Leadership adalah: Pengertian, Manfaat dan Cara Meningkatkannya

Dalam dunia kerja, ternyata bukan hanya karyawan cerdas yang perusahaan butuhkan. Apalagi keterampilan yang berbau hardskill sangatlah mudah untuk kamu dapatkan dengan adanya perkembangan teknologi dan media sosial. Seorang pekerja membutuhkan soft skill tambahan yang bisa menunjang pekerjaannya selama di perusahaan tempatnya bekerja. Ada macam softskill yang sangat kamu perlukan, salah satu yang terpenting di antaranya yaitu leadership atau jiwa kepemimpinan.

Banyak orang justru urung untuk melatihnya dalam keseharian. Padahal hal ini sangatlah berguna bagi siapapun untuk menuntaskan persoalan-persoalan yang tengah dihadapi.

Lalu, sebenarnya apakah itu leadership? Apa manfaatnya bagi perusahaan? Karakter seperti apa yang dibutuhkan? Cara apa yang bisa membuatmu meningkatkan jiwa kepemimpinan? Semua pertanyaan tersebut akan kamu temukan di artikel ini.

Memahami apa itu Leadership

Apa itu Leadership?

Pertanyaan ini tentu saja menjadi buah rasa penasaran yang kamu miliki. Beberapa referensi entah itu yang berasal buku atau bahkan kitab suci mengatakan bahwa setiap dari kita termasuk kamu sejatinya adalah seorang pemimpin, minimal bagi diri sendiri.

Secara bahasa, leadership adalah kata populer yang berasal dari bahasa Inggris dengan arti harfiah yaitu kepemimpinan. Kata yang satu ini kadang orang gunakan secara bergantian dengan kata manajemen. Padahal keduanya sebenarnya berbeda.

Menurut ahli, leadership artinya  sikap atau karakter seseorang yang bisa mempengaruhi lingkungan sosial dengan langkah-langkah tertentu untuk memaksimalkan upaya dari orang lain demi sebuah tujuan tertentu. Orang yang menjalankan aktivitas memimpin biasanya disebut dengan leader.

Hingga saat ini, kadang-kadang aplikasi kata manajer dengan leader sering rancu. Padahal menjadi seorang pemimpin itu tidak melulu soal menjadi atasan dari orang lain, misalnya memimpin perusahaan sebagai supervisor, manajer, atau seorang CEO perusahaan.

Pada intinya, seorang pemimpin haruslah dapat memberikan pengaruh yang kuat pada lingkungan sosialnya, meskipun dia tidak memiliki jabatan strategis sekalipun dalam sebuah kelompok.

Manfaat Kepemimpinan Dalam Perusahaan

Sering kali perusahaan memiliki standar yang harus kamu penuhi dalam bekerja. Salah satunya bisa menjadi seorang pemimpin. Dalam artian, kamu haruslah bisa mengambil tindakan dan mempengaruhi tindakan orang lain saat bekerja di dalam perusahaan tersebut demi kemajuan bersama.

Hal yang membuat leadership menjadi penting karena manfaatnya yang besar bagi perusahaan.

Pertama, jika kamu seorang karyawan, maka jiwa kepemimpinan bisa membuatmu mampu menyelesaikan beban pekerjaan yang telah perusahaan berikan. Kamu akan lebih bisa tepat waktu karena mampu memimpin diri sendiri dan mengerti adanya skala prioritas yang perlu kamu capai segera.

Jika jiwa kepemimpinan ini bisa kamu terapkan dalam segala bentuk pekerjaan, maka tentu saja perusahaan akan mendapatkan income dan profit yang besar dengan hasil yang kamu bisa wujudkan di dalamnya.

Baca Juga: Profit adalah: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Adanya karyawan yang banyak dalam perusahaan perlu sekali orang-orang dengan kemampuan memimpin yang tinggi. Sehingga syarat mutlak dari seseorang yang memegang jabatan penting dalam sebuah perusahaan seperti manajer atau supervisor memiliki jiwa kepemimpinan yang baik.

Hal ini sangatlah penting dalam upaya mengoptimalkan hasil dari aktivitas produksi di perusahaan. Tanpa adanya leadership dalam perusahaan tentunya kamu bisa bayangkan akan banyak karyawan yang melakukan pekerjaan seenaknya.

Tentunya, hal tersebut bisa membahayakan produktivitas dari perusahaan tersebut dan menimbulkan kekacauan besar yang bisa berdampak merugikan perusahaan tempat kamu bekerja. Artinya, kamu sebagai apapun di dalam sebuah perusahaan wajib mengembangkan softskill yang satu ini.

Karakteristik Leadership yang Dibutuhkan

Ada beberapa karakteristik dari kepemimpinan yang kamu butuhkan demi tercapainya produktivitas maksimal saat bekerja di sebuah perusahaan. Karakter tersebut antara lain:

1. Kebijaksanaan dalam Leadership

Arti dari bijaksana dalam jiwa kepemimpinan adalah kamu bisa menggunakan nalar serta logika untuk kebutuhan menuntaskan persoalan atau tujuan yang lebih baik.

Seorang pemimpin yang bijak akan bisa membedakan mana tindakan yang perlu mereka lakukan untuk perusahaan, serta bisa memilih yang paling penting untuk mereka kerjakan sesuai kondisi atau situasi kerja.

2. Keberanian

Kemampuan mengambil sebuah keputusan serta menolaknya dalam sebuah pekerjaan negosiasi menjadi hal yang mutlak perlu kamu miliki sebagai seorang pemimpin. Mengapa demikian?

Saat kamu diberikan tugas untuk membawahi banyak pekerja dan mendapatkan beberapa tanggung jawab, kemampuan pengambilan keputusan akan menjadi kunci penting. Seorang pemimpin harus berani melangkah dengan pertimbangan yang bijak untuk kepentingan perusahaan dan juga semua orang yang terlibat di dalamnya.

3. Ketegasan

Seorang pemimpin juga harus sekali memiliki ketegasan dalam dirinya. Konsekuen dalam menjalankan keputusan yang telah kamu ambil akan menjadi langkah untuk mengoptimalkan hasil kerja dari sebuah perusahaan. Seorang pemimpin yang tidak mampu tegas akan merugikan perusahaan.

4. Memiliki Jiwa Sosial

Seorang pemimpin haruslah menjadi sosok panutan bagi orang-orang di sekitarnya. Karena itu, memiliki jiwa sosial yang tinggi adalah salah satu karakteristik yang setiap orang miliki dalam memimpin.

Ini artinya dalam leadership tidak hanya soal urusan diri sendiri tetapi juga soal orang lain yang ada di lingkungan tempat kamu bekerja.

Cara Meningkatkan Leadership

Bagaimana cara meningkatkan jiwa kepemimpinan dari diri seseorang? Paling tidak kamu harus mengupayakan beberapa hal di bawah ini.

1. Selalu Disiplin Untuk Tingkatkan Leadership

Menjadi seorang leader artinya mengupayakan untuk mengembangkan diri sendiri. Salah satunya dengan cara menjalankan segala bentuk kegiatan kerja sesuai dengan peraturan perusahaan yang telah tercipta.

Tentu saja, setiap perusahaan selalu memiliki standar operasional yang jika kamu ikuti akan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Kamu harus menunjukkan kedisiplinan. Dengan begitu, jika nanti kamu memiliki kemampuan atas akan memberikanmu kesempatan untuk ikut dalam upaya mengembangkan kemajuan perusahaan.

Kamu bisa mendapatkan posisi atau pencapaian yang lebih baik. Hingga akhirnya nanti rekan kerjamu dapat termotivasi melakukan hal yang sama.

2. Selalu Tekun

Seorang pemimpin yang baik merupakan hasil tempaan dari keadaan dan usaha. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang pemimpin, dalam leadership wajib sekali tekun dan ulet. Nantinya secara pasti kamu akan terbentuk pemimpin melalui proses-proses tersebut.

3. Menjalankan Hubungan yang Komunikatif

Menjalin hubungan yang baik untuk memberdayakan rekan-rekan kerja satu tim dalam meningkatkan performa merupakan hal penting. Karena itu, menjadi komunikatif sangatlah perlu kamu lakukan untuk meningkatkan kepemimpinan.

Selain itu kamu perlu menginspirasi setiap orang yang ada di sekitarmu. Orientasikan pekerjaan pada hasil yang memuaskan, sehingga rekan-rekan kerja bisa mengikuti jejakmu.

4. Menjadi Manusia yang Selalu Mawas Diri

Hal yang pasti orang miliki yaitu kesalahan. Namun, hal itu bisa kamu minimalisir dengan melakukan cek ulang ke setiap pekerjaan yang telah kamu lakukan. Jika nantinya melakukan kesalahan, maka minta maaf lalu lanjut memperbaikinya. Sebagai seorang pemimpin, mengakui kesalahan merupakan hal yang sangat penting.

Jadi, Siap Mengembangkan Leadership Sekarang Juga?

Seperti itulah leadership yang wajib kamu miliki. Semua merupakan proses yang perlu kamu lakukan demi mendapatkan prestasi terbaik. Semoga artikel ini dapat membangkitkan semangatmu untuk menjadi seorang leadership, ya!

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]