Contoh Surat Penawaran Barang

Ada banyak jenis surat yang digunakan dalam dunia bisnis, salah satunya surat penawaran barang. Bila kamu merupakan seorang pengusaha pasti sudah tak asing lagi dengan salah satu jenis surat formal ini. Apalagi jika kamu kerap menjalankan transaksi bisnis dengan pihak luar, maka penting untuk memahami contoh surat penawaran barang.

Pasalnya, dokumen ini bisa membantu kamu dalam membangun kerjasama yang menguntungkan untuk bisnis kamu. Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai surat ini, yuk simak artikel berikut!

Contoh surat penawaran barang

Apa Itu Surat Penawaran Barang?

Surat penawaran barang adalah jenis surat resmi yang dibuat untuk kegiatan usaha dengan menawarkan produk dari produsen kepada pelaku usaha lain. Dokumen ini tergolong sebagai contoh surat resmi yang penting dalam dunia bisnis.

Selain itu, surat ini digunakan tidak hanya untuk kegiatan bisnis tetapi juga untuk perusahaan yang akan bekerjasama dengan perusahaan lain dalam bidang yang sama. Pada umumnya, dokumen ini diterbitkan setelah surat permintaan barang atau jasa dari calon pelanggan kepada distributor.

Jadi, distributor akan memberikan surat negosiasi kepada calon konsumen. Surat tersebut dapat menjadi media kerjasama dalam kegiatan ekonomi dan perdagangan bisnis antara distributor dan konsumen.

Sering kali bisnis atau perusahaan baru menggunakan surat ini dengan tujuan untuk memperkenalkan bisnis atau produk mereka kepada pihak lain. Dalam surat tersebut kamu bisa mencantumkan penjelasan mengenai produk atau jasa yang kamu tawarkan, keunggulannya, serta rincian harganya.

Baca Juga: Distributor adalah: Perbedaannya dengan Supplier, Agen dan Reseller

Tujuan Surat Penawaran Barang

Secara garis besar, tujuan dibuatnya surat ini sebagai media untuk memberikan penjelasan atau deskripsi tentang suatu produk beserta rincian harganya. Dengan adanya surat ini, pihak yang kamu ajak kerjasama jadi lebih mudah untuk memahami barang yang kamu tawarkan.

Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk bisa memperkenalkan produk dan bisnis kamu kepada pihak luar sekaligus meyakinkan mereka untuk menjalin kerjasama yang saling menguntungkan. Dengan kata lain, surat ini juga bertujuan sebagai perantara untuk mencapai kesepakatan transaksi antara dua belah pihak yang bekerjasama.

Komponen dalam Surat Penawaran Barang

Ada beberapa komponen penting yang perlu kamu ketahui tentang surat penawaran barang sebelum kamu hendak membuatnya. Nah, berikut ini beberapa komponen yang harus ada:

1. Nama Perusahaan dan Bidang Usaha yang Kamu Jalankan

Nama perusahaan merupakan hal yang penting untuk dilampirkan dalam surat penawaran barang. Dengan mencantumkan nama perusahaan dan profil yang singkat akan memudahkan calon pelanggan untuk mengetahui jenis perusahaan yang kamu jalankan.

2. Kualitas dan Merek Produk

Dengan memberikan informasi tentang kualitas produk yang kamu tawarkan, konsumen akan tahu manfaat apa yang bisa mereka dapatkan dari produk atau bisnis kamu. Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk menjelaskan bahwa distributor telah menjamin kualitas produk.

Mencantumkan merek produk juga merupakan hal yang tidak boleh Kamu lewatkan. Pasalnya, pelanggan jadi bisa membedakan produk kamu dengan produk pesaing melalui merek.

3. Harga Produk yang Kamu Tawarkan

Dalam hal membuat surat negosiasi produk, kamu wajib mencantumkan komponen yang satu ini, yaitu harga. Dengan mencantumkan rincian harga produk, konsumen bisa yakin apakah harga yang ditawarkan sepadan dengan manfaat dan keuntungan yang akan mereka dapatkan dari transaksi jual beli produk kamu.

Apalagi setiap calon konsumen pasti menginginkan harga terbaik untuk produk yang akan dibelinya. Terutama calon konsumen yang membeli dalam jumlah banyak, maka pemberian harga khusus untuk produk tersebut menjadi hal wajib.

4. Metode Pembayaran Produk

Tidak semua calon pelanggan ingin membayar penuh pada awalnya. Maka dari itu, memberikan beberapa metode pembayaran seperti uang muka, pembayaran di tempat (COD), atau pembayaran tunai juga harus kamu cantumkan dalam contoh surat penawaran barang.

5. Lampiran Detail Produk

Dalam membuat surat negosiasi produk ini, jangan lupa untuk melampirkan informasi yang berisi detail produk yang kamu tawarkan secara lengkap. Pasalnya, lampiran ini bisa jadi cara yang ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan terhadap produk atau bisnis kamu.

6. Penawaran Diskon atau Promo

Sebagaimana telah disinggung pada poin sebelumnya, bahwa penting untuk memberikan tawaran diskon atau potongan harga jika ada pelanggan yang membeli produk kamu dalam jumlah yang banyak. Dengan mencantumkan penawaran menarik ini, calon pelanggan akan jadi lebih tertarik untuk melakukan pembelian.

Jangan lupa untuk mencantumkan penjelasan mengenai berbagai kemudahan yang bisa kamu tawarkan bila calon pelanggan akan membeli produk kamu. Misalnya dengan menawarkan gratis ongkos kirim, garansi, service gratis, bonus item, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Menghitung Diskon dengan Rumus dan Contohnya

Contoh Surat Penawaran Barang

Supaya kamu lebih jelas dalam memahami bagaimana contoh surat negosiasi produk yang baik dan benar, perhatikan beberapa contohnya berikut ini:

1. Penawaran Produk Kemasan Galon

Contoh surat Penawaran Produk Kemasan Galon

Sumber: artikel.rumah123.com

Contoh surat penawaran barang yang pertama yaitu penawaran kemasan galon dan sewa dispenser kepada pihak yang membutuhkan produk tersebut. Pada contoh surat di atas bisa kamu lihat bahwa surat tersebut mencantumkan komponen dengan cukup lengkap.

2. Surat Penawaran Buku Sekolah

Contoh Surat Penawaran Buku Sekolah

Sumber: nesabamedia.com

Pada contoh surat penawaran barang selanjutnya, bisa kamu lihat bahwa Penerbit Haruka sebagai pihak pertama ingin menawarkan barang berupa buku sekolah kepada kepala sekolah sebagai pihak kedua. Meskipun tak mencantumkan harga pada isi surat, namun pihak pertama tak lupa melampirkan daftar buku beserta harganya.

Ini karena mungkin daftar buku yang ditawarkan Penerbit Haruka jumlahnya cukup banyak dan masing-masing buku memiliki rincian harga yang berbeda. Maka dari itu, pada surat tertulis bahwa Penerbit Haruka menyertakan lampiran yang berisi daftar buku-buku yang mereka miliki beserta harganya.

3. Surat Penawaran Sebidang Tanah

Contoh Surat Penawaran Sebidang Tanah

Sumber : 99.co

Surat negosiasi produk juga bisa kamu gunakan untuk menawarkan sebidang tanah, tidak hanya sebatas produk. Seperti pada contoh di atas bahwasannya Bapak Wiranto sebagai pihak pertama menawarkan sebidang tanah kepada PT. Kusuma sebagai pihak kedua agar tertarik membeli tanahnya.

Selain mencantumkan deskripsi dan lokasi tanah, Bapak Wiranto juga menyebutkan beberapa keunggulan tanah tersebut untuk meyakinkan pihak kedua. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian pihak kedua untuk membeli tanah tersebut dari pihak pertama.

4. Surat Penawaran Produk Sepatu

Contoh Surat Penawaran Produk Sepatu

Sumber: ekrut.com

Contoh selanjutnya berupa surat untuk menawarkan produk sepatu. Hampir mirip dengan contoh sebelumnya, kamu bisa lihat bahwa pihak pertama mencantumkan komponen surat penawaran secara lengkap. Mulai dari identitas perusahaan, merek produk, harga, lampiran, hingga kontak yang bisa dihubungi.

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

Sudah Paham Contoh Surat Penawaran Barang dalam Bisnis?

Nah, demikianlah artikel tentang contoh surat penawaran barang beserta definisi, tujuan, dan komponennya yang perlu kamu pahami sebelum melakukan transaksi dengan pihak luar. Yang tak kalah penting dalam membuat surat ini yaitu pastikan kamu mencantumkan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan. Semoga bermanfaat!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]

News

Dalam dunia investasi, salah satu istilah yang paling umum digunakan yakni emiten. Apa itu emiten? […]