Cara Menabung Saham yang Menguntungkan untuk Pemula

Pada jaman sekarang sudah banyak masyarakat yang tertarik dengan dunia investasi baik investasi reksadana, investasi saham dan lainnya. Artikel kali ini akan membahas mengenai pengenalan menabung saham, apa aja sih keuntungan dari menabung saham dan cara-cara menabung saham. Tanpa berlama-lama lagi yuk langsung kita simak ulasan berikut ini

Apa itu Menabung Saham

Cara Menabung Saham Buat Pemula
Pengertian menabung saham adalah kegiatan pembelian terhadap persentase kepemilikan sebuah perusahaan. Saat kamu melakukan pembelian atau menabung, artinya kamu layak disebut sebagai pemegang saham dan berhak atas perolehan keuntungan perusahaan sesuai dengan persentase kepemilikan. Mendengar kata menabung, mungkin fokus kalian akan langsung tertuju ke bank atau celengan.

Memang secara prinsip menabung saham dan menabung di bank sama saja, sama-sama menaruh aset kita untuk mempersiapkan bekal hidup. Namun, ada yang berbeda bila kamu memilih saham ketimbang instrumen tabungan lainnya. Menaruh aset dalam bentuk saham memungkinkan kamu untuk mendapatkan keuntungan yang besar dari kenaikan harga saham.

Keuntungan Menabung Saham

Setelah mengetahui pengertian dari menabung saham, kamu bisa simak apa aja sih keuntungan yang bisa didapat dari menabung saham. Menurut OJK setidaknya ada 3 keuntungan yang bisa kita dapat dari menabung saham seperti capital gain, dividen, dan ownership.

1. Capital Gain

Capital Gain adalah keuntungan yang diperoleh investor ketika harga penjualan dikurangi harga pembelian saham. Harga jual saham lebih tinggi dari harga beli, dan kondisi tersebut dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan di bursa efek. Misalnya, jika kamu membeli saham A seharga Rp1.500 per saham, lalu menjualnya dengan harga Rp2.000, berarti keuntungan dari penambahan modal adalah Rp500 perak per saham.

Baca Juga: Ini Simpanan dengan Jasa Penyimpanan Mencapai 10% Per-tahun

2. Mendapatkan Dividen

Dividen adalah bagian dari keuntungan yang dibayarkan perusahaan kepada pemegang saham. Terlepas dari berapa banyak saham yang kamu miliki, kamu pasti akan mendapat keuntungan. Pembagiannya tentu saja sebanding dengan besarnya saham. Ada dua jenis dividen, dividen tunai dan dividen saham. Seperti namanya, deviden tunai yang diterima dari pemegang saham adalah uang tunai yang dihitung berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.

Baca Juga: Apa itu Dividen Saham

3. Ownership

Keuntungan lainnya ialah ownership dimana kamu menjadi bagian dari kepemilikan perusahaan sesuai saham yang dimiliki. Selain itu hamu juga berhak untuk mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) loh.

Baca Juga: Apa itu RUPS

Cara Menabung Saham Untuk Pemula

Tampaknya menabung saham dapat mempertahankan nilai harta Kamu supaya tidak tergerus inflasi. Melaksanakan investasi saham dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Tidak perlu khawatir serta bimbang mengenai cara menabung saham. Berikut beberapa metode menabung saham dibawah ini

1. Memilih Platform Investasi Saham

Jika kamu ingin menyimpan saham kamu terlebih dahulu, kamu perlu memutuskan platform investasi yang akan menjadi “perantara” untuk membeli saham yang diinginkan. Saat ini, ada banyak platform investasi saham yang dapat dipilih, mulai dari bank hingga platform investasi online. Hal pertama yang perlu diingat adalah memverifikasi legalitas platform investasi saham pilihan kamu. kamu juga perlu mempertimbangkan biaya admin saat bertransaksi saham. Biasanya ada biaya admin yang berbeda untuk setiap platform, tetapi biaya itu tidak mencapai 1 persen dari investasi.

Baca Juga: Investasi Online: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Setelah kamu memutuskan platform investasi mana yang kamu rasa tepat, saatnya untuk membuka rekening saham di platform tersebut. Itu juga tidak sulit. kamu hanya perlu mendaftar dan menyiapkan dokumen yang diperlukan. Sebagian besar platform investasi hanya memerlukan dokumen berupa tanda pengenal, rekening tabungan bank, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Setelah selesai, kamu akan diminta untuk mengisi serangkaian kolom terkait pembukaan rekening saham, dimulai dengan gaji dan tujuan investasi.

3. Tentukan nominal Saham yang akan ditabung

kamu mungkin bertanya-tanya berapa banyak uang yang perlu kamu persiapkan sebagai cara untuk menghemat stok. Jawabannya terserah kamu. Batas minimal untuk menyimpan satu saham adalah Rp 100.000. Sementara itu, batas atas tergantung pada kemampuan kamu.

Namun, jangan terburu-buru memasukkan nominal besar untuk menghemat stok. Cobalah untuk menghabiskan hanya uang yang tidak terpakai untuk melakukan investasi. Perlu diingat bahwa berinvestasi, termasuk menabung saham, dapat mengakibatkan kerugian. Dengan menghabiskan uang yang tidak terpakai, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko masalah keuangan jika nilai investasi kamu turun.

4. Masukkan dana ke Rekening Saham

Dibutuhkan waktu hingga 5 hari kerja dari mengisi formulir pembukaan rekening dan menyerahkan dokumen untuk membuka rekening saham. Jangan lupa untuk memasukkannya segera setelah sub-akun diaktifkan. Masuk ke rekening saham sebagai modal investasi sangatlah mudah.

Cukup transfer sejumlah dana tabungan ekuitas yang telah ditentukan sebelumnya ke rekening ekuitas yang dibuat dari rekening bank biasa. Dalam hitungan detik, dana kamu akan dikirim ke rekening saham kamu dan siap digunakan.

5. Tentukan Jenis Saham yang kamu mau

Cara nabung saham yang benar tidaklah asal dalam memilih jenis saham yang hendak kamu masuki. Jika asal memilih tanpa perhitungan yang tepat, jenis saham yang kamu pilih justru bisa merugikan. Untuk melakukan ini, sangat penting untuk mengetahui jenis saham apa yang dapat kamu beli. Secara umum, ada sembilan jenis saham yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli.

Kesembilan saham tersebut adalah pertanian, pertambangan dan penggalian, industri dasar dan kimia, mesin berat dan mesin ringan, barang konsumsi, real estate dan konstruksi, infrastruktur, industri keuangan dan perdagangan. Jenis investasi di saham lebih baik dari yang lain. Ada satu jenis saham yang lebih cocok untuk dibeli pada waktu tertentu dibandingkan jenis saham lainnya.

6. Pilih Saham Perusahaan yang Ingin Dibeli

Dalam setiap jenis saham, terdapat puluhan hingga ratusan yang ada di dalamnya. Daftar perusahaan yang menerbitkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia pun terus bertambah. Yang terakhir pada tahun 2021 adalah 11 perusahaan yang melakukan initial public offering sampai akhir kuartal pertama kemarin. kamu mungkin bingung tentang saham perusahaan mana yang harus dibeli.

Sangat disarankan untuk melihat berita tentang perusahaan. Tidak hanya melakukan ini, kamu juga perlu membaca laporan keuangan perusahaan untuk beberapa kamar tahunan untuk menemukan fondasi keuangan perusahaan. Semakin baik basis keuangan suatu perusahaan, semakin aman kamu menginvestasikan uang kamu ke saham perusahaan tersebut.

7. Saatnya membeli Saham

Dana di rekening saham sudah tersedia. Saatnya membeli saham yang kamu cari melalui beberapa pertimbangan. Jangan memasukkan semua dana ke dalam satu saham segera setelah pembelian. Diversifikasi sangat baik dalam mengurangi risiko kerugian. kamu dapat membagi uang untuk membeli saham di beberapa perusahaan serupa.

8. Setorkan dana tiap bulan untuk menabung Saham

Cara menabung saham yang tidak boleh kamu lupakan kamu rutin melakukan pembelian saham. Untuk memenuhi ini, tentu saja, kamu perlu mendanai akun saham kamu setiap bulan. Tentukan jumlah yang dapat disetorkan setiap bulan. Tidak masalah jika jumlahnya tidak terlalu besar dan konstan.

Perlu diingat bahwa penyetoran dana tidak menggunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari. Jika memang ada dana berlebih, kamu bisa menambahkan nominal penyetoran dana ke rekening saham pada waktu-waktu tertentu.

Penulis:

News
Butuh informasi mengenai layanan atau event kami?
150210
Senin–Jumat, 09:00–18:00
Berita Terkait

News

Di Indonesia, badan usaha ada bermacam-macam jenisnya. Salah satunya yang masih bertahan adalah koperasi. Mohammad […]

News

Pada jaman sekarang semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan deposito. Namun tahukah kalian apa […]

News

Dalam dunia bisnis, terjadinya persaingan adalah salah satu hal yang semakin ketat dan meningkat secara […]

News

Menjadi warga Negara yang baik berarti selalu menuruti peraturan-peraturan yang ada pada Negara tempat dimana […]

News

Warga Indonesia yang memenuhi syarat wajib pajak memiliki kewajiban untuk lapor pajak. Dalam Ketentuan Umum […]

News

Dalam bekerja terdapat surat perjanjian kerja yang harus ditandatangani oleh karyawan saat proses penerimaan. Untuk […]