Contoh Surat Paklaring dan Fungsinya

Bagi Kamu yang sudah lama bekerja pada suatu perusahaan atau lembaga, Kamu perlu memahami bagaimana contoh surat paklaring yang baik beserta fungsi dokumen tersebut. Pasalnya, surat ini dapat Kamu gunakan jika Kamu telah memutuskan untuk mencari pekerjaan yang lebih baik di perusahaan lain.

Melalui surat ini, proses mendapatkan pekerjaan baru akan jadi lebih lancar karena berisi tentang penilaian perusahaan terhadap kontribusi Kamu selama bekerja. Nah, seperti apa contoh surat paklaring yang baik dan apa saja fungsinya? Yuk, cari tahu informasinya lebih lanjut melalui artikel di bawah ini.

Contoh Surat Paklaring

Apa Itu Surat Paklaring?

Surat paklaring adalah sebuah dokumen yang isinya menunjukkan pengalaman individu yang pernah bekerja dan berkontribusi pada perusahaan atau lembaga di posisi tertentu. Pengalaman yang dimaksud meliputi jenjang karir, kualitas kinerja, prestasi, dan lain-lain, mulai dari awal hingga akhir masa kerja.

Bagi orang yang masih awam mungkin kerap menyebutnya dengan istilah surat pengalaman kerja, referensi atau rekomendasi tempat kerja sebelumnya. Namun, surat paklaring punya fungsi yang lebih dari surat keterangan saja.

Dengan surat ini, perusahaan baru yang Kamu lamar dapat mengetahui kualitas kerja, kapasitas, hingga kontribusi Kamu selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Maka dari itu, Kamu bisa melampirkan dokumen ini saat memutuskan untuk melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga baru.

Fungsi Surat Paklaring

Selain dapat mempermudah Kamu dalam mendapatkan pekerjaan baru, berkas ini juga memiliki fungsi untuk beberapa hal, di antaranya:

1. Mengurus BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai karyawan yang bekerja di perusahaan, penting bagi Kamu untuk memiliki surat paklaring guna mengurus BPJS Ketenagakerjaan. Dengan demikian, Kamu dapat mencairkan dana JHT (jaminan Hari Tua) jika sudah tiba waktunya.

Pasalnya, dana JHT baru bisa Kamu cairkan bila Kamu telah mengantongi BPJS Ketenagakerjaan. Dan untuk memperoleh kartu ini, syarat yang dibutuhkan yaitu surat paklaring yang telah dilegalisir perusahaan sebagai pengganti surat keterangan kerja.

Baca Juga:
BPJS Ketenagakerjaan: Cara Daftar dan Mencairkannya via Online
Dana pensiun adalah: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Perhitungannya

2. Melamar Pekerjaan di Perusahaan Baru

Dalam berkarir, tentu ada saatnya Kamu ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau bekerja di perusahaan yang lebih besar. Nah, beberapa perusahaan besar maupun startup yang berkembang umumnya akan meminta Kamu untuk melampirkan berkas ini saat mengirimkan CV atau setelah wawancara kerja.

Itu karena perusahaan ingin memastikan bahwa Kamu terbukti pernah bekerja pada perusahaan yang Kamu sebutkan. Jadi, usahakan untuk memiliki surat paklaring jika Kamu melamar ke perusahaan yang lebih besar, apalagi dengan jabatan yang lebih tinggi.

Baca Juga: Mengenal Bisnis Startup: Peluang dan Tips untuk Memulainya

3. Syarat Pengajuan Kartu Kredit atau Pinjaman Bank

Bagi Kamu yang ingin mengajukan pinjaman dana, seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan lain-lain kepada bank, maka pihak bank akan meminta dokumen ini sebagai persyaratan pengajuan. Jadi, pihak bank dapat memastikan bahwa Kamu berstatus sebagai karyawan yang berpenghasilan tetap.

Dengan demikian pula, pihak bank dapat mengetahui kemampuan finansial Kamu dan yakin bahwa Kamu mampu membayar angsuran setiap bulan. Persyaratan serupa juga berlaku bagi Kamu yang ingin mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit.

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

4. Melamar Beasiswa

Sepanjang perjalanan meniti karir, tak menutup kemungkinan ada masanya Kamu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Misalnya melanjutkan kuliah S2, S3, atau beasiswa penelitian dari pihak pemerintah maupun swasta.

Biasanya peluang untuk mendapatkan beasiswa akan semakin besar bila Kamu memiliki pengalaman bekerja dan berorganisasi. Nah, untuk meningkatkan peluang tersebut Kamu bisa menggunakan dokumen ini untuk mendapatkan beasiswa incaran Kamu.

Jadi, selain menyertakan sertifikat TOEFL atau IELTS, Kamu juga bisa melampirkan paklaring guna meyakinkan pihak pemberi beasiswa bahwa Kamu pantas menerima kesempatan tersebut. Surat ini juga bisa sebagai bukti rekomendasi dari atasan bahwa Kamu punya kualitas dan kapasitas yang mumpuni untuk mendapatkan beasiswa.

Struktur Surat Paklaring

Sebelum membuat paklaring, ada beberapa informasi yang harus Kamu lampirkan, di antaranya:

1. Kop Surat

Dalam paklaring, bagian yang wajib untuk Kamu cantumkan yaitu kop surat dari perusahaan tempat Kamu bekerja sebelumnya. Tujuannya sebagai bukti bahwa surat tersebut memang dibuat atau dikeluarkan oleh perusahaan tersebut.

2. Nomor Surat

Kamu perlu mencantumkan nomor surat dalam dokumen ini supaya perusahaan lebih mudah dalam mengarsipkannya. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu dibutuhkan, perusahaan dapat mencari surat paklaring Kamu dengan lebih mudah.

3. Pengesahan

Jangan lupa untuk mencantumkan bagian ini saat Kamu membuat surat paklaring. Bagian pengesahan harus benar-benar dilakukan oleh atasan Kamu atau orang lain yang memang memiliki kewenangan untuk mengesahkan surat ini.

4. Isi Surat

Pada bagian ini, Kamu harus memberikan informasi yang berkaitan dengan identitas Kamu sebagai karyawan di perusahaan sebelumnya. Informasi tersebut mencakup lokasi kerja, jabatan, lama bekerja, alasan berhenti kerja, serta beberapa identitas pribadi lainnya.

5. Tanda Tangan atau Stempel

Bagian terakhir dari surat paklaring adalah tanda tangan atau stempel. Pihak yang membubuhi stempel atau tanda tangan haruslah dari pihak yang memiliki otoritas atau wewenang untuk mengeluarkan surat tersebut. Pemberian stempel serta tanda tangan ini berfungsi sebagai bukti legalitas dari penerbitan dokumen ini.

Contoh Surat Paklaring

Supaya Kamu lebih jelas dalam memahami bagaimana contoh surat paklaring yang baik, perhatikan contohnya di bawah ini:

Contoh 1

Contoh Surat Paklaring seorang Design Grafis

Sumber: flickr.com

Contoh 2

Contoh Surat Paklaring seorang Manajer

Sumber: hashmicro.com

Contoh 3

Contoh Surat Paklaring seorang Project Manajer

Sumber: contohsurat.my.id

Sudah Tahu Bagaimana Contoh Surat Paklaring yang Baik?

Nah, demikianlah penjelasan mengenai contoh surat paklaring beserta fungsinya yang wajib Kamu pahami. Pastikan Kamu memiliki dokumen ini untuk memperoleh kemudahan dalam berkarir, ya!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]