Cara Registrasi Kartu Telkomsel Lengkap dengan Persyaratannya

Telkomsel merupakan provider kartu SIM yang saat ini memiliki pengguna sangat banyak di Indonesia. Namun, untuk bisa menggunakannya, kamu harus mendaftarkan kartu tersebut terlebih dahulu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara registrasi kartu telkomsel ini.

Sebelum masuk ke cara registrasinya, kamu harus mengetahui alasan kenapa kamu harus mendaftarkan kartu mu terlebih dahulu. Berikut pembahasannya!

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Mengapa Harus Registrasi Kartu

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, kamu perlu melakukan registrasi kartu Telkomsel terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Hal ini wajib kamu lakukan karena apabila kamu tidak mendaftarkannya, kamu tidak akan bisa menggunakan kartu tersebut.

Inilah kenapa kamu tidak akan bisa mengirim sms, melakukan panggilan, maupun mengaktifkan paket data pada saat kamu belum mendaftarkan kartu mu ini.

Selain itu, keharusan ini juga mengacu pada peraturan pemerintah yang tertuang pada Peraturan Menkominfo No. 12/2016. Dalam peraturan tersebut, pemerintah mengharuskan semua pelanggan kartu prabayar, baik bagi pelanggan baru maupun pelanggan lama, untuk melakukan pendaftaran kartu dengan menggunakan NIK atau Nomor Induk Kependudukan.

Dalam hal ini, yang termasuk ke dalam pelanggan baru adalah pelanggan yang membeli kartu setelah tanggal 31 Oktober 2017. Sedangkan pelanggan lama merupakan pelanggan yang sudah menggunakan kartu Telkomsel sebelum tanggal 31 Oktober 2017.

Selain itu, dengan melakukan registrasi kartu Telkomsel, kamu akan mendapatkan perlindungan terhadap tindakan kejahatan. Misalnya terhadap tindakan penyalahgunaan oleh pihak tidak bertanggung jawab seperti terorisme, penipuan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan layanan telekomunikasi dengan lebih aman dan nyaman.

Kemudian kamu juga akan mendapatkan kemudahan dalam hal transaksi online dan juga transaksi non tunai. Hal ini akan kamu rasakan pada saat kamu menggunakan nomor kartu mu untuk melakukan berbagai transaksi online yang memang sudah biasa dilakukan pada saat ini.

Proses pendaftaran akun ini juga akan berguna untuk berbagai kepentingan keuangan. Misalnya seperti dalam hal penyaluran dana atau bantuan pemerintah.

Syarat Registrasi Kartu Telkomsel

Selain memahami alasan untuk melakukan proses registrasi kartu Telkomsel, kamu harus mengetahui bahwa kamu harus mempersiapkan beberapa persyaratan. Beberapa persyaratan berikut ini harus kamu siapkan terlebih dahulu sebelum melakukan proses pendaftaran.

Dalam hal ini, persyaratan yang harus kamu penuhi berbeda bagi kamu yang merupakan warga negara Indonesia atau WNI, dan bagi kamu yang merupakan warga negara Asing atau WNA.

1. Bagi WNI (Warga Negara Indonesia)

Bagi kamu yang merupakan warga negara Indonesia, kamu harus mempersiapkan dua dokumen. Yang pertama adalah KTP-Elektronik. Kartu ini akan berguna sebagai tanda bahwa kamu benar-benar merupakan warga negara Indonesia yang sah secara hukum.

Selanjutnya kamu juga memerlukan dokumen lainnya yaitu KK atau Kartu Keluarga. Dokumen ini harus kamu siapkan sebelumnya karena nantinya kamu harus memasukkan identitas berupa Nomor Kartu Keluarga.

Nah, bagi kamu yang merupakan warga negara Indonesia, siapkan kedua dokumen tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, proses pendaftaran kartu bisa menjadi lebih mudah nantinya.

2. Bagi WNA (Warga Negara Asing)

Nah, jika sebelumnya merupakan persyaratan yang harus kamu siapkan bagi kamu yang merupakan warga negara Indonesia, berikut ini merupakan beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan bagi kamu yang merupakan warga negara asing saat ingin registrasi kartu telkomsel.

Pertama, kamu harus mempersiapkan paspor terlebih dahulu. Paspor memiliki kegunaan sebagai dokumen yang membuktikan identitasmu sebagai warga negara asing yang sedang bepergian ke Indonesia.

Selanjutnya kamu harus mempersiapkan KITAP. KITAP merupakan Kartu Ijin Tinggal Tetap yang berfungsi sebagai dokumen bukti bahwa kamu menetap di Indonesia.

Namun, kamu tidak perlu mempersiapkan KITAP jika kamu tidak menetap di Indonesia. Jika hanya sementara, kamu bisa menyertakan KITAS. KITAS merupakan Kartu Ijin Tinggal Sementara yang menjadi bukti bahwa kamu sedang tinggal sementara di Indonesia.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Nah, jika kamu sudah memahami pentingnya untuk mendaftarkan kartu telkomsel serta apa saja persyaratannya, sekarang saatnya masuk ke caranya.

Cara registrasi kartu telkomsel ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan fitur SMS yang ada di setiap smartphone. Pertama, silahkan buka SMS di smartphone kamu. Kemudian ketik REG<spasi>NIK#NomorKK# contohnya REG 12345678901234#1234567890# kemudian kirimkan pesan tersebut ke 4444.

Format sebelumnya berlaku bagi kamu yang merupakan pelanggan baru. Sedangkan bagi kamu yang merupakan pelanggan lama, kamu bisa menggunakan format ULANG<spasi>NIK#NomorKK# kemudian mengirimkannya ke tujuan yang sama dengan sebelumnya yaitu 4444.

Setelah itu kamu hanya perlu menunggu proses verifikasi. Proses ini biasanya berlangsung paling lama 1×24 jam. Namun kamu tidak perlu khawatir akan menunggunya seharian karena sebagian besar proses ini memakan waktu sekitar 5 menit saja.

Setelah proses verifikasi selesai, maka kamu akan mendapatkan SMS balasan bahwa kartu sudah berhasil terdaftar. Nah, selanjutnya kamu bisa menggunakan kartu tersebut sebagaimana mestinya.

Setelah memahami alasan, persyaratan serta caranya, saatnya untuk mendaftarkan kartu perdana mu. Dengan mendaftarkan kartumu, kamu bisa mengakses seluruh fitur yang ditawarkan oleh provider penyedia layanan dari kartu yang kamu gunakan.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Dalam peradaban tak hanya kebudayaan, sosial, perekonomian dan teknologi saja yang perlu masyarakat kenal. Melainkan […]

News

Bagi sebagian besar orang, hukum penawaran sudah menjadi makanan sehari-hari. Walaupun begitu masih banyak juga […]

News

Banyak pebisnis eksportir pemula yang gagal karena tidak memahami apa itu embargo. Secara garis besar […]

News

Di era globalisasi ini, bukan tidak mungkin lagi bila para pelaku ekonomi dapat melakukan transaksi […]

News

Pernahkah kamu mendengar kata hibah sebelumnya? Hibah merupakan salah satu istilah yang banyak orang ketahui […]

News

Salah satu teori yang penting untuk kamu ketahui bahkan kuasai dalam kehidupan yaitu manajemen risiko. […]