CSR adalah: Pengertian, Manfaat, Jenis dan Besar Anggarannya

Salah satu tanggung jawab yang dilakukan oleh perusahaan ke lingkungan yaitu dalam bentuk CSR. Mungkin masih banyak orang yang bingung dengan apa itu CSR? Secara sederhana, CSR terlihat melalui aktivitas yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk lingkungan yang umumnya di sekitar wilayah operasional mereka. Tujuan CSR ini biasanya untuk suatu kegiatan yang bermanfaat.

Memahami apa itu CSR dan Manfaatnya

Apa itu CSR

CSR merupakan kependekan dari Corporate Social Responsibility. Dalam hal ini, pengertian CSR adalah bentuk pertanggungjawaban sosial dari perusahaan kepada setiap stakeholder dan juga seluruh pihak lain yang memiliki kepentingan. Tiap pihak yang dimaksud di sini termasuk pemegang saham, karyawan perusahaan, konsumen, pemerintahan, dan juga masyarakat dan lingkungan sekitar yang ada di lingkup perusahaan tersebut.

Bentuk tanggung jawab ini juga bisa perusahaan lakukan dalam banyak hal dan kegiatan, seperti aktivitas sosial, ekonomi, maupun untuk lingkungan. Yang jelas, program ini merupakan kegiatan positif yang perusahan lakukan sebagai bentuk timbal balik untuk lingkungan dan pihak lain di sekitarnya.

Manfaat CSR

CSR direalisasikan dengan beberapa program kegiatan, program yang satu ini tentunya akan memiliki manfaat baik bagi perusahaan maupun masyarakat dan lingkungan. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan perusahaan atau masyarakat dapatkan dari program ini

Manfaat CSR untuk Perusahaan

beberapa manfaat yang akan perusahaan dapatkan dari program CSR antara lain:

1. Meningkatkan Citra atau Image Perusahaan di Mata Masyarakat

Salah satu manfaat utama dari program ini yaitu bisa meningkatkan citra perusahaan di mata masyarakat. Maka masyarakat sekitar juga akan ikut merasakan dampak positif dari perusahaan tersebut. Dalam beberapa kasus, cara ini juga bisa membangun citra yang baik bagi perusahaan.

2. Potensi untuk Menjalin Kerja Sama dengan Pihak Lain

CSR juga menjadi salah satu cara yang juga bisa perusahaan lakukan untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain. Hal ini bisa terjadi ketika bentuk program yang diberikan membutuhkan pihak lain juga untuk membantu. Dalam kasus ini, biasanya selain sama-sama memberikan bantuan, antar perusahaan tersebut juga bisa menjalin kerja sama lebih lanjut yang menguntungkan kedua belah pihak.

3. Menjadi Pembeda antara Satu Perusahaan dengan Kompetitor yang Lain

Program ini juga bisa menjadi cara untuk membuat awareness masyarakat terhadap suatu brand meningkat. Terutama ketika program bantuan ini dilakukan secara masif. Biasanya, apa yang dibuat oleh perusahaan tersebut akan melekat dengan image perusahaan tersebut di mata masyarakat.

4. Memperkuat Brand Perusahaan di Mata Masyarakat

Hal lain yang juga menjadi manfaat dari program ini bagi perusahaan yaitu bisa meningkatkan brand tersebut di mata masyarakat. Tentunya berkaitan dengan citra atau image perusahaan yang juga meningkat. Kegiatan pemberian bantuan ini juga bisa menjadi cara promosi yang cukup baik.

Manfaat CSR untuk Masyarakat

Selain untuk perusahaan, kegiatan dan program ini juga akan sangat bermanfaat untuk masyarakat. Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah:

1. Meningkatkan Kapasitas Sumber Daya Manusia

Salah satu program CSR yang banyak perusahaan lakukan adalah dengan memberikan pelatihan sosial dan juga pendidikan. Manfaat dari kegiatan ini salah satunya adalah bisa meningkatkan kualitas dan kapasitas dari sumber daya manusia yang ada di sekitar perusahaan tersebut.

2. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

Banyak perusahaan yang memberikan program ini dengan cara menciptakan lapangan kerja baru. Dengan cara ini maka manfaat yang bisa masyarakat dapatkan salah satunya adalah meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup yang mereka miliki.

3. Meningkatkan Kelestarian Lingkungan

Kelestarian lingkungan di sini baik berupa hal fisik maupun non fisik. Dalam hal fisik, mungkin kamu pernah melihat perusahaan yang melakukan program ini dengan cara penanaman pohon, perbaikan saluran air, perbaikan jalan, dan lainnya. Sementara untuk kelestarian non fisik, contohnya seperti kelestarian budaya. Dalam hal ini, dana bantuan yang perusahaan berikan akan banyak membantu pelestarian budaya tersebut agar tetap terjaga.

4. Membangun dan Memelihara Fasilitas Umum dan Fasilitas Khusus untuk Sosial

Yang bisa masyarakat rasakan manfaat lainnya dari kegiatan CSR yaitu terciptanya fasilitas umum dan khusus yang memadai. Banyak sekali kegiatan dari program ini yang bertujuan untuk hal tersebut, seperti membangun akses air bersih, membangun akses kesehatan, dan lainnya.

Jenis-jenis CSR

Dalam pelaksanaanya, CSR ada beberapa jenis, seperti:

1. Cause Promotions

Ini merupakan salah satu jenis CSR yang perusahaan lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan suatu masalah. Selain itu, tujuan lain dari CSR ini menjadi media promosi bagi perusahaan. Nantinya, perusahaan akan memberikan bantuan dalam bentuk sumbangan dana ataupun sumberdaya dalam mendukung kegiatan sosial yang bisa berupa donasi ataupun kegiatan community service.

2. Cause Related Marketing

Jenis yang kedua yaitu cause related marketing. Pengertian CSR jenis ini, perusahaan akan memberikan beberapa persen keuntungan yang mereka dapatkan dari penjualan produk tertentu untuk membantu masalah sosial yang ada. Nantinya, dana yang ada akan perusahan berikan pada pihak lain yang terlibat atau yang membutuhkan

3. Corporate Social Marketing

Pelaksanaan CSR lainnya yaitu corporate social marketing. Dalam jenis ini, tujuan besar yang ingin perusahaan lakukan yakni membantu dan mendukung masyarakat sekitar untuk berubah menuju arah yang lebih baik. Bentuk dukungan yang perusahaan berikan pun cukup beragam, dari mulai edukasi masalah kesehatan, kesejahteraan, keamanan, dan lainnya.

4. Corporate Philanthropy

Jenis ini dimana perusahaan akan memberikan CSR dengan cara memberikan kontribusi langsung. Biasanya perusahaan akan mencairkan sejumlah dana dan memberikan langsung dalam bentuk donasi, program charity, pemberian sumbangan, dan lainnya.

5. Community Volunteering

Jenis CSR ini juga sering perusahaan wujudkan dengan melakukan community volunteering. Dimana perusahaan akan memberikan layanan terhadap lingkungan sekitar. Biasanya, perusahaan juga akan melibatkan karyawannya sebagai relawan untuk ikut membantu dalam kegiatan tersebut.

Berapa Besar Anggaran Dana CSR

Pertanyaan selanjutnya yang mungkin banyak orang tanyakan tentang CSR yaitu berapa besaran dana yang perlu dikeluarkan? Jika merujuk pada UU No 47 Tahun 2012 tentang PT dan PP maka sebenarnya besaran dana CSR tidak diatur dengan spesifik. Artinya, besaran dana ini akan tergantung pada kebijakan perusahaan. Meski demikian, besaran dana CSR ini tetap harus diperhitungkan, dianggarkan, dan dikeluarkan oleh perusahaan sesuai dengan kepatutan dan kewajaran. Hal ini sesuai dengan UU No tahun 2007.

Baca Juga: Berapa Anggaran CSR yang Wajib Dikeluarkan Perusahaan?

Selain berdasarkan UU yang berlaku, sebenarnya besaran dana CSR ini juga akan tergantung pada peraturan daerah masing-masing. Beberapa daerah ada yang menetapkan berapa besaran dana CSR yang perlu perusahaan keluarkan. Ketetapan itu sendiri akan diatur dalam perda yang berlaku di daerah tersebut.

Itulah beberapa hal tentang pengertian CSR yang perlu kamu pahami. Sebagai salah satu bentuk tanggung jawab, CSR menjadi salah satu kewajiban yang wajib perusahaan lakukan karena menjadi semacam timbal balik yang perusahaan berikan kepada lingkungan sekitar.

Baca Juga:
Badan Usaha adalah: Pengertian dan Bentuknya
Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan
Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]