Contoh Pertanyaan Interview Kerja dan Cara Menjawabnya dengan Tepat

Tentunya pertanyaan interview kerja akan menjadi hal yang penting, sebab hasil jawaban pelamar akan mempengaruhi pandangan perekrut dan hasil akhir interview. Jawaban yang kurang memuaskan dapat membuatmu gagal melewati tahap interview.

Tips dan Contoh Pertanyaan dan Jawaban Interview

12 Contoh Pertanyaan Interview Kerja Beserta Jawabannya

Hampir semua perekrut memiliki pola pertanyaan yang serupa selama proses interview kerja. Berikut ini beberapa contoh pertanyaan dan jawabannya yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Silahkan Ceritakan Diri Kamu Terlebih Dahulu

Pertama, pertanyaan ini cukup sering muncul, karena merupakan dasar utama yang dibutuhkan oleh perekrut untuk mengenalmu. Perekrut dapat menilai karakter, kepribadian, hingga pola pikir pelamar.

Oleh karena itu, pastikan kamu menjawab pertanyaan secara teliti dan sebisa mungkin hindari nervous atau grogi yang dapat mempengaruhi penilaian perekrut terhadap kamu.

Mulailah menjawab dari nama, kesibukan saat ini, pengalaman yang relevan, hingga skill yang relevan dengan jurusan tersebut. Agar mendapatkan nilai tambah, ceritakan juga apa yang membuatmu sangat berminat dengan posisi yang kamu lamar.

Contoh jawaban:

“Perkenalkan, nama saya Zhafira Alatas, bisa dipanggil Fira. Saya lulusan S1 Bahasa dan Budaya Tiongkok dari Universitas Terbuka. Sekarang ini kesibukan saya adalah mengikuti pelatihan digital marketing.

Sebelumnya, saya pernah magang di dua tempat sebagai digital marketing intern di perusahaan A pada bulan Juni sampai dengan Desember 2020. Kemudian, di perusahaan B pada Februari 2021 sampai dengan Juni 2021.

Dari pengalaman magang tersebut, saya memiliki pengetahuan soal digital marketing secara komprehensif, seperti SEM dan Facebook Ads. Sebab, saya sangat menyukai pekerjaan yang berhubungan dengan brand awareness, saya memiliki minat yang cukup tinggi dalam bidang digital marketing.

Saya harap, saya dapat berkontribusi dengan baik untuk perusahaan dengan pengalaman dan kemampuan yang saya miliki.”

Baca Juga:
Apa itu digital marketing
Apa itu SEM
Apa itu Facebook Ads
Apa itu brand awareness

2. Darimana Kamu Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja Ini?

Contoh pertanyaan interview kerja yang satu ini menguji apakah kamu memiliki koneksi dengan orang di dalam perusahaan atau mendapatkan informasi melalui media lainnya. Penting untuk mengingat dari mana kamu menemukan informasi lowongan pekerjaan yang kamu lamar. Jawablah dengan tenang dan jujur.

Contoh jawaban:

“Saya dapat informasinya di Portal Job XYZ”

3. Mengapa Tertarik Bekerja di Perusahaan dan Posisi Ini?

Masih relevan dengan pertanyaan sebelumnya, perekrut ingin melihat seberapa besar kamu ingin bekerja di posisi dan perusahaan tersebut. Setelah mendapat panggilan interview, pastikan untuk riset mengenai perusahaan serta posisi yang kamu lamar.

Contoh jawaban:

“Saya memiliki rasa ketertarikan yang besar dari dulu untuk bekerja di sini. Hal yang saya sukai adalah produk yang ditawarkan oleh perusahaan ini, karena dapat membantu UMKM dalam menjalankan strategi digital marketing-nya.”

4. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Perusahaan Ini?

Perekrut yang ingin mengetahui seberapa kamu serius dengan jawabanmu sebelumnya, umumnya akan mempertanyakan pertanyaan ini. Sebelum wawancara, pastikan kamu riset secara singkat mengenai profil, visi, misi, dan latar belakang perusahaan.

Contoh jawaban:

“Perusahaan C bergerak di bidang agribisnis. Tujuan utamanya adalah menghubungkan elemen bisnis di bidang agraris, yakni petani, pasar, serta pemberi modal.”

Baca Juga: Apa itu Agribisnis, Prospek Bisnis, & Contohnya

5. Apa yang Kamu Ketahui Tentang Posisi Ini?

Kembali lagi ke topik utama, kamu mendapatkan kesempatan interview karena perekrut menilai kamu cocok dengan posisi yang dilamar. Pastikan kamu sudah riset terlebih dahulu mengenai posisi yang kamu lamar secara komprehensif.

Perekrut ingin memahami seberapa baik pelamar dalam memahami tanggung jawab posisi yang mereka lamar.

Contoh jawaban:

“Posisi ini memiliki tanggung jawab secara umum pada kegiatan pemasaran digital. Seperti campaign dan branding produk perusahaan secara digital. Semua hal tersebut dilakukan melalui channel digital, seperti search engine dan media sosial.”

Baca Juga: Apa itu campaign

6. Seperti Apa Lingkungan Kerja yang Kamu Sukai?

Contoh pertanyaan interview kerja selanjutnya adalah gambaran lingkungan kerja yang kamu sukai. Jawablah sejujur mungkin agar perekrut dapat melihat cara kamu bekerja sesuai atau cocok dengan tim yang ada.

Contoh jawaban:

“Saya menyukai lingkungan yang friendly. Maksudnya, saya senang apabila rekan kerja dapat berperan sekaligus menjadi teman. Kemudian, apabila ada suatu masalah, ada baiknya untuk memberitahu rekan dalam tim, sehingga dapat diselesaikan bersama-sama melalui diskusi.”

7. Apa Kelebihan dan Kekurangan Kamu?

Kelebihan dan kekurangan diri merupakan pertanyaan yang seringkali terasa menegangkan, karena kesannya seperti jebakan. Ketika menjawab kelebihan dan kekurangan, pastikan kamu sudah melihat skill apa saja yang dibutuhkan untuk mengisi posisi tersebut.

Contoh jawaban:

“Saya sangat cepat dalam beradaptasi. Hal itu mempermudah saya untuk kebutuhan profesional dalam bekerja sama antar rekan satu tim ataupun dengan tim lain. Berbicara soal kelemahan, saya terkadang mudah lupa setelah beraktivitas seharian. Menyadari kekurangan tersebut, saya sudah membuat reminder di HP.”

8. Apa Rencanamu untuk Lima Tahun ke Depan?

Terkesan seperti jebakan dan agak sulit dijawab, perekrut ingin melihat bagaimana tujuan kamu dapat selaras dengan rencana perusahaan di kemudian hari.

Contoh jawaban:

“Saya berencana untuk dapat menjadi manajer digital marketing. Saya yakin akan kemampuan dan potensi yang saya miliki untuk terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.”

9. Apa Prestasi Terbesarmu dalam Karir?

Jika kamu pernah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, jawablah dengan jujur pencapaian terbesar kamu di perusahaan sebelumnya.

Contoh jawaban:

“Selama kurang lebih 11 hari, saya berhasil mencapai target pada perusahaan B untuk campaign produk baru. Pencapaian tersebut saya raih dengan menerapkan strategi yang sudah saya rencanakan, yaitu dengan strategi SMM dan content marketing.”

Baca Juga: Apa itu SMM

10. Menurutmu, Mengapa Kamu Pantas untuk Menempati Posisi Ini?

Contoh pertanyaan interview kerja yang satu ini bertujuan untuk mengetahui apakah kamu yakin dengan skill yang kamu miliki dapat berkontribusi untuk perusahaan dengan baik.

Contoh jawaban:

“Saya yakin akan kemampuan saya untuk selalu berusaha memenuhi kebutuhan perusahaan. Saya sangat bersungguh-sungguh untuk selalu mengembangkan skill untuk mendapatkan hasil yang maksimal.”

11. Kapan Kamu Bisa Bergabung dengan Perusahaan?

Pertanyaan interview kerja dasar yang cukup penting bagi perusahaan untuk mengetahui, kapan kamu bisa tersedia bekerja. Terkadang ada yang membutuhkan beberapa waktu terlebih dahulu agar bisa menyelesaikan pekerjaannya di perusahaan sebelumnya.

Contoh jawaban:

“Saya bisa bergabung secepatnya.”

12. Berapa Ekspektasi Gaji yang Kamu Inginkan?

Tentu sebagian besar pelamar akan tertohok saat menjawab pertanyaan ini, karena sungkan ataupun kurang tahu informasi mengenai gaji. Penting bagi kamu untuk riset mengenai gaji posisi tersebut di kota perusahaan berada. Jika sudah menemukannya sebaiknya jangan sebutkan nominalnya secara jelas melainkan menggunakan range.

Contoh jawaban:

“Standar menurut UMK, sekitar 3-4 juta.”

Baca Juga: Ini Pinjaman dengan Bunga Rendah tanpa Jaminan

Sudah Siap Menjawab Pertanyaan Interview Kerja?

Nah, itu dia contoh pertanyaan interview kerja dan jawabannya yang dapat kamu jadikan referensi. Jangan lupa untuk sepenuhnya jujur dan siapkan diri agar tidak grogi selama interview berlangsung.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]

News

Salah satu teori yang penting untuk kamu ketahui bahkan kuasai dalam kehidupan yaitu manajemen risiko. […]