Ide Usaha Sampingan Karyawan, Mudah, Terbukti Menambah Penghasilan

Sebagai karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, biasanya masih ingin menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat. Salah satu caranya yaitu menjalankan usaha sampingan. Nah, pada artikel ini akan memberikan kamu beberapa rekomendasi ide usaha sampingan karyawan yang cukup mudah kamu lakukan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Daftar usaha sampingan cocok bagi karyawan

10 Usaha Sampingan Karyawan

Berikut ini usaha sampingan yang bisa kamu lakukan meskipun sudah menjadi karyawan, yaitu:

1. Bisnis PPOB

Ide usaha pertama yang bisa kamu jalani sembari bekerja yaitu bisnis PPOB atau sebuah layanan khusus untuk membantu masyarakat melakukan pembayaran melalui sistem perbankan.

Contoh bisnis ini seperti pembelian token listrik, pembayaran listrik pra bayar, pembayaran telepon dan internet, atau pembelian voucher pulsa semua operator.

Bisnis PPOB tidak membutuhkan dana besar hingga mencapai jutaan. Kamu cukup perlu menyiapkan modal sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 untuk membeli deposit pulsa sebagai permulaan.

Namun, salah satu hambatan besar dalam bisnis ini seperti pembeli yang utangnya menumpuk sehingga menghambat laju perputaran keuangan saat menjalani bisnis tersebut.

Tak heran jika banyak orang yang akhirnya rugi dan memilih gulung tikar karena sudah tidak ada modal lagi. Oleh sebab itu, kamu perlu mempersiapkan strategi usaha yang tepat agar tidak terjadi kerugian.

Baca Juga: Daftar dan tips usaha dengan modal kecil

2. Menjual Foto di Internet

Ide usaha sampingan karyawan selanjutnya ini cocok bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, sehingga hasil potretmu yang indah bisa dijual. Usaha ini juga cocok untuk kalangan apapun, seperti mahasiswa, karena kamu hanya perlu bermodalkan kamera saja.

Beberapa situs yang bisa kamu gunakan untuk menjual foto antara lain Shutterstock dan Istockphoto. Situs tersebut memberikan bayaran berupa mata uang dollar yang nilainya akan lebih besar setelah kamu tukar ke rupiah.

Namun, kamu tidak bisa langsung mendapatkan uang secara instan melalui bisnis ini. Kamu harus bersabar untuk menunggu waktu agar situs bisa melakukan verifikasi terhadap foto yang memenuhi syarat dan layak diperjualbelikan.

3. Jasa Cuci Motor

Sepeda motor menjadi kendaraan yang saat ini masih banyak digunakan oleh semua kalangan masyarakat. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik bagi para karyawan.

Kamu cukup menyiapkan modal sekitar Rp 2.000.000 untuk membeli peralatan seperti kompresor, selang, sabun, lap, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk tempatnya, mulailah dengan membuka di depan rumah kamu, supaya tidak perlu menyewa tempat. Kamu juga bisa mencari karyawan dari tetangga kamu yang tidak memiliki pekerjaan.

Baca Juga: 10 Peluang Usaha Rumahan Menjanjikan Beserta Kelebihannya

4. Membuat Warkop Sederhana

Usaha sampingan lainnya yang saat ini banyak diminati yaitu membuat warkop atau warung kopi. Tetapi, kamu harus menjalankan usaha ini di tempat yang ramai dan strategis.

Agar banyak pelanggan yang akan mengunjungi warung kopi kamu. Contohnya pada daerah kawasan industri yang ramai para pekerja atau lingkungan kampus yang ramai mahasiswa.

Warung kopi biasanya menyediakan berbagai jenis minuman dan makanan instan sederhana seperti gorengan, sehingga modal yang kamu butuhkan juga tidak terlalu besar.

Jika usahamu sudah mengalami peningkatan, mungkin kamu perlu menambah beberapa menu unik yang tidak ada pada warkop lain untuk menarik pelanggan. Target pemasaran utama dalam bisnis warkop bisa para pekerja.

Baca Juga: Franchise adalah: Pengertian dan Tips sukses menjalankan bisnisnya

5. Menjual Aneka Kue

Berbisnis di bidang kuliner memang cukup menjanjikan jika kamu bisa mengelolanya dengan baik. Jika kamu atau mungkin istri memiliki keahlian untuk membuat makanan seperti kue, kamu bisa mencoba untuk menjualnya. Jual berbagai macam kue yang terdiri dari kue kering maupun kue basah.

Tawarkan produk kue kepada rekan kerja sekantor atau promosi melalui media sosial. Kamu juga bisa membuka pesanan saat akan ada acara kantor. Ketika menjelang Hari Raya besar, biasanya permintaan kue kering meningkat tajam.

Baca Juga: Promosi Usaha Melalui Media Sosial

6. Membuka Jasa Desain Grafis

Jika kamu ingin menjalankan usaha sampingan tanpa bertemu banyak orang, jasa desain grafis ini bisa menjadi solusinya. Menjadi freelance desain grafis tergolong bisnis online yang menjanjikan jika kamu berhasil menerima berbagai proyek dari situs freelancer luar maupun dalam negeri.

Kamu akan lebih fleksibel dalam menentukan waktu maupun tempat saat membuat proyek. Jam kerja fleksibel ini tentunya tidak akan mengganggu pekerjaan utama sebagai karyawan.

Beberapa contoh proyek yang bisa kamu tawarkan antara lain pembuatan desain untuk feed media sosial, pembuatan logo, maskot, atau bahkan pembuatan desain kaos.

7. Membuka Pesanan Makanan Delivery

Jika kamu memiliki ibu, istri, kakak, adik atau saudara lain yang gemar memasak. Cobalah ajak mereka bekerja sama menjalankan bisnis makanan yang sifatnya bisa diantar ke alamat pelanggan, sehingga mereka tidak perlu repot mengambil.

Modal untuk bisnis ini hanya berkisar pada biaya pembelian bahan makanan dan kemasan saja, karena sudah tidak perlu menyewa tempat.

Selain itu, untuk target pemasarannya mulai dari teman-teman kantor atau siapapun kenalan kamu. Jika bisnis sudah berjalan cukup baik, daftarkan kerjasama dengan layanan GoFood atau GrabFood untuk mendatangkan lebih banyak pelanggan dari manapun.

8. Budidaya Ikan Lele

Bagi kamu yang menyukai bidang perikanan, kamu bisa memulai bisnis sampingan dengan budidaya ikan lele. Dari sekian banyaknya jenis ikan, ikan lele tetap menjadi peluang usaha terbaik karena banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia dan proses pengembangan ikan lele tidak terlalu sulit.

Sehingga, kamu bisa menjual hasil budidaya ikan lele ke rumah makan pinggir jalan maupun restoran. Kemudian, lakukan kerjasama dengan banyak pihak yang membutuhkan ikan untuk berbagai acara.

Baca Juga: Apa itu Agribisnis, Prospek Bisnis, & Contohnya

9. Membuka Jasa Digital Advertising

Usaha ini semakin banyak diminati oleh banyak orang, terutama yang memang berkecimpung di bidang marketing digital. Hal ini karena terjadi pergeseran dari media konvensional seperti spanduk dan iklan televisi. Iklan digital lebih murah dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Jika kamu menjalankan bisnis ini, sebaiknya lakukan kerjasama dengan desainer grafis, copywriter, data scientist, maupun ahli-ahli lain yang berkompeten.

10. Makelar Properti

Usaha terakhir yang bisa kamu coba dengan menawarkan rumah yang akan dijual di sekitar tempat tinggalmu kepada rekan kerja. Jika berhasil menjualnya, kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan pemilik rumah.

Bisnis ini cukup mudah dan tidak memerlukan modal, namun kamu harus bisa mendapatkan kepercayaan dari pemilik rumah agar mendapatkan profit yang besar.

Manfaat Punya Usaha Sampingan

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah memiliki usaha sampingan, antara lain :

  • Semakin cepat menghasilkan uang
  • Memiliki cadangan kesibukan setelah resign dari tempat kerja
  • Memperluas relasi di berbagai tempat
  • Menambah pengalaman di banyak bidang
  • Sebagai tambahan daftar pengalaman kerja di CV

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

Sudah Siap Menjalankan Usaha Sampingan Karyawan?

Jika kamu seorang karyawan yang membutuhkan penghasilan tambahan, sebaiknya segera saja memilih satu atau beberapa referensi usaha sampingan di atas.

Kunci dari kesuksesan usaha ini yaitu pengaturan waktu dan pengelolaan keuangan yang baik. Apabila kamu tidak bisa membagi waktu antara pekerjaan utama dan sampingan, maka keduanya tidak akan berjalan sesuai harapan dan tidak menghasilkan keuntungan.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]