5 Film Tentang Saham Ini Cocok untuk Para Investor Pemula

Banyak cara untuk belajar menjadi investor yang andal. Mulai dari baca-baca buku, menonton berita, bahkan berdiskusi di internet, semua bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berinvestasi. Namun satu hal yang jarang jadi pertimbangan yakni dengan menonton film tentang saham.

Rekomendasi Film Tentang Saham

Film Tentang Saham, Edukatif dan Menghibur

Beberapa film tentang saham terbaik ini tentu memiliki banyak ilmu di dalamnya yang bisa kamu terapkan. Namun bukan berarti film-film ini bakal membosankan seperti mendengarkan ceramah, ya. Malahan kamu juga bisa memetik pelajaran moral dari konflik yang ada di film tersebut.

Ini dia film-film tentang saham untuk kamu investor pemula.

1. Enron: The Smartest Guy in the Room (2005)

Bagi kamu yang sudah sekilas membaca di internet, tentu sudah tidak asing lagi dengan Enron: The Smartest Guys in the Room. Film dokumenter ini menceritakan tentang sepak terjang Enron sebagai perusahaan energi yang terpandang sampai kejatuhannya di tahun 2001.

Film ini menampilkan tiga orang yang bertanggung jawab atas kejatuhan Enron, yakni Kenneth Lay, Jeff Skilling, dan Andrew Fastow. Ketiga petinggi Enron ini melakukan salah satu kejahatan terbesar di sejarah perindustrian Amerika, yakni menutupi kerugian Enron dengan cara menaikkan harga saham secara tidak wajar.

Berkat jurnalis Bethany McLean dan Peter Eklind, kamu dapat belajar lewat film tentang saham ini agar dapat cerdik dalam memilih investasi.

Baca Juga: Saham Blue Chip: Pengertian, Ciri-ciri, dan Daftarnya

2. The Big Short (2015)

Bicara soal menjadi investor cerdik, The Big Short juga merupakan film yang dapat kamu tonton untuk menambah kepekaan terhadap harga saham.

Film arahan sutradara Adam McKay ini akan membawa kalian kembali ke tahun 2007, tepatnya di saat sebelum krisis moneter Amerika Serikat menerjang.

Film ini terdiri empat sudut pandang orang yang untung besar gara-gara krismon ini. Salah satunya adalah seorang pialang saham bernama Mark Baum yang diperankan oleh Steve Carell.

Tidak hanya itu, film ini juga diperankan oleh aktor-aktor lain seperti Ryan Gosling, Brad Pitt, ataupun Christian Bale yang terkenal sekali dengan perannya sebagai Batman di trilogi Nolan. Jadi, film tentang saham ini jadi fan-service tersendiri untuk para moviegoer.

The Big Short memberi gambaran kepada penontonnya tentang bagaimana orang-orang yang terlalu awam soal dunia finansial jadi mangsa para pialang saham. Demi komisi, pialang-pialang ini menghasut klien mereka untuk mengambil kredit rumah dengan harga tinggi.

Krisis pun terjadi ketika mereka tidak bisa menjual apa yang telah mereka beli karena harganya kelewat tinggi. Ya, mungkin krisis ini sulit untuk dimengerti lewat kalimat-kalimat singkat, makanya kamu harus menonton The Big Short supaya lebih paham.

Baca Juga:
Pialang adalah: Pengertian, Jenis, Tujuan, & Cara Kerja
Cara Menabung Saham yang Menguntungkan untuk Pemula

3. Boiler Room (2000)

Sebelum nama Vin Diesel lekat dengan Dom Toretto dan family-nya di Fast and Furious, dia sempat juga berperan di film tentang saham, lho.

Boiler Room adalah film keluaran tahun 2000 yang menempatkan Vin sebagai pemuda yang putus kuliah bernama Seth. Meski begitu, Seth sangat pintar dalam memutar uang, malahan dia mengelola kasino meski ilegal.

Pertemuannya dengan sang sepupu membuat dia terjun dalam dunia pialang saham. Hanya saja, karena dia jago untuk jual saham, Seth jadi tidak pandang bulu dalam menjual saham apapun, termasuk saham bodong.

Di sinilah kamu akan belajar bagaimana kesuksesan dalam dunia saham bisa membutakan mata seseorang. Mungkin bukan cuma saham, melainkan kesuksesan di bidang apapun. Intinya, tokoh Seth di sini akan membukakan pikiran kamu soal sifat tamak dan serakah.

Selain ceritanya yang bermakna, akting Vin Diesel juga cukup menjiwai di sini, lho.

4. Wall Street (1987)

Omong-omong soal Dom Toretto dan family, Wall Street adalah film tentang saham yang cukup lekat dengan kekeluargaan, meski bukan dari segi cerita.

Sang sutradara dari film tahun 1987, yakni Oliver Stone, ternyata memiliki seorang ayah yang merupakan pialang saham. Jadi, film ini dia dedikasikan untuk sang ayah. Terlepas dari itu, Wall Street punya karakter yang tidak patut untuk dicontoh.

Di film ini kamu akan mengikuti kisah Bud, yakni seorang pemuda yang berguru dengan investor senior bernama Gordon Gekko. Selama karirnya di Wall Street, tokoh yang diperankan Michael Douglas ini melakukan banyak kejahatan untuk memanipulasi harga saham dan ilmu ini dia turunkan kepada Bud.

Mungkin di sini kamu akan belajar beberapa trik kotor di pasar saham. Namun justru jadikan itu sebagai pelajaran untuk menghindari praktik nakal tersebut. Kalau kamu merasa film ini seru, jangan lewatkan juga film sekuelnya, yakni Wall Street: Money Never Sleeps.

Meski Oliver Stone dan Michael Douglas tetap terlibat dalam film itu, namun kamu akan melihat wajah-wajah baru, salah satunya adalah Shia Labeouf yang berperan sebagai murid baru Gordon.

Baca Juga: Apa Itu Saham: Definisi, Jenis, dan Cara Membelinya

5. Margin Call (2011)

Jika kamu masih penasaran soal krisis moneter di tahun 2008, maka film tentang saham ini bisa masuk daftar tontonan kamu.

Berbeda dengan The Big Short yang latarnya jauh-jauh hari sebelum hari H krisis, Margin Call adalah film dengan latar satu hari sebelum krisis moneter. Masalah di film ini muncul ketika seorang investor pemula bernama Peter menemukan kesalahan fatal yang ada di pasar saham Wall Street.

Lantas informasi yang dimiliki oleh Peter ini akan mempengaruhi banyak orang. Makanya tidak heran jika Margin Call memiliki sekumpulan tokoh dengan jajaran aktor yang tidak main-main.

Film ini tidak hanya memberi gambaran soal krisis finansial, tetapi juga dampak psikologi yang dirasakan orang-orang yang terdampak dengan krisis ini.

Baca Juga: Aplikasi Saham untuk Investor Pemula dan Profesional, Pilih yang Terbaik

Dari kelima film tentang saham terbaik ini, kamu tidak hanya bisa belajar tentang dunia investor, tetapi juga cara menangani masalah emosional yang akan datang menimpa kamu nantinya.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Saat menjalankan bisnis, kamu tentu ingin mencapai kesuksesan. Oleh karena itu pastikan kamu menganalisis proses […]

News

Salah satu sektor yang mengalami banyak kemajuan pada zaman yang serba digital seperti saat ini […]

News

Surat kuasa salah satu hal yang menjadi kebutuhan penting bagi pihak tertentu yang tidak bisa […]

News

Inovatif dan inovasi merupakan dua hal yang selalu berkaitan satu dengan lainnya. Pengertian dari inovatif […]

News

Istilah pemasaran atau marketing tentu saja tidak asing lagi untuk kamu. Pemasaran merupakan aktivitas untuk […]

News

Dalam menjalani bisnis, strategi promosi jadi elemen penting agar dapat meraih pelanggan dari berbagai kalangan […]