Ciri-Ciri Koperasi dan Syarat Pembentukannya

Apakah Kamu pernah mendengar kata-kata Koperasi? Ya kata ini mungkin sudah tidak asing lasgi di telinga Kamu. Koperasi ini berhubungan dengan pergerakan ekonomi. Koperasi ini juga mempunyai ideologi sendiri loh, yaitu ideologi Koperasi. Ciri-ciri Koperasi juga bisa Kamu lihat untuk menentukan bahwa sebuah organisasi ini merupakan Koperasi atau bukan.

Namun, sebelum kita mengetahui hal-hal tersebut, bahas lebih dalam dulu yuk tentang Koperasi dan juga syarat pembentukan Koperasi!

Mengenal ciri-ciri koperasi

Apa Itu Koperasi

Koperasi berasal dari bahasa Inggris yaitu cooperation. Cooperation sendiri secara harfiah dan dalam artian bahasa Inggris berarti bekerja sama. Koperasi sendiri merupakan suatu badan usaha yang berkaitan dengan ekonomi.

Tujuannya adalah mensejahterakan perekonomian anggotanya dan juga mengangkat taraf ekonomi anggota yang terjalin dengan asas kekeluargaan.

Kata yang berasal dari cooperation inilah yang membuat anggotanya sama rata. Maksudnya adalah memiliki hak yang sama, tanggung jawab, memiliki suara yang sama dan juga tugas-tugas yang setara pula.

Baca Juga: Koperasi: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Ciri-Ciri Koperasi

Ciri-ciri Koperasi pun dapat terlihat jelas karena Koperasi ini berbeda dengan badan usaha yang lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri Koperasi.

1. Keanggotaan

Ciri-ciri Koperasi yang pertama ada pada keanggotaannya. Anggota dari Koperasi ini bergerak secara sukarela dan dengan kesadaran penuh dari tiap-tiap anggotanya. Artinya adalah keanggotaan Koperasi bersatu bukan dengan paksaan.

Bukan juga dengan kesamaan suku, latar belakang dan lain sebagainya. Namun seluruh anggota ini berjalan sendiri untuk masuk ke dalam Koperasi.

Seluruh kegiatan yang ada dan terjalin di Koperasi juga sama. Tanpa paksaan dan juga sanksi jika tidak mengerjakannya. Melainkan karena diri sendiri. Ciri-ciri Koperasi yang pertama ini sudah sangat menjadi pembeda bagi badan usaha lain.

2. Kekeluargaan

Koperasi dalam setiap gerak-geriknya memegang asas kekeluargaan dan gotong royong. Ciri-ciri Koperasi ini juga sangat berbeda dari badan usaha yang lain. Kekeluargaan ini menggambarkan tentang kerjasama yang terjalin antar anggota Koperasi. Juga partisipasi penuh untuk membantu sesama keluarga Koperasi. Serta adanya toleransi antar anggotanya.

Sedangkan gotong royong, anggota Koperasi yang memiliki rasa kepedulian terhadap satu sama lain. Tidak individualistik dan apatis terhadap sesama keluarga dan juga mengerjakan segala hal di dalam Koperasi secara bersama-sama.

3. Kesejahteraan Bersama

Ciri-ciri Koperasi yang selanjutnya adalah kesejahteraan bersama. Hal ini selaras dengan tujuan Koperasi yang mana ingin mensejahterakan semua anggotanya tanpa terkecuali. Anggota Koperasi diharapkan ingin membantu sesamanya dan menjadi sejahtera bersama. Tidak ada sifat individualistik atau mau menang sendiri di dalamnya.

Ciri-ciri Koperasi diatas merupakan ciri yang menjadi pembeda antara badan usaha yang lainnya. Koperasi berjalan dengan cara yang berbeda, mengurus anggotanya dengan cara berbeda dan melakukan setiap kegiatannya juga dengan cara yang berbeda.

Ideologi Koperasi

Satu ciri-ciri Koperasi yang paling mencolok adalah ideologi Koperasi. Koperasi memiliki ideologinya sendiri. Seperti apakah itu?

Ya, Koperasi mempunyai ideologinya sendiri. Itulah yang membuat anggota Koperasi ini terjalin dengan sangat kental. Ideologi Koperasi sendiri adalah menuntaskan cita-cita Koperasi dan jiwa Koperasi.

Cita-cita yang dimaksud adalah gambaran keinginan yang ingin sebuah Koperasi capai. Sedangkan jiwa Koperasi adalah anti liberalisme, individualisme dan kapitalisme.

Baca Juga: Apa yang dimaksud dengan kapitalisme dan liberalisme

Cita-cita Koperasi adalah menuntaskan kemiskinan dan juga kebodohan. Ini menjadi cita-cita Koperasi karena pada awal munculnya Koperasi ingin memberantas kemiskinan dan kebodohan. Yang akan dieksekusi dengan cara meningkatkan pendapatan dan kecerdasan para anggotanya.

Jiwa Koperasi juga sangat tegas. Koperasi merupakan sebuah badan yang anti liberal, individualisme dan kapitalisme. Lahirnya Koperasi ini karena kebodohan dan kemiskinan yang disebabkan oleh liberalisme dan kapitalisme. Ideologi ini yang juga bisa menjadi ciri-ciri dari Koperasi yang kuat.

Nah, sebagai badan usaha Koperasi ini tidak bisa didirikan begitu saja. Ada syarat pembentukan Koperasi yang harus dipenuhi sebelum mendirikan badan ini.

Syarat Pembentukan Koperasi

Syarat pembentukan Koperasi ini pun diatur oleh hukum negara Indonesia. Hukumnya terdapat di dalam pasal 2 Permen Koperasi dan UKM no.9/2018. Pasal ini mengatur tentang syarat-syarat pembentukan Koperasi. Syarat ini dibagi berdasarkan jenis koperasinya. Jenis ini terbagi menjadi 2, primer dan sekunder.

Syarat Koperasi Primer

Syarat pembentukan Koperasi jenis pertama ini adalah mengajukan dokumen dan akta pendirian Koperasi. Diberikan dalam bentuk fisik dan juga digital yang ditujukan kepada Menteri Koperasi dan UKM dengan beberapa lampiran yaitu

  • 2 rangkap akta pendirian Koperasi yang bermaterai
  • Dokumen bukti penyetoran modal awal
  • Rencana awal kegiatan dan kenapa Koperasi didirikan
  • Berita acara yang berisikan agenda rapat pendirian Koperasi.

Syarat Koperasi Sekunder

Syarat pembentukan Koperasi sekunder kurang lebih sama seperti pembentukan Koperasi primer. Namun ada beberapa tambahan diantaranya adalah

  • NPWP aktif dari semua calon anggota Koperasi
  • Keputusan pengesahan badan hukum Koperasi
  • Hasil dari agenda rapat pendirian Koperasi

Baca Juga: Cara Membuat NPWP Online, Efisiensi Waktu dan Mudah

Terdapat 4 poin lagi namun poin tersebut sama dengan syarat pembentukan Koperasi primer diatas.

Setelah mengajukan semua hal ini, Jika Kamu ingin membuka Koperasi Kamu harus menunggu keputusan dari Menteri Koperasi dan UKM. Surat ini berisi tentang surat keputusan atau penolakan bagi badan Koperasi Kamu.

Itulah pengertian tentang Koperasi, ciri-ciri Koperasi, ideologi Koperasi dan syarat pembentukan Koperasi yang bisa Kamu pelajari. Ciri-ciri Koperasi yang paling terlihat jelas dan menandakan bahwa sebuah badan tersebut adalah Koperasi. Serta memiliki ideologi Koperasi yang melekat di tiap-tiap anggotanya.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Pastinya kamu sering mendengar istilah benefit. Ya, benefit menjadi kata yang sering kamu pakai dalam […]

News

Seiring perkembangan zaman, tidak hanya pajak tahunan saja yang bisa kamu bayar secara online. Bayar […]

News

Di era yang serba digital seperti saat ini, kartu kredit merupakan salah satu hal yang […]

News

Zaman yang sudah canggih sekarang ini memang memfasilitasi kamu untuk mencari untung dengan mudah. Mau […]

News

Di bidang bisnis ada istilah Break Even Point atau BEP yang dijadikan patokan atau parameter […]

News

Telkomsel merupakan provider kartu SIM yang saat ini memiliki pengguna sangat banyak di Indonesia. Namun, […]