Investasi Properti: Pengertian, Keuntungan dan Caranya

Mempersiapkan diri untuk masa depan yang lebih baik sudah menjadi sebuah keharusan karena usia yang terus bertambah juga akan mengurangi produktivitas dalam bekerja. Investasi properti bisa menjadi salah satu pilihan tepat mengingat harganya yang terus melambung dari waktu ke waktu.

Cara Investasi Properti

Pentingnya Investasi

Masyarakat modern kini memiliki banyak kemudahan dalam memilih instrumen investasi. Instrumen tersebut antara lain deposito berjangka, emas, berlian, peer to peer lending, reksadana, saham, dll.

Penting untuk kamu ketahui bahwa setiap instrumen juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun demikian, instrumen properti bisa dikatakan yang paling aman karena sangat rendah resiko.

Alasan lain mengapa kamu perlu mempertimbangkan instrumen properti, karena kebutuhan akan tempat tinggal yang sangat tinggi. Apalagi, kondisi ini juga tidak diimbangi dengan ketersediaan lahan pemukiman sehingga properti memiliki nilai jual yang fantastis.

Baca Juga:
Apa itu deposito berjangka, manfaat dan kelebihannya
Investasi Emas: Pengertian, Tips, dan Keuntungannya
Mengenal P2P Lending sebagai Alternatif Investasi

Apa Itu Investasi Properti?

Investasi properti adalah salah satu bentuk permodalan pada bangunan atau aset fisik dimana investasi ini tidak hanya pada kepemilikan bangunan saja namun juga memiliki keterkaitan dengan penyewaan, pengelolaan, penjualan, atau bahkan pembelian.

Tujuan utama melakukan investasi properti yaitu mendapatkan keuntungan ROI (return of investment) yang bisa diperoleh dari hasil penjualan kembali properti, sewa, atau bahkan keduanya.

Sifat kepemilikan properti bisa secara perorangan, korporator, atau kelompok investor. Jika kamu masih memiliki modal yang belum cukup banyak untuk membeli properti, maka bisa bergabung dengan kelompok investor. Namun, jika kamu tidak memiliki kendala modal, maka bisa memilikinya sendiri.

Investasi properti memiliki jangka waktu yang disesuaikan dengan kebutuhan karena bersifat fleksibel. Memilih jangka panjang atau jangka pendek akan sama-sama memberikan keuntungan kepada pemiliknya.

Apabila kamu ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, maka bisa mencari properti di tempat-tempat yang jauh dari kota. Di lokasi tersebut, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga properti yang lebih murah.

Keuntungan yang kamu dapatkan bisa berkali-kali lipat jika menjualnya beberapa tahun ke depan. Jika lokasi properti yang kamu beli berubah menjadi lokasi yang strategis karena pembangunan yang berkembang, maka kamu bisa menyewakannya sehingga menjadi investasi jangka panjang.

Baca Juga: Pengertian dan Cara Menghitung Return on Investment

Keuntungan Memilih Instrumen Properti

Di bawah ini sejumlah keuntungan investasi properti yang layak kamu pertimbangkan:

1. Harga Relatif Naik

Pembahasan di atas telah menyebutkan bahwa harga properti terus mengalami kenaikan. Hal tersebut memang benar adanya. Menyempitnya lahan permukiman membuat harga tanah semakin mahal sehingga juga akan mempengaruhi harga jual atau sewa properti.

Mengingat harga properti yang akan terus melambung, maka kamu bisa memiliki investasi ini lebih dari satu. Jangan khawatir tidak akan ada yang menyewa atau membeli propertimu karena kebutuhan akan tempat tinggal sangat tinggi.

2. Passive Income

Kamu bisa mendapatkan passive income sehingga arus kas pun akan lebih lancar atau stabil. Passive income itu sendiri bisa kamu dapatkan dari properti yang kamu sewakan. Menariknya lagi, kamu dapat mengatur sendiri ketentuan pembayaran sewa bulanan atau bahkan tahunan.

Baca Juga: Passive Income: Pengertian, Jenis, dan Cara Mendapatkannya

3. Mendapatkan Modal dari Pihak Lain

Pasti banyak di antara kamu yang memiliki ketertarikan investasi properti tapi belum juga mampu melaksanakannya karena alasan modal. Nah, nggak usah khawatir karena kamu tidak harus menggunakan modal sendiri, namun bisa menggunakan dari pihak lain.

Pihak lain yang dimaksud adalah bank yang memberikan pinjaman. Misal, kamu sudah memiliki modal Rp200 juta, namun properti yang kamu incar seharga Rp500 juta. Supaya bisa melengkapi kekurangan modal yang kamu miliki, maka bisa mengajukan pinjaman di bank.

Kamu akan mendapatkan penghasilan tambahan setelah mendapatkan penyewa atas properti yang kamu miliki. Penghasilan tersebut bisa kamu gunakan untuk membayar cicilan bank dan modal usaha lainnya.

4. Bisa untuk Jaminan

Kamu mungkin sudah memiliki dana darurat untuk menghadapi kebutuhan tak terduga. Sayangnya, kebutuhan darurat dan mendesak ini seringkali memerlukan biaya yang sangat besar sehingga persiapan dana yang kamu miliki belum bisa meng-cover kebutuhan tersebut.

Nah, inilah keuntungan jika kamu memiliki investasi properti karena bisa digunakan sebagai jaminan ketika mengajukan pinjaman di bank. Properti merupakan jaminan yang sangat menjanjikan sehingga bank pun akan lebih cepat untuk menyetujui pengajuan pinjaman tersebut.

5. Masa Depan Lebih Cerah

Kamu yang memiliki properti bisa merasa sedikit lebih lega karena sudah memiliki jaminan masa depan yang cerah. Jika saat ini kamu masih belum menikah dan tinggal dengan orang tua, maka kamu bisa menyewakan properti tersebut sehingga bisa menambah penghasilan.

Kamu pun sudah tidak akan bingung membeli properti lagi jika suatu hari nanti berniat menempatinya. Supaya tidak merugikan kamu dan penyewa, sebaiknya buatlah perjanjian yang jelas.

Cara Investasi untuk Pemula

Agar kamu bisa meraup banyak keuntungan dari investasi properti, maka wajib simak beberapa cara di bawah ini:

1. Persiapan Modal

Niat dan keuletan memang menjadi modal penting dalam menjalankan usaha atau investasi. Namun, kamu juga tetap perlu modal untuk mulai bisa menjalankannya. Dana yang perlu kamu siapkan tidak perlu langsung bisa untuk membeli properti.

Pastikan dana yang kamu miliki mencukupi keperluan seperti biaya tanah jadi, uang muka, dan angsuran. Selebihnya, kamu bisa mencari pinjaman dana dari bank atau KPR.

Baca Juga: Apa Itu KPR (Kredit Pemilikan Rumah), Bunga dan Syaratnya?

2. Mempelajari Harga Pasar

Supaya kamu bisa membuat taksiran harga beli dan harga jual, maka wajib untuk melakukan survey harga pasar. Kamu memang harus sabar, teliti, dan ulet saat melakukan survey harga karena sangat mempengaruhi keuntungan yang akan kamu dapatkan nanti.

Jika kamu memiliki jadwal yang padat, maka bisa melakukan survey online di sela-sela kesibukanmu. Selanjutnya, kamu perlu meluangkan waktu untuk survey langsung ke lapangan.

Semakin banyak properti yang kamu survey, maka kamu pun akan semakin lihai dalam membuat taksiran harga yang sesuai dengan bangunan, luas tanah, fasilitas dan lokasi.

3. Pilih Lokasi Strategi

Properti di lokasi strategis tentu menjadi incaran banyak orang karena memang memberikan banyak kemudahan dan keuntungan. Biasanya, kisaran harga yang ditawarkan memang jauh lebih mahal.

Namun demikian, kamu tetap tidak akan rugi karena bisa digunakan untuk membuka usaha. Lokasi yang strategis memiliki potensi penyewa yang sangat besar pula.

4. Cari Developer Terpercaya

Supaya kamu memiliki jaminan rasa aman dalam investasi properti, pastikan memilih developer yang kredibel dan memiliki pengalaman yang cukup lama.

Kamu bisa mengetahui kredibilitas developer tersebut dari portofolio dan website resmi mereka. Jika mereka sudah berdiri lebih dari 5 tahun maka layak untuk kamu pertimbangkan.

Baca Juga: Tips Investasi Properti Untuk Pemula

Berminat Investasi Properti?

Kamu sekarang jadi lebih paham tentang investasi properti, kelebihan dan cara memulainya, kan? Investasi memang harus dipikirkan saat kamu sudah masuk usia produktif supaya masa tua nanti tinggal menikmati hasilnya.

Keuntungan yang kamu dapatkan jika membeli properti lebih awal yaitu bisa mendapatkan harga lebih murah daripada membeli nanti di kemudian hari. Apalagi, kenaikan harga properti sangat drastis sehingga kamu perlu mempertimbangkan hal tersebut.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan […]

News

Istilah pemasaran atau marketing tentu saja tidak asing lagi untuk kamu. Pemasaran merupakan aktivitas untuk […]