti pada kaca gedung bertingkat. Selain memantulkan radiasi, emas juga akan memperindah rona warna dari kaca dan menjaga gedung tetap sejuk. Tak heran bila banyak gedung besar nan mewah jauh dari radiasi sinar matahari.

5. Bahan Sirkuit dan Pelumas untuk Pesawat Luar Angkasa

Dari segi industri, emas juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dalam sirkuit mesin pada pesawat luar angkasa. Sebagai bahan konduktor yang anti karat, tak heran bila NASA menggunakan emas sebagai bahan pada sirkuit mesin. Selain sirkuit mesin, emas juga digunakan pada pelumas serta lapisan permukaan pesawat.

6. Bahan Kaca Pelindung Helm Antariksawan

Antariksawan menggunakan helm khusus dengan sistem visor extravehicular yang dapat melindungi mata serta kulit mereka saat berada di luar angkasa. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, emas dapat digunakan sebagai pemantul radiasi dan hal tersebut juga berlaku pada kaca helm antariksawan.

Jika para antariksawan tidak menggunakan helm dengan kaca pelindung tersebut maka bahaya radiasi dan silau matahari dapat merusak penglihatan mereka. Meskipun demikian, kandungan emas pada kaca helm tersebut hanya mampu memantulkan kurang lebih 60% paparan sinar matahari.

7. Patung Suci

Manfaat emas terkait kepercayaan yaitu menjadi bahan baku barang yang suci. Contohnya seperti Vihara yang berada di Bangkok memiliki patung yang terbuat dari emas.

Tak heran bila banyak patung-patung suci lainnya yang terbuat dari emas karena dianggap sebagai bahan yang terbaik dan sakral. Selain dalam bentuk patung, emas pun kerap dijadikan sebagai perhiasan-perhiasan yang suci.

8. Souvenir

Selain perhiasan yang indah untuk dipakai, emas juga kerap dijadikan sebagai bahan utama souvenir atau pajangan. Entah itu terbuat dari emas utuh atau sudah tercampur dengan bahan lainnya.

Contoh umum yang menggunakan souvenir emas seperti pada saat acara pernikahan. Saat ini juga terdapat emas batang kecil yang menempel pada amplop sebagai hadiah seperti emas dengan berat 0,25 gram.

9. Simbol Penghargaan

Sudah bukan hal yang asing bahwa dalam setiap perlombaan atau penghargaan, medali emas merupakan representasi dari prestasi yang tertinggi atau juara pertama. Demikian emas merupakan simbol penghargaan seperti halnya logam perak dan perunggu. Bentuknya sendiri dapat berupa medali atau piala.

Contoh emas sebagai simbol penghargaan kekinian yaitu Gold Play Button bagi pemilik channel YouTube dengan 1 juta subscriber.

10. Konduktor Smartphone

Dalam bidang teknologi rupanya emas juga memiliki peran yang cukup penting, yakni menjadi bahan dari konduktor smartphone. Mengingat emas bersifat tidak mudah berkarat sehingga mengurangi risiko terjadinya korosi dan karat pada bagian dalam smartphone. Konduktor smartphone sendiri berguna untuk menghantarkan arus listrik yang terdapat dalam processor.

11. Chip Komputer atau Laptop

Selain menjadi bahan konduktor smartphone, chip pada komputer atau laptop juga menggunakan emas. Chip tersebut berguna untuk mempercepat proses penerimaan informasi.

Jadi, baik smartphone, laptop, ataupun komputer mengandung emas di dalamnya sekitar 50 miligram. Dengan sifat emas yang mudah dibentuk, tak heran bila emas berguna sebagai bahan sirkuit kecil pada microprocessor.

12. Penambal Gigi

Manfaat emas dalam bidang kesehatan yaitu untuk menambal gigi. Dengan sifatnya yang tahan bakteri dan tidak beracun, rupanya emas sangat ideal bagi tambal gigi dan bahkan untuk membuat gigi palsu.

Selain itu, emas juga dapat dijadikan kawat gigi yang berfungsi untuk meratakan gigi. Namun, seperti yang kamu tahu bahwa harga jual emas yang tinggi akan membuat biaya menambal gigi dengan emas menjadi mahal.

13. Produk Kecantikan

Pernahkah kamu mendengar produk perawatan kulit atau kosmetik yang mengandung emas? Rupanya emas juga baik untuk kesehatan kulit sebab dapat merangsang kolagen untuk bertumbuh, melancarkan sirkulasi darah dan jaringan sel kulit baru, mencegah penuaan, hingga membuat elastisitas kulit semakin membaik.

Dengan manfaatnya tersebut tak heran bila zat emas seringkali menjadi bahan pembuatan produk kecantikan khusus anti aging.

14. Dekorasi Makanan

Sejak tahun 2021, hadirnya gold leaf cukup menarik minat banyak masyarakat di Indonesia. Tak heran bila para influencer gencar mencoba untuk menggunakan gold leaf sebagai dekorasi makanan.

Gold leaf terbuat dari emas murni atau edible gold yang tidak memiliki rasa apapun. Selain gold leaf, terdapat juga serbuk emas atau serutan emas yang ditaburkan di atas es krim atau minuman.

15. Produk Obat-Obatan

Manfaat emas yang terakhir yaitu menjadi bahan dari produk obat-obatan. Emas murni mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ataupun mengurangi munculnya alergi pada kulit. Dalam sejarah, emas pernah digunakan sebagai obat salep untuk cacar kulit pada tahun 2500 BC.

Selain obat bagi kulit, rupanya emas juga dapat membantu menyembuhkan penyakit radang sendi atau arthritis. Emas murni akan diolah menjadi garam emas. Kemudian, garam emas tersebut akan mengurangi pembengkakkan pada sendi melalui suntikkan pada bagian yang radang.

16. Untuk Investasi

Seperti diawal pembahasan, emas sejatinya sering menjadi pilihan dalam berinvestasi. Karena emas punya nilai yang akan terus naik. Emas dalam wujud logam mulia memiliki banyak pilihan, dan mempunyai likuiditas yang tinggi. Secara fisik pun, berapa lamapun emas logam mulia disimpan, maka tidak akan berubah kadar kualitasnya.

Baca Juga:
Investasi Emas: Pengertian, Tips, dan Keuntungannya
Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Nah, itu dia diantara 16 manfaat dari emas, banyak yang tidak disadari orang banyak. Kegunaannya cukup beragam, mulai dari bidang ekonomi hingga keagamaan. Kira-kira apa lagi manfaat emas yang kamu tahu?

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]