Cara Menghemat Listrik Mudah di Rumah dan Keuntungannya

Perilaku boros listrik memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang di negara Indonesia. Boleh saja orang beranggapan jika listrik itu selalu ada tak terbatas, sayangnya pandangan tersebut tidak bisa dibenarkan. Pada artikel ini akan menjelaskan beberapa cara menghemat listrik di rumah serta manfaat yang bisa kamu rasakan.

Tips ampuh menghemat listrik

Cara Menghemat Listrik di Rumah

Berikut ini beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan dalam rangka penghematan listrik di rumah:

1. Mematikan Lampu Jika Cuaca Sedang Cerah

Inilah salah satu kebiasaan buruk yang masih sering kita lakukan. Lampu-lampu itu terlihat kecil, tetapi tahukah kamu bahwa lampu juga menggunakan energi listrik yang jumlahnya tidak sedikit?

Gedung-gedung besar dan bertingkat juga diketahui suka menyalakan lampu meski memiliki jendela yang besar dan banyak. Matikanlah lampu di rumah pada pagi dan siang hari, terutama jika cuaca cerah dan ada banyak sinar matahari.

Usahakan juga agar jendela di rumahmu ukurannya besar atau jumlahnya memadai demi mengurangi jumlah lampu di rumah. Bagi rumah-rumah yang tak punya cukup tempat untuk jendela yang besar atau banyak, sebaiknya gunakanlah lampu yang berukuran besar namun hemat listrik.

2. Menggunakan Mesin Cuci Baju Secara Terjadwal

Cara menghemat listrik kedua dengan tidak menggunakan mesin cuci baju setiap hari. Mungkin ada di antara kamu yang masih mencuci baju dengan tangan, itu tidak apa-apa.

Namun, bagi yang mencuci baju memakai mesin cuci, kamu patut berhati-hati sebab daya listrik yang mesin tersebut perlukan tergolong besar. Kamu sebaiknya menjadwalkan pemakaian mesin cuci, misalnya setiap hari Minggu. Agar daya energi di rumah tak menjadi boros.

Jika memungkinkan, noda-noda kecil di pakaian sebaiknya kamu bersihkan saja dengan tangan, sabun dan sedikit air. Mengurangi pemakaian mesin cuci juga bisa mengendalikan penggunaan air di rumah, sebab mesin tersebut biasanya memerlukan air dalam jumlah banyak.

3. Tidak Membiarkan TV Menyala Bila Selesai Menonton

Adapun cara menghemat listrik yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu mematikan TV apabila sudah selesai menontonnya. Lagi-lagi, ini merupakan hal sepele yang sering masyarakat kita abaikan, namun memiliki dampak besar.

Ketahuilah bahwa setiap perangkat TV membutuhkan energi yang besar agar bisa menampilkan gambar dan suara di layarnya. Demi mencegah terjadinya pemborosan listrik dan merawat komponen-komponen di dalamnya, kamu mesti mematikan TV jika memang tidak sedang kamu tonton.

Bagi kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak, ajarilah anak-anakmu supaya mereka mengerti bahwa TV yang dibiarkan menyala itu buruk. Kamu bisa juga melatih anggota keluarga untuk tidak menonton TV terlalu lama agar tak lupa mengerjakan tugas-tugas mereka yang lain.

4. Mengurangi Penggunaan Alat Elektronik Berdaya Besar

Bukan hanya mesin cuci dan TV saja yang daya energinya tergolong besar sehingga menimbulkan boros listrik. Adapun perangkat-perangkat semacam komputer, pompa air, dan AC (Air Conditioner) yang juga membutuhkan daya energi banyak.

Sekarang hitung berapa kali kamu menyalakan semua peralatan tersebut, dan berapa lama kamu membiarkan mereka menyala setiap harinya. Kendati kamu memerlukan semua peralatan tersebut untuk kehidupan sehari-hari, cobalah untuk mengurangi pemakaiannya sebisa mungkin.

Dengan pola hidup hemat, kamu akan mampu mengurangi biaya yang kamu keluarkan untuk tagihan listrik per bulannya.

5. Mengukur Penggunaan Listrik dengan Alat Meteran

Cara menghemat listrik yaitu juga memperhatikan berapa daya listrik yang terpakai melalui alat meteran. Alat meteran listrik tersebut mempunyai fungsi mengukur seberapa kuat daya listrik yang tersambung ke rumah kamu serta berapa yang terpakai.

Misalnya, rumahmu mempunyai daya 900 VA (Volt-Ampere) dan pada hari itu daya listrik yang terpakai mencapai 750 VA, itu masih aman. Namun pada hari berikutnya, daya yang terpakai naik hingga 950 VA, itu sudah melampaui batas penggunaan dan bisa berakibat buruk.

Kamu bisa mendapat denda dari PLN karena memakai listrik lebih tinggi dari batasnya atau malah listrik di rumah menjadi konslet dan rusak.

6. Sediakan Ruangan Terbuka Demi Mengurangi Pemakaian AC

Cara menghemat listrik yang terakhir yaitu menyediakan ruang terbuka di rumah supaya banyak udara segar yang masuk. Untuk menjaga kesehatan udara dalam rumah, ruangan terbuka seperti kebun dan teras merupakan pilihan yang lebih hemat dibandingkan sebuah ruangan ber-AC.

Ingat, sebuah perangkat AC membutuhkan daya energi yang tidak sedikit, sehingga bisa membuat pengeluaran bulanan keluarga membengkak. Belum lagi ada jenis AC yang menggunakan zat-zat yang merusak atmosphere bumi, sehingga membahayakan bagi lingkungan.

Kelebihan lainnya dari mempunyai ruangan terbuka di rumah yaitu mempercantik estetika rumah dan memberi kamu ide-ide atau inspirasi lainnya.

Baca Juga:
Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun
Rekomendasi Investasi Terbaik

Keuntungan Menghemat Listrik

Daripada kamu nanti sibuk mengurus pengeluaran yang tak terkendali, alangkah baiknya jika kamu belajar hidup hemat, termasuk hemat energi. Di bawah ini ada macam-macam keuntungan menghemat listrik yang wajib kamu ketahui:

1. Mengendalikan Pengeluaran Rumah Tangga

Tidak semua orang mempunyai uang banyak, mungkin termasuk juga kamu. Belum lagi biaya kelistrikan rumah yang naik terus setiap tahunnya. Mengingat uang termasuk sumber daya yang harus kamu atur pemakaiannya.

Lebih baik kamu belajar menghemat energi listrik. Melalui perilaku hemat listrik, sehingga pengeluaran bulanan keluarga akan dapat kamu kendalikan.

Baca Juga:
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif
Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip, dan Tips Pengelolaannya

2. Mengembangkan Pola Hidup Disiplin

Menghemat listrik memiliki manfaat lain untuk keluarga, yaitu mengembangkan kebiasaan hidup disiplin.

Salah satu cara membangun kebiasaan positif yaitu dengan menghemat listrik dalam rumah. Mulai dari mematikan lampu bila cuaca cerah, mematikan TV jika kamu tidak menontonnya, hingga mengurangi pemakaian AC, semua ini penting. Dengan kebiasaan hidup disiplin, kamu juga bisa menghemat biaya penggunaan listrik.

Baca Juga: Cara Menabung yang Benar dan Efektif

3. Mencegah Adanya Polusi Cahaya dan Suara Dalam Rumah

Manfaat ketiga dari perilaku menghemat listrik yakni mengurangi, bahkan mencegah timbulnya polusi cahaya maupun polusi suara.

Terlalu banyak cahaya yang menimpa mata kita dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata. Begitu pula dengan suara, bila terlalu banyak suara dapat mengganggu konsentrasi kita dalam bekerja dan beribadah.

Berhematlah listrik dalam kehidupan sehari-hari demi menjaga rumah agar tidak tercemar polusi cahaya dan suara.

4. Mengurangi Risiko Kebakaran Rumah

Listrik yang tidak kamu hemat dapat menjadi penyebab kebakaran rumah gara-gara konsleting. Jika sampai muncul musibah ini, kamu akan menderita kerugian besar. Perhatikanlah pemakaian listrik dalam rumah demi mengurangi risiko konsleting listrik dan kebakaran!

Yuk, Mulai Menghemat Listrik dari Sekarang!

Itulah penjelasan tentang cara menghemat listrik serta keuntungan-keuntungan yang akan kamu rasakan setelah melakukannya di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Yuk, mulai terapkan perilaku hemat listrik mulai dari sekarang dan rasakan keuntungannya!

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]