Kehadiran Lembaga Keuangan Koperasi Simpan Pinjam di Indonesia

Kehadiran banyaknya lembaga keuangan di Indonesia semakin lama semakin bertumbuh dengan cepat dan beragam. Seringkali kita masih saja bingung dalam memutuskan Lembaga keuangan mana yang cocok dengan tujuan finansial kita. koperasi simpan pinjam bisa jadi solusinya.  Pada dasarnya koperasi simpan pinjam merupakan lembaga keuangan di luar dari jenis perbankan dengan kegiatan usaha menerima simpanan dan memberikan pinjaman uang kepada para anggotanya.

Lembaga Keuangan Koperasi Simpan Pinjam

Setiap jenis usaha yang berhubungan dengan keuangan pasti membutuhkan lembaga yang bertujuan mengawasi badan usaha keuangan dan melindung para nasabah atau calon nasabahnya. Menurut Undang Undang tentang Koperasi No 25 tahun 1992, pasal 44 ayat 3 menyatakan bahwa pelaksanaan bidang usaha koperasi simpan pinjam diatur lebih lanjut dengan peraturan pemerintah. Dalam menjalankan usahanya, modal koperasi terdiri dari modal simpanan dan juga modal pinjaman. Segala jenis kegiatan koperasi diatur dalam UU No 25 tahun 1992

Rangkul Teman - Koperasi Indonesia

Arti dan Contoh Koperasi Simpan Pinjam

Terdapat beberapa pengertian dari koperasi simpan pinjam dari para ahli salah satunya seperti:

Menurut Suryanto Dan Nurhadi, koperasi simpan pinjam adalah bentuk usaha yang bertujuan Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lingkungan umumnya dan khususnya untuk para anggota koperasi tersebut, dengan cara kredit. Adapun kredit ini sangat mudah, murah, dan sangat terjangkau dengan bunga yang sangat ringan jika dibandingkan dengan Bank.

Selain itu menurut Rudianto, koperasi simpan pinjam adalah sebuah unit usaha yang bergerak dalam pengumpulan dana anggota, yang bertujuan untuk dipinjamkan kepada anggota yang membutuhkan modal usaha.

Untuk memahami arti yang telah disampaikan, terdapat contoh nyata dari kehadiran koperasi simpan pinjam di Indonesia. Contoh koperasi simpan pinjam adalah Koperasi Simpan Pinjam Rangkul Teman. KSP Rangkul Teman telah terdaftar dan memiliki izin koperasi yang didirikan berdasarkan Akta Pendirian Koperasi di tahun 2017. Selain itu Rangkul Teman juga telah mendapatkan pengesahan Badan Hukum melalui Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Rangkul Teman selalu memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat Indonesia. Pada tahun 2021 Koperasi Rangkul Teman mendapatkan penghargaan sebagai koperasi yang paling direkomendasikan  dari Indonesia Award Magazine sebagai Highly Recommended Cooperative in 2021

penghargaan koperasi Rangkul Teman

Beberapa Istilah dalam Koperasi Simpan Pinjam

Beberapa istilah yang sering dipakai didalam koperasi simpan pinjam ialah pertama, modal koperasi. Modal koperasi merupakan sumber dana yang didapat dari dari koperasi simpan pinjam dalam menjalankan usahanya. Menurut UU No 25 tahun 1992, modal koperasi terdiri dari modal simpanan dan modal pinjaman. Kedua, simpanan pokok.

Istilah kedua yang sering muncul dalam KSP adalah simpanan pokok. Simpanan pokok merupakan sejumlah uang yang wajib dibayarkan oleh anggota kepada koperasi pada saat masuk menjadi anggota. Besarnya simpanan bergantung dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi.

Ketiga, simpanan wajib, adalah jumlah uang tertentu yang harus dibayarkan oleh anggota kepada koperasi dalam waktu dan kesempatan tertentu, misalnya setiap bulan dengan jumlah simpanan yang sama setiap bulannya. Besarnya simpanan diperoleh dari hasil kesepakatan pengurus dan anggota koperasi.

Keempat, simpanan sukarela. Dalam kegiatan usaha yang dijalankan koperasi simpan pinjam juga terdapat simpanan sukarela. Simpanan ini merupakan simpanan yang besarannya tidak ditentukan, tetapi bergantung kepada kemampuan anggota itu sendiri sehingga sifatnya yang sukarela dan tidak memberatkan anggota. Simpanan sukarela dapat disetorkan dan diambil setiap saat.

Istilah kelima ialah member. Member merupakan anggota yang telah memenuhi syarat dan telah terdaftar didalam koperasi. Menurut UU No 25 tahun 1992 pasal 18, yang menjadi angota koperasi adalah mereka yang telah mampu melakukan tindakan hukum dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Koperasi yang bersangkutan

Penulis:

Ekonomi News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]