E-Wallet Adalah: Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Perkembangan teknologi memaksa kita untuk terus beradaptasi. Salah satu efek dari perkembangan teknologi tersebut yaitu mulai bermunculannya banyak inovasi baru, salah satunya e-wallet atau dompet digital. Saat ini, mulai banyak aplikasi e-wallet yang bisa kamu gunakan. Pada dasarnya. E-wallet merupakan sebuah sistem yang dikembangkan untuk memudahkan pengguna ketika akan melakukan transaksi.

apa itu e-Wallet

Apa itu E-Wallet

Jika melihat lebih dalam, e-wallet adalah sebuah layanan elektronik untuk menyimpan data dan juga instrumen pembayaran seperti menyimpan dana, membayar tagihan, dan juga sebagai alat bayar atau transaksi lainnya.

Penggunaan E-wallet saat ini sendiri bisa berupa software ataupun berupa aplikasi E-wallet. Nantinya, aplikasi tersebut akan menyimpan uang digital dan juga melakukan pembayaran.

Aplikasi E-Wallet yang Ada di Indonesia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika saat ini sudah ada banyak aplikasi E-wallet yang beredar di Indonesia. Berikut beberapa contoh aplikasi dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia saat ini.

1. Gopay

Salah satu aplikasi E-wallet yang memiliki banyak pengguna yaitu Gopay. Aplikasi dompet digital buatan Gojek bisa dibilang juga sebagai aplikasi generasi awal untuk masalah E-wallet.

Awalnya, aplikasi ini hanya bisa melakukan pembayaran untuk setiap transaksi yang menggunakan aplikasi Gojek. Namun sekarang, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan pembayaran di berbagai merchant lainnya.

2. OVO

Aplikasi E-wallet lainnya yang juga memiliki banyak pengguna yakni OVO. Bisa dibilang ini merupakan aplikasi E-wallet pertama yang bisa kamu gunakan untuk membayar berbagai kebutuhan harian, seperti membayar tagihan, cicilan, atau keperluan lainnya.

Saat ini kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi di marketplace dan juga berbagai merchant.

3. DANA

Aplikasi E-wallet lainnya yang juga bisa menjadi pilihan kamu yaitu DANA. Jika dibandingkan dengan dua nama sebelumnya, mungkin DANA termasuk aplikasi yang baru.

Namun meski demikian, dengan menggunakan aplikasi ini juga kamu sudah bisa melakukan semua transaksi yang kamu butuhkan, termasuk untuk melakukan belanja di berbagai merchant

4. LinkAja

Aplikasi E-wallet berikutnya yaitu LinkAja.  Aplikasi LinkAja lahir dari berbagai macam BUMN yang melakukan merger.

Aplikasi dompet digital ini juga bisa kamu gunakan untuk membayar berbagai macam kebutuhan kamu, termasuk membayar tagihan, cicilan, dan juga membayar transaksi ketika kamu berbelanja di berbagai merchant.

Manfaat Menggunakan E-Wallet

Dalam berbagai penggunaan, E-wallet ini juga memiliki banyak manfaat dan keunggulan. beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Terhindari dari Uang Palsu

Salah satu keunggulan utama dari penggunaan E-wallet yaitu bisa terhindari dari uang palsu. Seperti yang kita ketahui, cara kerja dari aplikasi ini memang tidak menggunakan uang cash. Itu artinya, penyebaran uang palsu pun akan sulit terjadi.

Di sisi lain, sistem keamanan pada setiap aplikasi E-wallet juga sudah cukup baik. Hal ini akan berguna juga untuk menghindarkan dari tindak penipuan dan kejahatan yang terjadi pada aplikasi tersebut.

2. Proses Transaksi yang Lebih Cepat

Hal lain yang juga menjadi keunggulan dari penggunaan aplikasi E-wallet yaitu bisa mempercepat proses transaksi. Dalam setiap transaksinya, kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang cash dan menghitung nominal yang kamu perlukan.

Kamu hanya perlu melakukan scan barcode dan memastikan saldo yang ada di aplikasi kamu cukup. Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi untuk menunggu kembalian dari setiap transaksi yang kamu lakukan.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

3. Menghindari Penyebaran Virus atau Bakteri

Di era pandemi, maka penggunaan aplikasi dompet digital juga bisa menghindari penyebaran virus atau bakteri. Dengan penggunaan aplikasi ini maka bisa meminimalisir adanya kontak antara penjual dan pembeli.

Kekurangan E-Wallet

Dari semua keunggulan tersebut, sebenarnya penggunaan E-wallet ini juga tidak terlepas dari beberapa kekurangan. Masalah ataupun kekurangan yang sering terjadi antara lain:

1. Merchant yang Terbatas

Salah satu masalah yang muncul pada penggunaan E-wallet seperti belum semua merchant bisa menggunakan aplikasi dompet digital ini untuk transaksi. Salah satu alasannya terkait masalah infrastruktur. Infrastruktur internet yang belum merata membuat penggunaan dompet digital juga belum merata.

Selain itu, beberapa merchant juga hanya bisa menerima pembayaran dari satu aplikasi E-wallet saja dan tidak menerima dari aplikasi lainnya. Hal ini akan menjadi masalah ketika aplikasi yang biasa kamu gunakan justru tidak bisa digunakan pada merchant tersebut.

2. Ada Biaya Tambahan

Hal lain yang juga menjadi kekurangan dari penggunaan E-wallet adanya biaya tambahan yang akan kamu dapatkan. Biaya tambahan ini biasanya berupa biaya admin. Jumlahnya memang tidak terlalu besar, namun jika penggunaan berulang maka jumlah tersebut akan cukup terasa. Nominal biaya admin tersebut juga berbeda tiap aplikasi.

3. Menjadi Lebih Konsumtif

Jika dilihat secara psikologis, maka penggunaan E-wallet ini bisa membuat pengguna menjadi lebih konsumtif. Dengan semua kemudahan dan juga banyaknya promo yang diberikan aplikasi maka hal ini bisa membuat pengguna menjadi lebih boros.

4. Saldo Hanya untuk Berbelanja atau Membayar Tagihan

JIka kamu memiliki saldo yang mengendap di E-wallet, maka saldo tersebut tidak akan berkurang sama sekali. Hal ini karena aplikasi E-wallet tidak menerapkan biaya admin. Namun masalahnya, saldo tersebut juga tidak akan bertambah.

Hal ini karena aplikasi dompet digital bukanlah tempat untuk menabung yang menawarkan return seperti bunga atau yang lainnya. Dalam hal ini penggunaan dompet digital benar-benar hanya untuk melakukan pembayaran.

5. Saldo E-Wallet tidak Bisa Dicairkan

Masalah lainnya yang mungkin akan kamu hadapi pada penggunaannya, saldo E-wallet tidak bisa kamu cairkan. Sehingga, jika kamu memiliki kelebihan dana maka dana tersebut hanya bisa kamu belanjakan, tanpa bisa kamu cairkan menjadi uang tunai.

Khusus untuk masalah ini, saat ini sebenarnya sudah ada solusi yang bisa kamu lakukan jika kamu memiliki kelebihan dana yang tidak akan terpakai. Cara tersebut dengan cara melakukan transfer ke bank. Sekarang, beberapa aplikasi dompet digital juga sudah memiliki fasilitas untuk melakukan transfer langsung ke bank.

Perbedaan E-Wallet dan E-Money

Masih banyak orang yang tertukar antara E-wallet dan juga E-money. Keduanya memang berfungsi untuk melakukan pembayaran, namun tetap saja kedua hal ini memiliki banyak perbedaan, seperti:

1. Penggunaan Teknologi

Pada penggunaan, meskipun sama-sama menggunakan uang digital namun kedua teknologi ini berbeda dalam penggunaan teknologi. Pada E-money maka teknologi yang digunakan yaitu chip based. Nantinya chip tersebut akan ditanam dalam kartu, mirip dengan kartu ATM.

Sementara pada E-wallet maka penggunaan teknologinya server based. Nantinya, kamu akan menggunakan sebuah aplikasi untuk melakukan transaksinya. Aplikasi tersebut yang akan berkomunikasi dengan server.

2. Penggunaan Internet

Hal lain yang juga membedakan E-wallet dan E-money yaitu penggunaan internet. E-money masih bisa kamu gunakan meskipun tidak ada jaringan internet. Sementara untuk menggunakan E-wallet, maka jaringan internet merupakan hal wajib yang harus ada agar transaksi bisa kamu lakukan.

3. Jumlah Saldo Maksimal

Masalah saldo juga menjadi salah satu hal yang membedakan antara E-money dan E-wallet. Pada penggunaan E-money maka jumlah saldo maksimal yang bisa kamu dapatkan yaitu 1 juta Rupiah untuk tiap kartu.

Sementara pada penggunaan dompet digital, maka jumlah saldo maksimal yang bisa kamu dapatkan mencapai 10 Juta Rupiah untuk setiap akun.

4. Fleksibilitas

Kedua hal ini memang menawarkan fleksibilitas. Namun dalam penggunaannya, tentu saja masalah fleksibilitas ini akan berbeda. E-money menawarkan kamu untuk penggunaan pada berbagai tempat, dari mulai belanja, pembayaran di SPBU, bayar tol, dan lainnya.

Saat ini penggunaan E-money juga menjadi lebih unggul karena beberapa moda transportasi umum juga menggunakan E-money untuk proses pembayarannya. Kemudahan penggunaan E-money juga lebih unggul karena hanya tinggal tap kartu.

Namun masalah dalam penggunaan E-money seperti ketika kamu akan cek saldo, maka kamu perlu tap kartu tersebut ke reader khusus. Cara ini lah yang mungkin akan sedikit merepotkan

Sementara untuk E-wallet, saat ini juga sudah banyak merchant yang bisa menerima pembayaran dengan menggunakan dompet digital. Penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya tinggal membuka aplikasi tersebut lalu melakukan scan untuk melakukan pembayaran. Namun ketika menggunakan aplikasi maka pastikan perangkat kamu terkoneksi dengan internet, ya!

Ternyata, Penggunaan E-Wallet Sangat Fleksibel Bukan?

Dari pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa E-wallet merupakan salah satu cara membayar yang cukup populer saat ini. Hampir semua tempat belanja sudah bisa menerima pembayaran melalui dompet digital.

Selain itu, penggunaan aplikasi dompet digital juga sudah cukup luas. Kebutuhan seperti membayar tagihan listrik, PDAM, Internet, Asuransi, Pajak, dan lainnya. Bahkan, kini beberapa aplikasi juga sudah bisa melakukan transfer ke rekening bank. Apakah kamu juga termasuk pengguna E-Wallet?

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]