Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Efektif

Mengurus kehidupan bersama suami ataupun istri tak lengkap jika tidak memikirkan tentang mengatur keuangan dalam berumah tangga. Hal yang bagi banyak orang dianggap sensitif ini, sebenarnya sangat penting dalam kehidupan setelah menikah.

Hal ini karena dengan memikirkan pengelolaan keuangan, akan memberikan dampak positif dalam hidup bersama suami ataupun istri. Mengatur keuangan rumah tangga yang baik akan meminimalisir resiko masalah keuangan di masa mendatang.

Untuk itu, sangat disarankan untuk pasangan yang baru maupun yang sudah menikah untuk memikirkan masalah ini dengan baik. Sehingga tidak akan muncul masalah-masalah lain ke depannya.

Faktor yang Berpengaruh Dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Strategi Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Tiap rumah tangga mengatur keuangan mereka dengan cara berbeda. Hal ini karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi keuangan tersebut. Faktor-faktor ini akan berbeda di tiap keluarga, sehingga melakukan pengelolaan keuangan dengan cara yang sama tidaklah efektif.

Faktor tersebut di antaranya adalah faktor umur, kebiasaan, tanggungan, agama, kekayaan, juga lingkungan. Faktor-faktor ini tanpa disadari akan membentuk suatu kebutuhan yang tentu saja berhubungan dengan pengelolaan keuangan dalam rumah tangga tersebut.

Pengelolaan ini yang kemudian menyesuaikan dengan faktor-faktor yang ada, sehingga terjadilah strategi pengaturan keuangan yang seimbang dan cocok dengan kehidupan rumah tangga masing-masing.

Resiko Salah Mengatur Keuangan dalam Rumah Tangga

Ketika mengatur keuangan dengan tidak cermat dan sembarangan, akan ada masalah yang akan timbul. Masalah-masalah ini bisa dalam bentuk konflik keluarga hingga masalah dalam keuangan. Masalah ini tentu saja memiliki jalan keluarnya.

Namun akan lebih baik untuk mencegah munculnya permasalahan daripada harus menyibukkan diri membenahi masalah yang sudah terjadi. Maka dari itu, mengatur keuangan rumah tangga tidak boleh dianggap sepele. Karena pengelolaan yang tidak benar akan berdampak pada diri sendiri tapi juga pada pasangan dan keluarga.

Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar keuangan dalam keluarga bisa seimbang dan tidak boros. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pahami Keinginan dan Kebutuhan

Tips mengatur keuangan dalam rumah tangga yang pertama yaitu pahami antara keinginan dan kebutuhan. Dalam berumah tangga, akan muncul beberapa pengeluaran seperti untuk makan, minum, pakaian hingga pengeluaran untuk listrik. Hal-hal tersebut dapat dikategorikan sebagai kebutuhan.

Tapi pasti akan ada saat ketika kamu ingin mengeluarkan uang demi keinginan. Seperti saat ingin nongkrong ke café atau saat ingin membeli perangkat handphone keluaran terbaru. Hal-hal ini yang wajib kamu perhatikan.

Mengeluarkan uang untuk keinginan bukan sebuah kesalahan atau larangan. Tapi alangkah lebih baik jika kamu bisa mengatur kebutuhan keuangan daripada menuruti keinginan tersebut.

Memenuhi keinginan terus menerus akan membuat pengeluaran membengkak. Belum lagi dalam berumah tangga ada hal-hal lain yang akan menjadi kebutuhan. Memprioritaskan kebutuhan menjadi sangat penting.

2. Hitung Kekayaan Keluarga

Ketika mengatur keuangan, perlu adanya analisis mengenai jumlah pendapatan atau kekayaan dalam keluarga tersebut. Kekayaan dalam hal ini juga termasuk aset, saham, hingga pendapatan per bulan yang dimiliki oleh anggota keluarga.

Baca Juga: Aset adalah: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Hal ini bertujuan agar pengelolaan keuangan menjadi lebih transparan dan efektif. Sehingga menghitung dana untuk kebutuhan menjadi terasa lebih mudah.

Tidak menganalisa pendapatan atau kekayaan masing-masing, akan membuat pengelolaan menjadi tidak efektif. Sehingga besar kemungkinan akan terjadi salah kelola dalam mengatur dana rumah tangga.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

3. Catat Pengeluaran Keuangan Bulanan

Cara mengatur keuangan selanjutnya adalah dengan membuat catatan pengeluaran dalam satu bulan. Pembuatan catatan ini akan membantu menentukan prioritas belanja sehingga tidak terjadi pemborosan pada pengeluaran uang bulanan.

Selain itu daftar ini juga akan membantu dalam mengatur keuangan rumah tangga secara efektif dan efisien. Sehingga dana untuk kebutuhan satu bulan tidak kurang. Dana tersebut dialokasikan dengan baik ke tempat yang benar-benar membutuhkan.

Pencatatan bulanan juga dapat membantu dalam penyisihan uang darurat untuk kebutuhan mendesak di masa mendatang.

4. Jangan Menunda Pembayaran

Sangat penting untuk membayar kebutuhan primer tepat waktu. Kebutuhan ini seperti uang sekolah, uang untuk pajak juga uang untuk pembayaran listrik. Menunda pembayaran untuk kebutuhan tersebut menandakan bahwa pengelolaan keuangan sangat tidak efektif.

Tentukan tanggal untuk pembayaran kebutuhan-kebutuhan ini, agar tidak terjadi keterlambatan. Kalau bisa beri pengingat agar dana bisa terbayarkan secara langsung.

5. Sisihkan Pemasukan untuk Dana Darurat

Di jaman yang tidak menentu ini, sangat dianjurkan untuk memiliki dana darurat. Dana ini akan membantu keuangan rumah tangga ketika mengalami keterpurukan di masa krisis.

Masa-masa krisis yang dimaksud yaitu seperti masa pandemi, pengurangan karyawan, kecelakaan atau bahkan resesi. Dengan menyiapkan dana darurat, keuangan rumah tangga akan menjadi lebih siap, sehingga krisis bisa tertangani secara lebih matang.

Untuk menyiapkan dana darurat, kamu bisa menyisihkan beberapa persen dari pendapatan keluarga. Setelah itu kamu bisa menyiapkan rekening yang berbeda untuk dana darurat ini.

Rekening yang berbeda untuk dana darurat berfungsi agar menghindari adanya pemborosan melalui dana darurat. Karena dana ini hanya ditujukan untuk keadaan darurat saja.

Baca Juga: Dana Darurat Adalah, Manfaat, Tips dan Cara mempersiapkannya

6. Lakukan investasi

Cara mengatur keuangan lainnya ialah dengan investasi. Ketika menyisihkan uang untuk kebutuhan, akan lebih baik jika kamu juga menyiapkan dana untuk melakukan investasi. investasi berbeda dari tabungan karena investasi bisa bertumbuh di masa depan.

Lakukan investasi dengan beberapa cara, bisa dengan menabung saham, reksadana atau bahkan membeli sebidang tanah atau rumah. Investasi ini nantinya akan sangat berguna di masa depan dan dapat menjadi sumber pendapatan ketika sudah tidak bekerja lagi.

Namun, sebelum melakukan investasi, pastikan untuk mengetahui detil-detil dari berinvestasi yang baik. Hal ini berguna agar kamu tidak salah investasi dan malah merugi ke depannya.

Baca Juga: Rekomendasi Investasi Terbaik

7. Asuransi

Walaupun kamu sudah memiliki dana darurat maupun investasi, ada baiknya untuk tetap memiliki asuransi. Asuransi akan berguna jika terjadi hal yang tidak terduga, sehingga tidak terjadi krisis yang terlalu jauh di dalam keluarga.

Dengan asuransi kamu juga bisa memiliki kesempatan menikmati masa tua tanpa harus repot mencari dana untuk hidup sehari-hari.

Sisihkan dana untuk membayar premi tiap bulannya. Jangan lupa juga untuk memilih asuransi yang sekiranya cocok dan tidak memberatkan diri dan keluarga.

Baca Juga: Apa yang dimaksud asuransi

8. Disiplin Diri

Mengatur keuangan dalam keluarga bisa menjadi kegiatan yang membosankan dan tidak menarik. Selain itu akan ada banyak detil-detil dalam pengelolaan yang pasti akan membingungkan.

Maka dari itu sangat penting untuk terus menerapkan kedisiplinan dalam mengatur keuangan rumah tangga. Sehingga keuangan bisa menjadi lebih terkelola dengan baik.

Jika kamu merasa butuh bantuan dalam pengelolaan, mintalah nasehat pada orang sekitar. Atau bisa juga dengan meminta nasehat pada ahli keuangan, sehingga kebingungan bisa terjawab dengan baik.

Sudah Mengerti Bagaimana Mengatur Keuangan Rumah Tanggamu?

Itulah penjelasan mengenai mengatur keuangan yang cermat dalam berumah tangga. Rumah tangga yang cerdas akan memikirkan masalah ini dengan cermat dan detail. Hal ini supaya keluarga menjadi lebih harmonis tanpa harus menghadapi masalah keuangan yang rumit

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Di Indonesia, badan usaha ada bermacam-macam jenisnya. Salah satunya yang masih bertahan adalah koperasi. Mohammad […]

News

Pada jaman sekarang semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan deposito. Namun tahukah kalian apa […]

News

Dalam dunia bisnis, terjadinya persaingan adalah salah satu hal yang semakin ketat dan meningkat secara […]

News

Menjadi warga Negara yang baik berarti selalu menuruti peraturan-peraturan yang ada pada Negara tempat dimana […]

News

Warga Indonesia yang memenuhi syarat wajib pajak memiliki kewajiban untuk lapor pajak. Dalam Ketentuan Umum […]

News

Dalam bekerja terdapat surat perjanjian kerja yang harus ditandatangani oleh karyawan saat proses penerimaan. Untuk […]