Daftar Manajer Investasi di Indonesia, Mana yang terbaik?

Untuk kamu yang tertarik dengan investasi namun tidak mau repot untuk memantau semua instrumennya, maka pilihannya kamu bisa menggunakan jasa manajer investasi.

Manajer investasi merupakan pihak yang akan mengelola semua aset milik kamu nantinya. Dengan memilih manajer investasi maka kamu tidak perlu repot mengelola aset yang kamu punya. Lalu apa saja daftar manajer investasi yang ada di Indonesia saat ini? Dan kira-kira mana yang bisa menjadi pilihan terbaik?

Manajer investasi terbaik

Pengertian Manajer Investasi

Manajer investasi adalah pihak yang akan mengelola portofolio efek dari nasabah, baik nasabah personal maupun nasabah kolektif. Portofolio efek merupakan kumpulan surat berharga seperti surat utang, reksadana, obligasi, saham, dan lainnya.

Untuk pengelolaan aset secara kolektif, umumnya dalam bentuk reksadana. Tugas utama dari manajer investasi yaitu mengelola semua portofolio efek berdasarkan perjanjian pengelolaan dana.

Baca Juga:
Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya
Aset adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya
Apa Itu Reksadana: Definisi, Jenis dan Cara Membelinya
Apa itu Obligasi: Cara kerja, kelebihan dan kekurangannya
Apa Itu Saham: Definisi, Jenis, dan Cara Membelinya

Daftar Manajer Investasi

Setelah mengetahui peran dan fungsinya, kamu juga perlu tahu apa saja daftar manajer investasi yang ada di Indonesia.

Sebagai tambahan, memilih manajer investasi dengan reputasi terbaik akan membantu kamu untuk menjalankan semua strategi dan tujuan investasi. Berikut daftarnya:

1. Manulife Aset Manajemen Indonesia

MAMI atau Manulife Aset Manajemen Indonesia merupakan salah satu manajer investasi dengan dana kelolaan terbesar. Setidaknya, nilai AUM yang dimiliki MAMI mencapai angka lebih dari 62 Triliun. MAMI sendiri setidaknya memiliki 29 produk reksa dana.

2. Bahana TCW Investment Management

Pilihan perusahaan investasi lainnya yaitu Bahana TCW Investment Management. Nilai AUM yang ada pada perusahaan investasi ini setidaknya mencapai 43,6 Triliun.

Salah satu alasan mengapa perusahaan investasi ini, bisa menjadi pilihan karena jumlah dana kelola yang cukup besar dan juga faktor performanya.

3. Batavia Prosperindo Aset Manajemen

Salah satu perusahaan investasi yang sudah cukup berpengalaman yaitu Batavia Prosperindo Aset Manajemen. Sampai dengan akhir 2021, dana kelolaan yang mereka kantongi mencapai angka 42,6 Triliun.

Selain karena pengalaman, kualitas dan kemampuan pengelolaan juga menjadi alasan mengapa Batavia Prosperindo Aset Manajemen ini bisa menjadi manajer investasi pilihan.

4. Mandiri Investa Pasar Uang

Mandiri Investa Pasar Uang merupakan produk dari Mandiri Manajemen Investasi yang memiliki kualitas terbaik. Ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang berinvestasi dengan tujuan mendapatkan tingkat likuiditas cukup tinggi guna mendapatkan dana tunai dalam waktu yang cukup singkat.

Alasan lain yang menjadikan manajer investasi ini menjadi pilihan karena setidaknya, mereka memiliki dana kelolaan mencapai 42 Triliun per Desember 2021.

Baca Juga: Apa Itu Likuiditas, Manfaat dan Jenisnya

5. Schroders Investment Management Indonesia

Perusahaan investasi lainnya yang juga bisa kamu pilih yakni Schroders Investment Management Indonesia. Salah satu produk juara yang mereka miliki seperti Schroder Dana Prestasi Plus.

Sampai dengan Desember 2021, dana kelolaan yang mereka miliki mencapai 33,8 Triliun. Adapun komposisi reksa dana yang mereka kelola, dimana 80 persen efek ekuitas dan 20 persen sisanya merupakan dana kelola untuk instrumen pasar uang.

6. Danareksa Investment Management

Ini merupakan salah satu perusahaan investasi dengan tingkat pertumbuhan tahunan yang cukup baik. Danareksa Investment Management, sampai dengan Desember 2021 memiliki nilai AUM mencapai 30,9 Triliun. Ini juga merupakan salah satu manajer investasi yang sudah sangat berpengalaman di Indonesia.

7. BNI Asset Management

Jika kamu mencari perusahaan investasi yang berasal dari lembaga keuangan berpengalaman, maka salah satu pilihan bisa jatuh ke BNI Asset Manajemen. Ini merupakan salah satu manajer investasi yang berasal dari BUMN. Pengelolaan Investasi ini merupakan pemisahan dari Perusahaan investasi BNI Sekuritas.

Sebagai pertimbangan, Dana kelolaan yang ada pada BNI Asset Management ini mencapai 27,5 Triliun sampai Desember 2021.

Baca Juga: Mengenal Lembaga Keuangan, Fungsi dan Jenisnya

8. Ashmore Asset Management Indonesia

Perusahaan Investasi lainnya yang juga bisa menjadi pilihan yaitu Ashmore Asset Management Indonesia, merupakan anak perusahaan dari Ashmore Investment Management.

Perusahaan ini masuk ke dalam jajaran perusahaan investasi terbaik dalam 5  tahun terakhir. Indikatornya yaitu pertumbuhan nilai aset dan juga jumlah dana kelolaan yang makin meningkat. Sampai dengan Desember 2021, nilai AUM yang mereka kantongi mencapai 26,5 Triliun.

9. Trimegah Asset Management

Meskipun tergolong baru, namun Perusahaan investasi Trimegah Asset Management merupakan salah satu pilihan manajer investasi.

Meskipun masih baru, namun perusahaan ini memiliki dana kelolaan reksa dana yang sudah cukup besar. Sampai dengan Desember 2021, setidaknya nilai AUM yang mereka miliki mencapai 26,5 Triliun.

10. Sucorinvest Money Market Fund

PIlihan lain untuk pengelolaan aset yakni Sucorinvest Money Market Fund. Perusahan ini juga sudah cukup berpengalaman dalam hal pengelolaan aset. Sampai dengan Desember 2021, setidaknya mereka memiliki nilai AUM mencapai 26,6 Triliun.

Mana Manajer Investasi Terbaik menurut kamu?

Itulah beberapa daftar manajer investasi yang bisa menjadi pilihan. Dengan menggunakan manajer investasi maka akan membantu kamu untuk mencapai tujuan investasi lebih cepat. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot untuk memperhatikan setiap aset yang kamu miliki. Kira-kira, mana manajer investasi yang terbaik untuk kamu coba?

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]