Cryptocurrency adalah: Pengertian, Cara Kerja dan Jenisnya

Cryptocurrency menjadi sesuatu yang belakangan ini sangat marak orang bicarakan. Istilah cryptocurrency bukanlah hal baru terutama bagi generasi millenial dan gen z yang mungkin lebih banyak mengetahui tentang perkembangan teknologi dan investasi.

Secara umum, orang mengetahui cryptocurrency sebagai sebuah mata uang digital yang kemudian bisa digunakan untuk transaksi secara digital atau dijadikan investasi.

Harga dan juga karakteristik cryptocurrency sangatlah beragam, untuk lebih mengenal tentang cryptocurrency tersebut, mari kita bahas bersama mulai dari pengertiannya, fungsi, cara kerja, jenis, kelebihan dan juga kekurangannya.

apa itu Cryptocurrency

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk alat transaksi, menggunakan kriptografi sehingga sulit untuk dipalsukan. Crypto merupakan sebuah mata uang yang hampir sama seperti dollar atau rupiah, hanya saja tidak memiliki bentuk fisik, namun tetap dapat kamu jadikan sebagai aset digital.

Meskipun tidak memiliki bentuk fisik, namun mata uang digital ini tetap sah sebagai alat tukar untuk beberapa jenis transaksi. Mata uang digital ini biasa digunakan untuk membeli beberapa aset digital seperti pembelian barang secara online, atau sering juga digunakan untuk membeli jenis mata uang digital yang berbeda.

Baca Juga:
Apa itu Kriptografi
Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Fungsi Cryptocurrency

Sebagai alat tukar yang sah, cryptocurrency memiliki beberapa fungsi yang kini sudah umum untuk atau sering digunakan. Berikut ini beberapa fungsi cryptocurrency yang perlu kamu ketahui:

1. Untuk Membeli Barang atau Jasa

Fungsi mata uang digital yang pertama tentunya sebagai alat pembayaran untuk membeli barang atau jasa. Hingga saat ini, sudah banyak toko atau tempat belanja yang memberlakukan atau menerima mata uang digital ini sebagai alat pembayaran terhadap barang atau jasa yang mereka jual, contohnya seperti Overstock dan Newegg.

Selain hal tersebut, mata uang digital ini bahkan sudah bisa digunakan di berbagai restoran, hotel, aplikasi perjalanan wisata, dan bahkan kini telah ada universitas yang menerima mata uang digital ini sebagai alat pembayaran mereka.

Namun tidak semua jenis mata uang digital ini diterima, hingga saat ini hanya Bitcoin sajalah yang diterima untuk melakukan semua hal tersebut.

2. Sebagai Bentuk Investasi

Fungsi mata uang digital yang kedua yaitu sebagai media atau bentuk investasi. Bentuk investasi uang digital ini kurang lebih sama seperti investasi pada umumnya, dimana ketika harga cukup rendah, kamu dapat membelinya. Lalu setelah harga sedang naik, kamu dapat menjualnya kembali.

Mata uang digital ini termasuk jenis investasi dengan resiko yang cukup tinggi. Pada awal kemunculannya, banyak orang yang mendadak kaya karena berinvestasi di uang digital ini dengan menikmati kenaikan harga yang terjadi di pasar. Namun kini bentuk investasi uang digital ini sudah tidak sepesat ketika muncul beberapa tahun yang lalu.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

3. Mining

Fungsi mata uang digital ini yang selanjutnya yakni mining. Mining adalah istilah yang didasarkan pada kegiatan ‘menambang’ untuk mendapatkan aset uang digital ini. Istilah tersebut merujuk pada kegiatan untuk memecah teka-teki cryptocurrency untuk meningkatkan aset cryptocurrency.

Untuk memecahkan teka-teki tersebut tidaklah mudah, kamu membutuhkan daya komputasi yang tidaklah sedikit. Semakin besar daya komputasi yang kamu miliki maka akan semakin besar juga kesempatan kamu untuk memecahkan teka-teki tersebut.

Cara Kerja Cryptocurrency

Cryptocurrency bisa dikatakan sebagai alat pembayaran yang hampir sama dengan alat pembayaran uang secara fisik saat ini. Perbedaannya yaitu untuk mata uang ini tidak ada pihak sentral yang mengatur jumlah peredaran mata uang ini.

Hal tersebut karena cara kerja mata uang digital ini yaitu ketika terjadinya suatu transaksi dengan menggunakan cryptocurrency, maka untuk transaksi tersebut akan menghasilkan bukti kriptografi yang telah diverifikasi dan dicatat dalam blockchain.

Baca Juga: Apa itu Blockchain dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jenis-Jenis Cryptocurrency

Setelah mengenal apa itu cryptocurrency, fungsi dan juga bagaimana cara kerja uang digital tersebut, kini saatnya kamu mengetahui apa sajakah jenis-jenis mata uang digital ini. Saat ini ada berbagai macam jenis cryptocurrency yang ada di masyarakat, dan berikut ini beberapa jenis cryptocurrency yang paling dipercaya oleh masyarakat:

1. BItcoin

Jenis cryptocurrency yang pertama yaitu Bitcoin. Bitcoin adalah jenis mata uang digital yang paling terkenal sekaligus jenis mata uang digital pertama yang dikenal oleh banyak orang-orang pada umumnya.

Bitcoin sendiri pertama kali muncul pada tahun 2009 melalui sebuah pihak yang bernama Satoshi Nakamoto. Lalu pada tahun 2019 setidaknya ada 18 juta Bitcoin yang diperdagangkan. Hingga kini lebih dari 50% jenis mata uang digital adalah Bitcoin.

Baca Juga: Apa itu Bitcoin?

2. Litecoin

Jenis cryptocurrency yang kedua yaitu Litecoin. Litecoin pertama kali hadir pada tahun 2011 sebagai mata uang P2P atau peer to peer. Jenis mata uang digital ini memiliki kecepatan yang lebih cepat dan telah menghadirkan blok baru yang akan menghasilkan blockchain. Karena hal tersebut, Litecoin juga tidak memerlukan sistem komputasi yang powerfull.

Baca Juga: Apa itu Litecoin

3. Dogecoin

Jenis cryptocurrency yang berikutnya yaitu Dogecoin. Sesuai dengan namanya, Dogecoin memiliki logo sebuah anjing. Dogecoin terkenal karena komunitasnya yang sering melakukan berbagai hal positif seperti melakukan amal dan juga donasi. Selain hal tersebut, dogecoin juga terkenal lebih murah jika membandingkannya dengan Bitcoin.

4. BitcoinCash

Jenis cryptocurrency yang selanjutnya yaitu BitcoinCash. BitcoinCash pertama kali meluncur pada Agustus 2017. Meskipun termasuk jenis mata uang digital ini masih baru, BitcoinCash sudah termasuk ke dalam jenis mata uang digital terbaik.

BitcoinCash hadir karena ada beberapa pihak yang tidak setuju dengan peraturan dari Bitcoin. Beberapa pihak yang tidak setuju ini kemudian berpisah dari Bitcoin dan memutuskan untuk membuat mata uang sendiri yang kemudian mereka beri nama BitcoinCash.

Baca Juga: Apa itu Bitcoincash

Kelebihan Cryptocurrency

Sebagai mata uang digital yang telah banyak digunakan oleh masyarakat, cryptocurrency tentunya memiliki beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui. Berikut ini beberapa kelebihan dari mata uang digital:

1. Bersifat Universal

Kelebihan mata uang digital pertama yaitu bersifat universal. Hal tersebut karena siapapun bisa membeli mata uang digital ini. Selain hal tersebut, untuk parameter yang menjadi tolak ukur untuk nilai tukar juga lebih mudah dan tidak sebanyak mata uang konvensional pada umumnya.

2. Transaksi Dapat Dilakukan dengan Cepat

Kelebihan mata uang digital yang kedua yaitu untuk melakukan transaksi dapat kamu lakukan dengan cepat. Sebagai contoh, apabila kamu akan melakukan transaksi antara bank internasional, maka hal tersebut bisa menghabiskan waktu sampai hitungan hari. Lain hal dengan mata uang digital ini, transaksi dapat terlaksana dalam hitungan menit.

3. Bisa Dikontrol Secara Pribadi

Kelebihan mata uang digital ini yang selanjutnya yaitu bisa kamu kontrol secara pribadi. Ketika kamu menggunakan mata uang digital ini dan bahkan memutuskan untuk berinvestasi, maka kamu dapat bekerja secara mandiri dan bertanggung jawab terhadap aset yang yang kamu miliki

Baca Juga: Aset adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Kekurangan Cryptocurrency

Setelah mengetahui apa saja kelebihan dari mata uang digital ini, tentunya mata uang digital ini juga memiliki kekurangannya tersendiri. Berikut ini beberapa kekurangan dari cryptocurrency tersebut:

1. Terjadinya Kejahatan

Saat kamu melakukan transaksi mata uang digital ini, maka kamu tidak dapat mengetahui dengan siapa kamu melakukan transaksi. Kamu hanya dapat melihat informasi berupa angka seperti berapa harga mata uang digital tersebut dan lain sebagainya. Karena hal tersebut, mata uang digital ini bisa saja menjadi tempat pencucian uang atau berbagai hal yang bisa melanggar hukum.

2. Dianggap Ilegal

Meskipun mata uang digital ini bukan hal baru di masyarakat, namun masih saja tetap ada yang berpendapat bahwa mata uang digital ini adalah hal yang ilegal. Hal tersebut juga karena ada beberapa negara yang tidak memberikan izin untuk menggunakan sarana transaksi mata uang digital tersebut.

Apakah Kamu Tertarik Investasi Cryptocurrency?

Itulah beberapa informasi tentang cryptocurrency. Cryptocurrency merupakan sebuah aset mata uang digital yang kini sudah banyak sekali orang yang mengetahuinya. Berdasarkan informasi tersebut, apakah kamu tertarik dengan mata uang digital ini?

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]