Mengenal Apa itu IHSG

Jika kamu mengikuti berita bisnis setiap harinya, pasar saham merupakan topik yang selalu jadi perbincangan wajib. Dan tidak jarang kamu mendengar istilah “IHSG”, yang merupakan menjadi komponen penting dari pasar saham. Lantas, apa itu IHSG?

Apa itu IHSG

Mengenal Indeks Saham (IHSG)

Kalau dari segi istilah, IHSG adalah kependekan dari Indeks Harga Saham Gabungan. Namun apa sebenarnya indeks saham itu?

Seperti yang tertulis pada idx.co.id, indeks saham adalah ukuran statistik yang mencerminkan keseluruhan pergerakan harga atas sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala.

Sederhananya, indeks saham itu merangkum harga berbagai saham sehingga menjadi data yang mudah untuk diikuti perkembangannya.

Terlepas dari kepanjangannya, IHSG sendiri masuk ke dalam indeks saham, bukan indeks harga.

Indeks harga adalah rangkuman berbagai jenis harga komoditas di pasaran, seperti sembako, pakaian, rumah. Karena barang-barang tersebut tidak dijual di pasar saham, sehingga indeks saham dan indeks harga berharga.

Indeks saham merangkum harga berbagai jenis saham di bursa efek, sedangkan indeks harga lebih sering muncul untuk membahas ekonomi makro.

Baca Juga: Apa Itu Saham: Definisi, Jenis, dan Cara Membelinya

Apa IHSG Itu Satu-satunya Indeks Saham?

IHSG merupakan salah satu dari indeks saham yang beredar di Indonesia. Artinya, ada beberapa indeks saham lain yang bisa menjadi acuan untuk harga suatu saham. Masih merujuk website idx.co.id, indeks saham yang berlaku di Indonesia ada IDX80, LQ45, IDX30, JII70, JII, MNC36, dan masih banyak lagi.

Alasan kenapa IHSG sering dijadikan acuan karena indeks ini mengukur kinerja harga semua saham yang tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia.

Artinya, IHSG memberikan mengambil harga saham acak berdasarkan kurasi dari BEI. Tujuannya agar datanya makin objektif.

Kalau IDX80, contohnya, hanya mengukur kinerja 80 saham dengan likuiditas tertinggi dan kapasitas pasar terbesar. Tentu jika hanya melihat 80 saham tertinggi saja, analisis akan kurang objektif. Makanya IHSG merupakan acuan yang lebih sering dipakai.

Sejarah IHSG

Pada masa penciptaannya, IHSG bukan merupakan indeks yang dibuat Bursa Efek Indonesia. Pada tanggal 1 April 1983, BEI masih memiliki nama Bursa Efek Jakarta (BEJ).

Fungsi pembuatan IHSG yaitu sebagai indikator pergerakan saham di BEJ yang menyangkut saham biasa dan saham preferen.

Lalu ada hari dasar, yakni hari yang menjadi patokan perhitungan indeks saham, untuk IHSG yakni sejak tanggal 10 Agustus 1982.

Maksudnya, BEJ memakai data pergerakan nilai 13 saham yang baru ada pada saat itu sejak hari dasar (yakni 10 Agustus 1982) untuk menentukan nilai IHSG. Kemudian, di tahun 1983, BEJ menentukan nilai dasar IHSG yakni sebesar 100. Kini, nilai IHSG sudah berada di kisaran angka 6.900.

Perhitungan IHSG

Indeks saham yang memiliki nama lain Indonesia Composite Index (ICI) memiliki perhitungan menggunakan metode capitalization weight atau weighted average. Rumusnya sendiri adalah sebagai berikut:

Indeks = ( ( Harga saham x jumlah saham ) / Nilai dasar ) x 100

Sistem perhitungan capitalization weight memperhatikan jumlah kapitalisasi pasar pada suatu saham. Kapitalisasi pasar ini dapat diperoleh dengan cara mengalikan harga saham yang ada di pasar reguler dengan seberapa banyak saham yang beredar di pasaran.

Nilai dasar hadir dari jumlah saham yang terbentuk dalam suatu waktu. Perhitungan ini menghasilkan nilai saham yang kita lihat selama ini.

BEI melakukan perhitungan IHSG setiap hari, tepatnya setelah penutupan pasar perdagangan. Rencananya, indikator harga saham akan mengalami pembaharuan selama beberapa kali dalam sehari jika sistem perdagangan automatis yang baik sudah terwujud

Tidak semua saham yang ada di BEI menjadi bahan acuan untuk perhitungan IHSG. Saham-saham ini merupakan hasil kurasi IHSG atas kriteria-kriteria yang mereka tentukan.

Apa Bisa Membeli IHSG?

Mungkin salah satu alasan kamu membuka artikel ini karena penasaran dengan peran IHSG yang sebenarnya.

Meski hadir tiap hari di acara televisi ataupun bursa saham Indonesia, namun IHSG bukan komoditas yang bisa kamu beli. Seperti yang kamu sudah baca sejak tadi, IHSG adalah indikator harga saham.

Artinya, kamu dapat mengetahui informasi tentang harga saham rata-rata untuk menjadi benchmark bagi kamu dalam mengambil keputusan.

Fungsi IHSG

Setelah membaca beberapa poin di artikel ini, kamu mungkin sudah bisa menyimpulkan sendiri fungsi dari IHSG itu apa saja. Fungsi IHSG bagi investor ini sebagai berikut:

1. Penanda Pergerakan Pasar

Indikator saham ini secara umum bisa menjadi alat untuk menentukan seberapa menjanjikannya sebuah saham. Apalagi jika saham yang kamu punya memiliki kapitalisasi pasar besar.

Jika nilainya naik, maka kebanyakan saham di Bursa Efek Indonesia juga akan mengalami kenaikan. Namun di lain sisi, IHSG juga bisa jadi mimpi buruk kalau nilainya merosot tajam.

2. Tolak Ukur Kinerja Portofolio Efek

Jika saham tertentu memiliki nilai yang lebih tinggi dari IHSG, berarti saham tersebut mempunyai sentimen baik di mata para investor. Namun tentu saja harga per lot-nya tidak akan murah, sehingga kamu juga perlu mempertimbangkan faktor lain sebelum benar-benar melakukan pembelian.

Di lain sisi, harga saham per lot yang berada di bawah IHSG tidak selalu berarti memiliki performa yang buruk.

Baca Juga: Investor Adalah: Pengertian, Resiko dan Tipsnya Supaya Sukses

3. Menunjukkan Estimasi Profit

Sama seperti dua fungsi sebelumnya, Indeks Harga Saham Indonesia bisa dijadikan sebuah sarana untuk memproyeksi kemungkinan kedepannya. Hanya saja, kali ini kamu bisa memproyeksikan profit dari sebuah saham.

Sebagai contoh, IHSG dengan progres yang bagus selama 3 bulan terakhir dipercaya akan memberikan keuntungan yang tidak jauh berbeda. Iya, mungkin akan terjadi pelemahan di masa-masa tertentu, sehingga dalam kasus ini fungsi IHSG adalah sebagai instrumen proyeksi jangka panjang.

Baca Juga: Profit adalah: Pengertian, Jenis, dan Perhitungannya

4. Acuan untuk Melakukan Investasi

Tentunya ini merupakan fungsi indeks saham yang sesungguhnya. Baik penguatan dan pelemahan dari sebuah IHSG, itu semua merupakan informasi berharga untuk investor dalam melakukan langkah mereka selanjutnya.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

5. Indikator Perkembangan Ekonomi

Indeks saham ini tidak hanya memiliki fungsi untuk para investor, tetapi pengamat ekonomi pada umumnya.

Jika nilai indeks saham menguat dalam waktu yang singkat, ada kemungkinan bahwa sebuah negara memiliki kabar baik dari segi ekonomi makro. Hal yang sama juga berlaku untuk IHSG.

Sebaliknya, fenomena pelemahan nilai indeks saham menunjukkan bahwa ekonomi negara sedang tidak baik-baik saja karena aktivitas finansial yang kurang sehat.

Bagaimana Cara Membaca IHSG?

Layaknya harga saham pada umumnya, IHSG mengalami fluktuasi setiap harinya. Penting bagi kamu untuk bisa membaca grafik IHSG agar dapat menentukan langkah-langkah selanjutnya terkait kepemilikan saham.

Karena IHSG merangkum harga sekumpulan saham di BEI, maka pergerakan grafik IHSG sangatlah penting karena dari situ kamu dapat memperkirakan harga saham asal Indonesia kedepannya.

Jika kamu melihat nilai indeks sahamnya melonjak naik dalam waktu singkat, ada kemungkinan besar kalau saham di Indonesia akan naik dengan cukup signifikan untuk beberapa waktu.

Ada baiknya kamu menahan diri untuk membeli saham karena margin keuntungan yang bisa kamu dapatkan akan menjadi tidak optimal.

Sebaliknya, jika kamu melihat nilai IHSG yang menukik tajam ke bawah, kamu dapat mempertimbangkannya sebagai kesempatan untuk membeli saham.

IHSG tidak hanya bisa dibaca melalui pergerakannya. Cara lain untuk mengetahui kondisi pasar menggunakan IHSG yaitu dengan membandingkannya dengan harga saham yang ingin kamu beli.

Baca Juga: Fluktuasi Adalah: Pengertian dan Penyebabnya

Sudah Paham Tentang IHSG?

Mungkin dengan membaca artikel ini, kamu tidak lagi melihat IHSG sebagai istilah asing di layar televisi. Karena bagaimanapun, IHSG menjadi salah satu sumber informasi analisa saham yang paling kredibel saat ini.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]