Contoh Surat Dinas Dengan Struktur yang Baik dan Benar

Saat menjadi anggota maupun pekerja dari sebuah organisasi dan perusahaan, akan ada beberapa perintah dan pemberitahuan. Semua itu akan diberikan dalam tulisan di sebuah surat dinas. Namun tidak semua anggota dan pekerja tahu bagaimana cara membuat contoh surat dinas yang baik.

Sebelum membuat surat, tahukah kamu apa arti surat dinas? Apa saja unsur pada surat dinas yang harus kamu tulis? Berikut ini penjelasan lengkap dari surat dinas.

Contoh struktur surat dinas

Apa Itu Surat Dinas?

Surat dinas adalah surat resmi yang instansi atau lembaga buat untuk memberi perizinan dinas dan permasalahan kedinasan yang lain. Surat resmi satu ini biasanya memiliki tujuan dari beberapa sektor. Seperti keperluan di sektor dinas pemerintah, sekolah, universitas, dan perusahaan swasta.

Surat dinas merupakan salah satu hal penting dari instansi dan lembaga sebelum melaksanakan sesuatu. Itu menjadi pengantar wajib untuk menyampaikan pengumuman, memberikan izin, memberi kuasa, dan memberi perintah kepada karyawan untuk melakukan hal tertentu.

Dalam pembuatannya, kamu akan membutuhkan beberapa ketentuan. Namun yang paling utama, surat dinas akan menjadi sah karena adanya tanda tangan dari pejabat berwenang dan cap basah yang diberikan di atasnya. Tanpa adanya tanda tangan dan cap, maka surat dinas tersebut tidak berlaku.

Struktur dalam Surat Dinas

Sebelum membuat surat dinas, ada baiknya untuk mempelajari apa saja unsur pada surat dinas yang harus kamu tulis. Ada sekitar 13 struktur dalam contoh surat dinas yang baik dan benar. Berikut merupakan penjelasan setiap strukturnya:

1. Kop atau Kepala Surat

Struktur pertama dari surat dinas merupakan kop atau kepala surat. Ia berada di tempat paling atas surat dan berisi identitas instansi atau lembaga yang menerbitkan surat tersebut.

Kop surat berisi logo organisasi, nama instansi atau lembaga, alamat, nomor telepon, alamat website, dan alamat email.

2. Tanggal Surat Dinas

Di struktur contoh surat dinas yang baik, kamu pasti menemui tanggal yang terletak di bagian kanan surat. Kamu dapat menemukan tanggal surat dinas tepat di bawah kop surat. Tanggal yang muncul merupakan tanggal saat surat dinas terbit dan diresmikan oleh instansi atau lembaga.

3. Nomor Surat Dinas

Nomor surat dinas memiliki fungsi sebagai bukti surat telah terbit dan memudahkan bagian administrasi untuk mengarsipkan nomor. Ini masuk ke struktur wajib yang berada di kiri surat.

4. Sifat Surat Dinas

Setelah nomor, ada sifat dari contoh surat dinas. Sifat memberikan penjelasan dari seberapa penting surat yang telah instansi atau lembaga terbitkan. Biasanya ia memiliki kode tertentu seperti penting, sangat penting, dll.

5. Lampiran

Di bagian ini, kamu dapat memberikan informasi tentang ada atau tidaknya lampiran dalam surat dinas yang kamu kirim. Apabila tidak ada lampiran, kamu dapat mencantumkan tanda -, namun bila ada maka tulislah berapa banyak halaman dalam lampiran tersebut.

6. Hal Surat

Hal dalam contoh surat dinas yang baik mengindikasikan apa tujuan dari penulisan surat. Sebagai contoh, kamu dapat menulis kegiatan yang akan instansi atau lembaga umumkan di dalam surat tersebut.

7. Alamat Penerima

Dalam menulis surat, kamu harus mencantumkan alamat dari penerima. Berikan alamat tepat di bawah nama atau jabatan sang penerima dengan detail dan tepat.

8. Kalimat Pembuka

Di dalam contoh surat dinas, kamu akan menulis isi surat dengan tujuan tertentu. Namun sebelum menulis isi surat, kamu harus menulis kalimat pembuka. Beberapa ada yang menggunakan sapaan informal seperti selamat pagi atau sapaan dalam agama tertentu.

9. Isi Surat Dinas

Setelah menulis kalimat pembuka, kamu dapat melanjutkan dengan menulis isi surat dinas. Di dalamnya kamu harus menulis apa tujuan menulis surat secara detail dan singkat. Jangan bertele-tele sebab isi yang terlalu banyak dapat memakan banyak tempat dan dapat membuat penerima kurang paham apa isi surat tersebut.

10. Kalimat Penutup

Struktur dari contoh surat dinas yang baik selanjutnya yaitu kalimat penutup. Gunakan sapaan yang berkaitan dengan kalimat pembuka. Kalimat penutup berfungsi sebagai tanda sopan santun dari pengirim dan bentuk penghormatan bagi penerima surat.

11. Nama, Jabatan, dan Stempel

Kemudian ada nama pengirim surat, jabatan, dan stempel yang harus dicap sebagai bukti bahwa surat tersebut resmi dari instansi atau lembaga. Tanpa struktur kesebelas ini, maka surat dinas tidak akan berlaku.

12. Tembusan

Struktur terakhir dari contoh surat dinas yang baik dan benar yakni tembusan. Ia berfungsi sebagai informasi untuk menyampaikan surat kepada pihak lain yang harus mengetahui surat tersebut.

Contoh Surat Dinas yang Benar

Setelah memahami pengertian dan struktur paling utama dari surat dinas, sekarang waktu kamu untuk membuatnya. Namun dalam mempraktikkan pembuatannya, kamu akan membutuhkan contoh surat dinas yang baik dan benar. Berikut contoh-contohnya:

1. Surat Dinas dari Pemerintah

surat tugas dinas pemerintahan

Sumber: tokopedia.com

Surat di atas berisi tentang tugas pemerintahan BPBD Jawa Tengah untuk memantau kejadian pasca bencana banjir.

2. Surat Dinas di Lingkungan Sekolah

Contoh surat dinas sekolah

Sumber: yuksinau.id

Contoh surat dinas yang kedua berasal dari lingkungan sekolah dimana ia berisi alih jabatan dari pengurus OSIS.

3. Surat Dinas Penelitian

contoh surat dinas penelitian

Sumber: artikel.rumah123.com

4. Surat Dinas Penugasan Karyawan

Surat tugas perusahaan

Di contoh surat dinas yang ke-4, ia berisi penugasan bagi karyawan terkait untuk menjadi surveyor dalam pekerjaan peningkatan jalan.

Pahamkah Kamu Cara Membuat Contoh Surat Dinas

Membuat surat pasti mudah apabila kamu mengetahui kegunaan dan struktur yang surat tersebut berikan. Salah satu surat yang akan selalu dibutuhkan yaitu surat dinas yang berasal dari instansi atau lembaga tertentu.

Untuk membuatnya, lakukan riset untuk melihat contoh surat dinas yang baik seperti di atas. Berikan informasi yang detail dan singkat, dan jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan serta cap instansi atau lembaga. Sebab tanpa hal sakral tersebut, maka surat dinas milikmu tidak dapat digunakan.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]