Memahami Arti, Tujuan, dan Kebijakan Ekonomi Makro

Kamu yang aktif cari informasi di dunia bisnis mungkin sudah cukup familiar dengan istilah ekonomi makro. Meskipun istilah tersebut sering terdengar, makna di balik pengertian dan tujuan ekonomi makro masih belum banyak yang begitu memahami.

Oleh karena itu, mari membahas apa yang dimaksud dengan ekonomi makro dan manfaat yang diberikan.

Ekonomi makro adalah

Memahami Ekonomi Makro

Ekonomi makro adalah sebuah cabang ilmu dari ekonomi dasar dimana cabang ilmu tersebut memiliki peran penting dalam kebijakan pasar dan ekonomi secara luas.

Cabang ilmu dasar satu ini memiliki peran besar dalam mengatur atau mengelola persebaran lapangan tenaga kerja, stabilitas harga pasar, serta pertumbuhan perdagangan secara nasional.

Sesuai dengan istilah makro yang tersemat dalam maknanya, cabang ilmu dasar ekonomi ini membahas atau memerhatikan ekonomi dari sudut pandang yang besar. Di luar ilmu tersebut, ada juga ilmu dasar ekonomi mikro.

Secara istilah mungkin saling bertolak belakang. Namun, keduanya saling melengkapi terkait analisis ekonomi bagi sebuah negara bahkan dunia.

Yang dimaksud oleh makro adalah sudut pandang ekonomi secara keseluruhan. Dalam mempelajari ekonomi makro, kamu akan melihat berbagai macam aspek mulai dari fenomena atau peristiwa fiskal dan finansial yang terjadi pada suatu negara atau tatanan dunia.

Menurut Adam Smith, fenomena yang terjadi nantinya akan jadi tolak ukur analisis untuk mengetahui penyebab sebuah peristiwa. Analisis tersebut juga berguna untuk sebagai alat mitigasi dalam perumusan kebijakan ekonomi.

Menurut Budiono, penulis buku Ekonomi Makro, cabang ilmu ekonomi satu ini berguna untuk acuan analisis pertumbuhan perekonomian suatu negara. Di dalamnya, ilmu dasar ini juga meliputi pembahasan mengenai pokok-pokok ekonomi dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Dengan kata lain, banyak manfaat yang bisa kamu pelajari dari memahami salah satu cabang ilmu dasar ekonomi ini. Nantinya, kamu juga akan terbuka dengan cabang ilmu lainnya yang dapat meningkatkan pengetahuan baik dari sisi personal maupun profesional.

Baca Juga: Ekonomi Mikro Adalah

Tujuan Ekonomi Makro

Secara umum, analisis ekonomi ini berguna agar menciptakan kondisi perekonomian yang ideal dan stabil dalam suatu negara. Namun, di luar itu masih banyak tujuan ekonomi makro lainnya yang bisa kamu temukan dengan memahami ilmu dasar ekonomi satu ini:

1. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Untuk bisa menghadirkan kondisi ekonomi yang stabil dan ideal, maka suatu negara perlu memastikan adanya perkembangan ekonomi yang terukur. Salah satu aspek yang dapat membantu terciptanya peningkatan tersebut yaitu dengan memahami ekonomi makro.

Analisis dari cabang ilmu tersebut menjadi acuan penting untuk memastikan ekonomi suatu negara bisa berjalan sesuai rencana. Berkembangnya tingkat ekonomi juga akan memengaruhi pendapatan nasional. Hal tersebut berpengaruh terhadap kegiatan perekonomian yang bisa meningkat dan terus berkembang dalam jangka panjang.

2. Meningkatkan Pendapatan Nasional

Dengan berkembangnya pasar serta kegiatan perekonomian dalam sebuah negara, maka pendapatan nasional pun akan ikut meningkat. Pasar yang sehat dengan dukungan pemerintah akan membuka kesempatan perdagangan internasional masuk ke dalam negara tersebut.

Dengan kondisi ekonomi yang baik, maka sebuah negara juga akan mudah merealisasikan program investasi. Inisiasi penanaman modal yang dilakukan pada skala nasional, baik dari luar negeri maupun dalam negeri nantinya akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi dari level masyarakat hingga negara.

Baca Juga: Apa itu Pendapatan Nasional

3. Distribusi Pendapatan Merata

Tujuan ekonomi makro berikutnya adalah untuk mencapai pemerataan distribusi pendapatan. Dengan meningkatnya aktivitas ekonomi, hal tersebut akan membantu distribusi pendapatan jadi merata.

Distribusi pendapatan yang merata di setiap daerah membuat masyarakat yang tinggal di dalamnya akan dapat sejahtera dan mudah mendapatkan akses pelayanan publik yang lebih baik.

4. Menghadirkan Kestabilan Ekonomi

Sebagaimana yang telah dijelaskan, bahwa menghadirkan kestabilan ekonomi menjadi tujuan utama dari memahami cabang ilmu dasar satu ini. Maksud dari tingkat stabil ini adalah jika kondisi ekonomi suatu negara bisa mencapai keseimbangan pada permintaan kesediaan barang dan neraca pembayaran.

Dengan kondisi ekonomi yang seimbang, maka reputasi sebuah negara pun akan meningkat. Hal tersebut akan membuat suatu negara jadi tujuan investasi atau perdagangan yang potensial.

Baca Juga: Apa itu Obligasi: Cara kerja, kelebihan dan kekurangannya

5. Mengembangkan Kapasitas Produksi Nasional

Tujuan ekonomi makro selanjutnya yaitu untuk mengembangkan kapasitas produksi negara. Selain itu, meningkatnya potensi perdagangan dan investasi juga berdampak pada kapasitas produksi. Dengan penanaman modal yang diberikan, maka kapasitas produksi pada berbagai lini bisnis di suatu negara pun akan ikut meningkat.

Hal ini terjadi karena adanya pengembangan di ranah sarana dan prasarana dalam mendukung peningkatan ekonomi.

6. Meningkatkan Kesempatan Kerja

Ketika kondisi ekonomi suatu negara mendapatkan peningkatan secara signifikan, maka industri dan sektor bisnis lainnya membutuhkan sumber daya yang dapat memberi keseimbangan terhadap perkembangan.

Hal tersebut akan membuka lapangan kerja yang luas. Pasalnya, sumber daya manusia masih dibutuhkan dalam perkembangan bisnis.

7. Mengendalikan Inflasi

Tujuan lainnya yang cukup penting dari hasil analisis ekonomi makro adalah pengendalian Inflasi. Sebagaimana yang kamu ketahui, inflasi merupakan salah satu situasi yang cukup mengkhawatirkan, karena dapat merusak tatanan sosial ekonomi suatu negara.

Dengan analisis yang tepat, maka suatu negara dapat membuat kebijakan yang tepat untuk masyarakatnya dalam meminimalisasi risiko inflasi. Kebijakan yang umum dilakukan yaitu dengan memberi subsidi serta menekan harga pasar sesuai dengan perkembangan ekonomi di suatu daerah.

Baca Juga: Inflasi adalah: Pengertian, Penyebab, Jenis dan Dampaknya

Kebijakan Ekonomi Makro

Setelah memahami tujuan dari cabang ilmu dasar ekonomi tersebut, fungsi dari ekonomi makro juga berperan dalam merumuskan beberapa kebijakan, di antaranya:

1. Kebijakan Moneter

Kebijakan esensial yang berasal dari hasil analisis ilmu ekonomi makro tersebut adalah kebijakan moneter. Bank sentral seperti Bank Indonesia berperan sebagai perumus kebijakan.

Hal ini dilakukan sebagai langkah atau acuan bagi pemerintah dalam memengaruhi peredaran uang di masyarakat hingga mengubah tingkat suku bunga dalam periode tertentu.

Baca Juga:
Kebijakan Moneter: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Instrumennya
Apa itu Bank Sentral: Definisi, Tugas dan Fungsinya

2. Kebijakan Fiskal

Dalam tatanan negara, kebijakan fiskal mempengaruhi pengaturan terkait hal krusial aktivitas ekonomi. Aktivitas tersebut adalah mengatur pemasukan dan pengeluaran negara.

Hasil analisis yang digunakan jadi acuan untuk bisa mengeluarkan kebijakan terkait  pendapatan nasional, tingkat investasi nasional, distribusi pendapatan nasional, dan sebagainya.

Baca Juga: Kebijakan Fiskal: Pengertian, Tujuan, Instrumen, & Contohnya

3. Kebijakan Segi Penawaran

Cabang ilmu dasar ekonomi ini juga mempengaruhi elemen segi penawaran yang ada di pasar saat ini. Dengan analisis yang ada, pemerintah dapat membuat kebijakan untuk meningkatkan efisiensi kegiatan produksi suatu usaha.

Kebijakan yang lahir dari analisis ekonomi makro tersebut berperan agar pemerintah dapat membantu menyediakan sarana dan prasarana bermanfaat demi meningkatkan ekonomi di masyarakat. Hal tersebut biasanya dilakukan dengan cara. pemberian insentif kepada perusahaan untuk bisa memaksimalkan penggunaan teknologi.

Pentingnya Belajar Ilmu Ekonomi Makro

Di luar cabang ilmu dasar tersebut, masih banyak pengetahuan terkait finansial, perdagangan, serta aspek ekonomi lainnya yang bisa kamu pelajari. Memahami ilmu ekonomi memiliki manfaat yang dapat membantu hidup baik secara personal maupun profesional.

Bagi kamu yang tengah menjalankan bisnis, memahami ekonomi mikro, makro, dan juga ilmu lainnya bisa membantu untuk mengasah kemampuan analisis pasar. Ilmu yang kamu pelajari pun berguna agar bisa membuat kebijakan bisnis yang lebih tepat demi meningkatkan pendapatan secara optimal.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]