10 Cara Mengatasi Mata Panda Murah dan Alami

Cara mengatasi mata panda sangatlah mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, lho. Nah, buat kamu yang sedang struggle menyingkirkan kantung mata hitam yang mengganggu penampilan, sekarang tidak perlu lagi khawatir.

Karena tips dan cara untuk menghilangkannya akan kita kupas. Penasaran apa saja cara yang bisa kamu lakukan? Keep scrolling artikel ini, yuk!

Tips dan cara mengatasi mata panda

Penyebab Munculnya Mata Panda

Sebelum membahas cara mengatasi mata panda, kamu harus tahu apa saja yang menyebabkan kantung mata berubah menjadi hitam atau gelap. Dilansir dari beberapa sumber, kantung mata yang menghitam disebabkan oleh banyak faktor. Berikut ini beberapa faktor yang memicu kemunculan mata panda:

1. Kurang Istirahat

Saat kamu kurang istirahat, darah pada tubuh tidak mampu mengalir dengan baik ke bagian atau area mata. Hal ini mengakibatkan darah menumpuk di bawah mata atau lebih tepatnya pada kantung mata yang memiliki kulit sangat tipis sehingga terlihat menggelap.

2. Dehidrasi

Ketika tubuh sedang dehidrasi atau kekurangan cairan, maka akan mempengaruhi kulit bagian bawah mata. Akibatnya kantung mata akan terlihat cekung dan kusam. Oleh karena itu, kurangnya asupan cairan pada tubuh juga menjadi penyebab munculnya mata panda yang akan mengganggu penampilan.

Baca Juga: Apa Itu Dehidrasi

3. Merokok dan Minum Alkohol

Gaya hidup yang tidak sehat juga menyebabkan kantung mata berubah warna jadi gelap, lho. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol menjadi salah satu contoh gaya hidup yang buruk pemicu mata panda.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol atau merokok akan membuat aliran darah di kulit wajah menjadi terhambat, sehingga lingkaran di sekitar mata pun berubah menjadi gelap seperti mata panda.

4. Paparan Buruk Sinar Matahari

Penyebab lainnya yang membuat kantung mata menggelap yaitu paparan buruk sinar matahari. Yup, seperti yang diketahui sinar matahari memang memicu tubuh memproduksi melanin lebih banyak. Akibatnya warna kulit menjadi lebih gelap, salah satunya area bagian mata.

Nah, itulah beberapa penyebab kantung mata menjadi hitam atau juga disebut dengan mata panda. Dengan mengetahui penyebabnya, kamu akan lebih mudah menemukan bagaimana cara mengatasi mata panda dengan cepat dan tepat.

Baca Juga: Apa Itu Melanin

Cara Mengatasi Mata Panda

Mata panda memang bisa mengganggu penampilan, oleh karena itu harus diatasi dengan sesegera mungkin. Buat kamu yang bingung bagaimana cara mengatasi mata panda dengan cepat dan mudah, simak cara-caranya berikut ini:

1. Menggunakan Makeup

Menutup area kantung mata menggunakan makeup items, seperti concealer atau BB cream merupakan salah satu cara mengatasi mata panda dengan cepat. Karena hanya berfungsi untuk menutupi area kantung mata yang gelap, tentu saja cara ini tidak bisa menghilangkan mata panda secara permanen.

Meski begitu, kamu bisa mengandalkan cara cepat satu ini ketika ingin berpergian. Agar kantung mata tidak terlihat abu-abu, pilihlah warna concealer yang tepat. Misalnya, menggunakan shade satu tingkat lebih terang dari skin tone kamu. Dijamin mata panda akan tertutup dan penampilan kamu terlihat lebih all out.

2. Menggunakan Bahan Alami

Kantung mata yang menghitam juga bisa kamu atasi menggunakan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang direkomendasikan antara lain, minyak zaitun, minyak almond, dan gel lidah buaya.

Beberapa riset membuktikan bahwa bahan-bahan tersebut cukup ampuh untuk mengatasi mata panda karena mengandung antioksidan serta antiradang. Kedua kandungan ini dapat mengurangi warna gelap dan pembengkakan pada area mata.

Tidak hanya itu, bahan alami tersebut juga akan membuat kulit sekitar mata jadi lembab dan tampak cerah, lho.

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk hilangkan mata panda yakni mentimun. Caranya pun cukup mudah, yaitu menjadikan mentimun sebagai masker mata alami. Sebelum digunakan, pastikan mentimun tersebut sudah kamu dinginkan ke dalam kulkas, ya.

Baca Juga: Apa Itu Antioksidan

3. Cara Mengatasi Mata Panda dengan Mengompres Air Dingin

Mata panda bisa muncul karena pembuluh darah di area kulit mata, khususnya kantung mata melebar. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar tersebut adalah mengompres mata dengan air dingin atau es batu.

Caranya sangat mudah, bungkus es batu dengan kain bersih dan bertekstur lembut, lalu kompres pada bagian mata. Kamu juga bisa merendam kain bersih di dalam air dingin, lalu kompres bagian kantung mata selama 15-20 menit. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah cara yang satu ini dengan rutin.

4. Memenuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab kemunculan mata panda yaitu kebutuhan cairan dalam tubuh yang kurang. Oleh karena itu. kamu harus mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak terjadi dehidrasi yang membuat kantung mata bermasalah.

Agar kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi, minumlah air putih minimal 8 gelas setiap hari. Buat kamu yang malas minum air putih, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk tersebut agar tubuh tetap sehat dan kantung mata tidak berubah jadi gelap.

5. Mengompres Menggunakan Kantung Teh Celup

Teh mengandung kafein dan antioksidan yang bisa bantu memperbaiki sirkulasi darah di kulit sekaligus mencerahkannya. Kandungan inilah yang nantinya akan bantu atasi mata panda kamu.

Cara mengatasi mata panda menggunakan teh sangatlah mudah, yaitu dinginkan kantung teh celup sisa ke dalam kulkas. Setelah itu, tempelkan kantung tersebut pada bagian mata selama 15-20 menit.

6. Hindari Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat juga jadi pemicu munculnya mata panda. Maka dari itu, hindarilah gaya hidup seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol atau kopi. Dua jenis minuman ini bisa menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda terlihat semakin jelas.

7. Hindari Menggosok Mata

Menggosok area mata terlalu kuat juga tidak diperbolehkan karena bisa mempengaruhi kondisi kulit. Bahkan ketika kamu sedang mengaplikasikan krim mata atau produk makeup di area tersebut harus menggunakan jari manis karena memiliki tekanan yang lemah.

8. Istirahat yang Cukup

Tubuh yang lelah akibat kurang tidur menjadi penyebab utama kantung mata menjadi gelap. Maka dari itu, kamu harus istirahat yang cukup minimal 7-9 jam. Hentikan kebiasaan begadang sampai larut malam, karena akan memperburuk kesehatan dan kondisi mata kamu.

9. Meninggikan Posisi Kepala saat Tidur

Selain kualitas jam tidur, kamu juga harus memperhatikan posisi tidur untuk mencegah atau meminimalisir mata panda. Misalnya, meninggikan posisi kepala saat tidur supaya tidak ada penumpukan cairan di kantung mata.

10. Menggunakan Krim Mata

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan krim mata yang mengandung vitamin C, E, atau K. Selain itu, krim mata yang mengandung ekstrak teh juga bisa bantu menyamarkan mata panda. Gunakanlah secara rutin agar hasilnya maksimal.

Sudah Siap untuk Mengatasi Mata Panda?

Nah, itulah cara mengatasi mata panda yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa perlu ke dokter. Bagimana? Sangat mudah bukan?

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
021 50928823
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Bagi yang ingin mulai berinvestasi, sekuritas merupakan sebuah elemen penting agar kegiatan penanaman modal yang […]

News

Membuat laporan memang sudah menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan besar atau pelaku usaha. Kamu yang […]

News

Dalam setiap aktivitas jual beli, uang kartal menjadi alat transaksi pembayaran yang sangat mudah penggunaannya […]

News

Akuntabilitas merupakan sebuah pertanggungjawaban organisasi atas tindakan, produk, keputusan, dan kebijakan pada administrasinya. Arti akuntabilitas […]

News

Jika kamu sedang mengembangkan sebuah bisnis, omset menjadi hal yang perlu kamu perhitungkan secara detail […]

News

Bagi kamu yang menjadi pebisnis dan ingin mengembangkan perusahaannya di masa depan, ekspansi bisnis merupakan […]