10 Desain Rumah Minimalis dan Elegan sangat Menginspirasi

Saat ini, desain rumah minimalis modern tengah banyak digemari oleh berbagai kalangan yang mendambakan hunian impian. Hal ini karena gaya rumah minimalis dapat menyuguhkan desain yang sangat simpel tapi tetap menarik dan elegan.

Secara umum, konsep rumah minimalis modern lebih mengutamakan efisiensi dan simplicity tapi tetap mengunggulkan fungsionalitasnya. Sehingga, meski secara ukuran tidak terlalu besar, rumah minimalis tetap mampu memenuhi kebutuhan penghuninya dengan baik dan optimal.

Bagi kamu yang hendak membangun atau merenovasi hunian dengan konsep minimalis modern, artikel ini akan memberikan sedikit inspirasi seputar desain hunian minimalis untuk kamu.

Desain rumah minimalis

Inspirasi Desain Rumah Minimalis

Pada dasarnya, menentukan desain hunian minimalis tidak semudah yang kita bayangkan, tapi juga tidak terlalu sulit seperti yang kamu kira. Untuk mempermudah pilihanmu, berikut adalah 10 inspirasi desain rumah minimalis yang modern dan elegan untuk referensi konsep rumah masa depanmu.

1. Rumah Minimalis 1 Lantai

rumah minimalis 1 lantai

Desain rumah minimalis dapat kamu terapkan dalam berbagai jenis maupun konsep hunian termasuk untuk tipe rumah berlantai satu. Terlebih, rumah dengan 1 lantai akan lebih mudah untuk dieksekusi dan biaya pembangunannya pun juga jauh lebih ringan.

Tipe rumah ini akan sangat cocok untuk kamu tinggali seorang diri atau bersama dengan keluarga kecil. Setidaknya, kamu dapat membangun satu atau dua kamar tidur dalam satu hunian minimalis modern berlantai satu.

2. Rumah Minimalis 2 Lantai

rumah minimalis 2 lantai

Siapa bilang rumah minimalis tidak bisa dibuat bertingkat? Kamu tetap bisa membangun atau merenovasi hunian lama menggunakan desain rumah minimalis modern berlantai dua.

Justru, rumah minimalis 2 lantai akan memberikan ruang yang jauh lebih luas tanpa memerlukan banyak lahan horizontal.

Untuk pembagian ruangnya, kamu dapat menggunakan lantai dasar sebagai ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Sedangkan untuk lantai atas, kamu dapat menempatkan 2-3 kamar tidur beserta kamar mandi yang lain.

3. Rumah Minimalis Bercat Putih

rumah minimalis bercat putih

Warna putih merupakan salah satu ciri khas dari konsep rumah minimalis. Memiliki rumah dengan cat maupun material batuan berwarna putih akan menonjolkan kesan hunian yang sederhana tapi sangat elegan.

Agar tidak tampak terlalu polos, kamu dapat menambah material batuan alam yang berpermukaan kasar untuk memberikan tekstur maupun corak tambahan.

Kamu dapat mengaplikasikan jenis batuan alam dengan warna putih yang tidak terlalu terang pada sebagian dinding fasad maupun tiang rumah.

4. Rumah Minimalis Bergaya Industrial

rumah minimalis gaya industrial

Bingung dengan pilihan desain rumah minimalis modern yang elegan? Kamu dapat memilih konsep hunian dengan gaya industrial yang estetik dan kekinian.

Secara umum, gaya rumah minimalis industrial cenderung menonjolkan desain bangunan yang unfinished contohnya mengekspos dinding batu bata tanpa dilapisi dengan plester maupun aci.

Bagi kamu yang suka tampil beda, desain rumah minimalis ini akan cocok untuk kamu terapkan khususnya pada bagian interior rumah seperti ruang tamu, ruang makan, atau kamar tidur.

5. Rumah Minimalis Bergaya Jepang

rumah minimalis gaya jepang

Jika berbicara mengenai desain rumah minimalis, hunian bergaya Jepang kerap menjadi pilihan bagi banyak orang karena unsur keindahannya, keunikannya, dan kerapiannya.

Untuk mengaplikasikan konsep rumah minimalis bergaya Jepang, kamu dapat menonjolkan penggunaan material kayu berkualitas pada beberapa bagian eksterior rumah maupun interior dalamnya.

Selanjutnya, kamu juga dapat menambahkan ornamen dan beberapa furniture ala Jepang untuk mempercantik interior rumah minimalismu.

6. Rumah Bergaya Skandinavia

rumah minimalis gaya skandinavia

Selain Jepang, gaya rumah Skandinavia juga kerap menjadi rujukan dalam penentuan desain rumah minimalis modern pada masa kini.

Secara umum, hunian bergaya Skandinavia sangat identik dengan unsur minimalis dan penggunaan warna-warna netral seperti rumah-rumah di negara Skandinavia seperti Swedia dan Denmark.

Kamu dapat menggunakan pilihan cat warna pastel, putih, maupun cokelat sesuai selera masing-masing pemilik rumah. Di samping itu, rumah bergaya Skandinavia juga tetap mengedepan fungsional dari setiap bagian rumah tanpa meninggalkan nilai estetikanya.

7. Rumah Bergaya Natural

rumah minimalis gaya natural

Jika kamu sering mengeksplor jenis-jenis rumah minimalis, kamu pasti pernah menemukan konsep rumah minimalis bergaya natural yang terlihat sangat alami.

Apabila kamu tergolong sebagai orang yang menyukai keindahan alam, kamu dapat memasukkan elemen-elemen alami dalam konsep rumah minimalismu dengan beberapa sentuhan modernisasi ala masa kini.

Selanjutnya, tambahkan pula jendela besar pada bagian depan rumah sebagai sistem penerangan alami pada saat siang hari.

8. Rumah Minimalis Berhalaman Luas

rumah minimalis halaman luas

Inspirasi hunian minimalis modern selanjutnya adalah rumah dengan konstruksi bangunan 1 lantai dan dilengkapi dengan halaman yang luas.

Agar lebih estetik, kamu dapat menggunakan konsep rumah minimalis natural dengan pekarangan rumput hijau luas. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan beberapa jenis tanaman pot pada beberapa area eksterior rumah sehingga nuansanya akan jadi lebih sejuk dan asri.

9. Rumah Minimalis Mini

rumah minimalis mini

Jika kamu ingin tinggal di rumah pribadi seorang diri, desain rumah minimalis mini ini akan jadi pilihan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan papan kamu.

Selain itu, jika kamu ingin lekas punya rumah pribadi tapi budget masih pas-pasan, kamu tetap bisa membangun rumah minimalis kecil yang indah meski luas lahannya cukup terbatas.

Meski pekarangan rumahnya nanti tidak terlalu luas, setidaknya kamu perlu sediakan petakan kecil untuk lahan tanaman hijau.

10. Rumah Berbentuk Kotak

rumah minimalis bentuk kotak

Tanpa keluar dari konsep minimalis, kamu juga dapat menciptakan hunian impian berbentuk kotak dengan gaya futuristik. Ciri khas yang dihadirkan oleh rumah berbentuk kotak ini adalah modern kekinian yang sangat relate dengan gaya hidup anak muda.

Bagi anak muda yang suka dengan konsep rumah minimalis berbentuk kotak, tak ada salahnya untuk jadikan inspirasi desain rumah satu ini untuk hunian impianmu di masa depan.

Dari kesepuluh desain rumah minimalis modern di atas, kira-kira konsep hunian mana yang paling cocok dengan selera kamu?

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]