Cara Setor Tunai di ATM Mandiri

Anjungan tunai mandiri atau ATM memang bukan barang baru, selain untuk mengambil uang, kini ATM juga memungkinkan kamu untuk melakukan setor tunai, seperti di ATM Mandiri. Ini merupakan salah satu kemudahan yang bisa kamu manfaatkan. Selain prosesnya mudah, fasilitas ini juga memungkinkan kamu melakukan setoran tunai dengan cepat. Lalu bagaimana cara setor tunai ATM Mandiri ini?

Cara setor tunai melalui ATM Mandiri

Cara Setor Tunai ATM Mandiri

Dengan perkembangan teknologi, saat ini jika kamu ingin menabung di Bank semakin mudah. Tidak perlu pergi ke teller, kini kamu juga bisa memanfaatkan mesin ATM untuk melakukan setor tunai. Adapun cara yang perlu kamu lakukan juga tergolong mudah. Selain itu, hadirnya fasilitas ini juga menjadi solusi untuk kamu yang tidak mau mengantri.

Selain lebih praktis, dengan menggunakan fasilitas ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan setor tunai kapanpun. Hal ini karena ATM setor tunai banyak yang beroperasi selama 24 jam.

Selengkapnya, berikut cara yang perlu kamu perhatikan:

  • Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menyiapkan uang yang akan disetor. Pastikan uang tersebut berada dalam kondisi baik dan rapi,  tidak terlipat, dan yang pasti tidak lecek. Akan lebih baik jika kamu mengelompokan uang tersebut berdasarkan pecahannya.
  • Masukan kartu ATM yang kamu punya.
  • Akan muncul pilihan bahasa yang akan kamu gunakan. Pilihan bahasa yang akan muncul yaitu English dan Indonesia. Pilih bahasa yang biasa kamu gunakan.
  • Masukan PIN ATM. Pastikan juga kamu menjaga kerahasiaan dari PIN yang kamu punya.
  • Selanjutnya, pilih menu SETORAN TUNAI.
  • Siapkan uang yang akan kamu setor. Pastikan semua uang tersebut sudah sesuai dengan ketentuan. Pastikan uang tidak saling menempel, tidak robek, tidak ada klip, staples, atau benda lainnya.
  • Setelah kamu memastikan kondisi uang baik, maka langkah selanjutnya kamu hanya perlu memasukan uang tersebut. Tunggu sampai pintu tempat menaruh uang di ATM terbuka. Selanjutnya, masukan uang tersebut dengan rapi.
  • Setelah pintu tertutup, maka mesin ATM akan melakukan pengecekan dan verifikasi. Jika mesin mendeteksi ada uang yang bermasalah,maka pintu akan kembali terbuka dan akan mengembalikan uang yang mesin anggap rusak atau tidak layak.
  • Pada beberapa kasus, uang yang dikembalikan memang dinilai rusak dan tidak bisa kamu setor. Namun pada beberapa kasus lain, kamu bisa menyetor uang tersebut setelah kamu coba masukan uangnya kembali.
  • Mesin ATM kembali akan melakukan pengecekan dan melakukan verifikasi. Jika mesin menerima uang tersebut, maka mesin akan menampilkan jumlah uang yang akan kamu setor. Pastikan jumlah yang muncul pada layar sesuai dengan jumlah uang yang kamu masukan.
  • Kemudian pilih SETOR, Kamu bisa memilih akan memasukan uang tersebut ke rekening mana. Apakah rekening pribadi yang sesuai dengan kartu yang kamu gunakan, atau rekening milik orang lain. Jika kamu akan mengirimkan uang tersebut ke rekening milik orang lain, maka kamu perlu memasukkan no rekening tujuan.
  • Setelah kamu pilih SETOR maka uang akan langsung masuk ke rekening yang kamu tuju. dan proses setor tunai ATM Mandiri sudah selesai.
  • Jika ditengah prosesnya kamu ingin membatalkan transaksi, maka kamu tinggal memencet tombol BATAL. Akan muncul pesan konfirmasi di layar, setelah kamu melakukan konfirmasi maka uang dan kartu ATM akan langsung keluar.

Limit Setor Tunai ATM Mandiri

Selain cara setor tunai ATM Mandiri, hal lainnya yang juga perlu kamu ketahui yaitu besaran limit yang bisa kamu setorkan. Tentunya besaran limit ini merupakan ketentuan yang perlu kamu perhatikan. Adapun limit yang perlu kamu perhatikan:

  • Berdasarkan jenis kartu:
    • Silver: 15 Juta per hari
    • Gold: 30 Juta per hari
    • Platinum: 50 Juta per hari
    • Prioritas: 100 Juta per hari
  • Semua nasabah bisa melakukan setor tunai ATM Mandiri dengan menggunakan uang pecahan 50 ribu rupiah dan 100 ribu rupiah.
  • Setiap kali setoran, batas maksimal uang yang bisa kamu masukan adalah 50 lembar untuk setiap transaksi.

Keuntungan Setor Tunai ATM Mandiri

Kamu perlu tahu apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan fasilitas ini, berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

1. Tidak Dikenakan Biaya

Hal pertama yang menjadi keuntungan dari menggunakan fasilitas ini, kamu tidak akan terkena biaya sepeserpun. Itu artinya, semua uang yang kamu setorkan akan masuk ke rekening yang kamu tuju, dan kamu tidak perlu membawa uang lebih untuk biaya admin ini.

2. Cepat dan Mudah

Keuntungan lainnya yang juga kamu dapatkan dengan menggunakan fasilitas ini yaitu masalah kecepatan dan kemudahan. Kecepatan ini karena kamu tidak perlu lama mengantri di teller.

Pada jam-jam sibuk, setor tunai melalui ATM tentu akan sangat menghemat waktu. Selain itu, setor tunai ATM Mandiri ini juga cukup mudah. Hampir semua orang pasti akan mudah untuk memahaminya.

3. Bisa Kapanpun

Jika setor tunai via teller, maka kamu akan terbatas oleh waktu. Ketika jam operasional bank sudah tutup, maka otomatis teller pun tidak akan bertugas. Namun jika menggunakan ATM setor tunai, maka kamu bisa melakukan setor tunai kapanpun. Hal ini karena banyak ATM setor tunai yang beroperasi selama 24 jam setiap harinya.

Itulah cara setor tunai ATM Mandiri yang perlu kamu ketahui. Jika terjadi masalah, maka sebaiknya mintalah pertolongan pada orang yang berwenang. Jangan meminta pertolongan pada sembarang orang. Salah satunya, jika terjadi masalah maka kamu bisa langsung menghubungi Mandiri call di nomor 14000. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam mengelola keuangan untuk kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari yang namanya risiko. Risiko […]

News

Mungkin kamu pernah mendengar atau melihat cek, namun apakah kamu memahami apa itu cek? Ketika […]

News

Di zaman yang sudah modern ini, ada begitu banyak teknologi yang dikembangkan untuk memudahkan kehidupan […]

News

Bagi sebagian orang, istilah rentenir bukanlah hal yang asing lagi. Bahkan di beberapa daerah, profesi […]

News

Kamu mungkin sudah sering mendengar istilah KPR yang berhubungan dengan cara pembelian rumah menggunakan sistem […]

News

Berbicara tentang keuangan, tentunya kamu harus hati-hati dalam menjaga dan memakainya agar tidak merugi. Ada […]