Mengenal Laporan Arus Kas, Fungsi, Metode dan Contohnya

Istilah laporan arus kas, mungkin sudah banyak orang yang telah mengenalnya. Namun, tak banyak orang yang paham secara gamblang tentang alur pembuatan serta gambaran perputaran masuk dan keluarnya uang.

Bahkan, tak jarang para pelaku usaha menengah ke bawah cenderung salah pemahaman tentang cash flow ini. Dampaknya, tentu saja perhitungan perputaran uang antara laba dan rugi menjadi tidak stabil.

Mengenal Laporan Arus Kas

Apa itu Laporan Arus Kas?

Dalam ilmu ekonomi akuntansi, istilah laporan arus kas atau cash flow merupakan hal yang sangat penting yang harus kamu kuasai. Cash flow merupakan alur kas yang menggambarkan keluar masuknya uang yang diterima oleh perusahaan atau bisnis sebagai pendapatan dan hasil pengelolaan usaha.

Menurut pakar Downes & Goodman (1999) dalam jurnal laporan keuangan (2017), cash flow adalah sebuah proses analisis terhadap perubahan yang mempengaruhi seluruh sistem keuangan perusahaan.

Secara garis besarnya, laporan arus kas adalah laporan yang menampilkan ikhtisar terperinci dari semua laporan keuangan masuk dan uang keluar selama periode tertentu. Selain itu, laporan ini terbentuk berdasarkan perhitungan akuntansi mendetail yang terstruktur rapi sesuai alur keuangan.

Baca Juga: Akuntansi adalah: Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis

Fungsi Laporan Arus Kas

Pada dasarnya, laporan arus kas mempunyai beberapa fungsi serta tujuan. Salah satu fungsi utama dari cash flow ini untuk memaparkan kondisi kestabilan keuangan yang terjadi dalam bisnis kamu. Selain itu, ini dia fungsi lain dari cash flow:

1. Sebagai Prediksi Laporan pada Periode Selanjutnya

Dengan semua data keuangan baik itu uang masuk keluar yang tertera pada cash flow, kedepannya kamu bisa memprediksi laporan keuangan yang akan terjadi pada periode selanjutnya.

Selain itu, dengan prediksi ini kamu juga bisa mengantisipasi permasalahan keuangan yang akan terjadi pada bisnis kamu, serta membuat rencana keuangan agar tidak terjadi kerugian bisnis.

Baca Juga: Pengertian Laporan Keuangan, Contoh, Dan Fungsinya Untuk Bisnis

2. Sebagai Bahan Pertimbangan Hasil Kinerja Karyawan

Seluruh aktivitas keuangan yang dikelola oleh karyawan yang berkualitas tentu akan mendatangkan keuntungan serta kestabilan bisnis. Dengan laporan arus kas ini, kamu bisa menentukan hasil kinerja karyawan berdasarkan gambaran keuntungan yang telah perusahaan atau bisnis kamu dapatkan.

Dari sini, kamu bisa menentukan juga apakah karyawan yang bersangkutan layak untuk tetap bekerja di perusahaan kamu, atau perlu adanya sebuah perubahan tatanan divisi karyawan.

3. Mengetahui Laba untuk Mengetahui Performa Bisnis

Fungsi selanjutnya dari pembukuan data cash flow yaitu untuk mengetahui laba atau keuntungan yang telah kamu peroleh, serta mengetahui performa bisnis yang kamu jalankan.

Jika kamu telah mengetahui secara mendetail laporan keuntungan bisnis kamu, tentu kedepannya kamu bisa menentukan performa bisnis kamu ini. Selain itu, setelah mengetahui tingkat performa bisnis, kamu juga bisa menentukan strategi apa yang tepat agar bisnis kamu semakin optimal performanya.

Baca Juga: Profit adalah: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

Metode Penyusunan Laporan Arus Kas

Ketika kamu hendak menyusun sebuah cash flow, terdapat dua metode yang bisa kamu gunakan untuk membuatnya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Laporan Arus Kas Metode Langsung

Laporan arus kas metode langsung merupakan metode penyusunan cash flow yang terbentuk dari komponen data keuangan serta aktivitas operasional perusahaan yang telah digunakan.

Cash flow ini tersaji dan tampil dengan analisis penerimaan serta pembayaran dari seluruh aktivitas keuangan. Dengan demikian, seluruh tahapan pembuatan laporan keuangan ini tidak berdasarkan laporan laba bersih dari bisnis.

Secara gambaran besar langkah pembuatannya, cash flow metode langsung ini tersaji berdasarkan aktivitas operasional perusahaan sebagai dasar awal tahapan pembuatannya. Selain itu, metode langsung ini hanya menampilan total penerimaan serta pembayaran yang telah kamu lakukan saat periode operasional berlangsung.

2. Laporan Arus Kas Metode Tidak Langsung

Metode kedua pembuatan cash flow adalah dengan laporan arus kas metode tidak langsung. Menurut sebuah Jurnal Analisa Keuangan, cash flow metode tidak langsung merupakan adalah laporan data keuangan yang menggambarkan detail transaksi pengeluaran serta penerimaan uang selama periode tertentu.

Penyusunan cash flow dengan metode tidak langsung umumnya berdasarkan pada pendapatan perusahaan dan pengeluaran yang bukan merupakan alur keluar masuknya uang. Sebagai contohnya adalah pembuatan aktiva tetap berwujud serta amortisasi aktiva.

Cara Membuat Laporan Arus Kas

Berdasarkan berbagai jurnal ekonomi, ini dia cara pembuatan laporan arus kas yang sering digunakan oleh banyak perusahaan:

1. Menghitung Semua Perubahan Saldo Rekening

Cara untuk menghitung laporan cash flow, dapat kamu lakukan dengan cara membuat perbandingan antara saldo awal rekening dan saldo akhir rekening. Dari sinilah awal mulai alur gambaran keluar masuknya uang akan tampil dengan jelas.

2. Hitung Perubahan Kas Bersih

Setelah menghitung perubahan saldo rekening, tahap selanjutnya adalah kamu perlu menghitung perubahan kas bersih. Maksudnya adalah, kamu harus menghitung berapa total modal awal perusahaan atau bisnis yang kamu keluarkan untuk biaya operasional.

3. Tentukan Laporan Cash Flow

Tahapan ketiga dari cara pembuatan cash flow adalah, penentuan atau pengkategorian jenis data keuangan. Kategori tersebut terdiri dari kas investasi, kas modal, dan juga kas yang dipengaruhi oleh kurs perubahan valuta mata uang asing.

4. Tentukan Laba dan Rugi

Kamu pada tahap ini telah bisa menyusun laporan laba dan rugi yang telah perusahaan peroleh. Semua data dengan sendirinya akan tergambar berdasarkan perhitungan dan kategori cash flow sebelumnya.

Jadi, kamu hanya perlu mencatat keuntungan dan kerugian perusahaan saja secara detail.

Elemen dalam Cash Flow

Terdapat tiga komponen atau elemen penting dalam sebuah cash flow. Komponen tersebut antara lain:

1. Aktivitas Kegiatan Operasional

Jenis komponen aktivitas operasional ini terbuat berdasarkan laba serta rugi bersih, yang diimbangi dengan perhitungan detail dari aktivitas operasional perusahaan untuk menyesuaikan laporan keuangan.

Hal-hal yang perlu penambahan serta pengurangan adalah perubahan data keuangan yang tersimpan dalam aset perusahaan dan kewajiban langsung di neraca beserta akun dalam non-tunai lainnya.

Dari perhitungan aktivitas operasional inilah semua data keuntungan dapat terlihat dengan jelas.

Baca Juga: Aset adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

2. Investasi

Investasi merupakan komponen laporan arus kas yang berfungsi untuk menampilkan laporan pendapatan perusahaan yang berkaitan dengan laporan keuangan perusahaan dalam jangka panjang.

Pada dasarnya, komponen investasi ini adalah seluruh laba perusahaan yang telah dihitung secara detail, untuk keperluan tabungan perusahaan jangka panjang, atau sebagai antisipasi sesuatu yang buruk.

3. Modal

Komponen terakhir dari cash flow adalah modal. Modal ini sangatlah penting karena merupakan bentuk pendanaan awal perusahaan dalam melakukan operasional dan seluruh kegiatan bisnis.

Tanpa laporan modal, perusahaan akan kesulitan untuk memulai aktivitas operasional bisnis dan menentukan strategi apa yang perlu mereka lakukan agar bisa melakukan inovasi untuk kedepannya.

Contoh Laporan Arus Kas

Berikut ini adalah contoh laporan arus kas yang bisa menjadi gambaran untuk membuat cash flow bisnis kamu sendiri:

contoh laporan arus kas 1

pakar.com

contoh laporan arus kas 2

koinworks.com

Kesimpulan

Itu dia penjelasn lengkap tentang laporan arus kas beserta fungsi, contoh, jenis dan cara pembuatannya. Pada intinya, cash flow ini adalah laporan yang sangat penting untuk menjaga stabilitas keuangan perusahaan.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]