Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris, Struktur & Tipsnya

Kamu yang baru lulus kuliah pasti lagi gencar mencari info lowongan pekerjaan, kan? Nah, supaya lamaran lebih dilirik oleh personalia, coba deh buat dalam Bahasa Inggris. Kamu tidak perlu khawatir meskipun nggak jago banget Bahasa Inggris karena banyak referensi surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang bisa kamu contoh.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Apakah Harus Menggunakan Bahasa Inggris?

Haruskah membuat lamaran dalam Bahasa Inggris? Tergantung. Jika perusahaan yang menerbitkan lowongan meminta persyaratan tersebut, maka kamu pun wajib memenuhinya. Jika kamu tetap membuat lamaran menggunakan Bahasa Indonesia, kemungkinan besar kamu tidak lolos seleksi awal.

Kamu tetap bisa menggunakan lamaran dalam Bahasa Inggris meskipun tidak tercantum dalam persyaratan. Kemampuan bahasa asing akan menjadi point plus dalam persaingan dunia kerja karena dapat menunjang kelancaran dalam berkomunikasi.

Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja

Supaya surat lamaran yang kamu buat terlihat lebih keren, formal, dan profesional, boleh simak struktur penulisan yang benar sebagai berikut:

1. Kepala Surat – Heading

Langkah pertama dalam menulis surat yaitu membuat bagian kepala atau heading. Informasi yang harus kamu tulis pada heading yaitu informasi pengirim dan juga informasi perusahaan yang akan kamu lamar.

Beberapa informasi pengirim yaitu meliputi nama lengkap, alamat tempat tinggal, nomor kontak yang bisa dihubungi, dan alamat email. Sedangkan informasi perusahaan cukup memuat nama recruiter, jabatan, dan alamat perusahaan.

Contoh surat lamaran kerja Bahasa Inggris di bawah ini bisa kamu jadikan referensi dalam menulis kepala surat atau heading.

HEADING Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Ruangguru.com

Baca Juga:
Tugas Utama dan Tanggung Jawab HRD di Perusahaan
Risiko Finansial adalah: Pengertian, Jenis dan Contohnya

2. Salam Pembuka – Opening Greeting

Penulisan salam pembuka dalam surat lamaran Bahasa Inggris sangat singkat dan sederhana. Supaya memberikan kesan hormat, profesional, dan formal, maka gunakan sapaan Mr./Mrs./Sir atau Madam dan diikuti oleh nama orang yang bersangkutan.

Salam pembuka tidak perlu terlalu panjang karena kamu bisa menggunakan dear lalu diikuti nama recruiter dan diakhiri dengan tanda koma. Contohnya kamu bisa menuliskan “Dear, Mr. Jonathan,”.

Selain menggunakan “dear”, kamu juga bisa menuliskan salam pembuka seperti “With regards,” atau “To whom it may concern”.

Contoh salam pembuka menggunakan “dear”.

SALAM PEMBUKA Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Rimma.co
Lalu, contoh opening greeting menggunakan “to whom it may concern”.

Contoh SALAM PEMBUKA Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Kinobi.Asia

3. Paragraf Pembuka – Introductory Paragraph

Setelah menuliskan opening greeting, struktur surat lamaran kerja Bahasa Inggris berikutnya yaitu membuat paragraf pembuka. Kamu bisa mengawalinya dengan mengutarakan ketertarikanmu terhadap posisi yang ditawarkan oleh perusahaan.

Kamu juga bisa menambahkan informasi lain misalkan pengalaman kerja, magang, kepribadianmu dalam bekerja, dan kemampuan umum lainnya. Sampaikan dengan bahasa yang lugas sehingga terlihat padat dan mengena.

Perkenalan singkat tentang dirimu ini akan menjadi bahan pertimbangan penting bagi tim recruiter. Jika mereka merasa tertarik, maka kesempatan kamu lolos seleksi berikutnya cukup tinggi.

4. Isi – Highlighting Paragraph

Setiap membuat surat apapun, pasti harus mengandung paragraf isi. Paragraf isi pada contoh surat lamaran kerja dalam Bahasa Inggris yaitu menjelaskan skill khusus yang dimiliki pelamar dan sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Misal kamu melamar sebagai seorang pengajar Bahasa Inggris di lembaga ternama. Nah, kamu bisa memberikan keterangan yang lebih spesifik. Seperti kamu terbiasa mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak, mengajar TOEFL preparation, atau keahlian lainnya.

Kamu bisa melihat contoh penulisan paragraf isi untuk surat lamaran kerja guru Bahasa Inggris.

CONTOH PARAGRAF Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Resumgenius.com

Baca Juga: Apa Itu TOEFL? Cara Belajar, dan Contohnya

5. Paragraf Penutup – Closing Paragraph

Sebelum mengakhiri penulisan surat lamaran kerja Bahasa Inggris, kamu perlu membuat paragraf penutup. Selain bisa membuat surat terlihat lebih rapi dan formal, bagian penutup ini memiliki fungsi untuk menyampaikan rasa terima kasih.

Kamu bisa menuliskan rasa terima kasih karena tim recruiter telah menerima surat lamaranmu. Penulisan ucapan terima kasih juga harus singkat sehingga tidak memberikan kesan yang berlebihan. Tambahkan pula bahwa kamu tertarik menantikan kabar selanjutnya dari recruiter. 

Nah, kamu bisa melihat referensi berikut untuk membuat paragraf penutup.

PENUTUP Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
Kickresume.com

6. Tanda Tangan – Signature

Struktur terakhir dalam menulis surat yaitu menggunakan tanda tangan sebagai penutup. Kamu juga harus menuliskan nama terang tepat di bawah tanda tangan. Nah, tata cara penulisan surat pun selesai dan siap dikirimkan ke perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

Tips Penting dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Selain penting untuk mengetahui struktur penulisan surat yang baik dan benar, kamu juga perlu tahu beberapa tips dalam membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris. Silahkan ikuti tips-tipsnya sebagai berikut:

1. Riset Perusahan

Saat kamu menemukan lowongan pekerjaan dan tertarik untuk melamarnya, maka lakukan riset terlebih dahulu. Menggali informasi lebih dalam tentang perusahaan tersebut akan membuatmu lebih mudah dalam menuliskan surat lamaran.

Selain mencari tahu tentang profil perusahaan, kamu juga harus mendapatkan informasi tentang tim recruiter. Nama perekrut bisa dikatakan cukup penting jika kamu ingin membuat surat lamaran yang terlihat profesional dan well prepared. 

Kamu juga harus teliti saat menuliskan nama dan jabatan karena kesalahan penulisan bisa membuat orang yang bersangkutan tersinggung. Mencantumkan detail nama dan jabatan recruiter ini tentu akan lebih berkesan karena kamu tidak sekedar membuat surat dari template yang sudah ada.

2. Bahasa Formal

Penulisan surat lamaran kerja Bahasa Inggris pun juga harus menggunakan bahasa formal supaya memberikan kesan sopan dan profesional. Sebaiknya kamu menghindari menggunakan singkatan seperti I’m, gonna, don’t dan singkatan lainnya karena hal ini dinilai kurang formal.

Kamu juga bisa memilih diksi yang sesuai dengan latar belakang pekerjaan yang akan kamu lamar. Namun demikian, tetap usahakan diksi yang kamu gunakan tidak membuat kalimat terkesan kaku. Buatlah kalimat ekspresif yang dapat merepresentasikan karaktermu dengan baik.

3. Jangan Terlalu Panjang

Membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris yang terlalu panjang adalah hal yang perlu kamu hindari karena akan membuat tampilan surat tidak menarik. Selain itu, surat yang terlalu panjang juga akan lebih membosankan.

Tuliskan dengan bahasa yang runtut, jelas, dan juga padat. Meskipun kamu ingin memberikan banyak informasi tentang kemampuan dan pengalaman yang kamu miliki, namun bisa kamu buat secara garis besar saja. Kamu bisa membuatnya menjadi poin-poin sehingga lebih menarik.

Nah, jika tim recruiter penasaran dan ingin tahu informasi lebih detail, maka mereka akan menghubungi kamu.

4. Tujuan Melamar yang Jelas

Saat membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris, pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas sehingga tidak terkesan asal melamar begitu saja. Maksud dari tujuan yang jelas di sini yaitu menyebutkan secara spesifik posisi jabatan yang kamu lamar.

Perusahaan besar biasanya memiliki banyak posisi dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Nah, jika kamu hanya mencantumkan informasi sekedar ingin menjadi bagian karyawan perusahaan tersebut, tentu hal ini tidak spesifik dan tidak memiliki tujuan yang jelas.

5. Mencantumkan Motivasi & Tujuan

Kamu yang masih belum memiliki pengalaman kerja karena fresh graduate mungkin bingung dalam mencantumkan pengalaman kerja. Tenang, kamu bisa mencantumkan motivasi dan tujuan kamu mengapa melamar di perusahaan tersebut.

Supaya tim recruiter bisa mempertimbangkan potensi yang kamu miliki, maka kamu bisa memberikan informasi rencana jangka pendek atau jangka panjang jika diterima di perusahaan nanti.

Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan pencapaian dalam bidang akademis seperti jumlah IPK, lulus dengan predikat cum laude, dan lain-lain. Bahkan, kamu juga bisa menambahkan kegiatan yang kamu ikuti seperti organisasi atau komunitas.

Semakin banyak kegiatan yang pernah kamu ikuti, maka hal ini bisa menandakan bahwa kamu adalah orang yang dinamis dan suka mengeksplor sesuatu yang baru. Biasanya, orang yang seperti ini juga lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan tempat kerja karena sudah terbiasa mengemban tanggung jawab.

6. Proofreading

Jika penulisan surat lamaran kerja Bahasa Inggris sudah selesai, pastikan kamu melakukan proofreading terlebih dahulu. Supaya mudah dalam mengidentifikasi kesalahan penulisan atau grammar maka baca secara perlahan dan nyaring.

Kamu juga bisa menggunakan font huruf yang jelas serta memperbesar ukuran font tersebut supaya bisa memeriksa lebih detail. Nah, jika proses ini sudah selesai maka kamu pun bisa mencetak atau mengirimkan surat lamaran via email.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, sekarang kamu bisa membuat surat lamaran dengan struktur yang bagus, kan? Selain itu, kamu juga bisa mempertimbangkan beberapa tips penulisan yang dibagikan di atas.

Syarat paling penting yang harus kamu penuhi dalam membuat surat lamaran kerja Bahasa Inggris yaitu memiliki tujuan yang jelas. Seperti mencantumkan data diri lengkap, informasi pengalaman atau skill yang dimiliki, serta menggunakan bahasa yang sopan dan formal. Selamat mencoba!

Baca Juga:
Contoh Surat Perjanjian Kontrak Kerja Sesuai Hukum
Contoh Surat Dinas Dengan Struktur yang Baik dan Benar
Contoh Surat Penawaran Barang

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]